GARIS BESAR PROGRAM PERKULIAHAN

JUDUL MATA KULIAH DISKRIPSI SINGKAT : Perbandingan HAN : Perbandingan sehingga HAN merupakan mampu mata kuliah

KODE MATA KULIAH / SKS: WB 62042 / 2 SKS pengembangan yang bermanfaat bagi mahasiswa mahasiswa mengetahui, memahami, dan menjelaskan mengenai tujuan mempelajari perbandingan HAN, perbandingan administrasi negara sistem demokrasi dengan diktator, perbandingan administrasi negara sistem pancasila dengan sistem liberal, perbandingan administrasi negara Amerika dengan Inggris, perbandingan administrasi negara Arab Saudi dengan Jepang, perbandingan administrasi negara sistem pancasila dengan Amerika, dan perbandingan administrasi negara-negara ASEAN. TIU : Pada akhir kuliah mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan mengenai : a. Tujuan mempelajari Perbandingan HAN b. Perbandingan Administrasi Negara sistem demokrasi dengan sistem diktator. c. Perbandingan Administrasi Negara sistem Pancasila dengan sistem liberal. d. Perbandingan Administrasi Negara Amerika dengan Inggris. e. Perbandingan Administrasi Negara Arab Saudi dengan Jepang.

f. Perbandingan Administrasi Negara sistem Pancasila dengan Amerika. g. Perbandingan Administrasi Negara – negara ASEAN Pokok Bahasan Tujuan mempelajari perbandingan HAN Estimasi Waktu 100 menit Sumber Pustaka 1, 2, 3, 6

No 1

TIK Mahasiswa dapat menjelaskan tujuan umum dan tujuan khusus mempelajari perbandinga n HAN

Sub Pokok Bahasan 1. tujuan umum 2. tujuan khusus

2

Mahasiswa dapat menjelaskan perencanaan Negara dan pengorganis asianya, kebijaksana an politik, ekonomi, pendidikan dan budaya, sistem kepemimpin an dan aparatur

Perbandingan Administrasi Negara sistem demokrasi dengan sistem diktator.

1. Perencanaan negara dan pengorganisasian nya 2. Kebijaksanaan politik,ekonomi, pendidikan dan budaya 3. Sitim kepemimpinan dan aparatur negara 4. Sistim insentif dan sosial control

200 menit

1, 2, 3, 4, 7

Kebijaksanaan politik. sistem kepemimpin an dan aparatur negara. Kebijaksanaan politik. 4. 7 Perbandingan Administrasi Negara sistem Pancasila dengan sistem liberal. 3. Sistem insentif dan sosial control 200 menit 1.ekonomi. Sistem kepemimpinan dan aparatur negara 4. ekonomi. 3. sistem insentif dan control sosial 4 Mahasiswa dapat menjelaskan perencanaan Negara dan pengorganis asianya.p endidikan dan 200 menit 1. 2. kebijaksana an politik. sistem insentif dan control sosial 3 Mahasiswa dapat menjelaskan perencanaan Negara dan pengorganis asianya. 5. 2. Perencanaan negara dan pengorganisasian ya 2. 1.ekonomi. 7 .p endidikan dan budaya 3. Perbandingan Administrasi Negara Amerika dengan Inggris 1. pendidikan dan budaya. 5.negara. 6. Perencanaan negara dan pengorganisasian ya 2.

pendidikan dan budaya. ekonomi. sistem kepemimpin an dan aparatur negara. sistem insentif dan Perbandingan Administrasi Negara Arab Saudi dengan Jepang budaya 3. ekonomi. Sistem insentif dan sosial control 1. sistem insentif dan control sosial 5 Mahasiswa dapat menjelaskan perencanaan Negara dan pengorganis asianya. Kebijaksanaan politik. 7. pendidikan dan budaya. Sistem kepemimpinan dan aparatur negara 4. kebijaksana an politik. sistem kepemimpin an dan aparatur negara. 9 . Perencanaan negara dan pengorganisasian ya 2. Sistem insentif dan sosial control 200 menit 2. 6. 4. pendidikan dan budaya 3. ekonomi. Sistem kepemimpinan dan aparatur negara 4.kebijaksana an politik.

ekonomi. 1. kebijaksana an politik. 4. Sistem kepemimpinan 200 menit 1. Perencanaan negara dan pengorganisasian ya 2. sistem insentif dan control sosial 7 Mahasiswa dapat menjelaskan perencanaan Negara dan pengorganis asianya. ekonomi. 6. 8 Perbandingan Administrasi Negara sistem Pancasila dengan Amerika 1. 5. 2. Perbandingan Administrasi Negara – negara ASEAN. ekonomi. Kebijaksanaan politik. 7. sistem kepemimpin an dan aparatur negara. ekonomi. Sistem kepemimpinan dan aparatur negara 4. Perencanaan negara dan pengorganisasian ya 2.control sosial 6 Mahasiswa dapat menjelaskan perencanaan Negara dan pengorganis asianya. Sistem insentif dan sosial control 200 menit . pendidikan dan budaya 3. Kebijaksanaan politik. pendidikan dan budaya. pendidikan dan budaya 3. kebijaksana an politik.

pendidikan dan budaya. sistem kepemimpin an dan aparatur negara. sistem insentif dan control sosial dan aparatur negara 4. Sistem insentif dan sosial control .

mahasiswa mengetahui serta memahami arti pentingnya Perbandingan HAN di berbagai negara sehingga dapat mengambil kelebihan dan kekurangan sistem administrasi negara di berbagai negara. TUJUAN DAN MANFAAT MATA KULIAH Mata Kuliah Perbandingan Hukum Administrasi Negara berisi beberapa pokok bahasan antara lain : a. Hukum perbandingan administrasi negara bermanfaat untuk memperluas wawasan hukum terutama sistem administrasi di berbagai negara sebagai bekal mahasiswa memasuki dunia kerja. Perbandingan Administrasi Negara sistem demokrasi dengan sistem diktator. Setelah mempelajari mata kuliah Perbandingan HAN. Perbandingan Administrasi Negara – negara ASEAN. Perbandingan Administrasi Negara Arab Saudi dengan Jepang. d. g. Perbandingan Administrasi Negara Amerika dengan Inggris. c. e. . MH : Gasal dan Genap : : I.KONTRAK PERKULIAHAN Nama Mata Kuliah : Perbandingan HAN Kode Mata Kuliah : WB 62042 Dosen Semester Hari / Jam Kuliah Ruang : Budi Gutami. f. Tujuan mempelajari Perbandingan HAN b. Perbandingan Administrasi Negara sistem Pancasila dengan Amerika. SH. Perbandingan Administrasi Negara sistem Pancasila dengan sistem komunis.

f. DESKRIPSI PERKULIAHAN Mata kuliah Perbandingan HAN merupakan mata kuliah pengembangan yang bermanfaat bagi mahasiswa sehingga mahasiswa mampu mengetahui. II. Perbandingan Administrasi Negara sistem Pancasila dengan sistem komunis. . e. Perbandingan Administrasi Negara sistem Pancasila dengan Amerika. Mata kuliah ini menggunakan pendekatan studi komparatif didalam pengkajiannya. Hukum UNDIP sebagai lembaga pendidikan tinggi hukum. c. Keberadaan UUD 1945 beserta amandemennnya merupakan hasil studi perbandingan terhadap berbagai model sistem administrasi negara yang ada di berbagai negara. III. Perbandingan Administrasi Negara sistem demokrasi dengan sistem diktator. memahami dan menjelaskan mengenai pokok-pokok bahasan. Perbandingan Administrasi Negara Arab Saudi dengan Jepang.Secara institusional mata kuliah Perbandingan HAN sangat menunjang keberadaan dan fungsi Fak. Sehingga dapat dibandingkan dengan sistem di Indonesia agar dapat dihasilkan suatu konsep bagaimana mewujudkan hukum administrasi yang terbaik di Indonesia. d. TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM Pada akhir kuliah mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan mengenai : a. Tujuan mempelajari Perbandingan HAN b. Oleh karena itu bisa kita amati betapa pentingnya mata kuliah Perbandingan HAN selalu diberikan di perguruan tinggi karena mata kuliah ini diharapkan dapat menggali serta mencari kelebihan suatu sistem administrasi negara yang ada di negara lain. Perbandingan Administrasi Negara Amerika dengan Inggris.

Dr. “Perbandingan Pemerintahan”. 1985) 4. “Administrasi Negara Perbandingan I”. Dalam hal ini ada beberapa buku yang berkaitan dengan Perbandingan HAN. Perbandingan Administrasi Negara – negara ASEAN. 1983) 2. Drs. 1982) . (Bandung : Alumni. Di samping itu mahasiswa diberi responsi sebagai bentuk evaluasi dalam proses belajar mengajar. “Hukum Administrasi Negara”. Drs. Pamudji. 1983) 3. selain itu masih ada ujian mid semester dan ujian akhir semester. 1983) 5. “Perbandingan Adminstrasi Negara ASEAN”. (Jakarta : Aksara Baru. Prof.. Ukasah. IV. Atmosudirdjo. SH. (Bandung : Alumni. diselingi dengan diskusi tentang masalah-masalah yang berkaitan dengan Perbandingan HAN di berbagai negara dan pemberian tugas sesuai dengan pokok bahasan. Sri.. “Sistem-sistem Pemerintahan Negara-negara ASEAN”. 1982) 6.. Martadisastra. V.T. (Jakarta : Aksara. (Jakarata : Bina Aksara.g. (Bandung : Remadja Karya. S. MPA. Pradjudi. Soemantri. Kansil..S. Soekarno. “Sistem Pemerintahan Indonesia”. MR. Drs. MATERI ATAU BACAAN PERKULIAHAN Mahasiswa diberikan kebebasan membaca buku apa saja yang terkait dengan pokok bahasan materi perkuliahan Perbandingan HAN. STRATEGI PERKULIAHAN Metode perkuliahan yang dilakukan dengan cara tatap muka. antara lain : 1. SH. C..

KRITERIA PENILAIAN Kriteria penilaian dalam Mata Kuliah Perbandingan HAN sebagai berikut : A AB B BC C CD D E 4.. Ateng.0 1. membuat tugas sesuai dengan topik bahasan dalam bentuk makalah dengan format yang telah ditentukan. H. SH. (Jakarta : Gramedia.5 1. VII. diharapkan mahasiswa mengerti. TUGAS Pemberian tugas merupakan salah satu bentuk kegiatan dalam perkuliahan yang termasuk salah satu kriteria penilaian dalam mata kuliah ini. Adapun tugas yang diberikan antara lain : membaca bukubuku yang ada kaitannya dengan Perbandingan HAN.0 0. Surie.5 3..2006) 10. Soekarno. 1982) 8. Dengan memberikan tugas kepada mahasiswa. Selain itu mahasiswa diberi tugas membaca UUD 1945 beserta dengan amandemennya. DR.G. “Administrasi Negara Perbandingan I”. memahami dan dapat menjelaskan pokok-pokok bahasan dalam Perbandingan HAN. Syafrudin.7.5 2.0 2. Drs. “Pemerintahan Daerah di Jepang”. Prof. “Ilmu Adminstrasi Negara”.0 3.0 . (Bandung : Alumni. 1982) 9. (Bandung : Rafika Aditama. Undang-undang Dasar 1945 beserta Amandemennya VI.

ekonomi. tujuan khusus Pustaka 1. Perencanaan negara dan pengorganisasianya 2. tujuan umum 2. 7 3 4. 2. 3. 3. 5.pendidikan dan budaya 3. Sitim kepemimpinan dan aparatur negara 1.ekonomi. 1. 5 Perbandingan Administrasi Negara sistem Pancasila dengan sistem liberal. Sistim insentif dan sosial control 1. JADWAL PERKULIAHAN No Minggu Pokok Bahasan ke 1 1 Tujuan mempelajari Perbandingan HAN Sub Pokok Bahasan 1. 6 2 2.pendidikan dan budaya 3. Sitim kepemimpinan dan aparatur negara 4. 2. 6.Komponen yang akan dinilai pada Mata Kuliah Perbandingan HAN : Kehadiran Tugas atau Responsi Ujian Tengah Semester Ujian Akhir Semester 10% 10% 30% 50% VIII. 1. 7 . Kebijaksanaan politik. Perencanaan negara dan pengorganisasianya 2. Kebijaksanaan politik. 3 Perbandingan Administrasi Negara sistem demokrasi dengan sistem diktator. 2. 3. 4.

ekonomi. 8 Perbandingan Administrasi Negara Amerika dengan Inggris 1. Sitim kepemimpinan dan aparatur negara 4. Sistim insentif dan sosial control 2. Sistim insentif dan sosial control 1.pendidikan dan budaya 3. 12 Perbandingan Administrasi Negara sistem Pancasila dengan Amerika 1. 3. Kebijaksanaan politik. 2. Kebijaksanaan politik. 10 Perbandingan Administrasi Negara Arab Saudi dengan Jepang 1. 4. Sistim insentif dan sosial control 6 Ujian Tengah Semester 4 7.pendidikan dan budaya 3. Sitim kepemimpinan dan aparatur negara 4. 6.ekonomi. 5. Kebijaksanaan politik. 7.pendidikan dan budaya 3. 2. Sitim kepemimpinan dan aparatur negara 4. 7 . Perencanaan negara dan pengorganisasianya 2.ekonomi. 9 1. 7 6 11. Perencanaan negara dan pengorganisasianya 2. Sistim insentif dan sosial control 5 9.4. 6. Perencanaan negara dan pengorganisasianya 2. 4. 4.

4. 1.pendidikan dan budaya 3. 7. 6. Kebijaksanaan politik.ekonomi. Sitim kepemimpinan dan aparatur negara 4. Sistim insentif dan sosial control 1. 2. Perencanaan negara dan pengorganisasianya 2. 8 15 Ujian Akhir Semester . 14 Perbandingan Administrasi Negara – negara ASEAN. 5.7 13.

KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR Tahap Pendahuluan Kegiatan Pengajaran manfaat Kegiatan Mahasiswa OHP Media Whiteboard Menjelaskan mengenai Memperhatikan mempelajari Mengajukan pertanyaanpertanyaan Perbandingan HAN Penyajian 1. POKOK BAHASAN : Tujuan mempelajari perbandingan HAN : Perbandingan HAN : WB 62042 : 100 menit : 1 C. SUB POKOK BAHASAN : 1. Menjelaskan tujuan Memperhatikan umum Perbandingan Diskusi HAN 2. TIK : Mahasiswa dapat menjelaskan tujuan umum dan tujuan khusus mempelajari perbandingan HAN B. TUJUAN 1. Tujuan umum 2.SATUAN ACARA PERKULIAHAN MATA KULIAH KODE MATA KULIAH WAKTU PERTEMUAN PERTEMUAN KE A. Menjelaskan tujuan khusus Perbandingan HAN Tanya jawab Whiteboard OHP Penutup Merangkum materi Memperhatikan Diskusi Whiteboard OHP yang disampaikan . Tujuan khusus D. TIU : Pada akhir kuliah mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan mengenai Tujuan Mempelajari Perbandingan HAN 2.

3. 2. REFERENSI : Sumber Pustaka No.Memberikan contoh contoh. 1. 6 . EVALUASI : Memberi pertanyaan untuk didiskusikan agar gambaran tentang yang mata akan mahasiswa mengetahui dan memahami materi kuliah Tujuan Umum dan Khusus Perbandingan HAN F.Tanya jawab Memberi pertanyaan Memberi umum kuliah datang E.

Kebijaksanaan politik. POKOK BAHASAN : Perbandingan Administrasi Negara Sistem : Perbandingan HAN : WB 62042 : 200 menit : 2 dan 3 Demokrasi dengan Sistem Diktator C. ekonomi.SATUAN ACARA PERKULIAHAN MATA KULIAH KODE MATA KULIAH WAKTU PERTEMUAN PERTEMUAN KE A. TIK : Mahasiswa dapat menjelaskan perencanaan Negara dan pengorganisasiannya. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR Tahap Pendahuluan Kegiatan Pengajaran manfaat Kegiatan Mahasiswa OHP Media Whiteboard Menjelaskan mengenai Memperhatikan mempelajari Mengajukan pertanyaanNegara pertanyaan Demokrasi Perbandingan Administrasi Sistem dengan Sistem Diktator . SUB POKOK BAHASAN : 1. TIU : Pada akhir kuliah mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan mengenai Perbandingan Administrasi Negara Sistem Demokrasi dengan Sistem Diktator 2. sistem kepemimpinan dan aparatur negara. Perencanaan negara dan pengorganisasiannya 2. pendidikan dan budaya 3. kebijaksanaan politik. pendidikan dan budaya. sistem insentif dan kontrol sosial B. TUJUAN 1. Sistem insentif dan sosial control D.ekonomi. Sistem kepemimpinan dan aparatur negara 4.

7 . 3.Tanya jawab Whiteboard OHP kuliah yang akan datang E. Menjelaskan sistem kepemimpinan dan aparatur negara 4. Menjelaskan kebijaksanaan politik. 1. pendidikan dan budaya 3. Menjelaskan perencanaan negara dan pengorganisasiannya 2. 2. EVALUASI : Memberi pertanyaan untuk didiskusikan agar mahasiswa mengetahui dan memahami materi kuliah Perbandingan Administrasi Negara Sistem Demokrasi dengan Sistem Diktator F. Menjelaskan sistem insentif dan sosial control Memperhatikan Diskusi Tanya jawab Whiteboard OHP Penutup Merangkum materi yang Memperhatikan disampaikan Memberikan contoh Memberi pertanyaan Memberi umum gambaran tentang mata Diskusi contoh.ekonomi. 4.Penyajian 1. REFERENSI : Sumber Pustaka No.

politik. TUJUAN 1. Sistem insentif dan sosial control D. : Perbandingan HAN : WB 62042 : 200 menit : 4 dan 5 kepemimpinan dan aparatur negara. Sistem kepemimpinan dan aparatur negara 4. sistem insentif dan control sosial B. POKOK BAHASAN : Perbandingan Administrasi Negara Sistem Pancasila dengan Sistem Liberal C. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR Tahap Pendahuluan Kegiatan Pengajaran manfaat Kegiatan Mahasiswa OHP Media Whiteboard Menjelaskan mengenai Memperhatikan mempelajari Mengajukan pertanyaanNegara pertanyaan Perbandingan Administrasi Sistem Liberal Sistem Pancasila dengan . sistem ekonomi.Kebijaksanaan politik. pendidikan kebijaksanaan dan budaya.SATUAN ACARA PERKULIAHAN MATA KULIAH KODE MATA KULIAH WAKTU PERTEMUAN PERTEMUAN KE A. SUB POKOK BAHASAN : 1. Perencanaan negara dan pengorganisasiannya 2.ekonomi. TIU : Pada akhir kuliah mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan mengenai Perbandingan Administrasi Negara Sistem Pancasila dengan Sistem Liberal 2. pendidikan dan budaya 3. TIK : Mahasiswa dapat menjelaskan perencanaan Negara dan pengorganisasianya.

5.Penyajian 1. Menjelaskan kebijaksanaan politik. 3.ekonomi. pendidikan dan budaya 3. 6. 7 . Menjelaskan sistem kepemimpinan dan aparatur negara 4. Menjelaskan sistem insentif dan sosial control Memperhatikan Diskusi Tanya jawab Whiteboard OHP Penutup Merangkum materi yang Memperhatikan disampaikan Memberikan contoh Memberi pertanyaan Memberi umum gambaran tentang mata Diskusi contoh. EVALUASI : Memberi pertanyaan untuk didiskusikan agar mahasiswa mengetahui dan memahami materi kuliah Perbandingan Administrasi Negara Sistem Pancasila dengan Sistem Liberal F. REFERENSI : Sumber Pustaka No.Tanya jawab Whiteboard OHP kuliah yang akan datang E. Menjelaskan perencanaan negara dan pengorganisasiannya 2. 2. 1.

POKOK BAHASAN :Perbandingan dengan Inggris C. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR Tahap Pendahuluan Kegiatan Pengajaran manfaat Kegiatan Mahasiswa OHP Media Whiteboard Administrasi Negara Amerika Menjelaskan mengenai Memperhatikan mempelajari Mengajukan pertanyaanNegara pertanyaan dengan Memperhatikan Perbandingan Administrasi Amerika Inggris. politik. Sistem insentif dan sosial control D.Kebijaksanaan politik. SUB POKOK BAHASAN : 1. pendidikan dan budaya 3. TUJUAN 1. TIU : Pada akhir kuliah mahasiswa mampu memahami dan 2. : Perbandingan HAN : WB 62042 : 200 menit : 7 dan 8 kepemimpinan dan aparatur negara. Penyajian 1. sistem ekonomi.ekonomi. Menjelaskan Whiteboard . Perencanaan negara dan pengorganisasiannya 2. TIK menjelaskan mengenai Perbandingan Administrasi Negara Amerika dengan Inggris : Mahasiswa dapat menjelaskan perencanaan Negara dan pengorganisasianya. sistem insentif dan control sosial B. Sistem kepemimpinan dan aparatur negara 4. pendidikan kebijaksanaan dan budaya.SATUAN ACARA PERKULIAHAN MATA KULIAH KODE MATA KULIAH WAKTU PERTEMUAN PERTEMUAN KE A.

Tanya jawab Whiteboard OHP kuliah yang akan datang E. 3. Menjelaskan sistem insentif dan sosial control Penutup Diskusi Tanya jawab OHP Merangkum materi yang Memperhatikan disampaikan Memberikan contoh Memberi pertanyaan Memberi umum gambaran tentang mata Diskusi contoh. Menjelaskan sistem kepemimpinan dan aparatur negara 4. REFERENSI : Sumber Pustaka No. 1. 2. 4. 7 .perencanaan negara dan pengorganisasiannya 2.ekonomi. pendidikan dan budaya 3. EVALUASI : Memberi pertanyaan untuk didiskusikan agar mahasiswa mengetahui dan memahami materi kuliah Perbandingan Administrasi Negara Amerika dengan Inggris F. Menjelaskan kebijaksanaan politik. 5.

Sistem kepemimpinan dan aparatur negara 4. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR Tahap Pendahuluan Kegiatan Pengajaran manfaat Kegiatan Mahasiswa OHP Media Whiteboard Menjelaskan mengenai Memperhatikan mempelajari.ekonomi. SUB POKOK BAHASAN : 1. : Perbandingan HAN : WB 62042 : 200 menit : 9 dan 10 kepemimpinan dan aparatur negara. Sistem insentif dan sosial control D. TIK menjelaskan mengenai Perbandingan Administrasi Negara Arab Saudi dengan Jepang : Mahasiswa dapat menjelaskan perencanaan Negara dan pengorganisasianya. Perencanaan negara dan pengorganisasiannya 2. pendidikan dan budaya 3. TIU : Pada akhir kuliah mahasiswa mampu memahami dan 2.SATUAN ACARA PERKULIAHAN MATA KULIAH KODE MATA KULIAH WAKTU PERTEMUAN PERTEMUAN KE A. sistem ekonomi. POKOK BAHASAN :Perbandingan Administrasi Negara Arab Saudi dengan Jepang C. Mengajukan pertanyaanNegara pertanyaan dengan Memperhatikan Perbandingan Administrasi Arab Jepang Saudi Penyajian 1. pendidikan kebijaksanaan dan budaya. politik.Kebijaksanaan politik. sistem insentif dan control sosial B. TUJUAN 1. Menjelaskan Whiteboard .

Menjelaskan sistem kepemimpinan dan aparatur negara 4. REFERENSI : Sumber Pustaka No.9 . pendidikan dan budaya 3.7.4.perencanaan negara dan pengorganisasiannya 2. Menjelaskan sistem insentif dan sosial control Penutup Diskusi Tanya jawab OHP Merangkum materi yang Memperhatikan disampaikan Memberikan contoh Memberi pertanyaan Memberi umum gambaran tentang mata Diskusi contoh.6.Tanya jawab Whiteboard OHP kuliah yang akan datang E.ekonomi. EVALUASI : Memberi pertanyaan untuk didiskusikan agar mahasiswa mengetahui dan memahami materi kuliah Perbandingan Administrasi Negara Arab Saudi dengan Jepang F. Menjelaskan kebijaksanaan politik.2.

pendidikan kebijaksanaan dan budaya. sistem ekonomi. Mengajukan pertanyaanNegara pertanyaan Perbandingan Administrasi Amerika sistem Pancasila dengan . pendidikan dan budaya 3. TIK : Mahasiswa dapat menjelaskan perencanaan Negara dan pengorganisasianya. POKOK BAHASAN : Perbandingan Administrasi Negara sistem Pancasila dengan Amerika C. TUJUAN 1. Sistem kepemimpinan dan aparatur negara 4.ekonomi. Perencanaan negara dan pengorganisasiannya 2. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR Tahap Pendahuluan Kegiatan Pengajaran manfaat Kegiatan Mahasiswa OHP Media Whiteboard Menjelaskan mengenai Memperhatikan mempelajari. : Perbandingan HAN : WB 62042 : 200 menit : 11 dan 12 kepemimpinan dan aparatur negara.Kebijaksanaan politik. SUB POKOK BAHASAN : 1. TIU : Pada akhir kuliah mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan mengenai Perbandingan Administrasi Negara sistem Pancasila dengan Amerika 2. Sistem insentif dan sosial control D.SATUAN ACARA PERKULIAHAN MATA KULIAH KODE MATA KULIAH WAKTU PERTEMUAN PERTEMUAN KE A. politik. sistem insentif dan control sosial B.

EVALUASI : Memberi pertanyaan untuk didiskusikan agar mahasiswa mengetahui dan memahami materi kuliah Perbandingan Administrasi Negara sistem Pancasila dengan Amerika F.1.7 .4. REFERENSI : Sumber Pustaka No. Menjelaskan perencanaan negara dan pengorganisasiannya 2.2. pendidikan dan budaya 3.Penyajian 1. Menjelaskan sistem insentif dan sosial control Memperhatikan Diskusi Tanya jawab Whiteboard OHP Penutup Merangkum materi yang Memperhatikan disampaikan Memberikan contoh Memberi pertanyaan Memberi umum gambaran tentang mata Diskusi contoh. Menjelaskan kebijaksanaan politik.6.ekonomi. Menjelaskan sistem kepemimpinan dan aparatur negara 4.Tanya jawab Whiteboard OHP kuliah yang akan datang E.

sistem ekonomi. TIU : Pada akhir kuliah mahasiswa mampu memahami dan 2. Sistem insentif dan sosial control D. TUJUAN 1. SUB POKOK BAHASAN : 1.ekonomi. politik. Menjelaskan perencanaan negara dan Memperhatikan Diskusi Tanya jawab Whiteboard OHP .SATUAN ACARA PERKULIAHAN MATA KULIAH KODE MATA KULIAH WAKTU PERTEMUAN PERTEMUAN KE A. Sistem kepemimpinan dan aparatur negara 4. TIK menjelaskan mengenai Perbandingan Administrasi Negara – negara ASEAN : Mahasiswa dapat menjelaskan perencanaan Negara dan pengorganisasianya. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR Tahap Pendahuluan Kegiatan Pengajaran manfaat Kegiatan Mahasiswa OHP Media Whiteboard C. pendidikan dan budaya 3. sistem insentif dan control sosial B. Perencanaan negara dan pengorganisasiannya Menjelaskan mengenai Memperhatikan mempelajari Mengajukan pertanyaanPerbandingan negara ASEAN Administrasi Negara – pertanyaan Penyajian 1. : Perbandingan HAN : WB 62042 : 200 menit : 13 dan 14 kepemimpinan dan aparatur negara.Kebijaksanaan politik. pendidikan kebijaksanaan dan budaya. POKOK BAHASAN : Perbandingan Administrasi Negara – negara ASEAN 2.

8 .7.2. Menjelaskan sistem insentif dan sosial control Penutup Merangkum materi yang Memperhatikan disampaikan Memberikan contoh Memberi pertanyaan Memberi umum gambaran tentang mata Diskusi contoh.1. pendidikan dan budaya 3. REFERENSI : Sumber Pustaka No.Tanya jawab Whiteboard OHP kuliah yang akan datang E.5. Menjelaskan kebijaksanaan politik. Menjelaskan sistem kepemimpinan dan aparatur negara 4.ekonomi. EVALUASI : Memberi pertanyaan untuk didiskusikan agar mahasiswa mengetahui dan memahami materi kuliah Perbandingan Administrasi Negara – negara ASEAN F.6.4.pengorganisasiannya 2.

Related Interests