You are on page 1of 18

Nuklir Pengertian Nuklir Reaktor Nuklir Bahan Bakar Nuklir Reaksi Nuklir Penggunaan Nuklir Untuk Pembangkit Listrik .

baik itu reaksi fisi (pemisahan) maupun reaksi fusi (penggabungan). Sumber energi nuklir yang paling sering digunakan untuk PLTN adalah sebuah unsur radioaktif yang bernama Uranium. .Pengertian Nuklir Nuklir adalah sebutan untuk bentuk energi yang dihasilkan melalui reaksi inti.

Karena massa atom sebelum pembelahan lebih besar dari pada massa atom setelah pembelahan. .Bagaimana caranya sebuah unsur radioaktif mampu menghasilkan panas yang besar? Yaitu melalui reaksi pemisahan inti (reaksi fisi). maka selisih massa (disebut defek massa) tersebut berubah menjadi energi panas yang besarnya sekitar 200 MeV (Mega elektron volt).

Bahan Bakar Nuklir Bahan bakar nuklir adalah semua jenis material yang dapat digunakan untuk menghasilkan energi nuklir Bahan bakar nuklir yang umum dipakai adalah unsur berat fissil yang dapat menghasilkan reaksi nuklir berantai di dalam reaktor nuklir Bahan bakar fissil yang sering digunakan adalah 235U dan 239Pu. Juga kegiatan yang berkaitan dengan siklus bahan bakar nuklir .

Bahan bakar nuklir – berbentuk padat. biasanya bersifat inert Proses pengolahan Uranium . UF6 – Uranium dalam pengkayaan 4. Uranium ore-material dasar bahan bakar nuklir 2. Yellow cake – bentuk Uranium guna dikirim ke pabrik pengkayaan Uranium 3.1.

Nuklir sebagai pembangkit listrik 20 Desember 1951 Idaho. Amerika Serikat 27 Juni 1954. 17 Oktober 1956.inggris . Obninsk. Uni Soviet Calder Hall.

Advantages Tidak mencemari udara < Limbah padat < Emisi gas rumah kaca Bahan Bakar melimpah .

Disadventages Kecelakaan Nuklir Limbah radioaktif .

. Adapun tiga bahan bakar yang dapat berfisi antara lain : Uranium-235 (U235). disebut produk isi. Uranium-233 (U233) dan Plutonium-239 (Pu239). Ketiga bahan bakar ini besifat radioaktif tetapi mereka mempunyai massa paruh yang sangat lama.Fisi Nuklir Proses fisi adalah proses utama pada reaktor nuklir terjadi ketika sebuah inti bermassa berat. inti senyawa yang terangsang terbelah menjadi dua inti massa yang lebih rendah. dan produk ini disertai oleh dua atau tiga neutron dan radiasi fisi gamma. Pada reaksi fisi.

Sedangkan pada reaksi fusi. membentuk inti atom yang lebih besar dan melepaskan energi. sambil melepaskan kelebihan energi pengikatan. Fusi nuklir adalah sumber energi yang menyebabkan bintang bersinar. dan senjata nuklir meledak. inti bermasa berat membelah menjadi inti bermasa ringan. inti bermasa ringan bergabung dalam rangka melepaskan kelebihan energi pengikatan. Proses ini membutuhkan energi yang besar untuk menggabungkan inti nuklir. Dalam fisika. . fusi nuklir (reaksi termonuklir) adalah sebuah proses di mana dua inti atom bergabung.Fusi Nuklir Dalam proses fisi. bahkan elemen yang paling ringan. hidrogen.

Reaksi fusi antara Lithium-6 dan Deutrium yang menghasilkan 2 atom Helium-4. .

Reaksi Nuklir Reaksi nuklir berantai tak terkendali Pada ledakan bom nuklir Reaksi nuklir berantai terkendali Reaktor nuklir Reaksi nuklir sengaja tidak dikendalikan agar dihasilkan panas yang luar biasa besarnya sehingga ledakan bom memiliki daya rusak yang maksimal Aman dan energi yang dibebaskan dari reaksi nuklir tersebut dapat dimanfaatkan Reaktor nuklir tempat dimana reaksi nuklir berantai terkendali dapat dilangsungkan .

.Reaktor Nuklir Reaktor Nuklir adalah suatu alat dimana reaksi berantai dapat dilaksanakan berkelanjutan dan dikendalikan. Atau dengan kata lain reaktor nuklir merupakan suatu wadah bahan-bahan fisi dimana proses reaksi berantai terjadi terus menerus tanpa berhenti atau tempat terjadinya reaksi pembelahan inti (nuklir).

Komponen Utama Reaktor Nuklir Inti reaktor Fluida Pendingin Perisai Biologi Moderator Tangki Reaktor Batang-batang kendali Perisai Termal Reflektor .

Reaktor Nuklir Reaktor nuklir adalah tempat terjadinya reaksi pembelahan inti atau dikenal dengan reaksi fisi berantai yang terkendali Reaktor penelitian/riset Reaktor Daya (PLTN) .

REAKTOR NUKLIR Pressurized Water Reactor TURBIN UAP Pembangkit Listrik CONTROL ROD penekan pompa Kondenser/ Pengembun Air pendingin TABUNG REAKTOR Pembangkit uap pompa Courtesy : Arthur Beiser. 1981 . Concepts Of Modern Physics.

Thank You .