You are on page 1of 14

I.

PENJELASAN UMUM

Tujuan Program Penelitian Terapan Mahasiswa (PTM) Polban 2009, bertujuan untuk : 1. Memberikan landasan awal secara praktis bagi mahasiswa Polban dalam proses penelitian terapan. 2. Menambah ruang praktek terapan mahasiswa dalam mengimplementasikan ilmunya, melalui penelitian. 3. Menambah kemampuan mahasiswa Polban dalam peningkatan IPTEKS. 4. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyumbangkan IPTEKS terapan dan teknologi produk yang diperlukan di masyarakat. 5. PTM menjadi komponen untuk jaminan mutu pendidikan Polban kepada masyarakat pengguna.

Sasaran Pembantu Direktur III Polban Bidang Kemahasiswaan, akan menyelenggarakan Program Penelitian Terapan untuk mahasiswa Polban yang masih aktif. Hal ini dilandasi oleh Pasal 20 Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang menegaskan bahwa Perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan penelitian dan pengabdian masyarakat, disamping melaksanakan pendidikan. Salah satu terapan dari program penelitian diatas diimplementasikan sebagai Penelitian Terapan Mahasiswa. Target yang diharapkan dari penyelenggaraan program Penelitian Terapan Mahasiswa bagi Mahasiswa aktif Polban, adalah : a. Memberikan dasar dan pengalaman meneliti bagi mahasiswa sebagai peneliti pemula tingkat mahasiswa. b. Meningkatkan dan menghasilkan berbagai bentuk karya intelektual dari para peneliti pemula kelas mahasiswa.

Pengertian 1. Penelitian Terapan Mahasiswa (PTM) merupakan suatu kajian penelitian bagi mahasiswa yang dilaksanakan dalam periode tertentu (6 bulan), didampingi oleh Dosen Pembimbing dan mencakup Penelitian, Penerapan Teknologi dan Pengabdian Kepada
1

Masyarakat.

Polban mengandung arti bahwa penelitian tersebut didanai dari sumbaer dana DIPA Polban 2.000. keahliannya. Sesuai bidang ilmu.000. D4 3-5 Orang Smestr 4 ke atas: Ketua/anggota Smestr 2 ke atas: anggota Rp 3. Sesuai bidang ilmu Atau yang relevan. menjamin hasil mutu dan transparan. Kriteria PTM Polban 2009 No 1 2 3 4 Kriteria Inti kegiatan Materi kegiatan Strata Pendidikan Jumlah Anggota PTM-P Karya kreatif. mengembangkan kemandirian dalam bidang yang ditekuninya. Lintas bidang dianjurkan. D3. disain. PTM harus dilakukan secara profesional dengan prinsip-prinsip akuntabel. khususnya masyarakat di lingkungan Polban. akuntable dan transparan. di bawah ini. D4 3-5 Orang Smestr 4 ke atas: Ketua/anggota Smestr 2 ke atas: anggota Rp 3. D3.* Hasil Kerja Jasa. Terapan dalam Penelitian Terapan mengandung arti bahwa hasil penelitian dapat diaplikasikan dalam kehidupan masyarakat luas.2. PTM-Penerapan Teknologi (PTM-T) dan PTM-Pengabdian Kepada Masyarakat (PTMM). membangun kerjasama tim.000. 3. Software..000.000. inovatif dlm membantu masyarakat. inovatif dlm penelitian. Tabel 1. PTM Polban tahun 2009. Penggunaan dana ini bersifat kompetitif. Katagori PTM Polban 2009 terdiri dari 3 (tiga) jenis PTM yaitu PTM-Penelitian (PTM-P). barang 5 6 7 8 Status mahasiswa Alokasi Pendanaan Laporan Akhir Luaran 2 . KATAGORI PENELITIAN PTM Polban diterapkan untuk mengantarkan mahasiswa Polban mencapai taraf pencerahan kreatifitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi.* Hasil Kerja Artikel Jenis PTM PTM-T Karya kreatif..000. Melalui PTM mahasiswa Polban diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuannya. D3.. Kriteria yang meliputi inti kegiatan disajikan pada tabel 1. disain. Lintas bidang dianjurkan. Jasa PTM-M Karya kreatif.* Hasil Kerja Model. D4 3-5 Orang Smestr 4 ke atas: Ketua/anggota Smestr 2 ke atas: anggota Rp 3. didanai dari DIPA POLBAN 2009. bersikap tanggungjawab. Sesuai bidang ilmu. inovatif dlm menciptakan karya teknologi.

Energi. Peserta PTM adalah mahasiswa aktif Politeknik Negeri Bandung. 3. prototipe olahan. memodifikasi produk eksisting. menemukan hubungan sebab-akibat antara dua atau lebih faktor. karena produk PTM-T merupakan solusi atas persoalan yang diprioritaskan mitra. komputer. PTM-T dalam bentuk bantuan teknologi kepada lembaga/industri meliputi : penelitian untuk mutu bahan baku. PTM-Penerapan Teknologi (PTM-T) PTM-T merupakan program bantuan teknologi atau bantuan manajemen bagi industri berskala mikro/kecil (industri rumahan. KARAKTERISTIK PENELITIAN PTM-Penelitian (PTM-P) PTM-P merupakan program penelitian yang bertujuan antara lain: untuk mengidentifikasi faktor penentu mutu produk. pedagang kecil.000. elektro. dalam bidang teknik mesin. mengidentifikasi proses temuan. alat/peralatan proses produksi. 3 .PTM Polban 2009 menyediakan 20 lokasi judul yang akan didanai melalui DIPA Polban 2009. Karakteristik program PTM merupakan multi disiplin ilmu yang diharapkan hasilnya dapat langsung dimanfaatkan oleh masyarakat baik didalam maupun diluar Polban. sistem jaminan mutu produksi. dan Kimia. akuntansi. model. baik dalam bidang Akuntansi. merumuskan metode penyelesaian masalah. bermaterai Rp 6. Olehkarenanya PTM ini dikompetisikan. Acuan dasar pengajuan dan pelaksanaan PTM Polban 2009 ini diterbitkan oleh Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan Politeknik Negeri Bandung. Tata udara. untuk Program pendidikan D3 dan D4. koperasi dan sejenisnya) atau berskala yang sesuai dengan kebutuhan calon mitra PTM. Usulan PTMT dapat tidak langsung melibatkan Lembaga/industri (tidak dibutuhkan SPKB) PTM-T yang melibatkan lembaga/industri mewajibkan mahasiswa bertukar pikiran dengan mitra terlebih dahulu. PTM-T dalam bentuk bantuan manajemen kepada lembaga/industri meliputi : pemasaran. merumuskan hasil survei baik bidang rekayasa maupun non rekayasa.. minimum tingkat 2 (semester 4) keatas. Usulan program PTM-T ini harus melampirkan Surat Pernyataan Kesediaan Bekerjasama (SPKB) dari Mitra. sistem manajemen mutu. penyelesaian masalah kualitas produksi baik penunjang atau utama. mengujicobakan sebuah bentuk atau peralatan. Sipil. status usah. menguji mutu hasil temuan. Administrasi Niaga dan Bahasa Inggris.. pengelolaan perbankan dan model usaha Perjalanan.

1. Keanggotaan mahasiswa dalam kelompok dapat berasal dari minimal 2 (dua) angkatan yang berbeda. sosialisasi penggunaan obat/alat/peralatan secara rasional kepada masyarakat melalui lembaga terkait. baik formal maupun non-formal. Setiap Usulan PTM akan dikelompokan kedalam bidang rekayasa dan non rekayasa. PERSYARATAN DAN ACUAN USULAN 1. Usulan program PTM-M harus melampirkan Surat Pernyataan Kesediaan Bekerjasama (SPKB) dari Mitra. 4. Usulah PTM ini disampaikan kepada masyarakat melalui lembaga negeri atau swasta terkait dilingkungannya.. penguatan kelembagaan masyarakat. 3. Seorang mahasiswa hanya diperbolehkan masuk dalam satu kelompok pengusul PTM yang disetujui untuk didanai. penataan dan perbaikan lingkungan.. Hal ini didasarkan pada kewajaran alokasi waktu bagi pelaksanaan kegiatan PTM dan kegiatan belajar mahasiswa. PTM yang berhasil lolos akan diusulkan untuk ikut pada Program Kreatifitas Mahasiswa (PTM) yang diselenggarakan DIKTI pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) tahun berikutnya. 2. Kelompok mahasiswa pengusul PTM harus didampingi seorang dosen Pembimbing PTM. Seorang dosen pembimbing/pendamping hanya diperkenankan diusulkan sebagai pembimbing maksimum 3 (Tiga) judul/kelompok pelaksana PTM. bermaterai Rp 6. bergantung dari bidang kegiatan dan topik yang akan dilaksanakan/diusulkan. 4 . yang berasal dari jurusan yang diampu sebagai jurusan Pengusul PTM. membangun keterampilan usaha. 4. Selain itu memberi kesempatan sebanyak mungkin mahasiswa yang terlibat. PTM yang diusulkan dikirim ke PD-3 Polban dari masing-masing Jurusan. Kelompok mahasiswa pengusul PTM dapat berasal dari berbagai program studi yang berbeda atau dari satu program studi yang sama.000. Peserta PTM adalah kelompok mahasiswa yang masih aktif mengikuti program pendidikan D3 atau D4 di Politeknik Negeri Bandung. Paling lambat hari Senin tanggal 22 Juni 2009.ACUAN USULAN 4. PTM-M merupakan program yang dapat diimplementasikan langsung kepada masyarakat.PTM-Pengabdian Kepada Masyarakat (PTM-M) PTM-M Merupakan program bantuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam upaya peningkatan kinerja.

5. Usulan yang dinyatakan didanai akan diumumkan di Situs Polban. 8. Masing-masing usulan PTM menyertakan halaman pengesahan yang disahkan oleh Ketua Jurusan. Perhatikan perbedaan mendasar dari masing-masing Katagori PTM. hanya satu Jurusan yang diampu sebagai sumber usulan sesuai dengan topik usulan PTM. 4.id dan melalui surat yang dikirimkan kesetiap Jurusan.ac. Setiap usulan PTM-T yang melibatkan lembaga/industri dan PTM-M wajib menyertakan “Surat Pernyataan Kesediaan Bekerjasama (SPKB) dari Mitra. serta diumumkan di papan pengumuman PD-3 Polban. Bagian kelengkapan administratif yang meliputi halaman judul. Usulan PTM diberi sampul sesuai dengan ketentuan yang tertulis pada lampiran.2. baik dalam bentuk grafik maupun foto diberi judul dengan penomoran gambar sesuai dengan urutan kemunculannya gambar tersebut dalam naskah. Usulan ditulis mengikuti sistematika penulisan sesuai kriteria yang tercantum dalam buku Pedoman ini.5. Usulan yang telah direvisi dijilid dengan kulit muka sebagaimana usulan awal dan diberi tulisan “REVISI Usulan PTM” pada sudut kiri atas. bermaterai Rp 6. Bagian utama (naskah artikel) diberi nomor halaman menggunakan angka arab yang dimulai dengan nomor halaman 1 (satu) dan diketik di sebelah kanan atas. Bahasa Indonesia yang digunakan hendaknya baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan. 4. Gambar. Judul tabel ditulis di atas tabel dengan nomor tabel menggunakan angka Arab. 6. 2. sederhana. Dalam surat pemberitahuan akan diberikan keterangan/saran perbaikan yang harus dilakukan bagi setiap usulan yang dinyatakan lolos.Jika usulan berasal dari mahasiswa gabungan program studi lintas Jurusan. ATURAN PENULISAN USULAN 1. Judul gambar ditulis di bawah gambar dengan nomor gambar menggunakan angka Arab. ii. 3. halaman pengesahan. pengusul diwajibkan untuk memperbaiki usulan sesuai saran dan mengirimkan usulan yang telah diperbaiki paling lambat 1 (satu) minggu setelah diumumkan. dan jelas. nama/daftar anggota kelompok. Halaman pengesahan tersebut sesuai dengan format lampiran.. dan seterusnya). Tabel diberi judul dengan penomoran tabel sesuai dengan urutan kemunculannya tabel tersebut dalam naskah. 7.. diberi nomor halaman dengan menggunakan angka Romawi kecil dan diketik di sebelah kanan bawah (i. 6.000. Bagi pengusul yang usulannya harus diperbaiki. 5 .

Penyebutan sumber pustaka dalam naskah serta penulisan daftar pustaka hendaknya mengikuti aturan penulisan yang berlaku. Gambaran Umum Masyarakat Sasaran (untuk PTM-M rekayasa)* Gambaran Umum Rencana Usaha : ( untuk PTM-M non rekayasa)*. batas kiri 4 cm. sesuai format pada lampiran 3. jarak spasi 1. H. yaitu mengikuti sistem Vancouver atau sistem Harvard. Latar Belakang Masalah C.3.7. diketik pada kertas ukuran A4 (297 x 210 mm). Luaran yang Diharapkan F. Tujuan E. 4. STRUKTUR USULAN PTM Struktur usulan PTM Polban 2009 terdiri dari komponen berikut: A. 4. batas bawah 2. Perumusan Masalah D.2. font “times new roman 12 poin”. Metode Pelaksanaan I. batas kanan 2. PTM-M.5 spasi. Kegunaan G.5 cm.3.1.5 cm. sesuai format pada lampiran 2. Layout dari kulit muka usulan PTM-P. PTM-T. Tinjauan Pustaka (untuk PTM-P dan PTM-T)*. Layout dari halaman pengesahan usulan PTM-P. sebagai berikut : PTM-P PTM-T PTM-M Warna Putih Warna Biru Warna Kuning Proposal Usulan ditulis sesuai format yang telah disediakan. Judul B. Jadwal Kegiatan 6 . PTM-T. Warna cover sesuai katagori. PTM-M. batas atas 3 cm. FORMAT USULAN PTM Format Kulit Muka (Cover) usulan Penelitian Terapan Mahasiswa (PTM) Polban 2009.

sosial. uraikan proses dalam mengidentifikasi peluang usaha. Usulan PTM-P yang merujuk dari berbagai sumber pustaka. atau peluang usaha yang akan diraih. masalah yang akan dicari penyelesaiannya. dugaan yang akan dibuktikan. Untuk Program usulan PTM-T dan PTM-M. dan lingkup yang menjadi batasan kegiatan PTM. Latar Belakang Masalah : Kegiatan PTM-P dilakukan untuk menjawab keingintahuan mahasiswa. ekonomi maupun lingkungan yang relevan dengan kegiatan yang akan dilakukan pada PTM-T atau PTM-M. Kemukakan hal-hal yang mendorong atau argumentasi. asumsi. hipotesis yang akan diuji. Uraikan proses dalam mengidentifikasi masalah yang akan dicarikan solusinya. Lampiran 1) Biodata ketua serta anggota kelompok 2) Biodata dosen pendamping 3) Lain-lain Penjelasan Sistematika Usulan Penelitian Terapan Mahasiswa (PTM) Judul : Judul kegiatan PTM hendaklah singkat dan spesifik. Uraikan pendekatan dan konsep untuk menjawab masalah yang diteliti. Perumusan Masalah : Rumuskan dengan jelas permasalahan yang ingin diteliti atau diselesaikan. Dalam perumusan masalah dapat dijelaskan definisi. Khusus PTM yang usulannya meliputi bidang non rekayasa sub bidang usaha. tetapi cukup jelas memberi gambaran mengenai kegiatan PTM yang diusulkan. Uraian perumusan masalah tidak harus dalam bentuk pertanyaan. potret. profil dan kondisi khalayak sasaran yang akan dilibatkan dalam kegiatan PTM-T atau PTM-M. Rancangan Biaya K. pandangan singkat dari para peneliti lain yang pernah melakukan pembahasan topik terkait dapat dikemukakan di sini. Gambarkan pula kondisi dan potensi wilayah dari segi fisik. mengungkapkan suatu gejala/konsep/dugaan/penerapan sesuatu untuk tujuan tertentu. 7 . pentingnya dilakukan kegiatan yang diusulkan ini. gambarkan secara kuantitatif.J. Daftar Pustaka L.

Rumusan tujuan hendaknya jelas dan dapat diukur. * Penjelasan mengenai kondisi masyarakat sasaran. Gambaran mengenai potensi sumberdaya dan peluang pasar termasuk analisis ekonomi usaha yang direncanakan disajikan secara singkat untuk menunjukkan kelayakan usaha. Tinjauan Pustaka menguraikan teori. menguraikan. dari sisi ekonomi maupun Ipteks. pada saat atau setelah kegiatan PTM usulan selesai. membuat model . dan berikan gambaran solusi yang ditawarkan termasuk teknologi yang akan digunakan. Tinjauan Pustaka mengacu pada Daftar Pustaka. Gambaran 8 . Gambaran Umum Rencana Usaha : untuk PTM-M (non rekayasa). * Uraikan kondisi umum lingkungan yang menimbulkan gagasan menciptakan kegiatan usaha. yang akan menerima kegiatan pengabdian.Tujuan : Berikan pernyataan singkat mengenai tujuan kegiatan PTM yang di usulkan baik secara khusus maupun umum. Tinjauan Pustaka : untuk PTM-P dan PTM-T. relevan dan asli dari jurnal ilmiah yang sangat berhubungan dengan usulan penelitiannya. Uraikan dengan jelas kajian pustaka yang menimbulkan gagasan dan mendasari kegiatan PTM yang akan dilakukan. temuan dan bahan penelitian lain yang diperoleh dari pustaka acuan serta menjadi landasan usulan kegiatan PTM yang diusulkan. Kegunaan : Sebutkan manfaat yang akan diperoleh bagi khalayak sasaran. menerangkan. Luaran yang Diharapkan : Luaran kegiatan PTM Polban 2009 mengacu pada tabel 1. (Rekayasa dan non rekayasa) * Usahakan pustaka terbaru. membuktikan atau menerapkan suatu gejala. Uraikan permasalahan yang dihadapi masyarakat yang membutuhkan bantuan penyelesaiannya. konsep atau dugaan. agar diuraikan secara faktual. Rumuskan tujuan yang akan dicapai secara spesifik yang merupakan kondisi baru yang diharapkan terwujud setelah kegiatan PTM yang diusulan selesai. Kegiatan PTM dapat bertujuan untuk menjajagi. Gambaran Umum Masyarakat Sasaran : untuk PTM-M (rekayasa). Hindari adanya kegiatan percobaan dalam usulan PTM-M rekayasa.

pelaksanaan dan penyusunan laporan dalam bentuk Bar-chart. Untuk menghindari keterikatan waktu pelaksanaan dengan periode waktu tertentu. maksimum 4 (empat) juta rupiah. usahakan tidak menggunakan nama bulan secara eksplisit dalam penjadwalan rencana kegiatan. Uraian untuk PTM-P dapat meliputi variable dalam penelitian. dan seterusnya. cara penafsiran dan penyimpulan hasil penelitian. bulan April. Sebagai contoh. bulan ke-2”. dosen pembimbing ataupun tenaga pembantu lainnya). wajar dan jelas peruntukannya. untuk menggambarkan urutan waktu pelaksanaan. Usulan yang melampaui pagu biaya tersebut. Khusus untuk PTMP digunakan Metode Penelitian. Lain-lain Rincian biaya harus lengkap. Honorarium tidak diperkenankan bagi pihak manapun (tim pelaksana. Bahan habis pakai 2. model yang digunakan. tidak akan dinilai. Bar-chart memberikan rincian kegiatan dan jadwal pelaksanaan kegiatan tersebut. Rancangan Biaya : Berikan rincian biaya PTM baik yang didanai Depdiknas melalui DIPA Polban 2009.usaha yang direncanakan harus menjanjikan perolehan profit untuk menjamin peluang keberlanjutan usaha setelah kegiatan PTM-M non rekayasa selesai dilaksanakan. Metoda Pelaksanaan : Uraikan metode yang digunakan dalam pelaksanaan program secara rinci. Jadwal pelaksanaan mengacu pada Metode Pelaksanaan Program (poin H). Peralatan penunjang PTM 3. bukan bulan Maret. gunakan kata “bulan ke-1. 9 . teknik pengumpulan data dan analisis data. rancangan penelitian. Sedangkan metode untuk PTM-T dan PTM-M merupakan teknik atau cara menyelesaikan permasalahan dan sekaligus untuk mencapai tujuan program. Jadwal Kegiatan Program : Buatlah jadwal kegiatan program pelaksanaan PTM yang diusulkan meliputi rinci kegiatan persiapan. Perjalanan 4. dan seterusnya. Rekapitulasi biaya terdiri atas : 1. maupun dari pihak lain yang bersedia berkontribusi.

Kedua Rekapitulasi tersebut selanjutnya dikirimkan berupa softcopy dan hardcopy (dua eksemplar) ke TIM SATGAS PD3 Ditjen Dikti. begitu juga sebaliknya. EVALUASI DAN PELAPORAN PTM Usulan dan pelaksanaan PTM yang dilakukan Tim Pakar terbagi ke dalam 2 (dua) tahapan. Format perujukan pustaka mengikuti cara Harvard atau cara Vancouver. Surat Pernyataan Kesediaan Bekerjasama dari Pengusaha Mikro/Kecil (untuk PTM-T). diformulasikan sedemikian rupa sehingga pertimbangan mutu dan pemerataan telah terakomodasi. Tahap Penilaian Usulan 2.Daftar Pustaka : Daftar pustaka berisi informasi tentang sumber pustaka yang telah dirujuk dalam tubuh tulisan. Koperasi atau Kelompok Tani (PTM-M) 4. Gambaran teknologi yang akan diterapkembangkan (untuk PTM-T. Dasar penilaian usulan mengacu kepada kriteria berikut: 10 . setiap pustaka yang muncul dalam daftar pustaka harus pernah dirujuk dalam tubuh tulisan (lihat Pedoman khusus PTM untuk detil dan contoh). 5. Tahap Penilaian Proses Pelaksanaan Tim Pakar yang dibentuk Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan Politeknik Negeri Bandung. PTM-K.1 TAHAP PENILAIAN USULAN Pada tahap ini sistem penilaian yang digunakan. Hal-hal lain yang dianggap perlu Setiap PT diwajibkan untuk menyusun seluruh proposal ke dalam struktur Rekapitulasi Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PTM) dan Rekapitulasi Proposal Program Kreativitas Mahasiswa Karya Tulis (PTM-KT) sesuai petunjuk TIM SATGAS PD-3 yang terpisah dari Pedoman PTM 2009. PTM-M) 3. Daftar Biodata Ketua dan Anggota Kelompok. yaitu: 1. diberi tugas untuk melaksanakan penilaian dalam dua tahapan tersebut. Denah detil Lokasi Pengusaha Kecil atau Mitra Kerja (untuk PTM-T. Lampiran : 1. PTM-M) 5. Untuk setiap pustaka yang dirujuk dalam naskah harus muncul dalam daftar pustaka. 5. serta dosen pendamping (ditandatangani) 2.

Nilai batas kelulusan (passing grade) ditetapkan oleh Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan Politeknik Negeri Bandung (PD-3 Polban) dasarkan Rapat Koordinasi Acuan Penilaian PTM (RAP-PTM). Pelaksanaan Penilaian dibedakan menjadi 2 (dua) kelompok bidang ilmu. untuk Katagori PTM-P. sesuai tabel 2 berikut : Tabel 2. Pembantu Direktur 3 Bidang Kemahasiswaan Polteknik Negeri Bandung menetapkan tim Reviewer PTM Polban 2009. b. untuk Katagori PTM-P. e. 2. Kelompok Rekayasa. c. Kelompok Non Rekayasa. 11 . Kegiatan pemantauan dan evaluasi ini dilakukan dengan tata kelola sebagai berikut : a.a. PTM-T. PTM-T & PTM-M Penilaian Usulan (PU) Ya Penilaian Pelaksanaan (PP) Ya d. PTM-M. PTM-T. Penilaian Usulan dilakukan berdasar kriteria mutu sesuai masing-masing bidang PTM dengan format penilaian usulan sebagai berikut: 5. selaku tim penilai Usulan PTM Polban periode tahun 2009 b. Penilaian diklasifikasikan berdasarkan tahapan program PTM yang dilaksanakan. yaitu : 1.2 TAHAP PENILAIAN PROSES PELAKSANAAN Bagi usulan yang didanai. Masing-masing Jurusan mengirimkan 1(satu) orang dosen yang ditunjuk sebagai anggota tim reviewer Pelaksanaan PTM Polban 2009. TIM SATGAS PD-3 bersama Tim Reviewer mengadakan Rapat Koordinasi Acuan Penilaian pelaksanaan PTM (RKAP-PTM). Klasifikasi Penilaian Klasifikasi Tahap 1 Tahap 2 Katagori PTM PTM-P. kegiatan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program akan dilakukan pada pertengahan jangka waktu pelaksanaan program. dilakukan atas dasar ranking nilai rata-rata 2 (dua) reviewer. PTM-T & PTM-M PTM-P. PTM-M. Penetapan usulan yang didana DIPA Polban 2009.

Presentasi dimulai pukul 08. Nilai usulan. Pemantau/Reviewer menggunakan Form Penilaian yang telah tersedia. Pemantau/Reviewer menyampaikan tata cara pelaksanaan pemantauan dan evaluasi kepada seluruh mahasiswa pelaksana PTM yang akan dinilai. seluruh kelompok mahasiswa pelaksana wajib menyerahkan Laporan Kemajuan Pekerjaan (LKP-PTM). mahasiswa peserta PTM harus menyiapkan dan menyampaikan foto-foto kegiatan lapangan dan produknya.00. Untuk Pemantauan yang tidak dapat dikunjungi di lapangan. Sebagaimana halnya dalam penetapan usulan yang didanai DIPA Polban 2009. 12 . d. pemantauan & evaluasi menjadi komponen penentu keikutsertaan kelompok mahasiswa sebagai peserta wakil dari Politeknik Negeri Bandung pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Format Penilaian Proses Pelaksanaan : Pada saat pemantauan. melakukan penilaian Pelaksanaan dilapangan selama +/30 menit dan diskusi +/. sesuai kerangka tulis yang ditetapkan dan data soft yang berisi bahan tayangan dan LKP-PTM.30 menit (atau sesuai kebutuhan).50 h. Form untuk penilaian bagi masing-masing penilai/reveiwer.b. dapat dilihat pada lembar Lampiran Buku Pedoman PTM Polban 2009 ini. setiap penilai atau kelompok penilai wajib melakukan penilaian dengan memberi skor 1-7 tanpa angka 4.45 sampai dengan 12. Istirahat dari jam 11. Penyusunan jadwal presentasi diatur sepenuhnya oleh pihak PD-3 Polban dengan mempertimbangkan efisiensi dan kewajaran waktu. f. Sebelum presentasi dimulai. Persentasi : g. jadwal pemantauan dan evaluasi kepada seluruh kelompok mahasiswa pelaksana PTM melalui Masing-masing Jurusan. Pihak PD-3 secara resmi memberitahukan nama tim pemantau.00 sampai maksimum pukul 16. dalam compact disc. Hasil penilaian pemantau/reviewer bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. pada setiap item penilaian secara objektif sesuai format.

Times New Roman dan font 12.000.10 %) 4). meliputi : Penggandaan laporan. Target Luaran 2. Struktur dasar laporan kemajuan adalah sebagai berikut: 1.00 (Empat Juta Rupiah) dengan rincian penggunaan sebagai berikut: 1) Bahan Habis Pakai. Lain-lain. 6. Metode 3.Struktur Laporan Kemajuan : Laporan Kemajuan disarankan untuk tidak lebih dari 10 (sepuluh) halaman dengan spasi 1. Penggunaan Biaya 6.000. publikasi ilmiah dan dokumentasi. (maksimum 30%) 2). (maksimal 50%) 3). Perjalanan (maksimum. Lampiran : berisi catatan mutu Pelaksanaan PTM. Peralatan Penunjang dan Bahan. (catatan meliputi data pemantauan lapangan dan data pengaturan palaksanaan). (maksimum 10%) 13 . DANA PENELITIAN Besar dana yang dialokasikan untuk setiap judul penelitian terapan mahasiswa (PTM) maksimum sebesar Rp 4.0 . Ketercapaian Target Luaran 4. Permasalahan dan Penyelesaiannya a) Administratif b) Teknis c) Organisasi Pelaksana d) Keuangan e) Lain-lain 5. Dokumentasi Kegiatan 7.

Slot yang tersedia yang dapat dikompetisikan sejumlah 20 Judul PTM baik untuk Bidang Rekayasa maupun Non Rekayasa. Acuan untuk Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan Penelitian Terapan Mahasiswa (PTM) Polban 2009 akan dibukukan kemudian 14 .