You are on page 1of 16

DENI ACHMAD SOEBOER, S.Pi, M.Si 08121104059 soeboer@yahoo.

com

TIM PENGAJAR EKSPLORATORI PENANGKAPAN IKAN DEPARTEMEN PEMANFAATAN SUMBERDAYA PERIKANAN FPIK-INSTITUT PERTANIAN BOGOR

SONAR Sound Navigation And Ranging 2 (dua) TIPE SONAR:  Tipe Aktif: adalah dimulai dari proses pemancaran pulsa suara (ping) dan mengukur waktu tempuh dari obyek hingga kembali ke transduser kemudian dihitung jaraknya  Tipe Pasif: adalah hanya menerima suara yang dihasilakn dari berbagai obyek Frekuensi yang digunakan pada sonar sangat bervariasi mulai dari yang sangat rendah hingga yang sangat tinggi .

PERANGKAT SONAR Prosesor Display Amplifier Transmiter Transducer/SONDOM .

CARA KERJA SONAR TIPE AKTIF .

CARA KERJA SONAR TIPE PASIF .

SURVEY MENGGUNAKAN SONAR .

 Pelacak ikan berbasis gelombang suara sudah digunakan nelayan sejak 1950an (Penggunaan Sonar) .2 juta kapal (Interferensi)  Suara bawah laut dihasilkan angkatan laut (Sonar). indusri migas (Pistol Hampa) dan ilmuwan (Sonar dan Echosounder). kapal penangkap ikan (Fish Finder/Echo sounder).SUMBER KEBISINGAN  Kebisingan alami  80% transportasi barang di dunia menggunakan kapal motor (Interferensi)  Armada kapal dagang global terdiri atas 1.

SUMBER KEBISINGAN .

Of Ornithology: Brandon Southall University of California: Santa Cruz. KathleenRaposa: Marine Acoustic. Clark Cornell Lab.Inc FREKUENSI .TINGKAT KEBISINGAN DITIMBULKAN INTENSITAS Grafik Stefan Fichtel : Sumber C.W.

kod dan tuna sirip biru ternyata menghindari lingkungan yang terlalu berisik.  membatasi kemampuan mereka dalam mencari pasangan.  Kemampuan mencari mangsa menurun  Kehilangan Pendengaran (Tuli)  .  Kemampuan berkomunikasi.  Kemampuan menghindari predator  ikan hering Atlantik.DAMPAK YANG DITIMBULKAN Kemampuan bereproduksi.  menyebabkan stres.  menjauhkan dari lokasi tempat bertelur.

.

RESPON IKAN TERHADAP STIMULI CAHAYA PENYEBARAN IKAN DARI SUMBER CAHAYA Penyebaran ikan di catchable area saat hauling Penyebaran ikan yang sudah mendekati sumber cahaya dan sudah terkonsentrasi di catchable area saat pengangkatan jaring bagan rambo (hauling) serta adanya ikan yang meloloskan diri (fish escape) dari catchable area jaring bagan rambo = Transducer sonar A = Tampak dari atas B = Kedalaman air .

RESPON IKAN TERHADAP STIMULI CAHAYA PENYEBARAN IKAN DARI SUMBER CAHAYA Penyebaran ikan di catchable area bagan rambo Penyebaran ikan yang sudah mendekati sumber cahaya dan sudah terkonsentrasi di catchable area 1 2 = Transducer sonar A = Tampak dari atas B = Kedalaman air 3 4 .

RESPON IKAN TERHADAP STIMULI CAHAYA PENYEBARAN IKAN DARI SUMBER CAHAYA Penyebaran ikan di sekitar bagan rambo penyebaran ikan yang relatif masih jauh dari sumber cahaya dan belum terkonsentrasi di catchable area 1 2 = Transducer sonar A = Tampak dari atas B = Kedalaman air 3 4 .

PERALATAN SURVEI LAPANGAN DAN PENGUKURAN .