.VITELOGENESIS Proses terjadinya pengendapan kuning telur pada tiap-tiap individu / Sintesis vitelogenin (prekursor kuning telur) di dalam hati.

Secara alamiah. . proses vitelogenesis memerlukan interaksi faktor eksternal dan internal. •Temperatur •Naik Turunnya Permukaan Air •Curah Hujan •Debit Air •Feromon •Pakan Faktor Eksternal Faktor Internal • Ketersediaan hormonhormon steroid. gonad terutama estradiol-17β dalam tingkat yang dapat merangsang vitelogenesis.

Peningkatan konsentrasi Estradinol-17 β akan juga akan meningkatkan konsentrasi vitelogenin dalam darah. ..Proses Vitelogenesis Sintesis dan Transportasi Vitelogenesis Sintesis vitelogenin dalam tubuh ikan berlangsung didalam hati yang sangat dipengaruhi oleh Estradinol-17 β yang merupakan stimulator dalam biosintesis vitelogenin.

dan GH. .Pengaturan Hormonal dalam Vitelogenesis Penyerapan vitelogenin mungkin tergantung pada kehadiran progesteron. hormon yang terlibat dalam pertumbuhan oosit adalah GTH. dengan cara kerjanya yang pada permukaan oosit dan tidak ada proses penyalinan. Prosesnya berlangsung secara mikropinositosis. Insulin. Thyroxine. Triiodothyronine.

Kematangan akhir ( Final Maturation) • Kematangan Sperma Siklus reproduksi jantan menurut Van Oordt et al (1987) terbagi 3 periode yakni periode perkembangbiakan. Periode istirahat. GSI relatif rendah dikarenakan tahap ini adalah tahap persiapan perkembangan testikular dimana aktifitas enzim 3β. Periode perkembangbiakan ditandai dengan kenaikan Gonadosomtik Indeks (GSI). .hydroxy steroid dehidrogenase (HSD) dalam sel Leydig menurun. Sedangkan pada tahap persiapan. Pada periode pembentukan gamet. enzim ini akan sangat tinggi. aktifitas enzim 3βHSD didalam sel Leydig dan nilai GSI meningkat. periode istirahat dan periode pembentukan gamet.

Oosit yang telah tumbuh memiliki nukleus besar ( gelembung germinal). . Kematangan Oosit Setelah oosit menyempurnakan pertumbuhannya. maka akan siap mengalami pembelahan reduksi. Fenomena yang pertama kali terlihat berkenaan dengan pematangan oosit adalah perpindahan gelembung germinal menjadi mudah terlihat dibawah mikroskop.

TERIMA KASIH .