You are on page 1of 14

BAB I PENDAHULUAN

Haji adalah salah satu dari lima rukun Islam. Ia wajib dilakukan sekali seumur hidup, berdasarkan firman Allah : "Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barang siapa mengingkari (kewajiban haji) maka sesungguhnya Allah Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam" (Ali Imran: 97). Dan berdasarkan sabda abi !hallallahu "alaihi wa sallam: "Islam itu dibangun di atas lima perkara; bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang haq melainkan Allah dan (bersaksi) bahwa Muhammad adalah asulullah, mendirikan shalat, mengeluarkan !akat, berpuasa (di bulan) amadhan dan menunaikan haji ke Baitullah"(#uttafa$ Alaih). '. (. *. +. ,. Haji diwajibkan den%an lima s&arat: Islam )erakal )ali%h #erdeka #ampu

Dan ba%i perempuan ditambah den%an satu s&arat &aitu adan&a mahram &an% per%i bersaman&a.!ebab haram hukumn&a jika ia per%i haji atau safar (beper%ian) lainn&a tanpa mahram,berdasarkan sabda abi !hallallahu"alaihi wa sallam : "-idak (dibenarkan se.ran%) wanita beper%ian ke/uali den%an mahramn&a"(#uttafa$ Alaih). 0ika se.ran% wanita per%i haji tanpa mahram maka ia berd.sa tetapi hajin&a tetap sah. 0ika se.ran% muslim melakukan ihram haji atau umrah maka haram atasn&a sebelas perkara sampai ia keluar dari ihramn&a (tahallul) : '. (. *. +. ,. 2. #en/abut rambut #en%%untin% kuku #emakai wan%i1wan%ian #embunuh binatan% buruan (darat, adapun bina1tan% laut maka dib.lehkan) #en%enakan pakaian berjahit (ba%i laki1laki dan tidak men%apa ba%i wanita) #enutupi kepala atau wajah den%an sesuatu &an% menempel (ba%i laki1laki),seperti pe/i, penutup kepala, surban, t.pi dan &an% sejenisn&a 7. #emakai tutup muka dan ka.s tan%an (ba%i wanita)

BAB II PEMBAHASAN Syarat. Ia melakukann&a untuk suatu keperluan. tetapi ia wajib memba&ar fid&ah *.t.).kemudian lan%sun% melakukan sa"i haji setelah thawaf $udum . Ia melakukann&a tanpa ud8ur (alasan). iat. (. pen. 6an% palin% utama adalah haji tamattu". dan ifrad. Haji ifrad &aitu ia melakukan ihram den%an niat haji saja. )erpuasa selama ti%a hari.ran% &an% menunaikan haji $iran sama den%an pekerjaan haji ifrad . #emberi makan enam . 5ran% &an% menunaikan haji $iran wajib men&embelih kurban.3.ran%1. #en&embelih kambin% (untuk diba%ikan kepada . karena perintah abi terhadapn&a.ran% fakir miskin dan ia tidak b. maka ia berd. #en%eluarkan mani den%an .sa dan tidak wajib memba&ar fid&ah. 9erbuatann&a ter1sebut dib. 9ekerjaan .Haji $iran &aitu ia melakukan ihram den%an niat umrah dan haji sekali%us. masin%1masin% seten%ah sha" makanan. lupa. 5ran% &an% melakukan haji ifrad han&a meniatkan haji saja. tidak tahu atau dipaksa.ran% &an% menunaikan haji $iran meniatkan untuk umrah dan haji (se/ara bersamaan). #elan%sun%kan pernikahan 9.n% rambut karena sakit. Haji ada ti%a jenis : • • • tamattu" $iran. ke/uali dalam dua hal : '.leh memilih salah satu daripadan&a: '. sedan%kan . dan Wajib Haji . Rukun. sedan%kan . )ersetubuh)er/umbu (bermesraan) den%an s&ahwat '4. Had&u (men&embelih kurban).nani atau ber/umbu.sa dan wajib memba&ar fid&ah (tebusan) (. k%) *. Dalam keadaan seperti itu ia tidak berd. Ia melakukann&a dalam keadaan tidur. 5ran% 6an% #elakukan Hal1hal 6an% Dilaran% #emiliki -i%a 7eadaan: '. 5ran% &an% melakukan pelan%%aran itu b. Haji tamattu" &aitu ia melakukan ihram den%an niat umrah saja pada bulan haji.(.ran% miskin. seperti mem. (seten%ah sha" lebih kuran% sama den%an '.ran% &an% menunaikan haji ifrad tidak wajib had&u (men&embelih kurban). ketika sampai di #akkah ia melakukan thawaf $udum.leh memakan sesuatu pun daripadan&a) (.lehkan. setelah selesai melakukann&a ia lalu melakukan ihram den%an niat haji pada hari -arwi&ah (tan%%al 3 D8ul Hijjah.

ukun haji adalah perbuatan1perbuatan &an% wajib dilakukan dalam berhaji. namun harus memba&ar dam (denda).. 0ika salah satu ditin%%alkan. #ekah +. #el.n%n&a seba%ian -ertib . +. keamanan. maka hajin&a tetap sah. dan nafkah ba%i keluar%a &an% ditin%%al berhaji  Rukun Haji . %. Mab+t (men%inap) di Mud!dali$ah. ..ukun haji tersebut harus dilakukan se/ara berurutan dan men&eluruh. &awa$ wada* (tawaf perpisahan) 0ika salah satu dari wajib haji ini ditin%%alkan.t.. (. (. Islam Akil )ali% Dewasa )erakal :aras 5ran% merdeka (bukan budak) #ampu. maka hajin&a tidak sah.ukun haji tersebut adalah: ". kesehatan. Syarat Haji '. #ab<t di #ina . . Ihram #uku$ di Ara$ah &awa$ i$'dah )a*i #en/ukur rambut di kepala atau mem. Pelaksanaan Ibadah Haji Manasik Haji! -ata /ara manasik haji adalah seba%ai berikut : "# Melakukan ihra$ dari $%&'t yan( telah ditentukan . *. 2. 7. #emulai ihram dari m+q't (batas waktu dan tempat &an% ditentukan untuk melakukan ibadah haji dan umrah) (. 2.  Wajib Haji '. (.ntar jumrah *. . baik dalam hal bia&a.

kemudian men&embelih hewan kurban. memakai pakaian ihram.Ihram dapat dimulai sejak awal bulan !&awal den%an melakukan mandi sunah. labbaik l' syar+ka laka labbaik. adalah milik ?n%kau> tiada sekutu ba%i1#u.dali*ah. shalat jamak ta$dim dan $ashar ma%hrib1is&a. se%ala kenikmatan. 7emudian berhenti sebentar di masy*ar al-har'm (m. 0# 1ahalul &ahalul adalah berlepas diri dari ihram haji setelah selesai men%erjakan amalan1 amalan haji.abbaik All'humma hajjan. &aitu: shalat jamak ta$dim dan $ashar 8uhur1ashar. dan men%erjakan shalat subuh ketika fajar telah men&in%sin%. dilanjutkan den%an beran%kat menuju #ina. memba/a Al1Bur"an.numen su/i) atau #u8dalifah untuk ber8ikir kepada Allah !:. untuk berhaji".(B! (: '93). . Mekah :aktun&a sesaat setelah ten%ah malam sampai sebelum terbit fajar. dan melakukan shalat subuh di awal waktu. dan berniat haji den%an men%u/apkan . l' syar+ka laka Artin&a: =Aku datan% &a Allah. -# Mel. berd. aku datan%> !esun%%uhn&a se%ala pujian.a. tiada sekutu ba%i1#u. inna al-hamda. 7emudian beran%kat menuju arafah den%an memba/a talbiah untuk men&atakan niat: . +# Mab%t di Mu. waktun&a dimulai setelah matahari ter%elin/ir sampai terbit fajar pada hari nahar (hari men&embelih kurban) tan%%al '4 Aulhijah. !aat wukuf. pada tan%%al '4 Aulhijah.abbaik All'humma labbaik. berwudhu. &an% artin&a "aku datan% memenuhi pan%%ilanmu &a Allah. wa ni*mata laka wa al-mulk.ntar ju$rah /a&abah Dilakukan di bukit "A$abah. Disini men%ambil batu kerikil sejumlah +9 butir atau 74 butir untuk melempar jumrah di #ina. aku datan% memenuhi pan%%ilan1#u> Aku datan%. ber8ikir bersama. dan seluruh kerajaan. ada beberapa hal &an% harus dilakukan. den%an 7 butir kerikil.@ )# Wuku* di Ara*ah Dilaksanakan pada tan%%al 9 Aulhijah.

'(. )a%i &an% in%in melaksanakan tawaf ifDdah pada hari itu dapat lan%sun% per%i ke #ekah untuk tawaf. Ealu dilanjutkan den%an tahalul kedua. dilaksanakan setelah selesai mel. Ma5a$6$a5a$ Haji "# Haji i*r'd . !etelah tahalul.ijr Ismail (semuan&a ada di k. dan shalat sunah ( rakaat di .a di Multa!am.aram melalui B'bussal'm (pintu salam) dan melakukan tawaf.re hari). masin%1masin% 7 kali. !elesai tawaf disunahkan men/ium . mel. '(.-ahalul awal. den%an /ara men/ukurCmem. sehin%%a semuan&a kembali halal untuk dilakukan. &aitu men/ukurCmem.ntar jumrah dilakukan pada tan%%al '' dan '( Aulhijah saja.bah. seluruh perbuatan &an% dilaran% selama ihram telah dihapuskan. Den%an memba/a talbiah masuk ke Masjidil . &aitu pada tan%%al ''. b.leh memakai pakaian biasa dan melakukan semua perbuatan &an% dilaran% selama ihram. maka harus melakukan tawaf ifDdah dan sa"i.ntar jumrah "a$. !etiap sian% pada hari1hari tas&rik itu mel. 3# 1a4a* i*'dah )a%i &an% belum melaksanakan tawaf ifDdah ketika berada di #ekah. !elanjutn&a kembali ke #ina sebelum matahari terbenam untuk mab<t di sana.n% rambut sekuran%1kuran%n&a * helai. dan *aqabah. berd.ntar jumrah dilakukan selama ti%a hari (''. 9elaksanaann&a. ibadah haji dilakukan terlebih .aji i$r'd &aitu membedakan ibadah haji den%an umrah. Ibadah haji dan umrah masin%1masin% dikerjakan tersendiri. dan '* Aulhijah). Ealu melakukan tawaf wada" sebelum menin%%alkan #ekah untuk kembali pulan% ke daerah asal. dimulai dari )ukit !hafa dan berakhir di )ukit #arwa. dan '* Aulhijah. Den%an selesain&a mel.t.ntar jumrah /l'. lalu shalat sunah ( rakaat di dekat makam Ibrahim.n% rambut sekuran%1kuran%n&a * helai.ajar Aswad (batu hitam). ke/uali berhubun%an seks. mel.t. 2# Mab%t di Mina Dilaksanakan pada hari tasyrik (hari &an% diharamkan untuk berpuasa).mpleks #asjidil Haram). -etapi ba%i &an% men%hendaki na$ar s'n+ atau nafar akhir (menin%%alkan #ina pada tan%%al '* Aulhijah setelah jumrah s. Den%an demikian. 7emudian melakukan sa"i antara bukit !hafa dan #arwa. )a%i &an% men%hendaki na$ar awwal (menin%%alkan #ina tan%%al '( Aulhijah setelah jumrah s. wust'.re hari).ntar jumrah maka selesailah seluruh ran%kaian ke%iatan ibadah haji dan kembali ke #ekah.

&aitu * hari sela%i masih berada di tanah su/i. 5ran% &an% melakukan haji tamattu" wajib memba&ar hadyu (denda). setelah selesai baru melakukan haji.aji tamattu* adalah melakukan umrah terlebih dulu pada bulan haji. bahwa sesungguhnya Allah dan Rasul-Nya berlepas diri dari orang-orang musyrikin.r kambin%.. Fara pelaksanaann&a adalah:  ihram dari m<$Dt den%an niat untuk haji  ihram dari m<$Dt den%an niat untuk umrah )# Haji ta$attu/ .” Ada beberapa pendapat ulama tentang haji akbar.Fara pelaksanaann&a adalah:  ihram dari m<$Dt den%an niat untuk umrah  melaksanakan haji setelah selesai melaksanakan semua amalan umrah +# Haji &ir'n . Den%an demikian se%ala amalan umrah sudah ter/akup dalam amalan haji.aji qir'n adalah melaksanakan ibadah haji dan umrah se/ara bersama1sama. setelah selesai baru melakukan umrah. yaitu haji akbar adalah: • • • haji pada hari wukuf di Arafah haji pada hari nahar haji yang wukufnya bertepatan dengan hari jum'at . dan 7 hari setelah kembali di tanah air. Fara pelaksanaann&a adalah : a. 0ika tidak mampu dapat di%anti den%an berpuasa selama '4 hari. ihram dari m<$Dt den%an niat untuk haji dan umrah sekali%us b. !emuan&a dilakukan masih dalam bulan haji. &aitu den%an men&embelih seek..dulu. melakukan seluruh amalan haji Haji Akbar dan Haji Mabrur Haji akbar (haji besar) Istilah haji akbar disebut dalam firman Allah SWT pada surah AtTaubah: 3 yang artinya: “Dan (inilah) suatu pemakluman dari Allah dan Rasul-Nya kepada manusia pada hari haji akbar.

Haji mabrur Haji mabrur adalah ibadah haji seseorang yang seluruh rangkaian ibadah hajinya dapat dilaksanakan dengan benar. ada pula haji asgar (haji kecil) yang merupakan istilah lain untuk umrah. dan yang terpenting. barangsiapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia. berakal sehat. ikhlas.”(HR Bukhari dan Muslim) Hukum Ibadah Haji Ibadah haji wajib dilaksanakan demikian pula umrah. (diantaranya) maqam Ibrahim. setelah ibadah haji menjadi orang yang lebih baik. sekali seumur hidup atas setiap muslim. Hal ini didasarkan pada sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah yang artinya : “Umrah ke satu ke umrah berikutnya adalah penebus dosa di antara keduanya. Ada haji besar. Barangsiapa . Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata. Allah SWT berfirman yang artinya: "Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat ber ibadah) manusia. ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekkah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia. merdeka lagi mampu. baligh. mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap llah. Balasan bagi orang yang mendapat haji mabrur adalah surga. menggunakan biaya yang halal. yaitu (bagi) !rang yang sanggung mengadakan perjalanan ke Baitullah. tidak dicampuri dosa.• ibadah haji itu sendiri beserta wukufnya di Arafah Namun pendapat yang paling masyhur adalah pendapat yang menyatakan bahwa haji akbar adalah haji yang wukufnya jatuh pada hari jum'at. dan haji mabrur ganjarannya tiada lain kecuali surga .

dan Wajib U$rah !&arat untuk melakukan umrah adalah sama den%an s&arat dalam melakukan ibadah haji." #en%enai hukum umrah.leh Imam #uslim &an% artin&a "Gmrah di dalam bulan . *. untuk umrah). tawaf. #enurut Imam )ya$i*i hukumn&a wajib. artin&a : =Aku datan% memenuhi pan%%ilan1#u &a Allah. Ali'Imran. #andi )erwudhu memakai pakaian ihram di m<$Dt shalat sunah ihram ( rakaat niat umrah dan memba/a .mengingkari (kewajiban haji).t. (. . !etiap . 96-97). tetapi ban&ak melakukan umrah ju%a disukai. memba/a talbiah serta d. U$rah 0mrah artin&a berkunjun% atau ber8iarah.amadhan.. dan tahalul. Rukun.abbaik All'humma *umrat(an). memasuki #asjidil Haram. 9elaksanaan umrah ini didasarkan pada firman Allah !:. (..dalam surat AlBaqarah: '92 &an% artin&a "Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah. # (QS.ran% &an% melakukan ibadah haji wajib melakukan umrah. maka sesungguhnya llah Maha "aya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam. #enurut Ma!hab Maliki dan Ma!hab . Pelaksanaan u$rah -ata /ara pelaksanaan ibadah umrah adalah : '. dilaksanakan se/ara berurutan !ementara itu wajib umrah han&a satu. &aitu perbuatan ibadah &an% merupakan kesatuan dari ibadah haji.. . 2.amadhan itu sama den%an melakukan haji sekali".ana$i hukumn&a sunah mu"akkad (sunah &an% dipentin%kan). Ihram -awaf !a"i #en/ukur rambut kepala atau mem. . Gmrah diwajibkan ba%i setiap muslim han&a ' kali saja. terlebih jika dilakukan di bulan . +. ada beberapa perbedaan pendapat. Adapun rukun umrah adalah: '. sa"i.@ Syarat. *. Hal ini didasarkan pada hadist abi !A: &an% diriwa&atkan . &aitu ihram dari m<$Dt. +.n%n&a -ertib.a..

a$abah ) setelah ter%elin/ir1n&a matahari dan sebelum matahari ten%%elam. wustha.lehkan keluar dari #ina sebelum matahari ten%%elam.HARI 1ARWI7AH Hari tarwi&ah adalah hari kedelapan dari bulan D8ul Hijjah. #elempar jumrah a$abah (.ran% men%en&an%kan diri den%an minum air untuk (persiapan ibadah) selanjutn&a. diam dan tidak berdesak1 desakan. -hawaf ifadhah dan sa"i untuk haji . HARI ARA8AH 0ika matahari terbit pada hari Arafah (hari kesembilan dari bulan D8ul Hijjah). BERMALAM DI MU9DALI8AH 0ika matahari telah ten%%elam pada hari Arafah maka para Haji berdu&un1du&un (menin%%alkan) Arafah menuju #u8dalifah den%an tenan%.a&a 7urban adalah: '. Disebut demikian karena pada hari itu . )ermalamlah (sehari la%i) di #ina pada tan%%al '* D8ul Hijjah. sebab hari1hari tas&ri$ berakhir den%an ten%%elamn&a matahari. Mîqât .ran% &an% melakukan haji tamattu" dan $iran) *. tetapi men/ukur (%undul) adalah lebih utama +. #en&embelih had&u (ba%i . o 0ika Anda telah selesai melempar jumrah pada tan%%al '( D8ulhijjah. HARI RA7A :URBAN )eberapa amalan pada hari .. &akni malam ke1'' dan ke1 '( (ba%i &an% terburu1buru) serta malam ke1'* (ba%i &an% men%1akhirkanCtetap tin%%al). o :ajib bermalam di #ina pada malam1malam hari tas&ri$. tetapi jika Anda in%in tetap tin%%al maka hal itu lebih utama. 0ika telah sampai #u8dalifah ia shalat #a%hrib dan Is&a" se/ara jama" $ashar den%an satu ad8an dan dua i$amat. #en/ukur (%undul) rambut kepala atau memendekkann&a. sera&a men%umandan%1kan talbi&ah atau takbir. lalu Anda in%in berse%era maka Anda dib. maka setiap Haji beran%kat dari #ina ke Arafah. dan lemparlah keti%a jumrah (ula. :ajib melempar jumrah pada hari1hari tas&ri$ HARI6HARI 1AS7RI.ran%1. Amalan-Amalan Haji dan Umrah 1.

Berdasarkan kesepakatan para ulama yang bersumber dari sunah Rasulullah SAW. mîqât zamânî jatuh pada bulan Syawal. Zulkaidah. dan mandi. Bagi wanita. Sunah ihram adalah memotong kuku. shalawat. dan wilayah-wilayah Maghrib Yalamlan (sebuah gunung yang letaknya 94 km di selatan Mekah) bagi orang yang datang dari arah Yaman Qarnul Manazir (94 km di timur Mekah) bagi orang yang datang dari arah Nejd Zatu Irqin (94 km sebelah timur Mekah) bagi orang yang datang dari arah Irak 2. Kemudian melakukan shalat sunah ihram 2 rakaat (sebelum ihram). rambut kemaluan. pakaian ihram adalah dua helai pakaian tak berjahit untuk menutup badan bagian atas dan sehelai lagi untuk menutup badan bagian bawah. Mîqât zamânî adalah kapan ibadah haji sudah boleh dilaksanakan. Ihram Ihram ialah niat melaksanakan ibadah haji atau umrah dan memakai pakaian ihram. Mîqât makânî adalah dari tempat mana ibadah haji sudah boleh dilaksanakan. Mîqât terdiri atas mîqât zamânî dan mîqât makânî. Bagi laki-laki. sampai dengan tanggal 10 Zulhijah. Mesir. membaca talbiah. rambut ketiak. Tawaf . dan istighfar (sesudah ihram dimulai). 3. Tempat-tempat untuk mîqât makânî adalah: • • • • • Zulhulaifah atau Bir-Ali (450 km dari Mekah) bagi orang yang datang dari arah Madinah Al-Juhfah atau Rabiq (204 km dari Mekah) bagi orang yang datang dari arah Suriah.Mîqât adalah batas waktu dan tempat melakukan ibadah haji dan umrah. pakaian ihram adalah kain berjahit yang menutup seluruh tubuh kecuali wajah. Kepala tidak ditutup dan memakai alas kaki yang tidak menutup mata kaki. kumis.

dan najis Menutup aurat Melakukan 7 kali putaran berturut-turut Mulai dan mengakhiri tawaf di tempat yang sejajar dengan Hajar Aswad 5. beberapa manfaat ibadah haji adalah : [1]. yaitu meletakkan pertengahan kain ihram di bawah ketiak tangan kanan dan kedua ujungnya di atas bahu kiri 4. Berjalan kaki 3. Memperbanyak doa dan zikir selama dalam tawaf 8. Bertawaf di luar Ka'bah Sedangkan sunah tawaf adalah: 1. 4. Suci dari hadas besar. Menyentuh Hajar Aswad atau memberi isyarat ketika mulai tawaf 5. hadas kecil. Tertib. 6. Menghadap Hajar Aswad ketika memulai tawaf 2. tetapi kalau tawaf itu bukan dalam ibadah haji. 2. kecuali Dia dan bahwa Dia adalah satu-satunya pemilik nama-nama yang indah dan sifat-sifat yang mulia. al-idtibâ.Tawaf adalah mengelilingi Ka'bah sebanyak 7 kali. maka hukum niat tawaf menjadi wajib. Niat untuk tawaf yang terkandung dalam ibadah haji hukumnya tidak wajib karena niatnya sudah terkandung dalam niat ihram haji. Ka'bah selalu berada di sisi kiri 6.leh ban&ak manfaat. dimulai dari arah yang sejajar dengan Hajar Aswad dan Ka'bah selalu ada di sebelah kiri (berputar berlawanan arah jarum jam). Tidak ada sekutu . 3. Mencapai rukun yamanî (pada putaran ke-7) dan mencium atau menyentuh Hajar Aswad 7. Niat. Mengikhlaskan Seluruh Ibadah Beribadah semata-mata untuk Allah Subhanahu wa Ta'ala dan menghadapkan hati kepada-Nya dengan keyakinan bahwa tidak ada yang diibadahi dengan haq. Syarat tawaf adalah: 1. dilaksanakan secara berurutan BAB III :ESIMPULAN Den%an menunaikan Ibadah Haji kita dapat memper. seperti dalam tawaf wada' dan tawaf nazar.

#ereka salin% men%enal. serta men%ikrarkan (tauhid) di antara hamba1hamba1 &a. [4]. ruku dan sujud" [Al-Hajj : 26] [2]. &akni mereka beribadah kepada Allah !ubhanahu wa -a"ala semata1mata. Hal itu berlan%sun% semenjak 8aman abi Ibrahim hin%%a sekaran%. Dan Allah !ubhanahu wa -a"ala menjadikan siapa saja &an% Dia kehendaki (untuk bisa) menden%ar seruan abi Ibrahim Alaihissalam tersebut dan men&ambutn&a.1 pent) tentan%n&a (tauhid).ran%1. 1275] [3].bagi-Nya. Mendapat Ampunan Dosa-Dosa Dan Balasan Jannah Dari Abu Hurairah bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Satu umrah sampai umrah yang lain adalah sebagai penghapus dosa antara keduanya dan tidak ada balasan bagi haji mabrur kecuali jannah" [HR Bukhari dan Muslim. Saling Mengenal Dan Saling Menasehati Dan diantara hikmah haji adalah bahwa kaum muslimin bisa salin% men%enal dan salin% berwasiat dan menasehati den%an al1ha$. di #ina dan di #akkah. )ahkan mereka betauhid dan ikhlas kepada1 &a. beribadah. #ereka datan% dari se%ala penjuru. dan salin% menasehati di antara . Menyambut Seruan Nabi Ibrahima Alaihissalam abi Ibrahim Alaihissalam telah men&erukan (a%ar berhaji) kepada manusia.ran% &an% datan% (berhaji dan seba%ain&a. Dan diantara &an% terbesar adalah men&aksikan tauhid1 &a. selatan dan utara #akkah. Artinya : ”Dan ingatlah ketika Kami menempatkan tempat Baitullah untuk Ibrahim dengan menyatakan . "Janganlah engkau menyekutukan Aku dengan apapun dan sucikan rumah-Ku ini bagi orang-orang yang thawaf. timur. di Arafah. . berkumpul di rumah Allah !ubhanahu wa -a"ala &an% tua.ran% lain) dan ju%a bukan karena sum"ah (dibi/arakan . #ereka datan% den%an niat men/ari wajah1 &a &an% mulia bukan karena ri&a" (dilihat . Menyaksikan Berbagai Manfaat Bagi Kaum Muslimin Allah !ubhanahu wa -a"ala berfirman : "A%ar supa&a mereka men&aksikan berba%ai manfaat ba%i mereka" HAl1Hajj : (3I Alah !ubhanahu wa -a"ala men&ebutkan manfaat1manfaat den%an muthla$ (se/ara umum tanpa ikatan) dan mubham (tanpa penjelasan) karena ban&akn&a dan besarn&a menafaat1 manfaat &an% se%era terjadi dan nanti akan terjadi baik duniawi maupun ukhrawi. [5]. dari barat. tidak ada yang menyerupai-Nya dan tidak ada tandingan-Nya. di #u8dalifah. Dan hal ini telah diisyaratkan dalam firman-Nya. Bahjatun Nanzhirin no.ran% lain).

shalat.han dan pemikiran1pemikiran &an% men&impan% dari Al17itab dan As1!unnah. [8]. hendakn&a bersun%%uh1sun%%uh merendahkan diri dan terus menerus berd. Sehingga mereka bisa menunaikan kewajiban mereka dengan ilmu. dan di lingkungann masjid Nabawi dari para ulama dan pembimbing serta memberi peringatan tentang apa yang mereka tidak ketahui mengenai hukum-hukum agama. umrah dan lainnya. Memperbanyak Ketaatan Di antara manfaat haji adalah memperban&ak shalat dan thawaf.n% untuk men%in%at1 &a. Ini adalah kesempatan &an% Allah !ubhanahu wa -a"ala anu%erahkan. membimbin%. Menyebarkan Ilmu Di antara manfaat haji adalah men&ebarkan ilmu kepada saudara1saudaran&a &an% melaksanakan ibadah haji dan teman1temann&a seperjalanan. [6].l. Mempelajari Agama Allah Subhanahu wa Ta'ala Dan diantara manfaat haji yang besar adalah bahwa mereka bisa mempelajari agama Allah dilingkungan rumah Allah yang tua. membereskan hati dan perbuatan > a%ar Dia men.l.ran &an% ada pada badan mereka > hendaklah mereka men&empurnakan nad8ar1nad8ar mereka dan hendaklah mereka berthawaf sekelilin% rumah &an% tua itu (7a"bah)@ HAl1Hajj : (9I [9]. ?n%kau bisa men&ebarkan ilmu1mu dan menjelaskan apa &an% en%kau miliki.l.n% untuk berbuat baik kepada hamba1hamba1 &a. di pesawat terban%.salin% menasehati. haji. pen%arahan dan dakwah ke jalan Allah. 8akat.n% untuk menunaikan kewajiban den%an sifat &an% Dia ridhai serta a%ar Dia men. di tenda. bers&ukur kepada1 &a dan memperba%us ibadah kepada1 &a > a%ar Dia men. seba%aimana firman Allah !ubhanahu wa -a"ala : Artin&a : =7emudian hendaklah mereka men%hilan%kan k.t. Berdo'a Kepada-Nya Di antara manfaat haji.l. )ukan dari keb. men.d. &an% di m. akan tetapi haruslah den%an apa &an% en%kau ketahui berdasarkan Al17itab dan As1!unnah dan istimbath ahli ilmu dari keduan&a. maslahat taklim tata /ara haji. membantu untuk maslahat1maslahat dunia akhirat.bil. . di #ekkah dan di se%ala tempat. [7]. a%ar Dia menerima amal. maslahat bimbin%an. seba%ian men%ajari &an% lain.n%."a kepada Allah !ubhanahu wa -a"ala.

.als.id .fwah.BAB I< DA81AR PUS1A:A www.r.