BAB III HASIL DAN PEMBAHASAN

3.1 PENGERTIAN PENGKONDISIAN UDARA Pengkondisian udara adalah proses perlakuan terhadap udara untuk mengatur suhu, kelembaban, kebersihan dan pendistribusiannya secara serentak guna mencapai kondisi nyaman yang dibutuhkan oleh penghuni yang berada didalamnya. Atau istilah lainya dapat disebut penyegaran udara , yang merupakan sebuah proses mendinginkan udara sehingga dapat mencapai temperature dan kelembaban yang sesuai dengan yang dipersyaratkan terhadap kondisi udara dari suatu ruangan tertentu. Selain itu untuk mengatur aliran udara dan kebersihannya. 3.2 SISTEM PENGKONDISIAN UDARA PADA HOTEL SANTIKA Secara umum sistem pengk n!isi"n #!"$" pada hotel santika ini dapat dilihat / di perhatikan sekilas dari AC yang terdapat pada bangunan ini . Misalnya AC pada setiap kamar-kamar pada hotel santika ini menggunakan AC yang berjenis Split dimana AC
split ini merupakan AC yang komponen compressor dan evaporator nya terpisah.

G"m%"$"n #m#m A& sp'it.

Pada umumnya AC split memiliki beberapa keunggulan, yaitu sangat memungkinkan digunakan untuk ruangan yang tidak berhubungan dengan udara luar, contohnya ruangan ruangan tengah pada gedung maupun kamar pada hotel santika ini , karena condenser yang terpasang pada outdoor bisa ditempatkan ditempat yang berhubungan dengan udara luar jauh dari ruangan yang
4

!ibalik kelebihan nya . !ibutuhkan biaya pera$atan yang cukup besar karena dibutuhkan teknisi yang mumpuni.didinginkan. untuk memastikan kapasitas utilitas pengkondisian udara pada kamar-kamar ini sudah e+ekti+ atau belum .1 G"m%"$"n s(stem pengk n!isi"n #!"$" p"!" ) te' s"ntik" #erbicara tentang pengkondisian udara pada hotel santika .( P). tentu AC split ini memiliki beberapa kekurangan yakni "arganya yang terbilang lebih mahal untuk katagori ac split ini. #udget pemasangan. G"m%"$ 1.2. Satu lagi kelebihannya adalah untuk ac split ini adalah minimnya polusi Suara yang disebabkan oleh AC pada ruang. 3.2 Peng)it#ng"n k"p"sit"s A& P"!" H te' S"ntik" + 5 . compressor pada AC Split in terletak pada bagian outdoornya dan memiliki kipas sebagai alat untuk mengurangi panas yang ada pada pipa kondensornya.2. A& Sp'it p"!" k"m"$*k"m"$ !i ) te' s"ntik" AC pada kamar hotel ini menggunakan AC ber merk %daikin& dengan daya ' -'. dapat di simak bah$a Setiap kamar-kamar pada hotel santika ini menggunakan AC berjenis Split . 3. !imana merk !aikin ini merupakan salah ' dari pemasok * pemasok AC di dunia yang sudah memiliki nama yang cukup di kenal . mari kita coba dengan menghitung nya. !alam memasang maupun membongkan sangat diperlukan pekerja yang ahli dan biasanya cenderung mahal. karena di lihat dari segi bentuknya AC Split ini memiliki dua bagian yaitu indoor dan outdoor.

!elu=e -oom 6 .( * 2. :. di katakana bah$a rumus tersebut berlaku untuk 5ntuk ruangan dengan tinggi standard :. Superior -oom . /ika menghitung luasan nya dapat di simak panjang nya 0 1m .( * 2.8(99 0 <999 #45/"r !ari hitungan tersebut dapat disimpulkan bah$a ruangan superior pada hotel santika ini sangat cocok dengan AC ' P) . jadi sesuai dengan rumus diatas dapat dihitung bah$a kapasitas Ac pada kamar superior ini adalah )ebutuhan AC 0 7uas ruangan 8 )oe+isien 0 1828(99 0 '.( m !ari rumus dia atas kita dapat menghitung kapasitas AC tersebut apa sudah e+ekti+ atau belum .'. AC ini dihitung dalam satyan 3#456 british thermal unit. sedangkan ruangan pada kamar-kamar hotel santika ini pun memiliki kisaran tinggi ruang sekitar :. dan lebarnya 0 2. karena diperoleh hasil <999 #45/"r atau setara dengan ' P) . bisa dikatakan pengkondisian udara pada kamar-kamar superior pada hotel santika ini sudah sangat e+ekti+.( m . !iaman rumus dalam menghitung kapasitas AC paca ruang adalah sebagai berikut )ebutuhan AC 0 7uas ruangan 8 )oe+isien !imana koe+isien tiap ' meter persegi 0 (99#45/hr 5ntuk ruangan dengan tinggi standard :.( m.( m .( * 2.ambaran diatas merupakan gambaran sepintas / key plan dari kamar berjenis %superior room& pada hotel santika ini.

(8(99 0 :?.ik"si A& P"!" H te' S"ntik" + 7 .( P) .( * 2.( m . sedangkan ruangan pada kamar-kamar hotel santika ini pun memiliki kisaran tinggi ruang sekitar :.( P) daya nya . 3. Setelah menghitung e+ektivitas dari pengkondisian udara pada kamar-kamar di hotel santika ini dapat disimpulkan bah$a pengkondisian udara pada tiap-tiap jenis kamar sudah cukup e+ekti+ . bisa dikatakan pengkondisian udara pada kamar-kamar delu=e pada hotel santika ini sudah cukup e+ekti+.( m !ari rumus dia atas kita dapat menghitung kapasitas AC tersebut apa sudah e+ekti+ atau belum . karena diperoleh hasil ':. dan lebarnya 0 2. jadi sesuai dengan rumus diatas dapat dihitung bah$a kapasitas Ac pada kamar superior ini adalah )ebutuhan AC 0 7uas ruangan 8 )oe+isien 0 >82. di katakana bah$a rumus tersebut berlaku untuk 5ntuk ruangan dengan tinggi standard :.2.. AC ini dihitung dalam satyan 3#456 british thermal unit.( * 2. !iaman rumus dalam menghitung kapasitas AC paca ruang adalah sebagai berikut )ebutuhan AC 0 7uas ruangan 8 )oe+isien !imana koe+isien tiap ' meter persegi 0 (99#45/hr 5ntuk ruangan dengan tinggi standard :.:(9 #45/"r atau hampir setara dengan '.(8(99 0 ':. /ika menghitung luasan nya dapat di simak panjang nya 0 >m .( * 2.3 Spesi.( m.ambaran diatas merupakan gambaran sepintas / key plan dari kamar berjenis %!elu=e -oom& pada hotel santika ini.( m .:(9 #45/"r !ari hitungan tersebut dapat disimpulkan bah$a ruangan delu=epada hotel santika ini sangat cocok dengan AC '. AC yang digunakan akan berkisar dari '-'. 3in+ormasi diperoleh dengan melakukan penghitungan6.( P) .

( P) "arga 5nit -p.'(.#erikut merupakan spesi+ikasi dari AC ber merk daikin yang digunakan pada hotel santika ini.999 #45 / 1<9 GA44 !imension 3 " = G = ! 6 mm :1( = ><9 = '>> 3 indoor6 (?9 = .999 / meter o #raket outdoor -p.'(.999 4ype S4 :( "BC' 3 .2 = .<(9.'(.?.999 / unit o Pipa re+rigerant 3 H & I 2/ .( P) penggunaan nya pada kamar-kamar %delu=e room& AC !A@)@A SP7@4 S4AA!A-! 3 4"A@7AA! 6 '.:( "BC' D E4 :( "BC' 6 Blectricity ' Phase / ::9-:?9 C / (9 "F / <.999 #45 / '.299.999 4ype S4 2( )C'? 3 .999 / unit 8 .19.999 / meter • Spesi+ikasi AC '.:.2.<99.( mm 6 -p.:99.& 6 standard -p.( mm 6 -p.2( )C'? D E4 2( )C'? 6 Blectricity ' Phase / ::9-:?9 C / (9 "F / ':. = :>( 3 outdoor6 #erat mesin < kg 3 indoor6 29 kg 3 outdoor6 o /asa pasang -p.999 / set o )abel po$er 3 2 I '.999 / meter o )abel control 3 2 I '. = 2:9 3 outdoor6 #erat mesin < kg 3 indoor6 :> kg 3 outdoor6 o /asa pasang -p. • Spesi+ikasi AC ' P) penggunaan nya pada kamar-kamar %superior room& AC !A@)@A SP7@4 S4AA!A-! 3 C"@AA 6 ' P) "arga 5nit -p.999 / meter o Pipa pembuangan air 3 J & 6 -p.9>9 GA44 !imension 3 " = G = ! 6 mm :.99 = '<( 3 indoor6 ((9 = 1(.'99.

Anda akan menemukan AC '/: P) merek tertentu yang konsumsi dayanya hanya 2?9 $att. "itung daya kapasitasnya.'(.( :.:9.3 TIPS PEMILIHAN.KELEBIHAN DAN SOLUSI A& PADA HOTEL SANTIKA 3.:99 $att.999. Misalnya AC dalam ruangan kamar tidur ' P) merk I mempunyai kapasitas '9.( mm mm 6 6 #raket outdoor -p.o Pipa re+rigerant 3 H & I J & 6 standard o o o )abel )abel control po$er 3 3 2 2 I I :. :. jadi sebutan yang tepat untuk AC adalah penyerap panas. 2.999 / / -p.3. yakni '. Menurut konversi unit satuan ' P) 0 :.999.99 $att.?99.'(9.-.999 btu/h dan po$er consumption '. Memperhatikan kapasitas sebuah AC yang tercantum dalam #45" 3#ritish 4hermal 5nit Per "ours6.>9. Satuan #45" tersebut menentukan kapasitas sebuah AC menarik/menyerap panas dalam satu jam. Misalnya AC '/: P) merk A konsumsi dayanya 2(( $att dengan harga beli -p :.999. sedangkan AC merk # konsumsi dayanya .9 .:9.99 $att dengan harga beli -p :. bukan pendingin ruangan.999 / meter set meter -p. dalam pemilihan AC nya pun di perlukan / di perhitungkan dari beberpa tips .KEKURANGAN. )arena pada dasarnya AC bekerja dengan cara menarik panas dari ruangan dan bukan mendinginkannya.999 / meter 3.1 Tips Pemi'i)"n A& !ilansir oleh salah satu kepala engineering pada hotel santika ini .999 / meter -p. 4entukan merk AC dan jangan tergiur dengan harga yang murah. sementara AC '/: P) merk lain konsumsi dayanya .999 o Pipa pembuangan air 3 J & 6 -p. !i pasaran.(?? btu/h 0 >?1 $att. )apasitas AC.

harus Anda bayat mahal setiap bulannya. Suhu udara yang dikeluarkan oleh AC akan sangat tergantung dari panas ruangan. !alam pemilihan AC ini . #ila hanya dengan melihat harganya.3.2 Kek#$"ng"n !"n ke'e%i)"n pem"s"ng"n A& p"!" ) te' s"ntik". (. )alau kita asumsikan sehari AC dihidupkan . #erdasarkan jenisnya ada ? jenis AC yang sering dipergunakan pada rumah tangga yaitu AC split. cassette dan Standing AC.0 -p :. Aamun tentunya jangan sekedar memilih AC murah. luas dinding. Aamun kalau Anda mau sedikit beruntung.??( kGh = .. !engan demikian dalam sebulan Anda harus membayar dengan selisih 29= -p :.lebih mahal.99G-2((G 0 ??( Gatt. Memilih jenis AC. selisih daya .'21 lebih mahal. arah kedatangan sinar matahari dsb.9. jumlah lampu.'21 0 -p 1?. jam = -P 199. 10 . Eaktor yang mempengaruhi panas ruangan antara lain luas ruangan. dilansir oleh engineering pada hotel santika ini sudah menyatakan bah$a dipilihnya AC daikin sebagai AC yang ditempatkan pada tiap-tiap kamar di hotel ini karena AC daikin ini sudah hamper memenuhi seluruh syarat-syarat tips pemilihan AC yang baik seperti yang di cantumkan diatas. ?. $indo$. 3. jumlah penghuni ruangan. jam dan harga per kGh P7A 0 -p 199 maka per harinya Anda sudah membayar 9.. bahan pembuat dinding. Perhatikan 7etak Pemasangan AC.9. #erikut tadi merupakan beberapa tips dari kepala engineering hotel santika ini untuk dasar-dasar pertimbangan dalam pemilihan sebuah AC pada ruang.dan dua-duanya memilki kapasitas yang sama yaitu (999 btu/h. Anda tentu akan memilih AC merk # yang harganya lebih murah.

 Memungkinkan untuk mengatur kondisi suhu pada kamar yang biaas kita atur sesuai dengan titik dimana kita bias merasakan udara yang nyaman pada kamar hotel ini. 2. maka udara yang dihasilkan oleh AC tersebut akan lebih bersih. 2) Kekurangan :  )onsumsi listrik yang banyak . 4erutama dampak bagi kulit yang menyebabkan kekeringan. !alam keadaan tera$at.2. dapat diturunkan maupun di naikan sesuai dengan keadaan  Pada AC split dengan adanya +ungsi +ilter pada AC serta teknologi saat ini. Sehingga udara yang keluar pada ruangan kamar hotel ini tetaplah terjaga.#erikut terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan dalam pemasangan AC pada hotel santika ini 1) Kelebihan :  Pengkondisian udara kamar pada hotel santika ini menjadi stabil . kualitas udara tetap akan terjaga.2 S '#si 11 . 7ebih bebas bakteri dan partikel debu dibandingkan jika tidak menggunakan AC. akibat penggunaan nya AC split di tiap kamar pada hotel santika ini  !ampak yang kurang baik pada lingkungan sekitar hotel santika ini . karena AC pada umumnya berdampak pada global $arming terlebih jika AC tidak dalam keadaan tera$at  #agi sebagian orang akan merugikan dengan suhunya yang dingin dan tingkat kelembaban yang kurang.

Atau menggunakan smart AC yang di isukan dapat mendeteksi keberadaan orang di ruang dan menyesuaikan secara otomatis suhu pada ruang tersebut. Solusinya secara sederhana adalah menanamkan beberapa pohon pohon yang dapat menciptakan suasana yang rindang di sekitar hotel santika ini . sehingga lebih menghemat biaya.5ntuk saat ini ada beberapa solusi yang di ta$arkan untuk mengurangi kekurangan pada penggunaan AC pada hotel santika ini '6 Menggunakan AC yang irit listrik/daya untuk menghemat penggunaan listrik pada hotel tersebut. secara tidak langsung membuat lingkungan di sekitar hotel santika ini relative lebih panas karena banyaknya penggunaan AC Split pada ruang yang dapat menyebabkan global $arming. sehingga mengurangi udara panas yang di keluarkan akibat penggunaan AC ini. :6 AC biasanya memberikan dampak yang kurang baik pada lingkungan . 12 .