BAB I PENDAHULUAN 1.1.

Latar Belakang Limbah adalah buangan yang kehadirannya pada suatu saat dan tempat tertentu tidak dikehendaki lingkungan karena tidak memiliki nilai ekonomi. Tingkat bahaya keracunan yang disebabkan oleh limbah tergantung pada jenis dan karakteristik limbah, baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Limbah yang mengandung bahan pencemar akan mengubah kualitas lingkungan, bila lingkungan tersebut tidak mampu memulihkan kondisinya sesuai dengan daya dukung yang ada padanya. Oleh karena itu sangat perlu diketahui sifat limbah dan komponen bahan pencemar yang terkandung di dalam limbah tersebut. (Kristanto, 2002) Limbah cair adalah gabungan atau campuran dari air dan bahan pencemar yang terbawa oleh air, baik dalam keadaan terlarut maupun tersuspensi, yang terbuang dari sumber domestik (perkantoran, perumahan, dan perdagangan), dan sumber industri. (Soeparman, 2001) Nitrogen adalah salah satu elemen penting yang dibutuhkan oleh tumbuhtumbuhan dan biasanya dipasok sebagai pupuk dalam jumlah yang besar dan dilakukan berulang-ulang. Kelebihan jumlah elemen dapat menyebabkan pertumbuhan yang tidak produktif dari tanaman dan mengakibatkan kerusakan oleh hama sehingga terjadi pembuahan yang kurang sempurna. (Sunu, 2001) Nitrogen dalam air limbah pada umumnya terdapat dalam bentuk organik dan oleh bakteri berubah menjadi amoniak. Dalam kondisi aerobik bakteri dapat mengoksidasi amoniak menjadi nitrit dan nitrat. Nitrat dapat digunakan oleh algae

1
Universitas Sumatera Utara

2. tidak berbahaya pada lingkungan dan kehidupan. (Ginting. Atas dasar inilah penulis tertarik untuk menulis judul mengenai Penentuan Kadar Nitrogen Total Dalam Air Atau Limbah Cair Secara Spektrofototmetri Ultraviolet.2. kemungkinan besar akan menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan yang berhubungan erat dengan kesehatan manusia atau makhluk hidup. Permasalah yang diakibatkan oleh adanya nitrogen total pada limbah cair yakni. 3. Manfaat Adapun manfaat dari penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan mengenai Nitrogen Total. Untuk mengetahui apakah Nitrogen Total yang diperiksa memenuhi standart baku mutu limbah cair. khususnya bagi para 2 Universitas Sumatera Utara .2. 2007) Apabila nitrogen total yang berlebihan (tidak memenuhi standart baku mutu limbah cair) tidak dibatasi dan tidak ditangani sebagaimana mestinya. dapat menyebabkan pencemaran lingkungan yang akan menimbulkan berbagai penyakit pada manusia atau makhluk hidup. Dengan demikian perlu dilakukan pengolahan atau penentuan pada nitrogen total terhadap limbah cair. Tujuan dan Manfaat 1. 1.2. 1. Tujuan 1. Untuk menginformasikan mengenai bahaya Nitrogen yang diakibatkan oleh adanya limbah dan pengendaliannya.dan tumbuh-tumbuhan lain untuk membentuk protein tanaman dan oleh hewan untuk membentuk protein hewan.1. Untuk mengetahui kadar Nitrogen Total dalam air atau limbah cair yang masih diperbolehkan. 2.

3 Universitas Sumatera Utara . sehingga terhindar dari limbah dan bahan buangan yang berbahaya bagi kehidupan dan lingkungan.mahasiswa dan bagi masyarakat umum.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful