You are on page 1of 64

DINDING BATU BATA

DISUSUN OLEH: ALFANADI AGUNG SETYAWAN SEKAR NURHAYUNINGTYAS S SHAFIRA CHAIRUNNISA SANNISHARA ADITYA W ANGGA LEODY PERMANA BIMO ADHYAKSA EKA PUTRA 21020113120011 21020113120014 21020113120022 21020113120025 21020113120056 21020113130077

STRUKTUR DAN KONSTRUKSI I
JURUSAN ARSITEKTUR FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO TAHUN 2013

01DINDING?
APA DEFINISI

BAB 01 : DEFINISI DINDING
1.1 DEFINISI DINDING LEXICAL Dinding 1 /din·ding / n penutup sisi samping (penyekat) ruang, rumah, bilik, dsb (dibuat) dr papan, anyaman bambu, tembok, dsb: -- nya terbuat dr papan;-- teretas, tangga terpasang, pb 1 sudah nyata (terbukti) bahwa seseorang kecurian; 2 sesuatu yg telah cukup buktinya; -- sekat Kap dinding tegak, baik melintang maupun membujur yg memisahkan ruang satu dng ruang lainnya; berdinding /ber·din·ding/ v memakai dinding: rumah itu beratap seng dan ~ papan; mendinding /men·din·ding/ v 1 menjadi dinding (penyekat, pelindung, dsb) sbg dinding: bukti-bukti itu ~ sekeliling kita; 2 menghalangi; melindungi: ia ~ matanya dng kacamata hitam supaya tidak silau;

mendindingi /men·din·dingi/ v 1 CONTOH DINDING memberi berdinding; memasang dinding pd: ayah membeli batu untuk ~ kamar mandi; 2 menghalangi; merintangi; menahan: uang jaminan bagi penduduk baru DKI dimaksudkan untuk ~ urbanisasi; terdinding /ter·din·ding/ v 1 tertutup dng dinding; tersekat; terlindungi; 2 terhalangi; terhambat: keduanya saling mencintai, tetapi ~ oleh perbedaan agama; pendinding /pen·din·ding/ n alat untuk mendindingi (menutup, menyekat, melindungi, dsb);kain ~ miang, uang ~ malu, pb segala sesuatu hendaknya digunakan sebagaimana mestinya, jangan kikir; pendindingan /pen·din·ding·an/ n proses, cara, perbuatan mendinding (Sumber: KBBI Online/kbbi.web.id) (mendindingkan).

id) .Phrase • Inggris • Latin • Perancis • Belanda • Italia • Jerman • Jawa • Portugis • Vietnam • Spanyol : wall : murus : mur : baksteen : muro : wand : balowarti : tijolo : gạch : pared (Sumber: translate.co.google.

membatasi ruang dalam bangunan menjadi ruangan-ruangan. serta dinding kota. serta melindungi terhadap intrusi dan cuaca. Dinding pembatas mencakup dinding privasi. Dinding penahan berfungsi sebagai penghadang gerakan tanah. Umumnya.org/wiki/Dinding) .2 DEFINISI GRAMATICAL Dinding adalah suatu struktur padat yang membatasi dan kadang melindungi suatu area. atau melindungi atau membatasi suatu ruang di alam terbuka. serta dinding penahan (retaining).1. batuan.m. membagi ruangan. Dinding jenis ini kadang sulit dibedakan dengan pagar. dinding penanda batas. dinding membatasi suatu bangunan dan menyokong struktur lainnya. dinding pembatas (boundary). Dinding bangunan memiliki dua fungsi utama. atau air dan dapat berupa bagian eksternal ataupun internal suatu bangunan. yaitu menyokong atap dan langit-langit.wikipedia. (id. Tiga jenis utama dinding struktural adalah dinding bangunan.

2001) 02 MENGENAL DINDING BATA .blogspot. 2013) Dinding bata terdiri dari blok modular yang terikat oleh adukan semen untuk membentuk dinding yang kuat.BAB 02 : MENGENAL BATU BATA 2. tahan api. DEFINISI DINDING BATA Dinding bata merupakan dinding yang paling lazim digunakan dalam pembangunan gedung baik perumahan sederhana sampai pembangunan gedung-gedung yang ukurannya besar. Francis.1.com. (Sumber: Ching. dan efesien secara struktural dalam menahan tekanan. (Sumber: http://zulfatahahmad. Karena itu pasangan batu bata memiliki seni tersendiri dalam sistem pemasangannya dalam konstruksi dinding.

2. dan permukaan batu merah akan cukup kasar.2. Sekam padi. digunakan untuk melunakkan dan merendam tanah. Lempung yang sudah dicampur dengan sekam padi dan kotoran binatang kemudian direndam dengan air ini beberapa waktu lamanya. kuda dan Iain-lain. digunakan kotoran kerbau. waktu pembakaran batu merah akan terbakar dan pada bekas sekam padi yang terbakar akan terbakar dan pada bekas sekam padi yang terbakar akan timbul pori-pori pada batu merah. fungsinya untuk pencetakan batu merah. (Sumber: rzsduniatekniksipil. Sekam padi juga dicampur padabatu merah yang masih mentah. 2.blogspot.com) . dipergunakan untuk melunakkan tanah. Fungsi kotoran binatang dalam campuran batu merah ialah membantu dalamproses pembakaran dengan memberikan panasnya yang lebih tinggi di dalam batu merah. Lempung (tanah liat). Kotoran binatang. Air. yang mengandung silika sebesar 50 % sampai dengan 70%. BAHAN BAKU PEMBUATAN BATA Bahan-bahan pembuatan bata adalah sebagai berikut 1. sebagai alas agar batu merah tidak melekat pada tanah. 4. 3.

2.3. RAGAM JENIS BATA Secara umum batu bata dapat digolongkan menjadi dua macam, yaitu 1. Batu bata tanah liat Batu bata yang terbuat dari tanah liat ini memiliki 2 kategori utama, yaitu bata biasa dan bata muka. Bata biasa memiliki permukaan dan warna yang tidak menentu. Bata ini digunakan untuk dinding dan ditutup dengan semen. Bata biasa seringkali disebut dengan bata merah. Bata muka memiliki permukaan yang baik, licin dan mempunyai warna atau corak yang sama. Meski digunakan untuk dinding juga, namun bata muka tidak perlu ditutup lagi dengan semen. Bata muka biasa disebut sebagai bata imitasi.

(Sumber: rzsduniatekniksipil.blogspot.com)

2. Batu bata pasir-Kapur Sesuai dengan namanya, batu bata ini dibuat dari campuran kapur dan pasir dengan perbandingan 1:8 serta air yang ditekankan kedalam campuran sehingga membentuk bata yang sangat padat. Biasa digunakan untuk bagian dinding yang terendam air dan memerlukan kekuatan tinggi.

(Sumber: rzsduniatekniksipil.blogspot.com)

Secara proses pembuatannya, ada 2 jenis batu bata, yaitu: 1. Batu bata konvensional Batu bata ini dibuat dengan cara tradisional dan menggunakan alat-alat yang sederhana. Tanah liat atau tanah lempung yang telah dibersihkan, diberi sedikit air dan selanjutnya dicetak menjadi bentuk kotak-kotak. Cetakan batu bata biasanya terbuat dari kayu yang secara sederhana dibuat menjadi kotak. Adonan yang telah dicetak, dikeluarkan dan dijemur di bawah matahari sampai kering. Batu bata yang sudah kering kemudian disusun menyerupai bangunan yang tinggi kemudian dibakar dalam jangka waktu yang cukup lama, kurang lebih selama 1 hari sampai batu terlihat hangus. Suhu api pada saat pembakaran dapat mencapai 1000 derajat Celcius. Dalam pembakaran batu bata biasa menggunakan rumput atau sekam yang akan membuat batu bata memilki lubang-lubang kecil menyerupai pori-pori.

(Sumber: rzsduniatekniksipil.blogspot.com)

(Sumber: rzsduniatekniksipil. tidak rapi dan bertekstur kasar.blogspot.Salah satu ciri dari batu bata konvensional adalah bentuk yang tidak selalu sama. Ini dapat dipahami karena pembuatan batu bata konvensional menggunakan alat-alat yang sederhana dan lebih mengutamakan sumber daya manusia dalam pembuatannya. Hasilnya adalah batu-bata yang memiliki tekstur halus. memiliki ukuran yang sama dan terlihat lebih rapi. Batu bata pres Pembuatan batu-bata ini menggunakan bantuan mesin-mesin.com) . 2.

4 SUSUNAN BATU BATA (buku ilmu bangunan hal 13) 1. Susunan Bata 1/2 batu 2. Susunan Bata 1 batu 3. Susunan 1 ½ (satu setengah) batu .2.

Sambungan bata "siku" 1/2 batu 2.com) .5 RAGAM SAMBUNGAN BATU BATA 1.wordpress.2. Sambungan bata "siku" satu batu (Sumber: n0vitasari.files.

com) .3. Sambungan bata "siku" 1 ½ 4.wordpress. Sambungan bata "siku" ½ + 1 batu (satu setengah) batu (Sumber: n0vitasari.files.

files.com) . Sambungan bata "siku" 1 + 1 ½ batu (Sumber: n0vitasari.5. Sambungan bata "siku" ½ + 1 1/2 batu 6.wordpress.

6 Berbagai jenis pasangan bata 2.1 Ikatan setengah bata Ikatan setengah bata adalah ikatan yang paling ekonomis karena di sini kerugian yang ditimbulkan oleh pemotongan bata akan terbukti sangat minim dan karena jumlah siara tegak tidaklah begitu banyak penggunaan mortar (adukan semen) pun akan berkurang. (Ilmu Bangunan II. agar siar-siar tegak dapat diberi ketebalan yang seragam.2.6. 1982) . Sedapat mungkin ukuran strek harus sama panjang.

2. 1982) . dengan dipasangnya sejumlah tigaklesor di betulan sudut-sudut.2 Ikatan klesor Pada ikatan ini akan terjadi lebih banyak kerugian sebagai akibat dari pemotongan bata.6. (Ilmu Bangunan II.

2. 1982) .6. (Ilmu Bangunan II. yang terutama sekali banyak digunakan pada tahun-tahun pertama setelah Perang Dunia ke-2.3 Ikatan liar Ikatan ini merupakan sebuah ikatan yang tidak beraturan.

(Ilmu Bangunan II. Ikatan berdiri mengandung arti bahwa semua strek yang terdapat dalam lapisan yang sama. 1982) .4 Ikatan berdiri atau ikatan tegak Ikatan ini adalah ikatan untuk dinding-dinding satu bata dalam bentuknya yang paling sederhana.6.2. mempunyai arah yang sama pula.

(Ilmu Bangunan II. Ikatan ini tidak banyak berbeda dari ikatan beridir.5 Ikatan silang Ikatan silang adalah ikatan yang paling kokoh yang dapat kita gunakan untuk kerka tembok. namun dalam lapisan-lapisan kop semua kop berada lurus satu di atas lainnya.2.6. 1982) . Lapisan-lapisan strek selalu menonjol setengah bata dibanding lapisan strek sebelumnya.

2.6 Ikatan Vlam Ikatan ini membutuhkan dua pertiga bagian dari seluruh jumlah bata selaku penampak-penampak muka. dengan demikian dinding ini merupakan yang paling tepat untuk kerja tembok yang harus bersih di kedua sisi. seperti misalnya bentengbenteng kebun.6. 1982) . (Ilmu Bangunan II.

2.6. (Ilmu Bangunan II.7 Ikatan rantai Ikatan ini akan menyebabkan kerugian yang lebih besar karena pemotongan dan patahan-patahan dibanding pada ikatan setengah bata dan ikatan klesor. Pada dinding-dinding satu bata kita membutuhkan tiga perlima bagian dari seluruh jumlah bata untuk penampak-penampak muka. kita juga membutuhkan banyak spesi. Selain itu. 1982) .

asalkan saja kita menggunakan sejumlah bata yang mempunyai ukuran panjang sama.6. 1982) .2. benteng-benteng kebun.8 Ikatan kop Ikatan ini memungkinkan kita untuk melaksanakan kerja tembok yang bersih dikedua sisinya. karena ikatan ini merupakan sebuah ikatan yang sangat kokoh. (Ilmu Bangunan II. dinding-dinding kelder dan bagian-bagian tembokan yang bulat. Terutama sekali kita menggunakan ikatan ini pada fondasi.

(Kumpulan Teknik Gambar Bangunan. 1 1/2 bata atau 35cm. kemudian memasang bata arah memanjang. 2008) 2.6.9 Ikatan Inggris Ikatan ini diperoleh dengan cara memasang bata dengan arah memanjang pada setiap lapisan pertama. lapis keenam dan seterusnya dengan sisipam bata 1/4. lapis kelima dan seterusnya.2. setelah bata arah melebar pada kedua ujung pasangan atau sebaliknya sehingga membentuk ikatan 1/4. dan seterusnya. lapisan ketiga. lapis keempat. lapis lima.6. seterusnya dengan bata 3/4 bata kedua ujung pasangan atau sebaliknya sehingga membentuk ikatan 1/4.. kemudian memasang bata arah melebar pada setiap lapis kedua. 2008) . yakni ikatan silang dan ikatan tegak dan biasanya digunakan untuk tebal pasangan satu bata atau 23cm. ikatan ini bisa dikembangkan menjadi dua macam. dan seterusnya. (Kumpulan Teknik Gambar Bangunan. lapis ketiga.10 Ikatan Belanda Ikatan ini diperoleh dengan cara memasang bata arah melebar pada setiap lapis pertama.

7. (Ilmu Bangunan II.2.7.3 Perkuatan dinding setengah-satu bata dengan empat kop Dinding setengah bata beralih ke dalam sebuah dinding satu bata. dalam kedua lapisan yang saling berbatasan kita harus menggunakan banyak tiga klesor.2 Perkuatan dinding setengah bata dengan lima kop Untuk mendapatkan suatu ikatan yang baik.7. yang akan banyak menimbulkan kerugian karena patahan-patahan dan pemotongan bata. 1982) .7 Perkuatan-perkuatan dinding 2. 2.1 Perkuatan setengah bata dengan tiga kop dalam dinding setengah bata 2.

ilmu-konstruksi. sebagian spesi akan tersedak ke luar dari sisi-sisi bata. Setelah tembokan mengering. (Ilmu Bangunan II. yang segera harus dihilangkan. 1982) .blogspot.2. sehingga siar yang sesungguhnya dapat dikerjakan kemudian. ini adalah apa yang dinamakan janggut. kita harus menunggu sedikitnya tiga sampao empat hari sebelum kita dapat menyiar. Adukan biasa akan terlampau kasar dan terlalu banyak bercampur kapur dan karenanya akan sukar digunakan untuk kerja siar. (www. siar-siar hendaknya dikorek sampai kedalaman yang memaadai dan dibersihkan dengan sebuah sikat keras.com. 2013) Sewaktu tukang tembok dengan sedikit penekanan meletekkan sebuah bata pada tempatnya. Setelah tembokan dikorek dan disikat hingga bersih.8 Pemberian Siar Siar adalah adukan setebal 1cm yang melekatkan bata satu dengan yang lain.

8.1 Berbagai bentuk siar 1. Siar yang dikerat atau digunting (Ilmu Bangunan II. Disiar penuh rata 2. Siar yang menjorok ke dalam 3. Siar bayang-bayang 4. 1982) .2.

TIDAK BOLEH MENERUS Tidak boleh ada perekat-tegak yang merupakan satu garis lurus menerus dari bawah sampai atas.03 PRINSIP PEMASANGAN DINDING BATU BATA 3. (Sumber: n0vitasari.files.com) .1.wordpress.

(Sumber: n0vitasari.files.2. yaitu antara 1 –1. KETEBALAN SPASI Tebal perekat pasangan bata umumnya tipis.5 cm.3.wordpress.com) .

wordpress. TIDAK BOLEH PECAH Bata dengan kualitas bagus tidak akan pecah bila diinjak dan dalam penggunaannya pun harus menggunakan bata utuh bukan yang pecah.files.3.3.com) . (Sumber: n0vitasari.

wordpress.com) . (Sumber: n0vitasari. PERKUATAN DINDING BATU BATA Untuk menjaga agar dinding pasangan batu bata kuat berdiri maka hal yang perlu diperhatikan adalah dengan memasang kolom-kolom praktis.3.4.files.

ALAT YANG DIGUNAKAN 1.1. 2) Bak/drum penampung air. Alat-alat untuk persiapan pekerjaan : 1) Bak/drum perendam bata. 4) Kotak penakar bahan. (Pengetahuan Teknik Bangunan. 2009) . 3) Saringan pasir (dari anyaman kawat).04 TEKNIK PEMASANGAN DINDING BATU BATA 4. 5) Alat pengangkut bahan (kereta dorong).

3) Sendok aduk. Modul C-1_7 6 1) Alat pengangkut adukan (kotak. 5) Profil kayu. kereta dorong). 7) Mistar kontrol. 2009) . 6) Penarik benang kayu/pelat logam. Bata dan Plesteran 2) Wadah/kotak pengaduk 2) Wadah adukan (drum. 4) Cangkul pengaduk.2. manual. 8) Sifat datar (water pass/slang). 4) Palu pemotong bata. Alat-alat untuk pasangan bata : 1) Sekop pengaduk. Alat-alat untuk pengadukan mortar : 3. atau. 3) Mesin pengaduk. kotak). Teknologi Pasangan ember. 9) Unting-unting. 10) Penahan lendutan dari logam. (Pengetahuan Teknik Bangunan.

ALAT KERJA BATU (Kumpulan Teknik Gambar Bangunan. 2008) .

untuk memotong kawat-kawat yang giginya dalam keadaan tajam.TANG PENJEPIT Tang ini digunakan untuk mencabut paku-paku. .

2009) . (Pengetahuan Teknik Bangunan. Alat sifat datar logam terbuat dari logam sebagai rangka rumah dan tabung kaca berisi zat cair dengan gelembung.WATER PAS Alat ini digunakan untuk membuat permukaan menjadi rata sesuai dengan perukaan air (benar-benar mendatar) alat sifat datar kayu terdiri dari atang kayu sebagai rangka (rumah) dan tabung kacayang berisi zat cair dengan gelembung.

dan untuk plesteran tembok. (Pengetahuan Teknik Bangunan. 2009) .EMBER DAN KOTAK ADUKAN Ember digunakan untuk mengambil air. untuk tempat adukan yang akan digunakan. Kotak adukan digunakan sebagai tempat adukan yang akan memasang bata atau atu kali. untuk membawa adukan ke tempat kerja dan untuk tempat air semen.

untuk mengangkut bahan-bahan ke tempat pekerjaan dan untuk mengangkut benda-benda guna keperluan lain.KOTAK ANGKUT Kotak angkut berguna untuk takaran pada waktu akan mencampur bahanbahan untuk adukan (spesi). 2009) . (Pengetahuan Teknik Bangunan.

2009) . untuk mencampur baha-bahan susun adukan hingga merata. untuk mengambil tanah dari dalam lubang atau untuk memindahkan tanah. pasir. dari untuk mencampur bahan-bahan susun adukan (spesi). dan semen merah) untuk adukan. (Pengetahuan Teknik Bangunan.CANGKUL DAN SEKOP Cangkul digunakan untuk mengaduk-adukan spesi. Sekop berguna untuk mengambil bahan-bahan susun (kapur.

2008) .MARTIL (Kumpulan Teknik Gambar Bangunan.

SENDOK SPESI (Kumpulan Teknik Gambar Bangunan. 2008) .

Kerangka 4. Kunci roda pembalik 6. Motor 2. Rodan mesin aduk 3. Tabung aduk (Kumpulan Teknik Gambar Bangunan. 2008) . Batang tarik mesin 5.MESIN ADUK BETON Keterangan Gambar : 1. Roda pembalik tabung 7.

2. PEMASANGAN LURUS .4.

PEMASANGAN SIKU .3.4.

PEMASANGAN 2 SUDUT & SILANG 2 SUDUT SILANG .4.4.

(Sumber: n0vitasari.files. tidak melorot keluar.6.com) . hal ini untuk mencegah agar perekat datar yang berada di bawah yang belum mengeras.4.wordpress. BATAS KETINGGIAN PEMASANGAN Pekerjaan pasangan bata dalam 1 hari sebaiknya tidak lebih dari 1 meter tinggi.

2003) .4.K. (Sumber : Ching. PERKUATAN ANTAR SAMBUNGAN Dinding bata yang diperkuat memanfaatkan tulang baja yang disisipkan dengan sambungan dan celah berisi mortar untuk membantu menahan tegangan. Penerbit Erlangga.5. Ilustrasi Konstruksi Bangunan : Edisi Ketiga. D.

PELOBANGAN PADA DINDING (Ilmu Bangunan II. 1982) .4.6.

TIRTO AGUNG CONTOH PEMASANGAN BATU BATA PADA DINDING RUMAH .05 CONTOH PEMASANGAN DINDING BATU BATA PADA RUMAH BERTINGKAT DI JL.

Berlantai 2.5. bahan dinding batubata dan batako. Gambar Batu bata : Gambar Batako : . 16 .700/buah. Tengger Selatan no.1 DESKRIPSI BANGUNAN Alamatnya terletak Di Jl. Harga batu bata yang terpakai pada bangunan tersebut mencapai 750/buah disusul dengan batako yang harganya mencapai 1.

5.2 FOTO-FOTO SUSUNAN BATU BATA .

5.3 FOTO-FOTO RAGAM SAMBUNGAN BATU BATA .

06 ANALISA PEMASANGAN DINDING BATU BATA PADA RUMAH BERTINGKAT DI JL. TIRTO AGUNG .

6.1. . TERAPAN YANG BENAR Cara pemasangan batu bata yang benar adalah dengan cara disusun dari alur stretcher yang saling bertumpuk silang / batu bata disusun dengan susunan tidak sejajar.

K. Ngesrep Dalam 3 & Tembalang Selatan V) Cara pemasangan batu bata yang salah adalah dengan cara menyusun batu bata dengan alur yang sejajar dengan semua sambungan head diluruskan secara vertikal. 2 bata terpotong dan dibiarkan menerus (Jl. TERAPAN YANG SALAH Gb. Penerbit Erlangga. 2003) . D.6. (Sumber : Ching. Ilustrasi Konstruksi Bangunan : Edisi Ketiga.2. 1 & Gb.

4 bata dipasang menerus (Jl. 3 bata dipasang menerus (Jl. Tusam Timur I No 8) Gb.CONTOH KESALAHAN PEMASANGAN BATA Gb. Sumurboto 2) .

. Karena semua unitnya tidak saling bertumpuk/bersilangan.SOLUSI MENGATASI KESALAHAN Kesalahan pada pemasangan batu bata adalah menyusun batu bata dengan alur strecther yang sejajar dengan semua sambungan head diluruskan secara vertikal. maka dibutuhkan penguat sambungan horisontal pada dinding yang tidak diperkuat.3.6.

1 PELOBANGAN PINTU GEDUNG MARBA MASJID KAUMAN .07 APLIKASI DETAIL SEPUTAR PELOBANGAN DINDING GEDUNG MARBA DAN MASJID KAUMAN BAB 07 : APLIKASI SEPUTAR PELOBANGAN DINDING PADA BANGUNAN-BANGUNAN DI KAWASAN KOTA LAMA 7.

7.2 PELOBANGAN JENDELA MASJID KAUMAN .

3 PELOBANGAN VENTILASI GEDUNG MARBA MASJID KAUMAN .7.

7.4 PELOBANGAN ANTAR RUANG GEDUNG MARBA .

com. 18.01 WIB/Oktober/2013.43 WIB/Oktober/2013. Menggambar rekayasa bab iii pasangan bata 06. http://id. www. 18.ilmutekniksipil.org. Jenis-jenis Batu Bata 03. www.blogspot.org. Jenis Sambungan Pada Dinding Bata 05. 19.com.batamerahgarut. http://rzsduniatekniksipil. teknik sipil : batu bata 04. http://n0vitasari. Bata 07.shvoong. 20. 19. http://kamusbahasaindonesia.24 WIB/Oktober/2013. 22. Social Sciences Economics 08 DAFTAR PUSTAKA DINDING BATA .10 WIB/Oktober/2013.com.49 WIB/Oktober/2013.com.30 WIB/Oktober/2013. Batu Bata 08.41 WIB/Oktober/2013.files. 19.BAB 08 : DAFTAR PUSTAKA 01.com. http://id.blogspot.wordpress.com.59 WIB/Oktober/2013.wikipedia. DEFINISI BATU BATA MERAH 02. http://zulfatahahmad. 19.

04. Ilustrasi Konstruksi Bangunan : Edisi Ketiga.06 WIB/Oktober/2013. Rineka Cipta. Spruyt.org/wiki/Dinding . http://ilmukonstruksi. Jakarta.org/ 5.m.38 WIB/Noveber/2013. TEKNOLOGI PASANGAN BATA DAN PLESTERAN 12.blogspot.29 WIB/November/2013.com . Jakarta 10. 23. http://id. 15. 05.com.31 WIB/Oktober/2013. Bata dalam konstruk si bangunan 18. http://www. Erlangga. http://eprints. 1982. http://www. dkk.blogspot. batubatamerahonline. Rice chaffs . Ching. 16. Dinding 14. http://upload.ac.or. 2008.09. Dinding 13.wikimedia.undip. 2003. 8. Pasangan bata plester 11. Ilmu Bangunan 2.wikipedia.ilmusipil. Erlangga.id.47 WIB/November/2013. Batu Bata Merah 17. Jakarta .45 WIB/Oktober/2013.28 WIB/Oktober/2013.id.astti. 05.com. Kumpulan Teknik Gambar Bangunan.K. 5. D. Daryanto.

blogspot. 5. http://batu-bata.blogspot. Jenisjenis batu bata 20.com.19.kalinda.41/November/2013.53/November/2013.ilmukonstruksi. 9. http://1.41/November/2013 21.http://assets.bp.blogspot.kompas.com.www.com. 22. 5.com. Bata dalam konstruksi b agunan .