TUGAS MATA KULIAH PENANGANAN ANAK BERKELAINAN (Anak dengan Kebutuhan Khusus

)
TEMA : KESULITAN BELAJAR PADA ANAK

Disusun oleh Hariyati 823646536

3.perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kesenian. pembangunan nasional.KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL UNIVERSITAS TERBUKA S1 PENDIDIKAN GURU PAUD TAHUN 2013 perbedaan kurikulum PERBEDAAN KURIKULUM 1. 5. 4. PKB TK ini ditetapkan dengan Keputusan Menterai Pendidikan dan Kebudayaan No. Perbedaan pada Landasan Pengembangan a. 0125/U/1994 tanggal 16 Mei 1994. . struktur program terdiri dari delapan program pengembangan. c. 1. Tahun 1964 menggunakan Pendidikan pada masa kurikulum 1964 ini dikenal dengan sistem Pantjawardhana. Tahun 1984 Kurikulum Taman Kanak-kanak 1984 disebut kurikulum Taman Kanak-kanak 1976 yang disempurnakan. kebutuhan. Tahun 1994. menganut lima prinsip pendidikan. PKB TK tersebut disusun untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional dengan keseusiaiannya dengan lingkungan. mengenal berbagai tingkatan tujuan. Penyempurnaan kurikulum Taman Kanak-kanak 1984 ini dengan alasan bahwa terdapat ketidak sesuaian antara pelaksanaan pendekatan pusat minat pada setiap bidang pengembangan. b. 2. d. Pancawardhana ialah lima aspek perkembangan yang meliputi: Perkembangan Moral (nasional/internasional/agama Perkembangan kecerdasan Perkembangan emosional-artistik Perkembagan kerpigelan/kecekatan Perkembangan jasmani Tahun 1969 Para pelaksana di lapangan mempunyai pegangan pelaksanaan kegiatan berupa silabus yang berisi perincian kegiatan yang dapat dilakukan di TK lengkap dengan bidang kegiatan. jenis kegiatan dan bentuk kegiatan serta bahan dan alat yang dapat digunakan pada pelaksanaan kegiatan. Tahun 1976. e.

fisik/motorik. Tahun 2004 untuk membantu anak didik mengembangkan berbagai potensi baik psikis dan fisik yang meliputi moral dan nilai-nilai agama. c. 2. Persamaan Sistem penyajian Tahun 1964-1994 Sama-sama menggunakan unit dan pusat minat. 3. 2. maka tujuan yang hendak dicapai merupakan tingkat pencapaian perkembangan yang dijabarkan dari aspek perkembangan. Tahun 1969 terbagi menjadi tujuan umum yaitu berlandaskan pancasila sedangkan tujuan khususnya terbagi menjadi 3 poin yakni salah satunya Memberikan kesempatan kepada anak untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan jasmaniahnya dan rohaniabnya serta mengembangkan potensi-potensi yang ada padanya secara optimal. Tahun 1964. pemupukan budi pekerti yang luhur dan memperluas pengalaman. Tahun 1994. dan daya cipta yang diperlukan oleh anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan untuk pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya. a. ada 20 tema berdasarkan tahun 1994 Bentuk pengelompokkan dan lama pendidikan Tahun 1964 sama dengan tahun 1994 dan KTSP menggunakan dua tingkatan yakni kelompok A dan kelompok B. b. persamaan kurikulum 1. Tahun 1984 mengacu kepada tujuan pendidikan nasional yang digariskan dalam GBHN 1983 Tahun 1994 membantu meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap. kebutuhan dan karakteristik belajar anak (DAP = Developmentally Appropriate Practices) dan memperhatikan seluruh dimensi tumbuh-kembang anak (holistik). 2004 dan KTSP Sama-sama menggunakan tematik. f. Tujuan dari kurikulum a. sebagai individu yang khas. pembentukan kebiasaan dan kecekatan yang diperlukan untuk anak dalam kehidupannya sehari-hari. kognitif. b. d. Dengan terbitnya Standar Nasional PAUD No. bahasa. Tahun KTSP Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP). Kelompok B dan Kelompok C Perencanaan kegiatan . Tahun 1969. tahun 1976. pengetahuan. maka diharapkan TK sudah dapat mengembangkan Kurikulumnya sendiri. keterampilan. b. sehingga proses dan hasil dari tindakan pengembangan lebih bermakna dan fungsional bagi kehidupan anak. kemandirian dan seni untuk siap memasuki pendidikan dasar. 1984 menggunakan tiga tingkatan yakni kelompok A. g. e. Tujuan jika dilihat dari tujuan TK yang diharapkan pada Kurikulum ini maka penekanannya adalah pada kesiapan mental anak. Tahun 2004 kegiatan pengembangannya didasarkan atas pengembangan yang berbasis dan berprinsip pada perkembangan. social emosional. g. terdiri dari tujuan intruksional dan tujuan kurikuler. 58 tahun 2010 .f. a. Tahun KTSP. Tahun 1976.

Tahun 1984 sama dengan 2004 menggunakan bidang pengembangan. Penilaian a. Pencatatan anekdot. . Tahun 1976 menggunakan perencanaan kegiatan non unit karena dalam implementasinya ada bidang-bidang yang sukar dihubungkan dengan pusat minat yang telah ditentukan. 4. c. Pengamatan (observasi). 2. Tahun 1964 sama dengan 1994 dan KTSP menggunakan RKH dan RKM dan semester b. 3. Pelaksanaan kegiatan penilaian menggunakan alat penilaian yaitu 1.a. Pemberian tugas.