You are on page 1of 6

ISOLASI SENYAWA ALKALOID KININ DARI KULIT BATANG KINA (Cinchona succirubra

)

Oleh: Deasy Paramitha Sari Risa Septi Handayani Yulinda Tri Wahyuti Sri Anggun Sri Rizki Widyawati 25131005 25131007 25131032 25131045 25131046

SEKOLAH TINGGI FARMASI BANDUNG PROGRAM PENDIDIKAN STRATA 1 PROGRAM STUDI FARMASI BANDUNG 2013

1975).1 Latar Belakang Indonesia merupakan salah satu negara tropis yang kaya dengan keanekaragaman hayati. sedangkan C. serta juga masih mengandung sisa alkaloid yang lain seperti sinkonin. Ledgeriana.25%.4 %). yang juga mempunyai nilai komersial tinggi (Wibisana. lingkungan dan potensial sebagai obat-obatan tradisional. sinkonidin dan kinidin. isolasi dan identifikasi terlebih dahulu untuk mendapatkan kinin yang diinginkan. succirubra lebih tinggi yaitu 3. Tumbuhan yang terdapat di wilayah nusantara memiliki daya guna dan nilai yang sangat tinggi. C. yaitu : kinin. succirubra memiliki kadar kinin yang sangat rendah (0. succirubra dan C. Sebagai bahan baku untuk industry kina biasanya merupakan campuran dari kedua jenis tersebut sehingga kadar kinin antara 6-8%. Proses ekstraksi dilakukan dengan menggunakan pelarut organik khusus.1. baik dalam segi ekonomi. Jedgeriana yang hanya mengandung 0 . 4 jenis alkaloid kuinolin telah dimanfaatkan dan mempunyai nilai komersial yang tinggi. sinkonin dan sinkonidin.5.3. Salah satu tanaman yang berguna untuk obat-obatan tersebut adalah Kina. mulai dari jenis tumbuhan tingkat rendah sampai tingkat tinggi.2 . Akan tetapi kadar sinkonidin C. Dari 30 lebih jenis alkaloid kuinolin yang terkandung dalam tanaman kina. tanaman kina mengandung kinin yaitu suatu alkaloid yang memiliki manfaat sebagai antimalaria. 2010). industri. yang relatif mahal. ledgeriana diketahui memiliki kadar kinin yang tinggi (4 . Secara teori.8 . Untuk mengidentifikasi kandungan alkaloid kinin.1 % dari pada C.13 %). Perolehan kinin mencapai 75-80%. Setiap jenis Cinchona mempunyai kandungan alkaloid kuinolin yang berbeda.BAB I PENDAHULUAN 1. Jenis tanaman kina (Cinchona) yang umumnya digunakan dalam industri kina adalah C.4 % (Astika. kinidin. maka diperlukan suatu pemisahan. Hal ini berarti sisa kandungan kinin yang tertinggal dalam alkaloid sisa sekitar 20. .

1. .2 Tujuan Penelitian Mengisolasi dan mengidentifiksasi senyawa kinin dari kulit batang kina (Cinchona succirubra) .

warna hijau sampai kuning kehijauan. Bunga wangi. influenza. C. Manfaat lain dari kulit kina ini antara lain adalah untuk depuratif. bentuk gasing.1 Tanaman Kina Klasifikasi Kingdom Divisi Sub divisi Kelas Famili Genus Spesies : Plantae : Spermatophyta : Angiospermae : Monocotyledonae : Rubiaceae : Chinchona : Cinchona succirubra Gambar 1. Sentra produksi kina di Indonesia adalah Jawa Barat. kina merah. Tulang daun terdiri dari 11 – 12 pasang. lebar 17 –19cm. sangat lebar. Kulit kina banyak mengandung alkaloid-alkaloid yang berguna untuk obat. Ukuran daun panjang 24 – 25cm. succirubra merupakan tanaman berupa pohon dengan tinggi hingga 17m. cabang berbentuk galah yang bersegi 4 pada ujungnya. disentri. lancip. diare. Di antara alkaloid tersebut ada dua alkaloid yang sangat penting yaitu kinine untuk penyakit malaria dan kinidine untuk penyakit jantung. Kelopak bunga berbentuk tabung. agak menjangat. bergigi lebar bentuk segitiga. 1989). Daun letaknya berhadapan dan berbentuk elips. mula-mula berbulu padat dan pendek kemudian agak gundul dan berwarna merah. dan tonik. 1995). kina kalisaya. berbentuk galah. kina ledgeriana (Sultoni.BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2. lama kelamaan menjadi lancip atau bundar. . bentuk bulat telur sampai gelendong (Anonim. bundar. daun gugur berwarna merah. Jawa Timur dan Sumatra Barat. Nama daerah : kina. Jawa Tengah. daun penumpu sebagian berwarna merah.

sangat mudah larut dalam alcohol. Penggunaan : Anti malaria.417 g/mol. .2. sinkonidina. Serbuk : Warna coklat merah. antipiretik. Isi Simplisia : Alkaloida terdiri dari alkaloida kinina. asam kinat. MW = 324) (Misra et al. stomakik (Depkes RI. rasa pahit dan kelat. memiliki titik lebur 177o C (351oF). 1980). zat merah kina. 2008) Pemerian : Bau khas.2 Sifat Fisika-Kimia Kinin Gambar 2. Kinin sedikit larut dalam air. massa molekul 324. kinidina. asam kinatanat. Struktur Kinin (C20H24N2O2. sinkonina.

. trus ekstraksi pake refluks atau soklet.. nanti aku tinggal nambahin tinjauan pustaka terkait metode n prosedurmu. MAKASIH BANYAK KIKI .BAB III METODOLOGI PENELITIAN 3..2 Metode Penelitian Kiki metodenya ada dijurnal semua tinggal pilih aja. mulai dr skrining fitokimia alkaloid.. oiya fase geraknya ada di farmakope eropa yak i… Kalo metodemu sudah oke. kamu Cuma metode sama prosedur kerja aja… yang lainnya biar aku lagi gpp… okeeeee cantik….3 Prosedur Kerja Dibikin skema aja ki.1 Alat dan Bahan Alat : Gelas Beaker Seperangkat alat refluks atau soxhlet Rotary evaporator Chamber Gelas ukur Bahan : Silika Gel GF 254 Sampel (Kulit Batang Kina) 3. Oiya kiki. trus identifikasinya pake HPLC . hampir sama kaya praktikum tiap hasil di KLT (kayanya). setiap pake dapus tolong diketik didapus nya yakkk…ehhehehe 3.