You are on page 1of 4

polystyren

A.

SIFAT

Ketahanan kerja pada suhu rendah (dingin) : Jelek Kuat Tensile 256 (j/12) : 0,13-0,34 Modulus elastisitas tegangan ASTM D747 (MNm x 10 ) : 27,4-41,4
-4

Kuat kompresif ASTM D696 (MNm) : 74,9-110 Muai termal ASTM 696 (mm C x 10) : 6-8 Titik leleh (lunak C) : 82-103
0

Berat jenis ASTMd 792 : 1,04-1,1 Elongasi tegangan ASTM 638 (%) : 1,0-2,5 Kuat fexural ASTM D790 (mnM) : 83,9-118 Tetapan elektrik ASTM 150 (10 Hz) : 2,4-3,1 Kalor jenis (kph) (Kg) : 1,3-1,45

B.

REAKSI-REAKSI

Degradasi Polistirena Dengan Inisiator Dikumil Peroksida Polistirena yang ditambahkan dengan dikumil peroksida akan terjadi pemutusan rantai polistirena dan pembentukan ikatan silang pada polistirena. Dengan reaksinya sebagai berikut :

1.

Tahap Dekomposisi

2. Tahap Inisiasi 3. Tahap Pemutusan Rantai

4. Tahap Pembentukan Ikatan Silang

Polistirena foam dikenal luas dengan istilah styrofoam yang seringkali digunakan secara tidak tepat oleh publik karena sebenarnya styrofoam merupakan nama dagang yang telah dipatenkan oleh perusahaan Dow Chemical.l: sapu. Peralatan rumah tangga yang terbuat dari polistirena. Polistirena banyak dipakai dalam produk-produk elektronik sebagai casing. . ember. D. gantungan baju. Setelah perang dunia II sudah banyak pengolahan stirena menjadi polistirena dan kopolimernya secara komersial. dan terdapat ruang antar butiran yang berisi udara yang tidak dapat menghantar panas sehingga hal ini membuatnya menjadi insulator panas yang sangat baik. Polistirena foam dibuat dari monomer stirena melalui polimerisasi suspensi pada tekanan dan suhu tertentu. Polistirena foam begitu banyak dimanfaatkan dalam kehidupan. a. baskom. Polistirena foam merupakan bahan plastik yang memiliki sifat khusus dengan struktur yang tersusun dari butiran dengan kerapatan rendah.Reaksi Degradasi Polistirena dengan Dikumil Peroksida C. tetapi tidak dapat dengan mudah direcycle sehingga pengolahan limbahnya harus dilakukan secara benar agar tidak merugikan lingkungan. CONTOH POLISTIRENA Salah satu jenis polistirena yang cukup populer di kalangan masyarakat produsen maupun konsumen adalah polistirena foam. Oleh pembuatnya Styrofoam dimaksudkan untuk digunakan sebagai insulator pada bahan konstruksi bangunan. selanjutnya dilakukan pemanasan untuk melunakkan resin dan menguapkan sisa blowing agent. Pemanfaatan polistirena bekas untuk bahan aditif dalam pembuatan aspal polimer merupakan salah satu cara meminimalisir limbah tersebut. KEGUNAAN/KELEBIHAN Stirena pertama kali diproduksi secara komersil pada tahun 1930 sebelum terjadi perang dunia ke-II dan memegang peranan penting dalam perkembangan kimia polimer. mempunyai bobot ringan. sisir. Polistirena foam dihasilkan dari campuran 90-95% polistirena dan 5-10% gas seperti n-butana atau n-pentana. kabinet dan komponen-komponen lainya.

selanjutnya dilakukan pemanasan untuk melunakkan resin yang ada serta ikut menguapkan sisa-sisa blowing merupakan insulator-insulator yang baik. yaitu dengan melewatkan etilena melalui cairan benzena dengantekanan yang cukup dan aluminiumklorida sebagai katalisnya. Polistirena foam yang dibuat dari monomer stirena melalui polimerisasi suspensi pada tekanan-tekanan dan suhu tertentu. Polistirena murni yang transparan bisa dibuat menjadi beraneka warna melalui proses compounding. karena golongan senyawa ini dapat merusak lapisan ozon oleh karnanya saat ini tidak dipergunakan lagi. mempunyai bobot ringan. perasa atau pakai buah asli (tergantung rasa yang . Dahulu. Polistirena foam yang dihasilkan dari percampuran 90-95% polistirena dan 5-10% gasgas tertentu seperti n-butana atau n-pentana. CARA PEMBUATAN Secara laboratorium dapat dibuat melalui dehidrogenasi etil benzene. Menyediakan Alat dan Bahan Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat ice cream antara lain: 1/2 liter cream susu. Pada suhu sekitar 600 C stirena disuling dengan cara destilasi maka 0 didapatkan polistirena. blowing agent yang digunakan adalah berupa senyawa CFC (Freon). 3 butir telur ayam. Polistirena yang dibuat dari monomer stirena dilakukan melalui proses polimerisasi. 100 gr gula pasir halus. 1 sendok teh vanili. keras dengan fleksibilitas yang terbatas yang dapat dibentuk menjadi berbagai macam produk dengan detil yang bagus. Etil benzena didehidrogenasi menjadi stirena dengan melewatkannya melalui katalis oksida aktif. kini yang digunakan adalah blowing agent yang lebih ramah lingkungan.E. dan terdapat di dalam ruang-ruang antar butiran yang berisi udara minuman-minuman beralkohol atau bersifat asam juga meningkatkan laju migrasi. 1 gelas susu cair atau pakai santan kelapa. Polistirena jenis ini dikenal dengan nama High Impact Polystyrene (HIPS). Penambahan karet pada saat polimerisasi dapat meningkatkan fleksibilitas dan ketahanan kejut. Sedangkan monomer polistirena foam merupakan bahan plastik yang memiliki sifat tertentu atau khusus dengan struktur yang tersusun dari beberapa butiran dengan kerapatan rendah. CARA PEMBUATAN ES KRIM 1.Reaksi yang terjadi sebagai berikut : Polistirena padat murni adalah sebuah plastik tak berwarna.

Harganya di pasaran sekitar Rp 50. kompor. Kita harus berusaha agar hasil ice cream benar-benar bagus struktur dan kelembutannya. Mengenal Cara Pembuatan Ice cream Berdasarkan struktur bahannya. maka setiap satu jam ice cream diaduk-aduk. ice cream dapat dikelompokkan menjadi dua. Jika ingin lebih praktis. anda bisa memakai mesin pembuat ice cream yang harganya bervariasi. adonan tersebut dituangkan ke dalam wadah tertentu untuk disimpan di lemari es. wadah ice cream. semakin banyak udara yang dipompa ke dalam es krim. Alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat ice cream antara lain: blender. Agar struktur ice cream tetap terjaga kelembutannya dan agar tidak terjadi pengkristalan. yaitu soft ice cream dan hard ice cream. dan vanili. Hasil blenderan tersebut dicampur rata ke dalam panci. perasa. panci. anda bisa memilih bubuk (powder) ice cream siap pakai yang dibuat hanya dengan menambahkan air dan susu saja. boleh dibilang gampanggampang susah. Proses ini hanya berlangsung 3-4 kali saja. 2. dan bahan tambahan lainnya (misalnya buah alpukat) hingga lembut.000/kg. Namun jika ingin lebih praktis. maka strukturnya akan menjadi mengembang dan lembut. gula. kapasitas dan mereknya.diinginkan). Dengan memakai bahan-bahan seperti yang tertulis di atas. Perbedaan soft ice cream dan hard ice cream adalah kandungan udara yang ada di dalamnya. sekitar 3 juta hingga 50jutaan rupiah tergantung fitur mesin. Dalam membuat ice cream untuk usaha skala rumahan. Soft ice cream dapat dibuah menjadi hard ice cream dengan cara dibekukan di dalam lemari pendingin. Blender telur. aduk pelan-pelan. kemudian dipindahkan ke dalam freezer. Lama penyimpanan di lemari es sekitar 4 jam. proses pembuatan ice cream secara singkat dapat digambarkan sebagai berikut: Pertama masukan krim dan susu/santan ke dalam panci dan dimasak dengan api sedang. dan dipanaskan kembali dengan api sedang. . Setelah agak mengental. Pada soft ice cream. lemari pendingin (kulkas/freezer).