Perencanaan Strategi Unit Bisnis

Lingkungan eksternal (analisis peluang dan ancaman) Misi Bisnis Lingkungan Internal (analisis kekuatan/kele mahan) formulasi tujuan Formulasi Strategi formulasi program Implemen tasi

Umpan balik dan kendali

Contoh Cakupan Rencana Pemasaran Rencana Pemasaran ( marketing plan ) ialah dokumen tertulis yang meringkas apa yang telah dipelajari pemasar tentang pasar dan mengindikasikan bagaimana perusahaan berencana menjangkau tujuan pemasarannya. . Rencana pemasaran semakin berorientasi pada pelanggan dan pesaing. rencana pemasaran menggambarkan lebih banyak masukan dari semua fungsi dan dikembangkan menjadi proses berkelanjutan untuk merespon kondisi pasar yang cepat berubah.

Contoh Rencana Pemasaran Pegasus Sport Internasional 1. namun kini semakin banyak kompetisi berseluncur. .0. Saat ini sebagian besar kegiatan berseluncur bersifat rekreasi. Rangkuman Eksekutif Pegasus sport internasional adalah produsen aksesoris inline skating purnapasar yang baru berdiri. Berseluncur adalah olahraga sedang digandrungi. termasuk kompetisi beregu dan juga kompetisi perorangan.

2. .0. Rangkuman Pasar Pegasus memiliki informasi yang baik tentang pasar dan mengetahui banyak hal tentang atribut umum dari pelanggan yang paling berharga.1. Analisis Situasi Pegasus memasuki tahun pertama operasinya. Produk diterima dengan baik dan pemasaran menjadi kunci bagi pengembangan merek dan kesadaran produk serta pertumbuhan basis pelanggan.2.

Demografi : Ada rasio yang hampir sama antara pengguna perempuan dan pria Faktor perilaku : .Pengguna menikmati kegiatan kebugaran bukan sebagai sarana hidup sehat tapi sebagai kegiatan yang dapat dinikmati .1.1.Pengguna mempunyai gaya hidup aktif . Demografi Pasar Geografis : Pegasus tidak menentukan wilayah sasaran geografis.2.

2.1. pasar skate mempunyai pertumbuhan stabil di seluruh dunia.1. Pertumbuhan Pasar Dengan harga skate yang turun akibat persaingan dari begitu banyak perusahaan skate.2.3. Kebutuhan Pasar .Kualitas Pengerjaan .Desain yang dipikirkan dengan baik .Layanan pelanggan 2. .

Persaingan masa depan dari peserta pasar yang sudah mapan .Ketergantungan terhadap modal luar .4. Analisis SWOT 2.Peluncuran hasil studi yang mempertanyakan keamanan berseluncur. . Peluang .2. Kekuatan .3.Desainer produk yang kreatif .2.1.Partisipasi dalam industri yang sedang tumbuh .Kesulitan mengembangkan kesadaran merek 2. Kelemahan .2.Penurunan ekonomi yang bisa memberi dampak negatif pada pengeluaran .Kurangny pengecer yang dapat bekerja tatap muka dengan pelanggan .Penggunaan model bisnis yang sangat efisien 2.2.Kemampuan untuk mendongkrak usaha pemasaran untuk membantu menumbuhkan pasar umum 2.2. Ancaman .2.2.

Isu-Isu Penting .4.Produk kedua ialah SkateSails.2. 2. Pegasus adalah satusatunya merek yang benar-benar dirancang untuk dan oleh pemain skate.Senantiasa mengamati kepuasan pelanggan . Penawaran Produk .Produk pertama ialah Blade-Boots.6. penutup roda dan kerangka inline skate . Persaingan Pegasus membentuk pasar sendiri.3.Memantapkan dirinya sendiri sebagai perusahaan Aksesori terkemuka . 2. Kunci Keberhasilan Merancang dan memproduksi produk yang memenuhi permintaan pasar dan kepuasaan pelanggan. Layar ini drancang khusus untuk digunakan saat berseluncur 2.Mengejar pertumbuhan terkendali .5.

Tujuan pemasaran . karena mereka merupakan kelompok pertumbuhan tercepat 3. kebugaran dan rekreasi.Iklan yang ditempatkan diberbagai majalah industri .4.Mencapai peningkatan penetrasi pasar 3.2. 3.1. Strategi Pemasaran Kunci strategi pemasaran adalah berfokus pada pemain skate kecepatan.Memposisikan pegasus sebagai produsen aksesori skating terkemuka. kesehatan. Strategi . Pasar Sasaran Membidik kelompok kebugaran dan rekreasi. melayani pasar domestik dan juga pasar internasional .0.3. Misi “ kami ada untuk menarik dan mempertahankan pelanggan” 3.Mempertahankan pertumbuhan yang positif .3.

Beban . Keuangan 4. Peramalan Penjualan Pegasus akan terus meningkatkan penjualan jika anggaran iklan memungkinkan. sebuah fungsi menjadi organisasi yang berbasis internet . meskipun peramalan pasar sasaran menyebutkan semua pelanggan potensial.Masuknya pesaing pasar yang sudah terkenal Resiko terburuk . Kendali Bidang berikut akan diamati untuk mengukur kinerja .Pendapatan .1.Kepuaasan pelanggan .0.Pengembangan produk lain 5.Melikuidasi peralatan atau modal untuk menutup kewajiban .Menentukan bahwa bisnis tidak dapat mendukung dirinya sendiri yang sedang berjalan . perencanaan darurat Kesulitan dan resiko . 4.4.0. Peramalan beban Peramalan beban akan digunakan sebagai alat untuk mempertahankan target departeman dan memberikan indikator ketika diperlukan koreksi untuk rencana pemasaran yang tepat 5.2.Masalah untuk menghasilkan visibilits.1.