P. 1
Ungkapan Dan Kosakata Dasar Bahasa Sunda

Ungkapan Dan Kosakata Dasar Bahasa Sunda

|Views: 342|Likes:
Published by Abdul Aziz Slamet

More info:

Published by: Abdul Aziz Slamet on Apr 13, 2014
Copyright:Traditional Copyright: All rights reserved

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/13/2015

pdf

text

original

Ungkapan dan Kosakata Dasar Bahasa Sunda

Sampurasuunnn :) Hampura kamari kamari téh simkuring gaduh padamelan nu seueur pisan, janten teu tiasa apdét blog ieu :( Mohon maaf kemarin-kemarin saya sibuk jadi saya tidak sempat update blog ini :( Baiklah, semoga saya bisa update lebih banyak lagi : !ita akan mulai mengenal ungkapan dasar dan kosakata dasar dalam bahasa Sunda" #ni bisa $nda gunakan untuk menyapa dan memulai per%akapan ringan dengan orang Sunda atau dengan sesama pengguna bahasa Sunda" !ita mulai saja& 'ntuk menyapa se%ara umum, bisa digunakan kata (sampurasun( (Seperti halo) dan akan dija)ab dengan (rampés(" *amun penggunaan dua kata ini jarang sekali, dan terkadang hanya digunakan dalam a%ara tertentu saja" Bahkan mungkin yang akan menja)abnya dengan rampés pun tidak semua orang" Meski begiitu, saya yakin ada baiknya anda mengetahuinya : lalu ada: +ilujeng énjing (selamat pagi) +ilujeng siang (selamat siang) +ilujeng sonten (selamat sore +ilujeng )éngi (selamat malam) ,erlu anda ketahui bah)a keempat frasa tersebut adalah bentuknya formal, biasanya digunakan dalam pidato, dan lain-lain" 'ntuk menanyakan kabar, gunakanlah -!umaha, damang.- (arti perkatanya: Bagaimana (keadaanmu), (apakah) baik.- untuk menja)ab baik, %ukup ja)ab dengan -damang- dan jika memang sedang tidak baik, ja)ablah dengan -teu damang- (tidak baik) atau -nuju teu damang(sedang tidak baik)" /ika $nda yang Muslim lebih suka menja)ab dengan -$lhamdulillah-, maka kebanyakan orang akan mengerti" Mungkin ada beberapa orang yang akan bertanya -!umaha kaayaanana.-(Bagaimana keadaannya.) atau -kumaha kabarna.-" hal ini sama saja dengan diatas, saya tulis untuk menambah pengetahuan anda saja : 0alu, untuk menyatakan rasa terimakasih, gunakanlah -Hatur nuhun- dan boleh ditambah kata (pisan((1sekali) yang artinya menjadi terima kasih banyak" Sebenarnya, kata (nuhun( juga sudah %ukup, namun -hatur nuhun- akan dianggap lebih sopan" 'ntuk ungkapan maaf, (punten( digunakan seperti (permisi( dan (hampura( adalah padanan untuk (mohon maaf(" ,unten, digunakan saat kita akan mele)ati seseorang yang lebih tua atau dianggap sopan, saat akan menanyakan sesuatu pada orang asing, dan jika kita terpaksa mengganggu kegiatan seseorang(punten nga)agel, maaf mengganggu)" Hampura, biasanya digunakan jika kita melakukan kesalahan" /a)aban untuk punten adalah mangga (jangan tertukar dengan nama buah karena buah mangga, dalam bahasa Sunda, disebut manggah atau buah)" 'ntuk hampura, ja)abannya biasanya -dihampura-(dimaafkan) atau -teu sa)ios-)ios2teu kunanaon-(keduanya berarti (tidak apa-apa(, namun yang pertama lebih sopan)"

%uma agak aneh aja ya menyatakan %inta pake bahasa yang agak kasar""" tapiboleh dketahui: -urang bogoh ka manéh. ada koreksi dan pertanyaan. u%apan salam lebih dominan dipakai" #tu saja pelajaran kita hari ini" Semoga bermanfaat.karena di beberapa daerah memang jarang digunakan bahasa sunda lemes" /ika akan berpisah. naamun dianggap kurang sopan" Sebaiknya gunakan sesuai keadaan" -!alau pengen bilang aku %inta kamu pake bahasa Sunda. -$bdi tipayun nya"-(saya duluan yya) dan yang ditinggalkan %ukup menja)ab -mangga-(silakan)" namun di kalangan umat Muslim.: Sebenernya ada 4ersi yang lebih kasarnya. silakan tulis di kolom komentar :) . ini )ajar. biasanya yang pergi trlebih dahulu akan mengu%apkan.3erkadang. ada orang yang menggunakan punten sebagai hampura.. saya kasih yang paling sopan ya: -simkuring deudeuh ka anjeun.hahaha.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->