BAB II DATA UMUM PERUSAHAAN PT.

Pupuk Kujang (persero) Cikampek merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang ergerak dalam idang industri petrokimia serta jasa engineering dengan produksi utamanya adalah pupuk urea. Perusahaan ini merupakan salah satu agian dari pa rik pupuk yang ada di !ndonesia setelah PT. Pupuk "ri#ijaya (PU"$!), PT. Petrokimia %resik, PT. Pupuk Kalimantan Timur dan PT. Pupuk !skandar Muda, yang semuanya dikelola oleh Badan Usaha Milik Negara. II.1 Sejarah singkat dari PT. Pupuk Kujang Pada a#al pelita !!, pemerintah meren&anakan program peningkatan produksi pertanian dalam usaha s#asem ada pangan. Kesuksesan program pemerintah ini sangat ergantung terhadap pupuk, khususnya pupuk urea yang pada saat itu diproduksi PU"$! ! yang erkapasitas '(( ri u ton pertahun elum dapat men&ukupi ke utuhan pertanian. )engan ditemukan e erapa sum er gas umi pada tahun '*+* di daerah ,ati arang (Ka upaten Cire on) dan di daerah lepas pantai Cilamaya (Ka upaten Kara#ang), maka mun&ulah gagasan untuk mem angun pa rik pupuk di ,a#a Barat. Pada tahun '*-., )epartemen Pertam angan dan Pertamina ditunjuk pemerintah untuk mengadakan penelitian proyek di ,a#a arat dengan di antu perusahaan asing dari pran&is yang ernama BEICEP. Berdasarkan Keputusan Presiden $! No. '+ tanggal '/pril '*-0, proyek dialihkan ke )epartemen Perindustrian. Pelaksana pem angunan pa rik dikerjakan oleh dua kontraktor utama, yaitu Kellog Overseas Corporation (USA) dan Toyo Engineering Corporation (Jepang). Pada tanggal * ,uni '*-+, erdirilah PT. Pupuk Kujang dengan akte notaris "ulaeman /rdjasasmita, "1. dengan iaya total pem angunan pa rik se esar U"2 30+,0 juta. Pa rik diran&ang dengan kapasitas produksi se esar '.-30 ton urea per hari dan '.((( ton ammonia per hari. Pem angunan erjalan lan&ar sehingga pada tanggal - No4em er '*-5, pa rik sudah dapat menghasilkan urea. Pada tanggal '3 )esem er '*-5, Presiden "oeharto meresmikan pa rik, dan mulai ' /pril '*-*, PT. Pupuk Kujang sudah eroperasi se&ara komersial.

4

Menggunakan sum er daya dari luar untuk men&apai tujuan.+ ulan.  :tos Kerja • • • • • • • • • • • Mendayagunakan ino4asi dan kreati. Melakukan pekerjaan dengan enar dan tepat.((( ton6tahun urea dan . Pupuk Kujang  8isi dari PT. 3. Mengem angkan industri agrokimia dan petrokimia yang er asis sum er daya alam yang ramah lingkungan.Untuk memper esar kapasitas produksi. Meman. )i Pasar %lo al. sampai dengan + "eptem er 3((0.(.aatkan sum er daya tersedia untuk menghasilkan produk yang ermutu tinggi dan erdaya saing kuat. Menggunakan sum er daya perusahaan yang ter atas dengan e. Memperoleh keper&ayaan pelanggan. Pupuk Kujang adalah 9 Menjadi !ndustri Pendukung Pertanian dan Petrokimia yang :. Mengutamakan keselamatan = kesehatan kerja serta mempedulikan lingkungan.  Misi dari PT. Pem angunan Pa rik Kujang !B ditempuh dalam #aktu .. . maka dilakukan pem angunan Pa rik Kujang !B dengan kapasitas produksi 0-(. Mem angun aliansi strategis dengan organisasi lain. dimulai dari tanggal ' 7kto er 3((.isien dan Kompetiti. Pupuk Kujang adalah 9 '. II. "e&ara terus menerus memper aiki &ara kerja. Mendukung program ketahanan pangan nasional.. Mengantisipasi peru ahan dalam lingkungan usaha.((( ton6tahun ammonia.ekti. Memenuhi komitmen atau perjanjian kepada pelanggan. <.itas karya#an. Menghargai orang erprestasi. 5 . !isi dan Misi PT.isien. Mendukung pengem angan perekonomian nasional dan perekonomian daerah melalui pem erdayaan masyarakat sekitar perusahaan. dan e.

isiensi = produkti4itas.esionalisme indi4idu6tenaga kerja. "elalu mengutamakan keselamatan = kesehatan kerja. dan adapti. ke ersamaan dan kerjasama di dalam setiap pelaksanaan tugas. • Menjaga likuiditas perusahaan agar mampu perusahaan. Tetap mempedulikan lingkungan. • • Meningkatkan pendapatan perusahaan dengan &ara mengem angkan pasar pupuk non>su sidi dan ammonia.  "trategi Perusahaan "esuai dengan 4isi. untuk menghasilkan produk dan jasa yang ermutu. maka PT. Berorientasi kepada kepuasan pelanggan dan stakeholder lainnya. • • • Mem angun sistem "olid 1andling untuk mengelola stok ahan aku dan produk jadi Pupuk NPK dan Pupuk 7rganik. Melakukan penataan sistem manajemen dan reorganisasi sesuai dengan tantangan perusahaan kedepan dan restrukturisasi PT Pusri (Persero). • • • • $esponsi. Mempersiapkan re4italisasi Pa rik Kujang !/ dengan mem angun pa rik Kujang !C yang hemat energi. organik dan pupuk hayati serta industri turunan pupuk lainnya dilakukan sendiri oleh PT Pupuk Kujang atau melalui sinergi dengan perusahaan anggota PT Pusri (1olding). kerja keras dan &erdas dengan disiplin tinggi untuk meningkatkan e.isien dan ramah lingkungan Pa rik K!/ dan K!B agar mampu memenuhi target penyediaan pupuk dari Pemerintah melalui peningkatan e. misi dan tujuan perusahaan serta men&ermati tantangan yang dihadapi perusahaan. Mengem angkan industri pupuk NPK. eroperasi dengan sehat = dapat memenuhi ke#aji an perusahaan = melakukan in4estasi pengem angan 6 . Pupuk Kujang Cikampek menetapkan strategi utama jangka panjang tahun 3(''>3('0 se agai erikut9 • Mengoperasikan dengan e. Budaya Perusahaan • Pro.isiensi = kehandalan operasi pa rik.

er asis kompetensi sesuai dengan tantangan isnis II. "intas Kurama Persada. telah didirikan di4ersi. Multi Nitrotama Kimia dengan kapasitas pruduksi 3+. e. katalis Primary $e.• Menerapkan sistem ")M perusahaan kedepan.ikasi usaha PT. Sud. dengan konsentrasi *(@.ormer (C>'<).!e"i Catalyst. Pa rik /mmonium Nitrat Pa rik ini dikelola oleh PT. yaitu 9 a.ormiat se esar ''.((( ton asam nitrat per tahun. Pa rik Katalis Pa rik ini dikelola oleh PT.ormer (C>'') dan katalis "e&ondary $e. Pa rik Kemasan Plastik Pa rik ini dikelola oleh PT. Pupuk Kujang. . Megayaku Kemasan Perdana. Pupuk Kujang )alam rangka perkem angan pa rik. Pa rik 1ydrogen Peroksida e erapa pa rik hasil 7 . d. hydrogen peroksida.ormiat.((( ton ammonia nitrat per tahun dan 00. Pa rik ini menghasilkan #erry an yang di utuhkan oleh pa rik asam . dengan kapasitas produksi asam .enis katalis yang diproduksi adalah katalis 1T" (C>'3). /mmonium nitrat adalah ahan aku untuk industry ahan peledak. industri tekstil. Pa rik /sam ?ormiat Pa rik ini dikelola oleh PT. katalis AT" (C>'5).((( ton per tahun.ormiat adalah se agai ahan koagulan karet. &. yang mulai erproduksi sejak a#al ulan /gustus '*55. Pa rik ini mulai erproduksi ulan . asam nitrat dan keperluan lainnya. dan industri kulit." Perke#$angan PT. Kapasitas produksi pa rik ini adalah '.anuari '**( dengan kapasitas 00<.'(( ton per tahun. . Bn7 / sor en (C>-). ?ungsi dari asam .<(( #erry an per tahun.

. )idirikan pada tanggal . . Peroksida !ndonesia Pratama. II. P:N se esar '<@. listrik. dan khususnya di idang pertanian. steam (uap air ertekanan). steam dan udara dengan menggunakan proses $%ig! Pressure Catalyst Stea" &e'or"ing(. Bahan aku yang digunakan adalah gas hidrogen yang diperoleh dari hasil pemurnian gas uang dari unit ammonia PT. udara penggerak instrument dan lain>lain.ungsi untuk menyediakan ke utuhan penunjang. Pupuk Kujang. Padi :nergi Nusantara Perusahaan ini didirikan dengan tujuan melaksanakan dan menunjang ke ijakan dan program pemerintah di idang ketahanaan pangan dan energy pada umumnya. antara lain pendapatan petani.Pa rik ini dikelola oleh PT.akan tetapi hingga saat ini elum eroperasi komersial.( Struktur )rganisasi Perusahaan PT. II. perdagangan dan jasa..% Unit&unit Pr'duksi di PT.((( ton 1373 0(@ per tahun. Kepemilikan saham PT. terutama9 air. Pupuk Kujang di PT. Pa rik Urea Pa rik ini menghasilkan urea dalam entuk utiran (Prill) dari ahan aku ammonia dan gas C73 yang erasal dari pa rik ammonia. Unit Pengantongan Unit ini er. Pupuk Kujang 8 . PT.( )esem er 3((5.ungsi untuk mengantongi urea prill dalam karung erkapasitas 0( Kg. 3. Unit ini merupakan unit paling akhir dari seluruh proses di pa rik urea. Pa rik Untility Pa rik ini er. <. Pa rik /mmonia Pa rik ini memproduksi ammonia &air dan gas C73 yang merupakan hasil proses operasi dari gas alam. Kapasitas produksi pa rik ini adalah '+. Pupuk Kujang '..

Pupuk Kujang Cikampek 9 . Biro Umum. Biro 1ukum dan /dministrasi Perusahaan. Teknik dan Pengem angan  Kompartemen produksi Meliputi )i4. /. )i4. Perusahaan Nama Perusahaan 9 PT.anuari 3(''. Pemeliharaan Aistrik dan !nstrumen.3.asa. )irektur Pruduksi.<. Produksi !/. )i4.  Kompartemen /dministrasi Keuangan Meliputi Biro /nggaran.ormasi. )i4. )i4. "ekertariat Perusahaan Meliputi Biro Komunikasi.akarta. Pemasaran. (('6"K6)U6!63('' tanggal . Pemeliharaan Mekanis. )i4.' . Biro K."truktur organisasi di PT. Biro Pelayanan !ndustri. Biro Manajemen.A1. Peren&anaan dan Pengendalian Proses. Biro Pengamanan. /.. Biro ")M. II. /. "arana Penjualan. Pupuk Kujang se&ara garis esar sesuai dengan surat keputusan direksi No.0. Produksi !B. Biro Keuangan. Biro /kutansi. )irektur Komersial  Kompartemen pemasaran Meliputi )i4. )i4. "atuan Penga#as !nternal Meliputi Biro Penga#asan 7perasional. )irektur ")M dan Umum  Kompartemen Umum Meliputi Biro Pengadaan.  Komparteman ")M Meliputi Biro Kesehatan. Biro Pren&anaan dan Pengem angan ")M.  Kompartemen teknik pemeliharaan Meliputi Biro Material. Biro !nspeksi.. Penjualan. Kantor Pupuk Kujang . /.* Pr'+i. )irektur Utama /. Biro Pelayanan . Biro Teknologi !n. Biro Penga#asan Keuangan. Biro Manajemen $isiko dan $i4ie# Prosedur.'. terdiri dari 9 /.

'-((?aD9 ((3+<) .oEpupuk>kujang.'<3.a#a Barat Telp.(( G!B 9 3<.&o.t ! "hi.(( G!B 9 "hi.(( F '0..am Kerja Pa rik 9 Kantor 9 (-. 9 '.((( T6Tahun 10 .###.end. .&o. Kara#ang > .l.umlah Karya#an Kapasitas Produksi 9 Produksi Pupuk dan Petrokimia untuk ke utuhan Pertanian dan industri.'<.id .0.'+.orang (tahun 3('') 9 U$:/ '.0 :mail9 in..id Keluhan Pelanggan9 (5(( '(( .id CM9 sarkujangEyahoo. Tendean Ka4. 35 . .(( G!B 9 '0. Cani No.erensi "tandar 9 * .uni '*-0 9 Petrokimia dan Pupuk Kimia 9 /nak perusahaan PT..(( F '+. ((3+<) .(( G!B Tanggal Pendirian .t !!! 9 (-.(( F 3.((( T6 Tahun 9 /moniak ++(.-.t !! "hi. !! = !!! .l. . /. Kapten P. :mail9 pemasaranEpupuk>kujang. PUPUK !N)7N:"!/ 17A)!N% C7MP/NC 9 "!! ("tandar !ndustri !ndonesia) "N! ("tandar Nasional !ndonesia) !"7 *((' !"7 '<((' /kti4itas ."tatus Perusahaan Kantor Pusat dan Pa rik 9 Perseroan Ter atas 9 .(( F (-.akarta 9 %edung BP1 Migas At.&o.(( ' ( e as pulsa) Kantor ..((( T6Tahun 9 Pupuk NPK granular '((. . 03(<33?aD9 ((3') 03(<3.pupuk>kujang.'+'<'.akarta "elatan <3-'( Telp9 ((3') 03(<330.'<(.* Cikampek <'.&om "M" Center9 (5'* '(( '(( .enis Produk Kepemilikan $e.

:ndapan yang ter entuk harus erukuran le ih esar dari pada pori>pori alat penyaring (kertas saring). (Keatt&h and )ollimore.ra/i#etri /nalisis gra4imetri merupakan salah satu metode analisis kuantitati. 3. Metode Pengendapan Metode Pengendapan ialah metode ditentukan se&ara gra4imetri dimana suatu sampel mula>mula ditim ang se&ara kuantitati.1 Ana. 1al ini dilakukan untuk melarutkan pengotor yang terdapat dipermukaan endapan dan memaksimalkan endapan.isis . "enya#a yang dihasilkan harus memenuhi sarat yaitu memiliki kelarutan sangat ke&il sehingga isa mengendap kem ali dan dapat dianalisis dengan &ara menim ang. kemudian endapan terse ut di&u&i dengan larutan elektrolit yang mengandung ion sejenis dengan ion endapan. dilarutkan dalam pelarut tertentu kemudian diendapkan kem ali dengan reagen tertentu. mudah menguap. '*-0).( derajat &el&ius atau dipijarkan sampai suhu 5(( derajat &el&ius tergantung suhu dekomposisi dari analit. dengan penim angan./nalisis gra4imetri dapat dilakukan dengan &ara pengendapan.(((T6 Tahun Bagian Tempat Kerja Praktik 9 Biro Penga#asan Proses BAB III TIN-AUAN PUSTAKA III. penguapan dan elektrolisis. :ndapan yang ter entuk dikeringkan pada suhu '(0>'. massa atom relati. Tahap a#al analisis gra4imetri adalah pemisahan komponen yang ingin diketahui dari komponen>komponen lain yang terdapat dalam suatu sampel kemudian dilakukan pengendapan. anyaknya komponen yang dianalisis ditentukan dari hu ungan antara erat sampel yang hendak dianalisis. '.. massa molekul relati. Pengukuran dalam metode gra4imetri adalah dengan penim angan. Metode Penguapan Metode penguapan dalam analisis gra4imetri digunakan untuk menetapkan komponen>komponen dari suatu senya#a yang relati. Cara yang dilakukan dalam metode ini dapat dilakukan dengan &ara pemanasan dalam gas 11 ..9 Pupuk NPK Blending 0(. dan erat endapan hasil reaksi.((( T6 Tahun 9 Pupuk 7rganik 3(.

esar sehingga dapat diendapkan dan ditim ang. Pemanasan untuk menguapkan air kristal adalah '(0>'. )alam Metode %ra4imetri memiliki kekurangan dan kele ihan dalam analisisnya yaitu 9 kekurangan 9 sangat memakan #aktu dalam analisisnya kele ihannya 9 murah. detail.'gen M'isture Ana. III. /pa ila kadar analit dalam sampel hanya erupa unsur pelarut. sehingga garam>garam anorganik anyak yang ersi. Ha.tertentu atau penam ahan suatu pereaksi tertentu sehingga komponen yang tidak diinginkan mudah menguap atau dengan melakukan penam ahan suatu pereaksi tertentu sehingga komponen yang diinginkan akan diperoleh. &epat. lama 12 .01er "alah satu metode yang terdapat dalam metode %ra4imetri ialah metode Thermogra4imetri atau metode penguapan. maka metode gra4imetri tidak mendapat hasil yang teliti. akurat. Metode penguapan ini dapat digunakan untuk menentukan kadar air (hidrat) dalam suatu senya#a atau kadar air dalam suatu sampel asah. 3.( derajat &el&ius.at higroskopis dapat ditentukan kadar hidrat6air yang terikat se agai air kristal. misalnya mengendapkan tem aga terlarut dalam suatu sampel &air dengan &ara mereduksi. mudah. )alam metode penguapan ini digunakan peralatan untuk menguapakan sampel yaitu dengan o4en atau moisture analyHer. )imana penggunaan o4en dalam metode ini mem utuhkan #aktu yang relati. !on>ion logam erada dalam entuk kation apa ila dialiri dengan arus listrikndengan esar tertentu dalam #aktu tertentu maka akan terjadi reaksi reduksi menjadi logam dengan ilangan oksidasi (. Metode :lektrolisis Metode elektrolisis dilakukan dengan &ara mereduksi ion>ion logam terlarut menjadi endapan logam. Berat sampel se elum dipanaskan merupakan erat senya#a dan erat air kristal yang menguap. Cara elektrolisis ini dapat di erlakukan pada sampel yang diduga mengandung kadar logam terlarut &ukup esar seperti air lim ah. "uatu analisis gra4imetri dilakukan apa ila kadar analit yang terdapat dalam sampel yang relati. :ndapan yang ter entuk selanjutnya dapat ditentukan erdasarkan eratnya.

'*-0). 7perating instru&tion 1$5. !nstrument terse ut eroperasi pada prinsip thermogra4imetri /nalisis kadar air ini menggunakan pemanas halogen untuk mengeringkan. !nstrument terse ut eroperasi pada prinsip thermogra4imetri. sistem yang digunakan dalam instrumen ini yaitu mengga ungkan antara pemanasan oleh lampu halogen serta penim angan.ra merah. se uah radiator halogen mengeringkan Hat uji dalam per&o aan. /nalisis ini dapat digunakan untuk menentukan kadar air sempel hampir su stansi. Pada saat proses pemanasan melalui radiasi terhadap sampel dan adanya tingkat regulasi suhu yang sta il.( derajat &el&ius. dengan tingkat akurasi yang relati. Proses pengeringan menggunakan halogen akan le ih &epat di andingkan dengan metode kon4ensional dan teknologi in. (Keatt&h and )ollimore. aik itu daam idang . pengolahan ahan pangan. "ementara keseim angan presisi memadukan system parutan dalam instrument terus menerus mengukur erat sampel. nilai hasi pengukuran memiliki tingkat reprodusi ilitas yang aik. maupun industri kimia. Proses pengeringan menggunakan lampu halogen le ih e.. ( mettler toledo.>p ) 1alogen moisture analyHer dapat digunakan untuk menentukan kandungan kelem a an Hat apapun. Moister analyHer merupakan salah satu instrumen untuk mengukur kadar air dari suatu ahan dengan tidak mengalami peru ahaan struktur kimia ketika ahan terse ut ditem ak oleh pan&aran panas yang dihasilkan oleh lampu halogen.aat utama menggunakan radiator halogen meli atkan pengukuran #aktu yang le ih singkat di andingkan dengan metode pengeringan tradisional. Keuntungan dalam menggunakan halogen radiator adalah pengoperasian suhu dengan &epat dan ketepatannya terkontrol. Contoh.dan dengan pengukuran suhu diantara '(0>'.armasi. Man. Penurunan erat sampel total diartikan se agai agian dari kelem a an. and 1$5. tinggi. 3((*. karena panas yang ditim ulkan akan masuk ke dalam sampel yang dikeringkan seperti menggunakan in. Bahkan radiasi panas di dalam sampel dikom inasikan dengan pengaturan suhu yang aik dan mem erikan hasil pengukuran 13 .ekit. 1asil yang didapat iasanya memerlukan #aktu yang le ih pendek di andingkan dengan metode tradisional dan le ih aik distri usi pemanasan seluruhnya dari sampel. )asar untuk perhitungan kadar air adalah penurunan erat sampel setelah pengeringan.ra merah.

. atau 3'. karena umumnya mineral ini selaluterdapat ersama>sama dengan atu 14 . mineral dolomit murni se&ara teoritis mengandung<0. Moisture /nalyHer M:TTA:$ T7A:)7 III.MgC7. M. atau . "emakin halus utirannya akan semakin aik kualitasnya.)3 atau CaDMg'>DC7. (%uiseley.(. dan dikenal se agai ahan untuk menaikkan p1 tanah.+@ MgC7.yang aik. '*5. Kerugian menggunakan halogen analyHer sama seperti metode suhu yaitu memungkinkan terjadinya dekomposisi sampel. CaMg(C7 . $umus kimia mineraldolomit dapat ditulis meliputi CaC7. sampai '( menit. /kurasi pengukuran pada M:TTA:$ T7A:)7 halogen moisture analyHer erkisar antara ... dengan nilaiD le ih ke&il dari satu. 3((5) )olomit termasuk rumpun mineral kar onat..<@ Ca7. M.'#ite )olomite atau kapur pertanian merupakan jenis pupuk yang memiliki komposisi ahan mineral dengan unsur utama adalah Mg7 yang er entuk atuan dengan #arna putih ke au>a uan.*@ Mg7 dan 0<. )olomit memiliki kelarutan yang agak rendah dan kualitasnya sangat ditentukan oleh ukuran utiran. %am ar 1.@ CaC7. "e agai tam ahan untuk air dan Hat> Hat lain dapat menguap.("utedjo. )olomit di alam jarang yang murni.." D'.).

at mudah menyerap air serta mudah dihan&urkan. dise ut atu gamping dolomitan. ersi. jauh le ih ke&il dan hanya erupa lensa>lensa pada endapan atu gamping saja. )alam mineral dolomit terdapat juga pengotor. Klasi. perke unan. er utir halus hingga kasar dan mempunyai si. K akan menjadi semakin aik dan se agai sum er magnesium.. atu gamping mengandung I '( @ MgC7. sedangkan ila mengandung '* @ MgC7. .aatkan untuk menaikan p1 tanah yang masam ( ersi.a#a Tengah.a#a Timur. )alam "ektor pertanian dolomit diman. )i e erapa daerah se enarnya terdapat juga potensi dolomit.at pejal. asal atuan induk yang memiliki reaksi 15 .. k#arsa. "umatera Barat.*(. P. '**'). (Madiapoera. pirit dan lempung.at asam) sehingga unsur N.5( > 3. rijang. sangat erman. erat jenis antara 3.Cu dan Bn menjadi tidak tersedia atau penyerapannya oleh akar akan terganggu.ungsi mensuplai unsur Kalsium (Ca7) dan Magnesium (Mg7). Pada tanah>tanah masam unsur yang anyak terkandung adalah unsur Mg dan ?e. namum jumlahnya relati. dan tam ak yang tingkat kemasaman tinggi antara lain karena &urah hujan yang tinggi.0( > <. iasanya dolomit le ih disukai karena menyatakan anyak terdapat di alam. mineral dolomit (mineralogi)dan unsur kalsium (Ca) dan magnesium (Mg). yaitu erkisar antara . terutama P. /pa ila kekurangan unsur Mg akan mengaki atkan tanaman tidak dapat mengasimilasi C73. '*5. Misalnya. dise ut dolomit. )olomit merupakan solusi utama agi pertanian. Kadang>kadang penggunaan dolomit ini sejana atau sama dengan penggunaan atu gamping atau magnesit untuk industri tertentu.).aktor penggunaan pupuk nitrogen yang erle ihan.aat untuk pengapuran tanah masam dan untuk pupuk agi tanah dan tanaman yang er. Pupuk dolomit yang diproduksi oleh perusahaan menggunakan ahan aku atu kapur yang memiliki kadar atau presentasi Kalsium (Ca7) dan Magnesium (Mg7) yang tinggi.("oepardi. 2?oth. )olomit er#arna putih kea u>a uan atau ke iru> iruan dengan kekerasan le ih lunak dari atu gamping.gamping. .)) Penggunaan dolomit dalam industri tidak seluas penggunaan atu gamping dan magnesit. . Mg (kimia).at tanah ini dapat menye a kan e erapa unsur hara mikro dan makro. Peru ahaan si. T '**() esar terdapat di Pro4insi ah#a penye aran dolomit yang &ukup "umatera utara. terutama ion esi. /kan tetapi.K. Madura dan Papua. Kandungan unsur magnesium ini menentukan nama dolomit terse ut.((.1.ikasi dolomit dalam perdagangan mineral industri didasarkan atas kandungan unsur magnesium.

("utedjo.at mem akar karena indeks garamnya yang rendah.(No4iHan+ 3((3)) 16 .. "i. Pupuk )olomit III. Bentuknya erupa utiran er#arna &okelat kekuningan. M. $eaksinya termasuk alkalis dan mudah larut di dalam air. sehingga memper&epat masa panen.at lainnya adalah tidak higroskopis sehingga tahan disimpan le ih lama dan tidak ersi.137. Memper esar persentase ter entuknya unga menjadi uah dan iji.0 @ Mg7 dan 3'. Pupuk diammonium pos. Menam ah daya tahan tanaman terhadap serangan hama dan penyakit.at ini umumnya digunakan untuk merangsang pertum uhan a#al tanaman (styarter 'ertilli*er).at juga mema&u pertum uhan akar dan pem entukan sistem perakaran yang aik sehingga tanaman dapat mengam il unsur hara le ih anyak dan pertum uhan tanaman menjadi sehat serta kuat.at adalah ((N1<)31P7<). Pupuk Kiserit adalah Mg"7<.( @ ". 3((5) Pupuk .% Dia##'niu# P's+at 2DAP3 Pupuk )iamonium Pospat ()/P) adalah pupuk yang erasal dari senya#a pos. rumus molekul untuk diammonium pos. %an ar 3.masam. Menggiatkan pertum uhan jaringan tanaman yang mem entuk titik tum uh tanaman.at asam sehingga ila terus digunakan dapat menye a kan tanah ereaksi asam. M. Mema&u pem entukan unga dan masaknya uah6 iji.os. Kiserit er entuk halus er#arna putih kea uan dan ersi. Kandungan kiserit murni terdiri dari 30.or yang terdapat anyak pada alam. Untuk itu pengapuran dan pemupukan dengan pupuk dolomit sangat tepat untuk mengatasi masalah kemasaman dan miskin hara.

(1akim. N.or yang sangat ekonomis.> atau tergantung kepada nilai p1 tanah.at ((N1<)31P7<).otosintesis. Mineral>mineral .Tanaman yang kekurangan P daunnya akan tampak tua dan sering tampak mengkilap kemerahan. sedangkan sisanya dipakai oleh industri ditergen dan makanan ternak. tampak jelek dan lekas matang (Aingga dan Marsono. dan diammonium . Galaupun sum er pos.or terikat se&ara kimia oleh unsur lain sehingga tidak tersedia agi tanaman..at merupakan salah satu ahan galian yang sangat erguna untuk pem entukan pupuk.or diperlukan diperlukan dalam jumlah le ih sedikit daripada unsur nitrogen.os. ?eP7<.or didalam tanah mineral &ukup anyak. "e agian pos.or diserap oleh tanaman dalam entuk apatit kalsium . dkk.os.at yang diserap pada tanaman iasanya dalam entuk 13P7<>.os. ?os. '*5+)) Pos.at dunia digunakan untuk pem uatan pupuk.or. Bagian tepi daun ada #arna merah ungu yang lam at laun eru ah menjadi kuning.or se agian esar erasal dari pelapukan ahan organik.at. 3(('). ?os.os.os.at agi tanaman adalah se agai respirasi dan . Unsur .Pupuk . penyusunan asam nukleat. pem entukan perangsang perkem angan akar sehingga tanaman akan le ih tahan terhadap kekeringan dan memper&epat masa panen sehingga dapat mengurangi resiko keterlam atan #aktu panen.Pos. i it tanaman dan penghasil uah. 17 .os. uahnya ke&il. 1P7<> dan P7<. tanaman masih isa mengalami kekurangan pos. "ekitar *(@ konsumsi .os.at adalah atuan dengan kandungan . Kalau tanaman er uah.

. Pupuk )/P 18 .%am ar .

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.