You are on page 1of 14

LAPORAN PRAKTIKUM RESMI TIPE DATA, KONSTANTA DAN VARIABEL

Disusun oleh : Nama : Trins Astriani Br Sidauruk NIM : 201302011

Dosen pengampu : Yosef Murya Kusuma Ardhana.S.T., M.Kom

JURUSAN KOMPTERISASI AKUNTANSI SEKOLAH TINGGI ILMU KOMPUTER YOS SUDARSO PURWOKERTO 2014
BAB I TEORI DASAR

A. Tipe Data Menurut Horowitz, Ellis, Sahni, dan Sutaj. dalam bukunya yang berjudul Fundamental of Data Structures via YM Kusuma Ardhana. Pembagian tipe data terdiri atas : 1. Tipe sederhana (simlpe type)          Ordinal Integer Boolean Character Real String Array Record Set

2. Tipe string 3. Tipe terstruktur (structure type)

1. Tipe Sederhana Tipe sederhana merupakan tipe data skalar, bahwa dalam sebuah peubah menyimpan sebuah data yang nilainya suatu urutan tertentu.

Tipe Ordinal adalah sebuah subset tipe sederhana yang datanya terbentuk menurut urutan tertentu. Karakter dari tipe ordinal yaitu merupakan himpunan berurutan (ordered set), fungsi standard ORD (ordinalitas), fungsi standard PRED (predecessor), fungsi standard SUCC (successor).

Tipe Integer adalah sebuah tipe data yang nilainya tidak memiliki titik desimal. Ada 5 tipe data yang teMenurut Horowitz, Ellis, Sahni, dan Sutaj. dalam bukunya yang berjudul Fundamental of Data Structures via YM Kusuma Ardhana.asuk dalam kelompok tipe integer yaitu short int, integr, long int, byte dan word.

Tipe data Boolean hanya menganal dua buah nilai yaitu benar (true) dan salah (false), atau dapat juga dinyatakan dengan simbol yaitu 1 jika memiliki niali benar dan 0 jika memiliki niali salah. Operasi yang dapat dilakukan terhadap tipe Boolean dikenal dengan operasi logika atau operasi Boolean. Operasi logika menghasilkan nilai true atau false. Operator logika yang umum digunakan untuk operasi logika adalah Not, And, Or, dan Xor.

Tipe Character mendefinisikan data yang merupakan himpunan karakter. Data yang termasuk ke dalam karakter adalah semua huruf abjad, semua tanda baca, angka, dan karakter-karakter khusus seperti ‘&’,’@’,’%’ dan lain-lain. Karakter kosong (null) adalah karakter yang panjangnya nol, dan diberi lambang’. Nama tipe karakter biasanya ditulis dengan kata char.

Tipe Real adalah sebuah tipe data yang nilainya memiliki titik desimal.

Untuk menuliskan sebuah konstanta bertipe char, karakter perlu ditulis di dalam tanda petik tunggal.

2. Tipe String String berarti sederetan karakter (character). Nilai data string akan menempati memori sebesar banyaknya karakter stringnya ditambah dengan 1 byte. Bila panjang dari suatu string didalam deklarasi variabel tidak disebutkan, maka dianggap panjangnya adalah 255 karakter. Konstanta string ditulis dengan awalan dan akhiran tanda petik ganda.

3. Tipe Terstruktur Tipe Terstruktur adalah tipe yang berbentuk record. Record disusun oleh satu atau lebih field. Field menyimpan data dari tipe dasar tertentu atau dari tipe data bentukan yang lain yang sudah didefinisikan sebelumnya. Nama record didefinisikan sendiri oleh pemrogram. 1. Array Array adalah tipe terstruktur yang mempunyai komponen dalam jumlah tetap dan setiap 2. Record Dengan tipe data record, dapat dikumpulkan beberapa item data yang masingmasing mempunyai tipe data yang berbeda-beda. Masing-masing item data disebut field. Record terdiri dari kumpulan field yang dapat mengandung berebda tipe. 3. Set Tipe set merupakan suatu himpunan yang berisi nilai (anggota). Set dalam pemrograman sangat mirip dengan himpunan dalam ilmu matematik. B. Konstanta Konstanta merupakan suatu nilai yang dapat diubah selama proses program berlangsung. Konstanta harus didefinisikan terlebih dahulu diawal program. Kostanta dapat bernilai integer, pecahan, karakter atau string. Deklarasi Konstanta Dalam bahasa pemrograman C++ konstanta dideklarasikan menggunakan preprocessor #define. komponen mempunyai tipe data yang sama. Posisi masingmasingkomponen dalam larik dinyatakan sebagai nomor index.

C. Variabel Variabel merupakan komponen penting pada pemrograman. Secara umum variabel adalah suatu nama yang menyatakan tempat dalam memori komputer untuk menyimpan suatu nilai dan nilainya dapat dirubah sewaktu-waktu ketika program sedang dieksekusi. Variabel dapat disebut juga sebagai suatu pengenal atau identifier yang digunakan untuk mewakili suatu nilai tertentu didalam proses program. Nilai dari suatu variabel dapat

diubah-ubah sesuai kebutuhan. Nama dari suatu variabel dapat ditentukan sendiri oleh programer dengan aturan sebagai berikut : 1. Terdiri atas huruf dan angka dengan karakter pertama harus berupa huruf. 2. Tidak boleh mengandung spasi. 3. Tidak boleh mengandung simbol-simbol khusus, kecuali garis bawah (underscore). Simbol boleh digunakan antara lain : $, ?, %, #, !, &, *, (, ), -, +, =, dan lain-lain. 4. Panjangnya bebas, tetapi hanya 31 karakter pertama yang terpakai. Deklarasi Variabel Sebelum menggunakan variabel dalam sebuah program, variabel tersebut harus dideklarasikan terlebih dahulu. Pendeklarasian variabel dimaksudkan untuk memesan memori yang akan digunakan dalam komputer dan menetukan tipe data yang dapat disimpan dalam variabel. Bentuk umum pendeklarasian suatu variabel didalam bahasa pemrograman C++ adalah : nama_tipe nama_variabel;

BAB II PENJELASAN PROGRAM

A. Latihan Praktikum Pada bab ini akan membahas tentang listing program pada bagian modul yang telah digunakan untuk latihan pada pertemuan ke tiga. Latihan yang dilakukan mencakup pada Listing Program 2.1, Listing Program 2.2, Listing Program 2.3. Listing Program 2.1

Output Program 2.1 Hasil output dari Program 2.1 adalah sebagai berikut :

Listing Program 2.2

Output Program 2.2 Hasil output dari Program 2.2 adalah sebagai berikut :

Listing Program 2.3 Hasil output dari Program 2.3 adalah sebagai berikut :

Output Program 2.3 Hasil output dari Program 2.3 adalah sebagai berikut :

Dalam melakukan langkah-langkah praktikum didapat perubahan-perubahan supaya mengetahui perbedaan dari penulisan deklarasinya : Listing Program 2.1

Output Program 2.1 Hasil output dari Program 2.1 adalah sebagai berikut :

Listing Program 2.2

Output Program 2.2 Hasil output dari Program 2.2 adalah sebagai berikut :

Ternyata hasilnya tidak ada bedanya meskipun cara pendeklarasiannya berbeda, tetapi hasilnya tetap sama. Penjelasan Program 2.1, Program 2.2, Program 2.3 Berikut penjelasan dari Listing Program 2.1, program 2.2, program 2.3 : 1. Tanda yang diawali dengan /* dan diakhiri tanda */ merupakan script untuk membuat sebuah komentar pada pemrograman C++ yang jika didalamnya terdapat sebuah perintah atau teks maka ketika program dirunning atau dijalankan tidak akan dibaca oleh compiler. 2. #include atau disebut sebagai pengarah preprocessor #include berfungsi untuk menginstruksikan compiler untuk menyertakan berkas C++ sumber yang lain sebelum kompilasi dimulai 3. <iostream> berfungsi sebagai suatu input dan output. Seperti pada teori dasar sintaks C++, ada cout untuk menampilkan dan cin untuk menginputkan. 4. (;) digunakan untuk menyatakan suatu pernyataan. Suatu atau beberapa ekspresi yang diakhiri dengan tanda titik koma. 5. {} (blok pernyataan) terjadi dari satu atau beberapa pernyataan yang dirancang untuk melakukan proses tertentu. Blok fungsi dimulai dengan nama fungsi dan diikuti tanda () dan tanda {dan diakhiri tanda}. 6. Char digunakan untuk memasukkan pernyataan. 7. Int digunakan untuk memasukkan angka. 8. Long digunakan untuk memasukkan angka lebih panjang. 9. Cout untuk menampilkan output dan cin untuk menginputkan data. 10. Float digunakan untuk memasukkan desimal (real presisi tunggal). 11. Double digunakan untuk memasukkan bilangan desimal (real presisi ganda). 12. #define digunakan untuk deklarasi konstanta.

B. TUGAS PRAKTIKUM 1. Membuat program untuk menghitung volume silinder. Listing Program 3.1

Output Program 3.1 Hasil output dari Program 3.1 adalah sebagai berikut :

2.

Membuat program untuk menginput nim, nama, matakuliah, dan nilai huruf : Listing Program 3.2

Output Program 3.2 Hasil output dari Program 3.2 adalah sebagai berikut :

Catat semua tahapan-tahapan program yang anda buat dan jelaskan kesalahan yang anda lakukan ketika membuat program dan berikan solusinya. Soal nomor 1 - Tahapan-tahapan program yang di buat ; 1. Setelah menjalankan program eclipse C++ dan sudah membuat new file, saya mengganti nama (Author) dengan nama saya. 2. Selanjutnya saya mengetikan #include dengan menambahkan #define 3. Mengetikan float sesuai dengan rumus volume. 4. Selanjutnya mengetikkan sesuai dengan yang ada di modul. 5. Lalu saya klik save, debug, lalu klik run.

3.

-

-

Kesalahan yang dilakukan : 6. Awalnya saya sering salah ketika apa yang harus saya masukkan pada float, tapi akhirnya bisa. 7. Dan ketika di debug, dan di run langsung bisa. Solusinya : Teliti, tidak cepat putus asa dan harus mengerti kegunaan dan fungsi dari float. Soal nomor 2

-

-

-

Tahapan-tahapan program yang di buat ; 1. Setelah menjalankan program eclipse C++ dan sudah membuat new file, saya mengganti nama (Author) dengan nama saya. 2. Selanjutnya saya mengetikkan sesuai dengan yang ada di modul. Kesalahan yang dilakukan : 1. Salah ketika memasukkan nim, nama, matakuliah, nilai. 2. Lupa mengetikkan tanda titik koma pada akhir. 3. Setelah melakukan berkali-kali tetapi tetap tidak bisa. Solusinya : Selalu teliti dan tidak putus asa ketika tidak bisa di run.

BAB III KESIMPULAN

Di dalam algoritma pemrograman komputer ada tipe data, konstanta dan variabel. Tipe data, konstanta dan variabel merupakan bagian penting atau pokok dalam pemrograman, tanpa ada kesemuanya itu maka pemrograman tidak dapat dilakukan. Dan dalam menjalankannya harus benar-benar teliti karena sekecil apapun kesalahan akan mempengaruhi hasil outputnya. Dalam menjalankannya kita harus mengerti, memahami kegunaan, arti, dan fungsi dari scrip-nya karena sifat dari pemrograman C++ case-nya sangat sensitive.