Judul asli Judul terjemahan

: : :

Memoirs of Sherlock Holmes Memoar Sherlock Holmes Sir Arthur Conan Doyle PT.Gramedia Pustaka Utama Jakarta Maret 2012 Daisy Diana Novel fiksi 408 halaman Softcover Rp. 40.000 11 x 18 (cm)
978-979-22-8000-5 40201120012

Penulis Penerbit

: : :

Tahun terbit Penerjemah Jenis buku Tebal Cover Harga Ukuran ISBN No produk

: : : : : : : : :

"Yang paling penting bagi detektif adalah kemampuan untuk mengetahui fakta mana yang cuma kebetulan saja. dan mana yang amat berguna. Kalau tak mampu berbuat demikian, energi dan perhatian akan menjadi kacau dan bukannya terkosentrasi……"
(Sherlock Holmes_Tuan Tanah di Reigate_hal. 211 )

 Ulasan singkat tentang buku
Memoar Sherlock Holmes (cover baru) adalah salah satu buku karya Conan Doyle yang di terbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2012. Bukul ini menceritakan tentang kehidupan seorang detektif bernama Sherlock Holmes dan partner sekaligus penulis ceritanya yang bernama Dr.Watson. Mereka tinggal di kamar sewaan di 221B Baker Street, London. Ia sekamar dengan Dr. Watson sampai Watson menikah dengan pujaan hatinya Mary Morstan. Induk semangnya adalah seorang wanita Skotlandia bernama Mrs. Hudson. Buku ini terdiri dari 11 cerita pendek petualangan sang detektif yang menceritakan kasus-kasus kriminal yang ia selesaikan dengan metode analisisnya yang tak terduga, sistematis, dan penuh dengan pertanyaan. 11 cerita tersebut antara lain: Lenyapnya Kuda Pacuan Silver Blaze, Wajah Kuning yang Mengerikan,Pegawai Kantor Bursa, Kapal Gloria Scott, Ritual Keluarga Musgrave, Tuan

Penerjemah Bahasa Yunani.sehingga memberikan kesan „ingin dibeli‟ untuk setiap penggemar cerita misteri bahkan untuk seorang awam yang bukan penggila cerita misteri. yaitu pertemuan dan duelnya yang terakhir dengan Profesor Morriarty. dimana harta peninggalan keluarga justru berakhir pada tragedi maut. Koleksi kisah yang ada di buku ini juga bervariasi dari periode waktu. Pemilihan huruf yang pas juga mendukung pembaca untuk menikmati runtutan kasusnya Kelebihan buku-buku karya Conan Doyle yang sebenarnya adalah (menurut saya) kemampuan Conan Doyle yang mampu membuat tokoh Sherlock Holmes seolah-olah benar-benar hidup di dunia nyata. beberapa kisah justru menunjukkan Sherlock pun bisa salah. Namun sepuluh kisah lain di buku ini merupakan koleksi berharga yang diceritakan kembali oleh Watson dengan gemilang. namun ternyata akhirnya sangat sederhana dan humanis. Kerendahan hati Holmes diuji betul disini. Beberapa kisah seperti “Si Bungkuk” dan “Ritual Keluarga Musgrave” memiliki unsur gothic yang cukup mencekam. juga ada yang merupakan kasus fenomenal di puncak kariernya.Tanah di Raigate. Yang menarik. Pasien Rawat Inap. “Wajah Kuning Yang Mengerikan”. meskipun Sherlock Holmes hanyalah tokoh rekaan di balik imajinasinya. “Si Bungkuk” melibatkan sosok misterius yang membawa-bawa binatang aneh dan dicurigai sebagai pembunuh. misalnya. Si Bungkuk. Novel Sherlock Holmes benar-benar membuat pembaca menyaksikan petualangan Sherlock Holmes di imajinasi mereka masing-masing. seolah menjanjikan kisah konspirasi kejahatan luar biasa. Sedangkan “Ritual Keluarga Murgrave” bersetting di gedung kuno yang suram. ada yang merupakan kasus awal saat Holmes pertama kali memutuskan terjun sebagai detektif.Dokumen Angkatan Laut dan Kisah Penutup. musuh bebuyutan yang dianggapnya memiliki otak yang setara dengannya. Semua misteri tentu dipecahkan Holmes berdasarkan metode deduksinya yang terkenal. karena justru di buku inilah terdapat kisah yang merupakan klimaks kehidupan Sherlock Holmes. Memoar Sherlock Holmes sebenarnya bukan buku yang tepat untuk mengawali petualangan dengan Sherlock.  Kelebihan Buku Kelebihan yang paling mudah untuk diketahui dari buku ini adalah cover yang didesain dengan simple tapi tetap stylist dan enak untuk di pandang. . Kelebihan-kelebihan lainnya adalah kasus-kasus yang disajikan tidak membuat pembaca bosan untuk membacanya apalagi di tambah dengan penyelesaian kasus oleh sang detektif dengan menggunakan metode-metode dan deduksi-deduksinya yang tidak biasa tapi tetap bersahaja dan menakjubkan. karena ternyata kunci misteri tidak sesuai dengan perkiraannya.

 Penutup Bagi para pecinta novel detektif atau penyuka kisah yang harus memutar otak buku ini sangat dianjurkan karena saya yakin anda akan menyukainya. ada juga kekurangan lainnya (menurut saya) seperti pada kasus Ritual Keluarga Musgrave yang terlalu banyak orang yang bercerita dalam kasus itu sehingga akan membuat pembaca sedikit bingung. . Kekurangan Buku. Saking mempesonanya buku Sherlock Holmes di mata saya. Dan juga bagi segelintir orang yang tidak terlalu suka membaca. saya hampir merasa tidak ada kekurangan dari buku ini. Tapi memang seperti perkataan Sherlock Holmes bahwa “Betapa sempurnanya pun rencana manusia pasti ada kekurangannya" ternyata dalam buku ini juga ada kekurangannya seperti pada kasus Gloria Scott yang ending dari ceritanya tidak terlalu memuaskan disebabkan penjahatnya tidak tertangkap. buku ini juga saya anjurkan kepada anda sekalian karena buku ini dapat membuat anda menjadi tergila-gila dalam membaca.

Related Interests