You are on page 1of 25

BAGIAN 1.

ALUR PEMROSESAN JURNAL

ALUR PEMROSESAN ARTIKEL
PENULIS

REVISI

PELAKSANA TATUSAHA Sekretaris KETUA/WAKIL KETUA PENYUNTING Ketua Penyunting

TOLAK

PENYUNTING AHLI/MITRA PENYUNTING PELAKSANA

SETTER

KETUA/WAKIL Ketua Penyunting KETUA PENYUNTING CETAK Cetak/Online

Gambar 1: Bagan alur Pemrosesan Artikel Jurnal Online adalah sarana berbasis web untuk mengelola sebuah jurnal ilmiah. Sarana ini dimaksudkan sebagai wadah bagi pengelola dan penulis
1

dalam mempublikasikan karya-karya ilmiah. Sarana ini merupakan motivasi awal untuk membantu mahasiswa dalam menerbitkan jurnal-jurnal ilmiah sebagai persyaratan kelulusan (sesuai dengan SE Dirjen Dikti Nomor 152/e/2012. Untuk memberi gambaran proses yang harus dilakukan oleh calon penulis dalam jurnal, maka prosedur yang dilalui sebagai berikut. 1. Penulis mangajukan artikelnya ke pelaksana (sekretaris) di jurusan masing-masing, 2. Sekretaris jurnal menyampaikan artikel itu ke ketua penyunting jurusan untuk dikoreksi sesuai dengan ketentuan dalam selingkung jurnal. 3. Apabila dianggap layak, artikel diteruskan ke Penyunting ahli/mitra. 4. Penyunting ahli/penyunting pelaksana mereview artikel itu. Bila dianggap layak, artikel diteruskan ke setter 5. Setter mengedit artikel sesuai dengan format yang ada di samping mengecek kesalahan ketik, selanjutnya meneruskannya ke ketua penyunting untuk siap diupload.

2

Setter dan Bebestari (reviewer). Sekretaris Sekretaris bertugas sebagai berikut.BAGIAN 2. Menunjuk penyunting ahli/mitra e. dan terbitan 2. Adapun deskripsi tugas dari pengelola jurnal adalah sebagai berikut. Menunjuk penyunting pelaksana f. 3 . 1. Menyunting akhir dan pracetak/online g. Melakukan penjaminan mutu proses. Penyunting pelaksana. cetak. Ketua Penyunting Ketua penyunting bertugas untuk: a. Mengkoordinasikan semua kegiatan jurnal b. Sekretaris. Menilai kesesuaian isi dengan cakupan bidang jurnal d. STRUKTUR ORGANISASI / PENGELOLAAN JURNAL Struktur organisasi/pengelola jurnal jurusan terdiri dari Ketua penyunting. Menilai kelengkapan isi dan anatomi naskah awal sesuai dengan gaya selingkung c.

fisik atau online. Judul artikel. Nama Penyunting Pelaksana. Penyunting Ahli/Mitra Penyunting ahli/mitra melaksanakan tugas untuk menilai substansi Artikel dari Hasil penelitian dan Kajian Pustaka. Korespondensi/komunikasi ke penulis (Humas) e. surat pengantar revisi artikel. Originalitas isi b. Membuat Buku perjalanan Naskah (Nama Mitra/ahli. Kesesuaian metode penelitian f. Pernah tidaknya dipublikasi c. telepon ahli. 3. Menerima naskah (fisik/online) b. yang meliputi: a. Tanggal ke setter d. Membuat buku catatan naskah (tanggal terima. surat ke mitra bebestari. jumlah halaman) c. Surat-menyurat (pengembalian naskah yang ditolak. Ketepatan fakta g. Kesalahan menghitung dan penafsiran h. Keruntutan dan kesesuaian pembahasan dengan masalah yang diangkat d. Kemutakhiran teori/pustaka yang dirujuk e. Nama penulis dan telpon.a. kepastian Pemuatan. Tgl kembali. Tgl ke ahli. Kejelasan tabel dan gambar 4 .

b. e. Pemilihan/penerjemahan kata/istilah Penggunaan ejaan dan tanda baca Penggunaan lambang/simbol Pengalimatan (penambahan/pengurangan) Penulisan kutipan Penulisan daftar rujukan Kesesuaian rujukan dan daftar rujukan Penyajian tabel dan gambar Penyesuaian judul. Ketepatan interpretasi dan pembahasan hasil j. Menyeting naskah sesuai dengan tata tulis Jurnal b. Membantu mencermati substansi artikel sesuai dengan gaya selingkung 5. identitas dan alamat penulis j. Tugas Penyunting Pelaksana Penyunting pelaksana bertugas mencermati dan mengedit Artikel yang meliputi: a. Ketepatan judul. f. Mencermati salah ketik 5 . h. mempunyai tugas: a. abstrak. c. Setter. tujuan dan kesesuaian simpulan 4. Kelayakan abstrak Indonesia dan Inggris k. d.i. i. g.

Jenis Artikel Hasil Penelitian Skripsi Dipercayakan pada pembimbing skripsi. 1) Memiliki Jabatan Guru Besar yang berpendidikan S3 pada bidang Ilmu yang relevan dengan Jurusan 2) Memiliki jabatan Lektor Kepala Gol. Namun dengan adanya variasi di masing-masing jurusan. IV c yang berpendidikan S2 pada bidang Ilmu yang relevan dengan Jurusan 3) Memiliki Jabatan Lektor. 2. Jenis Artikel hasil kajian Teori. Gol. III c yang berpendidikan S3 pada bidang Ilmu yang relevan dengan Jurusan (bagi Jurusan yang tidak memenuhi persyaratan 1. REVIEWER Persyaratan reviewer Reviewer yang ditunjuk bersifat fleksibel sesuai dengan bidang kepakarannya. diatur secara proporsional antara pembimbing 1 dan 2 oleh Kajur terkait. IIId yang berpendidikan S2 pada bidang Ilmu yang relevan 6 . 1.BAGIAN 3. maka dalam mereview artikel dipersyaratkan sebagai berikut.2 &3 4) Memiliki jabatan Lektor Kepala Gol.

3 dan 4) 5) Jurusan yang belum memenuhi persyaratan pangkat dan golongan dapat melakukan sharing sumberdaya dengan jurusan lain yang terkait di lingkungan Undiksha 7 .2.dengan Jurusan (bagi Jurusan yang tidak memenuhi persyaratan 1.

BAGIAN 4. Artikel bisa ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris dengan format essei disertai judul pada masing-masing bagian artikel. Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik dan ditempatkan di bawah judul artikel. Naskah diserahkan dalam bentuk print out sebanyak dua eksemplar beserta dengan softcopy-nya. Naskah (file) dibuat dengan Microsoft Word. ukuran 12 pts. Penulis harus mencantumkan institusi asal dan alamat email (bagi penulis utama) untuk memudahkan komunikasi. Naskah diketik dengan huruf Times New Roman. PKM/Lomba karya ilmiah) dan kajian pustaka terkait dengan bidang studinya (Lomba karya Ilmiah). 2. Judul bagian dan peringkat judul bagian 1. 3. kecuali bagian pendahuluan yang disajikan tanpa judul bagian. Peringkat judul bagian ditulis dengan huruf besar pada setiap awal kata. Judul artikel dan sub judul dari artikel ditulis dengan huruf besar (kecuali pendahuluan tanpa judul). GAYA SELINGKUNG E-JURNAL UNDIKSHA Petunjuk bagi Calon Penulis E-Journal Undiksha Artikel yang ditulis meliputi hasil penelitian (skripsi. 8 . spasi 1.5 dan dicetak pada kertas A4 sepanjang 7 s/d 10 halaman.

dan hasil penelitian. (d) kata kunci (3-5). (h) hasil dan pembahasan yang berisi bagian hasil (ada subjudul) dan bagian pembahasan (ada subjudul). 4.semuanya tanpa nomor/angka. 5. (f) pendahuluan yang memuat latar belakang. (e) abstrak Inggris. dan tujuan penelitian (maksimum 40% dari keseluruhan isi artikel). Sistematika artikel hasil penelitian adalah: (a) judul (maks. dicetak tebal. 12 kata). 200 kata). (c) abstrak Indonesia (dalam satu paragraf. 200 kata) yang memuat tujuan. (f) pendahuluan yang memuat latar belakang dan tujuan atau ruang lingkup tulisan (maksimum 20% dari keseluruhan isi artikel). maks. rangkuman kajian teoritik. dan (i) daftar rujukan (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk). (e) abstrak Inggris. metode. (d) kata kunci (3-5). maks. dan (j) 9 . Sistematika artikel kajian pustaka adalah: (a) judul (maks. (b) nama penulis (tanpa gelar akademik). (i) simpulan yang memuat simpulan dan saran (tanpa subjudul). dan rata tepi kiri. (h) simpulan yang memuat simpulan dan saran (tanpa subjudul). (b) nama penulis (tanpa gelar akademik). 12 kata). (c) abstrak Indonesia (dalam satu paragraf. (g) pembahasan (dapat dibagi ke dalam beberapa subbagian). (g) metode.

c. 10 . baris kedua dan seterusnya ditulis sejajar dengan huruf awal judul dengan jarak satu spasi. Berilah jarak 3 spasi antara teks sebelum tabel dan teks sesudah tabel. Tabel yang memerlukan tempat lebih dari setengah halaman harus ditempatkan pada halaman tersendiri jika tabel cukup pendek sebaiknya diintegrasikan dengan teks. Tabel dan gambar diberi nomor dan judul. Penyajian tabel a. Nomor tabel ditulis dengan angka Arab sebagai identitas tabel yang menunjukkan bab tempat tabel itu dimuat dan nomor urutnya dalam bab yang bersangkutan. judul tabel ditulis dengan huruf besar pada huruf pertama setiap kata kecuali kata hubung. Contoh: Penyajian tabel dan gambar. b. Kata tabel ditulis dipinggir diikuti nomor dan judul tabel. 6.. Judul tabel ditempatkan di atas tabel. Jika lebih dari satu baris.daftar rujukan (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk).

Gambar yang memerlukan tempat lebih dari setengah halaman harus ditempatkan pada halaman tersendiri. cara penulisan sama dengan penulisan judul tabel. b. Gambar harus digunakan dengan hemat. terlalu banyak gambar dapat mengurangi nilai penyajian data. sket. Judul gambar ditempatkan di bawah gambar.Tabel 1. peta. diagram danm gambar lainnya. Penyebutan adanya gambar seharusnya mendahului gambar. d.1 Tingkat Motivasi Berprestasi Mahasiswa Undiksha Tahun 2006 FIS FBS FIP FTK FOK Jumlah No Tingkat Motivasi FMIPA 1 2 3 4 Sangat Tinggi Tinggi Rendah Sangat Rendah 50 45 56 20 45 65 53 25 32 55 46 10 40 35 51 12 35 32 27 19 43 32 55 16 245 274 288 102 Penyajian gambar Istilah gambar mengacu pada grafik. Gambar dapat menyajikan data dalam bentuk visual yang dapat dengan mudah dipahami. 11 . Beberapa pedoman penggunaan gambar sebagai berikut. c. chart. a.

M . Gambar diacu dengan menggunakan angka. Su k a s ad a 09 # S # 11 10 # # # # S S K e c. 12 08 18' 00" LS 08 07' 30" LS 08 # S # S # 16 Ke c. Sumber yang dirujuk sedapat mungkin merupakan pustaka-pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Se r i ri t 07 # S # 0 8 18' 00" LS K a b up a t e n B an g l i K a b up a te n Je m b ra n a K e c. I G ed e A s tra W e sn a w a . 5 00. g. K u b u tam b ah an . Sa w an 06 # S # 05 # # S 13 # S # Ke c. B an ja r Sel at B a li K e c. 00 0 08 10' 0 0 " LS 3 S KA L A 1 : 30 0. G e ro k g a k S # 14 # 04 # S # 03 # S # K ec . tesis.e. 2011: 75) 7. P ela b uh an B ul ele n g A gro w i s a ta Be n gk el SK A LA 1 : 2 . bukan menggunakan “gambar di atas” atau “gambar di bawah” f. # 15 B us u n g bi u S # K a b up a te n T a b a n a n K a b u p a te n B adung 11 4 31 ' 3 0 " B T IN SE T P R OV I N S I B AL I 11 4 30 ' 00 " B T 11 5 00 ' 00 " B T 11 5 30 ' 00 " B T U 1 1 4 4 2 ' o 0" B T 11 4 5 2 ' 3 0 " B T 1 1 5 0 3 ' 0 0" B T K a b u p a te n G i a n ya r 1 15 1 3 ' 3 0 " B T U B T S 11 5 24 ' 0 0 " B T LE G EN D A B at a s A d m in i st ra s i: Bat as K a b up at e n Bat as K e c am a ta n Ja la n 08 10' 0 0 " LS K e ca m a t an : Ba n jar Bu le l en g Bu su ngb iu G e rok ga k K ub utam ba h Sa w an Se ri r it Su ka s ad a T e ja k ula Se b a r an S p a si a l P o t e n s i O b j ek W i sa t a: No Je n i s 01 W is ata A la m 02 W is ata A la m 03 W is ata A la m 04 05 06 07 08 W is ata A la m W is ata A la m W is ata A la m W is ata A la m W is ata A la m N a ma A ir S a nih P a nt ai P e n aruk an P a nt ai Lo vina P a nt ai K ali bu kb uk A ir Te rju n S e k um pu l A ir Te rju n G itg it A ir P a na s B a nj ar P ula u M enjan gan No Jen is 09 W i s a ta Bu da ya 10 W i s a ta Bu da ya 11 W i s a ta Bu da ya 12 W i s a ta Bu da ya 13 W i s a ta Bu da ya 14 W i s a ta Bu da ya 15 W i s a ta Bu a tan 16 W i s a ta Bu a tan N a ma D esa T ua S i de ta pa D esa T ua P e d a w a D esa T ua C e m p a ga G edo ng K ertya P ura P u la ki Se m bir a n E x.Si (K e tua P e n e lit i) Uni ver si ta s Pe ndi dika n G an esh a Sin garaja T ahu n 2 012 0 8 40' 00" LS 0 8 40' 00" LS Su m b e r: P et a K a bu pa te n Bu le le ng S ka la 1 : 30 0 .1. harus disebutkan sumbernya. D r . misalnya “ Hasil pengamatan sendiri” 11 4 31 ' 3 0 " B T 1 1 4 4 2 ' o 0" B T 11 4 5 2 ' 3 0 " B T 1 1 5 0 3 ' 0 0" B T 1 15 1 3 ' 3 0 " B T 11 5 24 ' 0 0 " B T 08 07' 30" LS 01 # # S L a u t B a li K e c. Gambar buatan sendiri harus diberi keterangan. Gambar yang dikutip dari suatu sumber. # # S B u l el e ng # 12 S # 02 # K ec . Rujukan yang diutamakan adalah sumber-sumber primer berupa laporan penelitian (termasuk skripsi. Peta Sebaran Spasial Potensi Objek Wisata Kabupaten Badung (Sumber: Astra Wesnawa. T e j ak u la Kec .0 00 D irek to rat J en dral C ipt a K a r ya D e pa r te m en P eker ja an U m um T a hu n 20 03 Ka bu p ate n Bu lel e ng 11 4 30 ' 00 " B T 11 5 00 ' 00 " B T 11 5 30 ' 00 " B T Gambar 2. 00 0 0 3 KI LO M E T E R PE T A S E B A R A N S P A S IA L P O T E N S I O B JE K W IS A T A K A BU P A T E N B U L E LE N G Dis a lin O le h : P rof .

4. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah (Edisi ke. Boston: Allyn and Bacon. Contoh penulisan daftar rujukan: Buku Joyce.). (Eds). Buku terjemahan Ary. Pencantuman sumber pada kutipan langsung hendaknya disertai keterangan tentang nomor halaman tempat asal kutipan. 2010: 47) 9. & Weil. & Waseno. Daftar rujukan disusun dengan tata cara seperti contoh berikut dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis. A. Models of Teaching (5th Ed. 1976. Artikel dalam buku kumpulan artikel 13 .C. A. M. & Razavieh. Surabaya: Usaha Nasional.disertasi) atau artikel-artikel penelitian dalam jurnal atau majalah ilmiah. 2002. Terjemahan oleh Arief Furhan. M. tahun). cetakan ke-1). Pengantar Penelitian Pendidikan. 8.. G. L. D. 1982. B. 1996. Jacobs. Perujukan dan pengutipan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama. contohnya (Bisnu. Buku kumpulan artikel Saukah. Malang: UM Press.

B. M.3. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri. dalam C.3 (hlm. Artikel dalam koran: Pitunov. (Online). 1995. 96(3): 558-568. 14 . Fostering Skill Development Outcome. 2004. Sekolah Unggulan ataukah Sekolah Pengunggulan? Majapahit Post. New York: Routledge. hlm. CarrCheliman (Eds. What Technology Plays Supporting Role in Learning Cycle Approach for Science Education. 5(2). 4 & 11. Instructional-Design Theories and Models:Building a Common Knowledge Base. & A.gov/ERICWebPortal/recordDet ail?accno. H. S. 2006. 199-224). & Sweller. Journal of Educational Psychology. A. Vol. A.eric. Reigeluth.ed. The Turkish Online Journal of Educational Technology. Measuring Knowledge to Optimize Cognitive Load Factors During Instruction. Artikel dalam jurnal online Turkmen. Artikel dalam jurnal atau majalah Kalyuga. 13 Desember.). 2009. Tulisan/berita dalam koran (tanpa nama pengarang) Jawa Pos. 22 April. diakses 20 Agustus 2008).Romiszowski. J. hlm. (http://www. 2002.

& Hall. A Survey of STM Online Journals. W. Carr. 1996. lokakarya. 2010. Pengaruh Penggunaan Hypermedia dalam Pembelajaran Menggunakan Strategi Siklus Belajar terhadap Pemahaman dan Aplikasi Konsep Kimia Siswa SMP yang Memiliki Dua Gaya Belajar Berbeda. L. 15 . Makalah Seminar. Tesis. Disertasi tidak diterbitkan. (Online). Malang: PPS UM. Jakarta: Pt Armas Duta Jaya.uk/survey/survey.html. 2003. Makalah disajikan dalam Seminar dan Diskusi Panel Nasional Teknologi Pembelajaran V. K. S. 2000. W.ecs.soton. Laporan penelitian Bisnu. Universitas Negeri Malang. Skripsi. penataran Ardhana. diakses 12 Juni 1996).. Disertasi. 7 Oktober. Malang. 1990-1995: The Calm before the Storm.Dokumen resmi Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (http://journal. Internet (karya individual) Hitchcocock.ac. Reformasi Pembelajaran Menghadapi Abad Pengetahuan.

. kedua.com (alamat email penulis utama) Abstract: Article Title. Jln.. 10. berikut konskuensi hukum yang mungkin timbul karenanya... cukup dalam bahasa Indonesia dan 16 ..... atau ihwal lain yang yang terkait dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis artikel. ARTIKEL HASIL PENELITIAN JUDUL ARTIKEL PENELITIAN (tidak lebih dari 12 kata) Bisnu Suarnayuga (nama penulis utama. Kata kunci tidak perlu diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) naskah atas dasar rekomendasi/saran dari mitra bebestari atau penyunting.. menjadi tanggung jawab penuh penulis artikel tersebut..Semua naskah ditelaah secara anonim oleh mitra bebestari (reviewers) yang ditunjuk oleh dewan penyunting menurut bidang kepakarannya..(alamat instansi) e-mail: bisnu@gmail... Segala sesuatu yang menyangkut perijinan pengutipan atau penggunaan software komputer.. 11. dst) Universitas/Instansi . Artikel harus dilengkapi dengan abstrak berbahasa Inggris yang merupakan terjemahan dari abstrak dalam bahasa Indonesia..

Abstrak dilengkapi dengan kata kunci (3 sampai 5 kata kunci) yang berfungsi untuk memudahkan pencarian artikel ini secara elektronik (1 spasi. maksimum 200 kata). 17 . Tinjauan pustaka diintegrasikan dalam paparan pendahuluan.(3-5 kata kunci) Pendahuluan tidak perlu diberikan subjudul ’PENDAHULUAN’. Pendahuluan diharapkan maksimum 40 persen dari keseluruhan artikel. Abstrak setidaknya memuat tiga hal pokok. Abstrak diketik menggunakan spasi tunggal. dan tujuan penelitian. Kata-kata kunci: kata kunci 1. Abstrak: Judul Artikel. (b) metode penelitian. yaitu: (a) tujuan penelitian. kata kunci 3.dicantumkan setelah abstrak dalam bahasa Inggris. Pendahuluan memuat tiga hal pokok. (Nama.. dicantumkan di dalam Daftar Rujukan. tahun: hlm) untuk kutipan langsung. Semua referensi yang dirujuk dalam paparan. rangkuman teoritik. tahun) untuk kutipan tidak langsung atau (Nama.. yaitu: latar belakang. dan (c) hasil penelitian. kata kunci 2..

atau bagan yang dilengkapi dengan penjelasan. seperti eksperimen. Hasil disajikan dalam bentuk tabel. bagian hasil dan pembahasan dapat dibuat secara terintegrasi. Untuk penelitian kualitatif.Alenia berikutnya dari paparan pendahuluan dibuat menjorok ke dalam sesuai dengan penulisan alenia baru pada umumnya. dan teknik analisis data. Hasil Data yang disajikan dalam hasil penelitian bukan berupa data ’mentah’. Walaupun demikian. Penelitian kualitatif memiliki langkah metodologi yang berbeda dengan penelitian kuatitatif. METODE Metode penelitian disesuaikan dengan jenis penelitian. melainkan data yang sudah diolah. grafik. HASIL DAN PEMBAHASAN Bagian hasil penelitian dibuat dalam satu subjudul yang terpisah dengan bagian pembahasan. pada bagian METODE diharapkan cukup jelas paparan tentang: rancangan penelitian. 18 . Penjelasan tabel/grafik/bagan tidak menyebutkan ulang isi tabel. teknik pengumpulan data dan isntrumen penelitian. subjek/populasi-sampel/fokus dan objek penelitian.

SIMPULAN Simpulan dibuat dalam paragraf pendek yang memuat tentang esensi dari hasil penelitian yang tertuang dalam tujuan penelitian. tahun) untuk kutipan tidak langsung atau (Nama. (b) memaparkan logika diperolehnya temuan. DAFTAR RUJUKAN Semua rujukan yang dimuat dalam paparan artikel harus dicantumkan pada daftar rujukan.melainkan mendeskripsikan/memformulasikan maknanya. tahun: hlm) untuk kutipan langsung. (c) menginterpretasi temuan. dicantumkan di dalam Daftar Rujukan. yaitu: (a) menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian. Tabel. Semua referensi yang dirujuk dalam paparan. dan (d) mengaitkan temuan dengan teori atau kajian empiris lain yang relevan. grafik. (Nama. Sumber yang dirujuk sedapat mungkin (minimal 80%) merupakan pustaka-pustaka terbitan 10 19 . atau bagan masing-masing diberikan nomor dan judul. Simpulan harus relevan dengan temuan dan hindari generalisasi yang berlebihan. atau sebaliknya. Pembahasan Paparan pada pembahasan memuat hal-hal pokok berikut.

Abstrak diketik menggunakan spasi tunggal..tahun terakhir. Abstrak memuat: (a) tujuan penelitian. disertasi) atau artikel-artikel penelitian dalam jurnal atau majalah ilmiah.. Daftar rujukan disusun dengan tata cara seperti sudah diuraikan di bagian 4. kedua. Abstrak dilengkapi dengan kata kunci (3 sampai 5 kata kunci) yang 20 . Rujukan yang diutamakan adalah sumbersumber primer berupa laporan penelitian (termasuk skripsi. Artikel harus dilengkapi dengan abstrak berbahasa Inggris yang merupakan terjemahan dari abstrak dalam bahasa Indonesia.. tesis.. Jln.. Abstrak berupa komentar atau pengantar dari penulis. (b) isu-isu pokok....(alamat instansi) e-mail: bisnu@gmail. ARTIKEL KAJIAN PUSTAKA JUDUL ARTIKEL HASIL PEMIKIRAN (tidak lebih dari 12 kata) Bisnu Suarnayuga (nama penulis utama... dan (c) alternatif pemecahan. cukup dalam bahasa Indonesia dan dicantumkan setelah abstrak dalam bahasa Inggris.. Abstrak: Judul Artikel... dst) Universitas/Instansi .. Kata kunci tidak perlu diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris..com (alamat email penulis utama) Abstract: Article Title.

Semua referensi yang dirujuk dalam paparan.(3-5 kata kunci) Pendahuluan tidak perlu diberikan subjudul ’PENDAHULUAN’. logis. Pendahuluan memuat hal pokok. tahun) untuk kutipan tidak langsung atau (Nama. kata kunci 2. Alenia berikutnya dari paparan pendahuluan dibuat menjorok ke dalam sesuai dengan penulisan alenia baru pada umumnya.berfungsi untuk memudahkan pencarian artikel ini secara elektronik (1 spasi. yaitu: latar belakang atau acuan permasalahan. tahun: hlm) untuk kutipan langsung.. argumentatif. kata kunci 3. hal-hal menarik yang belum tuntas. Pendahuluan diharapkan maksimum 20 persen dari keseluruhan artikel. maksimum 200 kata). Isi 21 . Pembahasan berupa kupasan yang sifatnya analitik. dan kritis.. perkembangan baru. dan tujuan penelitian. Kata-kata kunci: kata kunci 1. dicantumkan di dalam Daftar Rujukan. (Nama. PEMBAHASAN Paparan pada pembahasan dapat dibagi menjadi beberapa subjudul..

Rujukan yang diutamakan adalah sumbersumber primer berupa laporan penelitian (termasuk skripsi. Simpulan ditulis maksimum 10% dari keseluruhan isi artikel. atau sebaliknya. tahun: hlm) untuk kutipan langsung. tahun) untuk kutipan tidak langsung atau (Nama. Daftar rujukan disusun dengan tata cara seperti sudah diuraikan di bagian 4. dicantumkan di dalam Daftar Rujukan. 22 . (Nama. SIMPULAN Simpulan dibuat dalam paragraf pendek yang memuat tentang penegasan pendirian penulis dan saransaran. DAFTAR RUJUKAN Semua rujukan yang dimuat dalam paparan artikel harus dicantumkan pada daftar rujukan.pembahasan adalah cermin dari pendirian/sikap penulis terhadap permasalahan yang menjadi fokus tulisan. tesis. Semua referensi yang dirujuk dalam paparan. disertasi) atau artikel-artikel penelitian dalam jurnal atau majalah ilmiah. Sumber yang dirujuk sedapat mungkin (minimal 80%) merupakan pustaka-pustaka terbitan 10 tahun terakhir.

LAIN-LAIN Agar kewajiban mahasiswa untuk menulis makalah/artikel di jurnal ilmiah tidak menghambat proses kelulusannya. semester) ditentukan sesuai dengan kondisi yang ada di masing-masing jurusan. triwulan. catur wulan. Hal-hal teknis yang berkaitan dengan itu. agar dikoordinasikan di jurusan masing-masing.BAGIAN 5. 23 . maka diharapkan mahasiswa sudah memiliki naskah artikel yang diterbitkan paling lambat akhir semester VII. KEBERKALAAN JURNAL Keberkalaan jurnal (volume dan nomor terbitan jurnal: bulanan. BAGIAN 6.

D. Dr.A. Tim Ahli : 1.Pd 4. Dr. M. M. I Made Danu Budiartha.Pd Penanggungjawab: 1.Lampiran : Surat Keputusan Rektor Undiksha Nomor : 280/UN48/KP/2012 Tanggal : 7 Maret 2012 Tentang: Tim Pengembang Format Karya Ilmiah dalam Jurnal Pengarah : Prof. Dr I Nengah Suandi. Drs.Pd. I Nyoman Adijaya Putra. I Made Kirna.Pd.Si Ditetapkan di : Singaraja Pada tanggal : 7 Maret 2012 Rektor. M. NIP. Prof. Dr. Prof. M. Dr. M. Prof. I Nyoman Sudiana. M. I Wayan Muderawan.Si Sekretaris : Prof. Dr. I Gede Astra Wesnawa.. Prof. M. M. Drs. Ph.Pd.S. Ni Ketut Suarni. I Gusti Ngurah Pujawan.S.Pd. M. Dr. Anggota : 1. 3. M. Ketua : Prof. Prof. I Nyoman Jampel.Pd. I Made Sutama. I Gede Sudirta. Anak Agung Istri Ngurah Marhaeni. I Nyoman Sudiana. 195712311985031013 24 . Prof. 3. Drs. M. I Made Ardana. 2. Dr.Kes. M. M. 4. M.A 2.Hum 3. S. Dr..Pd. Dr. Drs. 2. M.

25 .