You are on page 1of 7

Soal 1 Dari hasil audit dibawah ini, tolong tuliskan apabila ada ketidaksesuaian atau potensi yang terjadi

sesuai persyaratan standard ISO 14001:2004 dan OHSAS 18001:2007. 1. Auditor menanyakan pada Departemen Pembelian-ABC Manufacturing LTD tentang bagaimana cara mengkaji aspek lingkungan ketika kontrak dilaksanakan dalam bentuk tender. Pegawai menjelaskan bahwa setiap peserta tender harus menyerahkan Pernyataan yang mencakup semua kegiatan kerja, dampak lingkungan serta pemeriksaan lingkungan terkait. Sebelum kontrak dikeluarkan, setiap tender diperiksa oleh Manajer Operasional. Hal ini sesuai dengan ProsedurEOP 12. Ketika meninjau Pernyataan yang dikirimkan untuk kontrak ‘Oil Pit’, lima peserta tender mengajukan tender tetapi tidak satupun dari peserta tersebut yang mencantumkan dampak yang mungkin timbul untuk masyarakat sekitar. Akhirnya kontrak diberikan kepada salah satu dari lima peserta tender, Depp Pits Ltd. Jawaban :

2. Pada saat audit di perusahaan yang bergerak dalam bidang ‘Injection Moulding’, auditor menanyakan kepada Manajer Perusahaan tentang butiran limbah. Auditor mendapatkan informasi bahwa limbah dikumpulkan pada akhir setiap shift, dipisahkan sesuai tipe produk, ditimbang dan dijual kepada sebuah perusahaan lokal yang mendaur ulang butiran limbah. Jawaban:

3. Pada saat audit berlangsung, auditor menanyakan kepada Departemen Perencanaan dan Pengembangan agar menunjukkan rekaman lengkap proyek SP1 yang terbaru. Dari pemeriksaan yang dilakukan tidak ditemukan referensi atas pembuangan produk emergency respon apabila ada kondisi darurat. Ketika auditor bertanya kepada Insinyur perencanaan, yang bersangkutan menjelaskan bahwa Manajer Pembelian telah meyakinkannya bahwa material yang digunakan ramah lingkungan karena itu tidak akan ada masalah dengan limbahnya. Jawaban:

4. Auditor menanyakan kepada Manajemen Representatif tentang salinan Registrasi Resiko signifikan milik perusahaan. Setelah memeriksa salinan registrasi, auditor menanyakan apa selama ini terjadi suatu insiden atau kegiatan yang mungkin terjadi di lokasi yang perlu dipertimbangkan untuk dimasukkan dalam salinan registrasi. Auditor diberi informasi bahwa

Selanjutnya auditor mengkonfirmasi kepada bagian HRD dan diperoleh informasi bahwa 3 orang petugas laboratorium tersebut sedang diusulkan untuk dijadwalkan pelatihan tahun berikutnya dan saat ini bekerja saja menurut instruksi kerja yang ada. dan dampak lingkungan .perusahaan tersebut adalah perusahaan baru yang dibangun di sebuah lapangan udara lama. diinformasikan bahwa mereka pindahan dari bagian produksi 6 bulan yang lalu. Jawaban: Soal 2 Dari gambar yang ada tolong identifikasi apabila ada resiko yang mungkin timbul sehingga menjadi penyebab terjadinya terjadinya gangguan kesehatan. kecelakaan kerja. MR menceritakan kepada auditor bahwa terdapat 3 orang petugas laboratorium yang menangani material B3 belum terpenuhi kompetensinya terutama terkait dengan pelatihan yang mereka butuhkan. Jawaban : 5. penelitian belum pernah dilakukan pada insiden sebelumnya.

.

.

.

.

* .