Ruang Tanggal

: 305 : 7 oktober 2009

Anggota kelompok: -Annika -Cynthia -Ricky

Pembagian Darah
Unsur-unsur darah terdiri dari: 1.sel-sel darah 2.plasma darah

1.sel-sel darah Terdiri dari :eritrosit,leukosit dam trombosit. a.Eritrosit eritrosit di bawah mikroskop terlihat sebagai lempengan bikonkaf dengan diameter sekitar 8 mikron.bagian tengah lebih tipis dari bagian perifer,dan terlihat lebih terang.pada manusia,demikian pula beberapa jenis mamalia lainnya seperti kelinci,sel-sel eritrositnya tidak berinti.

b.Leukosit berbeda dengan eritrosit,leukosit mempunyai organela-organela seperti yang dijumpai pada sel-sel tubuh lainnya,bahkan leukosit dapat bergerak amuboid secara terbatas.Leukosit dibagi 2 yaitu: leukosit bergranular dan leukosit agranular. -Leukosit bergranular dibagi menjadi 2 jenis yaitu: *Neutrofil Neutrofil berukuran 8 mikron.jumlahnya dalam darah sekitar 60-70% dari keseluruhan jumlah leukosit .mempunyai inti sel berlobus banyak,3-5 lobus berbentuk bulat telur tidak teratur,satu lobus dengan inti lainnya dihubungkan dengan benang kromatin yang tipis.adapula yang mempunyai inti sel tidak berlobus tetapi tetap satu berbentuk memanjang.sitoplasmanya dipenuhi dengan sejumlah besar granula halus berwarna ungu atau ungu pucat.

-Leukosit agranular ada 2 bentuk yaitu: *Limfosit Jumlah limfosit dalam darah manusia sekitar 20-15%.sitoplasma penuh dengan granula-granula kasar berwarna biru suram.ukurannya hampir Seperti neutrofil.inti sel biasanya hanya dua lobus dihubungkan oleh benang kromatin.limfosit berbentuk bola berdiameter 6-8 mikron.Trombosit Di darah perifer dijumpai pula kelompokan-kelompokan pecahan-pecahan sitoplasma yang diberi nama trombosit atau keping darah.inti sel biasanya hanya dua lobus berbentuk bulat telur dihubungkan satu dengan yang lainnya oleh benang kromatin.jumlahnya 2-5% dari keseluruhan sel-sel leukosit darah. c.5% saja.*Eosinofil Eosinofil berbentuk bola berukuran 9 mikron.kecuali bagian sentral sel.kedua lobus inti sel ini memberikan gambaran huruf –S atau bentuk kacamata.sitoplasma berbentuk gelang mengelilingi nucleus bersifat basofilik. .diameter trombosit berkisar 2 mikron.inti sel ini kurang mengikat zat warna.nukleus ini kurang padat dibandingkan dengan inti sel limfosit. *Basofil Basofil merupakan leukosit tersidikit di dalam darah sekitar 0. *Monosit Monosit lebih besar dibandingkan dengan limfosit yakni sekitar 9-12 mikron.granula-granula ini melekat pada membran-membran di sitoplasma sehingga dapat terlihat granula menutupi nucleus.jumlah monosit sekitar 3-8% dari keseluruhan sel-sel leukosit darah perifer.nukleus besar dan padat dengan sedikit tarikan disatu sisinya.sitoplasma banyak dengan inti berbentuk bulat telur atau berbentuk ginjal dengan posisi eksentris di dalam sel.seluruh sitoplasma dipenuhi oleh granula-granula berbentuk bola dengan pewarna asam memberikan warna merah atu merah cerah.berwarna biru dengan bagian sentral yang bergranula gelap dan disatu bagian perifer berwarna terang.

Penuntun biologi FK-UMI 2006 2.esis.2.2004 3.protein darah terdiri dari: -albumin.2006 .seribu pena biologi.senyawa organik seperti asam amino.berperan dalam pembekuan darah -globulin.berperan dalam pembuatan antibody c.plasma darah terdiri atas komponen: a.vitamin. Sumber: 1.hormone lipid.air.plasma darah Plasma darah merupakan bagian darah yang cair.berperan dalam tekanan osmosis darah -fibrinogen.serum darah.saktiyono.merupakan jumlah terbanyak dari cairan darah (90%) b.biologi 2.cairan darah yang tidak mengandung fibrinogen d.