You are on page 1of 14

Fauna Daerah Oriental

Hewan-hewan di bagian barat indonesia (oriental) yang meliputi sumatera, jawa dan kalimantan serta pulau-pulaunya memiliki memiliki kemiripan dengan hewan-hewan yang terdapat di Benua Asia. ciri-cirinya sebagai berikut : 1) Banyak spesies mamalia yang berukuran besar. Misalnya, gajah, banteng, harimau, badak. Mamalia berkantung jumlahnya sedikit, bahkan hampir tidak ada. 2) Terdapat berbagai macam kera. Kalimantan merupakan pulau yang paling kaya akan jenis primata. Ada 3 jenis primata, misalnya bekantan, tarsius, loris hantu, orangutan. 3) Terdapat hewan endemik, seperti: Endemik artinya hanya ada di suatu wilayahdan tidak ada di wilayah lain. + badak bercula satu di ujung kulon + binturong (Arctictis binturong), hewan sebangsa beruang tetapi berukuran kecil + monyet ( Presbytis thomasi) + tarsius (Tarsius bancanus) + kukang (Nycticebus coucang) 4) Burung-burung oriental memiliki warna yang kurang menarik dibanding burung-burung di daerah Australia, tetapi dapat berkicau. Burung-burung yang endemik misalnya: + Jalak bali (Leucopsar rothschildi) + Murai mengkilat (Myophoneus melurunus) + Elang putih (Mycrohyerax latifrons) + Ayam hutan berdada merah (Arborphila hyperithra) + Ayam pegar (Lophura bulweri)

Populasinya semakin menurun dan menjadi spesies yang sangat terancam.Fauna di daerah Indonesia Bagian Barat ? Gajah Sumatera Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Filum: Kelas: Ordo: Famili: Genus: Spesies: Animalia Chordata Mammalia Proboscidea Elephantidae Elephas E. sumatranus Nama trinomial Elephas maximus sumatranus Gajah Sumatera adalah subspesies dari gajah Asia yang hanya berhabitat di pulau Sumatera. Sekitar 83% habitat gajah Sumatera telah menjadi wilayah perkebunan akibat perambahan yang agresif untuk perkebunan. Telinga yang cukup besar membantu gajah mendengar dengan baik dan membantu mengurangi panas tubuh seperti darah panas dingin ketika mengalir di bawah permukaan telinga. . m. Sebanyak 65% populasi gajah Sumatera lenyap akibat dibunuh manusia dan 30% kemungkinan diracuni manusia. Gajah Sumatera berpostur lebih kecil daripada subspesiesgajah India. beratnya mencapai 6 ton dan tumbuh setinggi 3.5 m pada bahu. Gajah sumatra adalah mamalia terbesar di Indonesia. Periode kehamilan untuk bayi gajah adalah 22 bulan dengan umur rata-rata sampai 70 tahun. Herbivora raksasa ini sangat cerdas dan memiliki otak yang lebih besar dibandingkan dengan mamalia darat lain. maximus Upaspesies: E. Sekitar 2000 – 2700 ekor gajah Sumatera yang tersisa di alam liar berdasarkan survei tahun 2000.

Bos javanicus. dan B. Terdapat tiga anak jenis banteng liar: B. Anak jenis yang terakhir digolongkan sebagai Terancam oleh IUCN. Vietnam. Jawa.Belalainya digunakan untuk mendapatkan makanan dan air. . javanicus lowi (di Kalimantan. Banteng ? Banteng Banteng betina di Disney's Animal Kingdom Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Animalia Filum: Kelas: Ordo: Famili: Genus: Spesies: Chordata Mammalia Artiodactyla Bovidae Bos B. Kalimantan. and Bali. javanicus javanicus (di Jawa. javanicus Upafamili: Bovinae Nama binomial Bos javanicus d'Alton. javanicus birmanicus (di Indocina). Banteng dibawa ke Australia Utara pada masa kolonisasi Britania Raya pada 1849 dan sampai sekarang masih lestari. jantannya berwarna coklat bukan hitam).Kamboja. Madura. B. dan memiliki tambahan dpt memegang (menggenggam) di ujungnya yang digunakan seperti jari untuk meraup. 1823 Banteng atau tembadau (dari bahasa Jawa. Laos. Thailand. adalah hewan yang sekerabat dengan sapi dan ditemukan di Myanmar. dan Bali). banṭèng).

dedaunan. tanduk pendek yang mengarah ke dalam dan tidak berpunuk. tanduk panjang melengkung ke atas.3 m. Taman Nasional Bali Barat. Taman Nasional Meru Betiri. sumatrae Nama trinomial Panthera tigris sumatrae . betinanya memiliki kulit coklat kemerahan. bambu. Banteng jantan memiliki kulit berwarna biru-hitam atau atau coklat gelap. Harimau sumatera ? Harimau sumatera Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Filum: Kelas: Ordo: Famili: Genus: Spesies: Animalia Chordata Mammalia Carnivora Felidae Panthera P.Banteng dapat mencapai tinggi sekitar 1.6m di bagian pundaknya dan panjang badan 2. Banteng memiliki bagian putih pada kaki bagian bawah dan pantat. Sementara. walaupun terdapat sedikit dimorfisme seksual pada ciri-ciri tersebut. Taman Nasional Ujung Kulon. dan ranting muda. dan punuk di bagian pundak. tapi pada daerah pemukiman manusia. serta warna putih disekitar mata dan moncongnya. buah-buahan.punuk putih. tigris Upaspesies: P.810 kg — jantan yang sangat besar bisa mencapai berat satu ton — sedangkan betinanya lebih ringan. Banteng hidup dari rumput. mereka beradaptasi sebagai hewan nokturnal. t. Di Jawa. Taman Nasional Alas Purwo dan Taman Nasional Baluran menjadi pertahanan terakhir hewan asli Asia Tenggara ini. Berat banteng jantan biasanya sekitar 680 . Banteng umumnya aktif baik malam maupun siang hari. Banteng memiliki kecenderungan untuk berkelompok pada kawanan berjumlah dua sampai tiga puluh ekor.

larvatus Nama binomial Nasalis larvatus Wurmb.[2] Penghancuran habitat adalah ancaman terbesar terhadap populasi saat ini. Uji genetik mutakhir telah mengungkapkan tanda-tanda genetik yang unik. merupakan satu dari enam sub-spesies harimau yang masih bertahan hidup hingga saat ini dan termasuk dalam klasifikasi satwa kritis yang terancam punah (critically endangered) dalam daftar merah spesies terancam yang dirilis Lembaga Konservasi Dunia IUCN. 1787 .Harimau Sumatra (Panthera tigris sumatrae) hanya ditemukan di Pulau Sumatra di Indonesia. terutama hidup di Taman-taman nasional di Sumatra. 1812 Upafamili: Colobinae N. Bekantan ? Bekantan Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Animalia Filum: Kelas: Ordo: Famili: Genus: Spesies: Chordata Mammalia Primata Cercopithecidae Nasalis É. yang menandakan bahwa subspesies ini mungkin berkembang menjadi spesies terpisah. Pembalakan tetap berlangsung bahkan di taman nasional yang seharusnya dilindungi. bila berhasil lestari. Populasi liar diperkirakan antara 400-500 ekor. Tercatat 66 ekor harimau terbunuh antara 1998 dan 2000. Geoffroy.

Sistem sosial bekantan pada dasarnya adalah One-male group. Bekantan juga dapat berenang dengan baik. Selain itu juga terdapat kelompok all-male. Ini mengakibatkan efek samping yang membuat perut bekantan jadi membuncit. Serawak dan Brunai). pada sela-sela jari kaki bekantan terdapat selaputnya. rawa dan hutan pantai di pulau Borneo (Kalimantan. . Monyet betina lebih memilih jantan dengan hidung besar sebagai pasangannya. Selain mahir berenang bekantan juga bisa menyelam dalam beberapa detik. Bekantan merupakan maskot fauna provinsi Kalimantan Selatan. namun ini mungkin disebabkan oleh seleksi alam. Ukurannya dapat mencapai 75cm dengan berat mencapai 24kg. Ciri-ciri utama yang membedakan bekantan dari monyet lainnya adalah hidung panjang dan besar yang hanya ditemukan di spesies jantan. Untuk menunjang kemampuan berenangnya. kadang-kadang terlihat berenang dari satu pulau ke pulau lain. yaitu satu kelompok terdiri dari satu jantan dewasa. sebagai hasil dari kebiasaan mengonsumsi makanannya. bekantan dikenal juga sebagai monyet Belanda. Monyet betina berukuran 60cm dengan berat 12kg. Selain buah-buahan dan biji-bijian. Sabah. Bekantan tersebar dan endemik di hutan bakau. yang terdiri dari beberapa bekantan jantan. Fungsi dari hidung besar pada bekantan jantan masih tidak jelas. beberapa betina dewasa dan anak-anaknya. Spesies ini menghabiskan sebagian waktunya di atas pohon dan hidup dalam kelompok-kelompok yang berjumlah antara 10 sampai 32 monyet. Bekantan jantan berukuran lebih besar dari betina. yang menghasilkan banyak gas pada waktu dicerna. Karena hidungnya inilah. Dalam bahasa Brunei (kxd) disebutbangkatan.Bekantan atau dalam nama ilmiahnya Nasalis larvatus adalah sejenis monyet berhidung panjang dengan rambut berwarna coklat kemerahan dan merupakan satu dari dua spesies dalam genus tunggal monyet Nasalis. sehingga pada hidungnya juga dilengkapi semacam katup. Jantan yang menginjak remaja akan keluar dari kelompok one-male dan bergabung dengan kelompok all-male. Spesies ini juga memiliki perut yang besar. Hal itu dimungkinkan sebagai strategi bekantan untuk menghindari terjadinya inbreeding. bekantan memakan aneka daun-daunan.

suatu genus monotipe dari famili Tarsiidae.Berdasarkan dari hilangnya habitat hutan dan penangkapan liar yang terus berlanjut. khususnya di Pulau Kalimantan dan Sumatera.[2] [3] . Orang utan Orang utan (atau orangutan. Bitung. 1825 Tarsius Storr. Spesies ini didaftarkan dalam CITES Appendix I. Sulawesi Utara Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Animalia Filum: Kelas: Ordo: Chordata Mammalia Primata Upaordo: Haplorrhini Infraordo: Tarsiiformes Gregory. bekantan dievaluasikan sebagai Terancam Punah di dalam IUCN Red List. 1777 Tarsius adalah primata dari genus Tarsius. yang hidup di hutan tropika Indonesia dan Malaysia. 1780 Tipe spesies Tarsius Sulawesi Erxleben. nama lainnya adalah mawas) adalah sejenis kera besar dengan lengan panjang dan berbulu kemerahan atau cokelat. Tandurusa. satu-satunya famili yang bertahan dari ordo Tarsiiformes. semua spesies yang hidup sekarang ditemukan di pulau-pulau di Asia Tenggara. 1915 Famili: Genus: Tarsiidae Gray. serta sangat terbatasnya daerah dan populasi habitatnya. Tarsius Seekor Tarsius Sulawesi di taman satwa mini Naemundung. Meskipun grup ini dahulu kala memiliki penyebaran yang luas.

1822[2] . sondaicus Nama binomial Rhinoceros sondaicus Desmarest.Badak jawa Pemburu Eropa dengan badak Jawa yang terbunuh tahun 1895 Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Animalia Filum: Kelas: Ordo: Famili: Genus: Spesies: Chordata Mammalia Perissodactyla Rhinocerotidae Rhinoceros R.

Badak ini lebih kecil daripada badak india dan lebih dekat dalam besar tubuh dengan badak hitam. Badak ini pernah menjadi salah satu badak di Asia yang paling banyak menyebar.[4]Berkurangnya populasi badak ini juga disebabkan oleh kehilangan habitat. Badak ini kemungkinan adalah mamalia terlangka di bumi.[4] Populasi 40-50 badak hidup di Taman Nasional Ujung Kulon di pulau Jawa. Berkurangnya populasi badak jawa diakibatkan oleh perburuan untuk diambil culanya. Indonesia.1–3. Badak ini masuk ke genus yang sama dengan badak india dan memiliki kulit bermosaik yang menyerupai baju baja.[5] Tempat yang tersisa hanya berada di dua daerah yang dilindungi. Badak ini memiliki panjang 3.Persebaran badak Jawa[3] Badak jawa atau Badak bercula-satu kecil (Rhinoceros sondaicus) adalah anggota famili Rhinocerotidae dan satu dari lima badak yang masih ada. Populasi badak Jawa di alam bebas lainnya berada di Taman Nasional Cat Tien. letusan gunung .000 per kilogram di pasar gelap. tapi di seluruh Nusantara. peka terhadap penyakit dan menciutnya keragaman genetik menyebabkannya terganggu dalam berkembangbiak.7 m. Ukuran culanya biasanya lebih sedikit daripada 20 cm. Vietnam dengan perkiraan populasi tidak lebih dari delapan pada tahun 2007. yang terutama diakibatkan oleh perang. sepanjang Asia Tenggara dan di India serta Tiongkok. dengan hanya sedikit populasi yang ditemukan di alam bebas. dengan harga sebesar $30.4–1. yang sangat berharga pada pengobatan tradisional Tiongkok.2 m dan tinggi 1. Meski disebut "badak jawa". binatang ini tidak terbatas hidup di Pulau Jawa saja. dan tidak ada di kebun binatang. WWF Indonesia mengusahakan untuk mengembangkan kedua bagi badak jawa karena jika terjadi serangan penyakit atau bencana alam seperti tsunami. tetapi badak jawa masih berada pada risiko diburu. lebih kecil daripada cula spesies badak lainnya. Spesies ini kini statusnya sangat kritis. seperti perang Vietnam di Asia Tenggara juga menyebabkan berkurangnya populasi badak Jawa dan menghalangi pemulihan.

Peneliti dan pelindung alam jarang meneliti binatang itu secara langsung karena kelangkaan mereka dan adanya bahaya mengganggu sebuah spesies terancam. padang rumput basah dan daerah daratan banjir besar. Badak Jawa lebih sedikit dipelajari daripada spesies badak lainnya. binturong Nama binomial Arctictis binturong (Raffles. tetapi akan menyerang manusia jika merasa diganggu. populasi badak jawa akan langsung punah. Badak ini hidup di hutan hujan dataran rendah. Jawa Barat yang pernah menjadi habitat badak Jawa. Arctictis binturong Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Animalia Filum: Kelas: Ordo: Famili: Genus: Spesies: Chordata Mammalia Carnivora Viverridae Arctictis Temminck.[6] Badak jawa dapat hidup selama 30-45 tahun di alam bebas. Peneliti menggunakan kamera dan sampel kotoran untuk mengukur kesehatan dan tingkah laku mereka. walaupun suatu kelompok kadang-kadang dapat berkumpul di dekat kubangan dan tempat mendapatkan mineral. Badak jawa biasanya menghindari manusia. Badak dewasa tidak memiliki hewan pemangsa sebagai musuh.[6] Selain itu. maka populasinya semakin terdesak. 1824 Upafamili: Paradoxurinae A. Binturung Binturung.[6] Kawasan yang diidentifikasikan aman dan relatif dekat adalah Taman Nasional Halimun di Gunung Salak. karena invasi langkap (arenga) dan kompetisi dengan banteng untuk ruang dan sumber.berapi Krakatau dan gempa bumi. 1821) . Badak jawa kebanyakan bersifat tenang. kecuali untuk masa kenal-mengenal dan membesarkan anak.

Asian Bearcat. kecoklatan. Palawan Bearcat. dari kelabu keputihan. sementara juga berkumis lebat dan panjang seperti kucing (bear: beruang. panjang tubuh dewasa 19-30 cm. Berat tubuh 0. 1785) Kukang—kadang-kadang disebut pula malu-malu—adalah jenis primata yang bergerak lambat. Dalam bahasa Inggris.menturung atau menturun. . hewan ini disebut Binturong.Binturung (Arctictis binturong) adalah sejenis musang bertubuh besar. Barangkali karena karnivora berbulu hitam lebat ini bertampang mirip beruang yang berekor panjang. lalu bercabang ke dasar telinga dan mata. Kukang Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Animalia Filum: Kelas: Ordo: Famili: Genus: Spesies: Chordata Mammalia Primata Lorisidae Nycticebus Boddaert. 1785 N.9 kg.375-0. Malay Civet Cat. coucang Nama binomial Nycticebus coucang (Boddaert. Pada punggung terdapat garis coklat melintang dari belakang hingga dahi. Beberapa dialek Melayu menyebutnya binturong. anggota suku Viverridae. hingga kehitam-hitaman. atau secara ringkasBearcat. Warna rambutnya beragam. cat: kucing).

satwa ini dapat ditemukan di Sumatera. Bagian pipiyang . dari suku Sturnidae. Kukang (Nycticebus coucang) adalah jenis primata yang lucu dan menggemaskan sehingga tidak heran banyak masyarakat umum yang menjadikan primata ini menjadi incaran untuk dijadikan hewan peliharaan. di antaranya memiliki bulu yang putih di seluruh tubuhnya kecuali pada ujung ekor dan sayapnya yang berwarna hitam.Di Indonesia. dengan panjang lebih kurang 25cm. Jalak Bali Jalak Bali di Kebun Binatang Brookfield Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Animalia Filum: Kelas: Ordo: Famili: Genus: Spesies: Chordata Aves Passeriformes Sturnidae Leucopsar Stresemann. rothschildi Nama binomial Leucopsar rothschildi Stresemann. 1912 L. 1912 Jalak Bali (Leucopsar rothschildi) adalah sejenis burung pengicau berukuran sedang. Jalak Bali memiliki ciri-ciri khusus. Jawa dan Kalimantan.

jalak Bali menjadi salah satu burung yang paling diminati oleh para kolektor dan pemelihara burung. Burung jantan dan betina serupa. 1788) . Burung ini juga merupakan satu-satunya spesies endemik Bali dan pada tahun 1991 dinobatkan sebagai lambang fauna Provinsi Bali. Penangkapan liar.tidak ditumbuhi bulu. Murai batu Murai batu Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Animalia Filum: Kelas: Ordo: Famili: Genus: Spesies: Chordata Aves Passeriformes Muscicapidae Copsychus C. Keberadaan hewan endemik ini dilindungi undang-undang. Jalak Bali hanya ditemukan di hutan bagian barat Pulau Bali. Karena penampilannya yang indah dan elok. Walter Rothschild. Endemik Indonesia. berwarna biru cerah dan kaki yang berwarna keabu-abuan. Jalak Bali dinilai statusnya sebagai kritis di dalam IUCN Red List serta didaftarkan dalam CITES Appendix I. sebagai orang pertama yang mendeskripsikan spesies ini ke dunia pengetahuan pada tahun 1912. Jalak Bali ditemukan pertama kali pada tahun 1910. serta daerah burung ini ditemukan sangat terbatas menyebabkan populasi burung ini cepat menyusut dan terancam punah dalam waktu singkat. Untuk mencegah hal ini sampai terjadi. Nama ilmiah Jalak Bali dinamakan menurut pakar hewan berkebangsaan Inggris. sebagian besar kebun binatang di seluruh dunia menjalankan program penangkaran jalak Bali. malabaricus Nama binomial Copsychus malabaricus (Scopoli. hilangnya habitat hutan.

Semenanjung Malaysia. Yang paling diketahui secara umum tersebar di seluruh dunia melalui introduksi. Ukuran tubuh jantan umumnya lebih besar dari pada betina. Burung Pegar umumnya memakan biji-bijian dan beberapa memakan serangga. Burung Pegar Burung Pegar jantan Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Animalia Filum: Kelas: Ordo: Famili: Chordata Aves Galliformes Phasianidae Horsfield. dan sebagian pulau Jawa. misalnya Pegar Emas. Beberapa spesies sangat populer sebagai hewan peliharaan. Hanya saja tindakan eksploitasi hutan berlebihan dan perburuan untuk kepentingan komersial membuat jenis ini sulit ditemui di pasaran.Murai batu (Copsychus malabaricus) merupakan burung kicau paling populer. 1821 Burung Pegar atau Ayam Pegar adalah nama umum dari kelompok burung famili Phasianidae ordo Galliformes. Tersebar di seluruh pulau Sumatra. Jenis yang dianggap terbaik adalah Murai Batu Medan. Terdapat 35 spesies pegar dari 11 genera. Mereka dicirikan dengan sifat dimorfisme seksual yang kuat. Termasuk ke dalam family Turdidae. . 1821 Upafamili: Phasianinae Horsfield. termasuk burung-burung jenis Kuau dan lain-lain. Jantan tidak memiliki peran dalam membesarkan Burung Pegar muda. warna spesies jantan lebih cerah dan kaya warna serta memiliki ekor yang lebih besar dan panjang.