You are on page 1of 3

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Perawat harus terampil dan tepat saat memberikan obat, tidak sekedar memberikan pil untuk diminum (oral) atau injeksi obat melalui pembuluh darah (parenteral), namun juga mengobservasi respon klien terhadap pemberian obat tersebut. Pengetahuan tentang manfaat dan efek samping obat sangat penting dimiliki oleh perawat. Perawat memiliki peran yang utama dalam meningkatkan dan mempertahankan kesehatan klien dengan mendorong klien untuk lebih proaktif jika membutuhkan pengobatan. Perawat berusaha membantu klien dalam membangun pengertian yang benar dan jelas tentang pengobatan, mengkonsultasikan setiap obat yang dipesankan dan turut serta bertanggungjawab dalam pengambilan keputusan tentang pengobatan bersama dengan tenaga kesehatan lain. Perawat dalam memberikan obat juga harus memperhatikan resep obat yang diberikan harus tepat, hitungan yang tepat pada dosis yang diberikan sesuai resep dan selalu menggunakan prinsip 12 benar. Adapun prinsip 12 benar tersebut yaitu benar klien, benar obat, benar dosis obat, benar waktu pemberian, benar ara pemberian (rute), benar dokumentasikan, benar pendidikan kesehatan perihal medikasi klien, hak klien untuk menolak, benar pengkajian, benar evaluasi, benar reaksi terhadap makanan, dan benar reaksi dengan obat lain. B. Tujuan Praktek 1. !ujuan "mum Pada akhir praktek mahasiswa diharapkan mampu menguraikan konsep dasar farmakologi, farmakodinamik dan farmakokinetik, pengelompokkan dan penggolongan jenis obat, efek samping, bahaya penggunaan atau pemberian obat, penghitungan dosis obat, prinsip#prinsip pemberian obat dan peran kolaboratif dalam pelaksanaan prinsip farmakologi. 2. !ujuan $husus a. %ahasiswa mampu mengidentifikasi golongan obat#obat yang diberikan oleh dokter kepada pasien b. %ahasiswa mampu menghitung obat yang dibutuhkan oleh pasien . %ahasiswa mampu melaksanakan teknik pemberian obat melalui & 1) 'ral 2) (ublingual )) *ntra utan, intra muskuler, intra vena, dan sub utan +) ,ektal -) 'bat luar .) *ntra vagina d. %ahasiswa mampu mendokumentasikan tindakan pengobatan yang telah dilaksanakan (laporan pemberian obat)

"A15 70/*7*( 1s.05"/0. %.Pd.*70$. (.$ep. Evaluasi 1. %elaksanakan asuhan keperawatan pasien dengan masalah psikososial . $0/A( 1. * 16'%A1 . D.2 .C. %ahasiswa mampu melaksanakan tindakan pengobatan sebagai hasil kolaborasi dengan team tenaga kesehatan 2.. Pengorganisasian P'/*!0$1*$ $0(02A!A1 301PA(A.("3 4A15A6A . .

BAB III PENUTUP A. dosis obat yang diberikan kepada pasien dengan prinsip 12 benar. .uang 7elibis . *lmu farmakologi sangat penting dibutuhkan oleh tenaga kesehatan terutama perawat karena akan berhadapan langsung dengan pasien. Simpulan 3alam pelaksanaan praktik terintegrasi di . nama obat. Pelaksanaan pemberian obat dalam praktik terintegrasi ini ada pada lampiran pelaksanaan.("3 4angaya tentang farmakologi dapat disimpulkan bahwa banyak manfaat dan tujuan yang dapat di apai diantaranya adalah dapat mengetahui jenis#jenis obat.