You are on page 1of 13

Hasil Cetak Printer Bergaris Kalau hasil cetak bergaris itu artinya ada masalah sama cartridge atau

Printhead printer nya, kalau yang model individual ink seperti ini biasanya printhead terpisah dan ada di dalam printer. Meskipun sudah di cleaning berkali2, Tapi hasil cetak masih bergaris, itu bias jadi ada bagian yang mampet di printhead dan gak bisa di cleaning lagi, ini akibat dari beberapa faktor: 1. Printer Tidak di nyalakan terus (ON/OFF) sehingga terjadi sisa tinta yang menempel dan mengeras di printhead yang menyebabkan macet 2. Printer Jarang di pakai mencetak 3.Model Infus, menggunakan jenis tinta isi ulang yang tidak sesuai sehingga lebih cepat mengalami korosi dan membuat printhead mampet. Kalau mau bongkar sendiri pastinya akan repot, lebih baik cek ke Epson dan minta bantuan mereka untuk bongkar dan membersihkan printheadnya.
Penyebab yang sering terjadi adalah: • Terdapat gelembung udara dalam cartridge, hal ini mungkin disebabkan karena proses refill ulang cartridge. • Print head tersumbat, disebabkan oleh tinta yang sudah kering. hal ini mungkin disebabkan oleh karena printer jarang digunakan untuk mencetak. • Print head rusak/tergores/berubah posisi akibat proses mekanik yang telah usang, sehingga mengakibatkan kerusakan fisik. • Kesalahan posisi dalam pemasangan cartridge. • Tinta warna tertentu atau semuanya telah habis. • Setting printer di menu print di komputer pada saat mencetak salah. Solusi yang bisa dilakukan: • Bersihkan dengan cara melakukan head cleaning 2-4 kali. Hal ini untuk mengeluarkan gelembung udara yang terdapat di dalam cartridge atau baca manual printer sesuai dengan jenis printer Anda. • Pasang kembali yakinkan secara benar catride Anda, kemudian matikan dan hidupkan kembali untuk meyakinakan bahwa setatus cartridge telah berubah. • Ganti cartridge yang telah rusak. • Pastikan jangan sampai membuka seal film bagian bawah cartidge. • Periksa kembali dan pastikan pada saat Anda mencetak tidak dalam setting kualitas cetak draft atau super ekonomi. • Ganti print head jika ditemukan ada indikasi rusak.

Read more: http://www.grafitama.com/solusi-masalah-printer/#ixzz2K6fcQmmS

brarti tinta belum sampai ke head saat melakukan initial charge. semoga dapat mengatasi permasalahan anda. Tinta yang membeku pada lubang catridge bukan hanya bisa menyebabkan pencetakan menjadi putus-putus tapi juga bisa menyebabkan printer tidak bisa mengeluarkan tinta sama sekali. Cara mengatasinya adalah melakukan cleaning secara berulang-ulang sampai nozzle ceck bagus. Lakukanlah cleaning berulangulang. 4. Cara mengatasi printer yang mencetak terputus-putus Hasil cetakan yang terputus-putus dapat diakibatkan oleh tinta yang hampir habis. Atau bisa saja kabel terkelupas sehinggakoneksi tidak sempurna. Okey langsung saja cara mengatasinya : 1.AUD di C:\ProgramData\Epson\Printer 2. jika nozzle ceck masih jelek. maka anda telah berhasil. lakukanlah cleaning lagi. Penyebab yang kedua. Tapi jika lock tidak dalam keadaan terkunci. lakukanlah cleaning. masuklah ke printing preference (agar komputer membuat file EPAUDF01. Jika iya cobalah cara berikut.hapuslah file EPAUDF01. lakukanlah beberapa kali. Cobalah anda cek kedua kemungkinan tersebut. jika anda tidak menemukan adanya garis-garis yang terputus. ID terdiri dari 13 digit yang bisa anda temukan di botol isi ulang (asli tinta isi ulang dari Epson). Yang pertama adalah bisa saja anda belum mendaftarkan ID tintanya. Memperbaiki Catridge Yang Tidak Bisa Bergerak Catridge tidak bisa bergerak biasanya disebabkan oleh kurang pas waktu pemasangan kabel fleksibel pada head catridge. caranya Klik file – print – properties – Maintenance – cleaning. jalankan registrasi ID tintanya. sudahkah Anda melakukan initial charge (nyedot tinta pertama kali ke head) yg lamanya kira-kira 20menit ? tapi anda juga harus mengecek apakah lock dalam keadaan terkunci ? jika iya.AUD yang baru). restar komputer 3. Cek hasil cleaning dengan cara klik nozzle ceck. 1 . atau bisa saja disebabkan lubang catride tersumbat oleh tinta yang membeku. Jika masih terputus- . bisa dipastikan tinta tidak sampai ke head. Cara mendaftarkannya adalah masukkan CD instalasi Epson.Cara Mempercepat Printer Epson Ngeprint di Vista atau Windows 7 Bagi anda yang mengalami masalah menggunakan printer Epson di system operasi Vista atau seven ngeprint terasa lambat. selesai Mengatasi Printer Epson Yang Tidak Bisa Mencetak Printer Epson tidak bisa mencetak biasanya disebabkan oleh beberapa hal.

selesai. Kalau kerusakan sudah menyerang di sistem mekaniknya. Kalau kita jarang pake printer itu. jika masih tidak bisa. lalu pasang lagi. lalu keringkanlah catridge menggunakan tisu. biarkan tinta keluar. Mending beli printer baru saja. Tidak bagus dalam jangka panjang karena dapat menyebabkan kerusakan di mekaniknya 2. cobalah cara berikut. dan hasil print outnya juga tidak akan sempurna (tintanya tidak mau keluar) 3. 2. bersihkanlah head power dengan menggunakan minyak. Berikut kekurangan dan kelebihan modifikasi printer. Tidak perlu harus sedikit2 ngisi tinta. Mengatasi Printer Epson T11 yang Berisik/Lemot Biasanya printer lemot dan berisik terjadi karena printer telah dimodifikasi ( diatur settingannya ). Berikut ini adalah salah satu tips dalam memperbaiki catridge. jadi untuk mengatasinya harus menggunakan cara yang tepat. Nah kemungkinan printer anda itu ada error di sistem mekaniknya! Memperbaiki Printer Epson C90 yang Hasil Printnya Bengkok-Bengkok Hal ini biasanya terjadi karena head power pada printer kotor. 2. ambil catridge lalu rendamlah bagian bawah catridge dengan menggunakan air panas. sehingga tinta yang disedot tidak mau keluar. akan sulit untuk diperbaiki. Hal ini bertujuan untuk mencairkan tinta yang membeku. yaitu plastik warna putih panjang. karena printer modifikasi kalo jarang pake malah membuat selang tintannya tidak vacum lagi. jadi yang keluar hanya angin saja. Setelah itu isi ulang catridge. karena dia mempunyai tabung yang sudah ada banyak persediaan tinta yang cukup banyak dibanding harus pake catridge original. Kelebihannya: 1. malah akan mempercepat proses kerusakannya. deep cleaning dan cleaning berfungsi untuk memompa keluar tinta yang ada pada permukaan catridge. 3. momodifikasi printer memang memiliki kekurangan maupun kelebihan. Setelah beberapa saat. cobalah dengan melakukan deep cleaning. kita jadi bisa ngeprint atau mencetak dalam jumlah yang cukup banyak.putus. Kekurangannnya: 1.dan harganya pastilah mahal jika harus mengganti. Memperbaiki Cartridge pada Printer Canon Kerusakan catridge tidak semuanya sama. Langkah Pertama (Hardware): . Head power terletak di belakang catridge.

Langkah Kedua (Software): 1. Rendam selama -/+ 15 menit. Silakan isi Cartridge dengan tinta printer khusus tipe printer canon anda (jika tinta kosong). alangkah baiknya cartridge printer direndam diair hangat (untuk memperlancar tinta yang beku). lalu muncul kotak dialog silakan anda pilih yes. ada pewarna berupa bubuk seharga Rp5000 saja untuk dicampur 1Litet air. 4. Kalau tidak dipakai walaupun sebentar 1/2 jam. Silakan anda download software Resetter (iPTool 1. 5. 5. kemudian muncul kotak dialog pilih saja yes. pada submenu Ink Counter silakan klik “Reset Black”. kertas pun tidak mulus seperti kaca. Jangan pernah kehabisan tinta. 4. pilih saja yes. roll tidak dapat menarik kertas karena ada dust paper di karetnya (ingat. liat kemasan botolnya. tinggal di lem alteco bisa seperti baru lagi). Lihat menu dibawahnya yaitu Waste Ink Counter. ngeri kan? (ada cara jitu untuk memastikan tinta bagus. gampang kok. . Jalankan program iPTool. klik Exit. dan akan menyebabkan tidak terdeteksinya Cartridge) 4. Bila Printer sudah lama tidak dipakai. lap pake lap basah and semua beres.1.exe 3. 6. Lihat menu Reset Counters. Tips Agar Printer Awet 1. lakukan hal yang sama pada “Reset Color”. kemudian ingin diperbaiki lagi. jangan mudah tertipu dengan yang murah. jangan lupa driver sudah di install terlebih dahulu. Selesai.1. lalu muncul kotak dialog. Lihat menu EEPROM Operations lalu klik “Reset”. Jangan gonta-ganti tinta. kemudian tiriskan sampai kering (bisa di lap perlahan dengan kain halus). silakan klik “Reset Main”. power yg terdapat pada printer mengeluarkan daya panas yang suatu saat bisa menurunkan kinerja chip. kalau kemasannya sangat elegan biasanya tintanya terjamin dan terhindar dari pemalsuan karena susah ditiru. Masalah roll.4) 2. ada aja serpihan partikel dari kertas yang tidak sempurna) 3. Air hangat harus merendam bagian bawah dan bagian samping cartridge. sebaiknya dimatikan (ingat. Lakukan hal yang sama pada “Reset Platen”. beda dengan botol murahan. tinta pun masih memiliki dirt sekecil apapun) 2. sekiranya tinggal dikit yaa cepat-cepat di isi full (ingat. pasangkan kembali Cartridge ke printer Canon anda. biasanya yang murah bisa jadi tinta buat pakaian. 2. 3. silakan nyalakan printer anda. silahkan cek ke toko baju.

Untuk mengatasinya anda harus melakukan prosedur “head cleaning”. hal ini karena adanya gelembung udara pada saluran tinta menuju ke lubang penyemprotan tinta.Lepaskan kedua katrid dan selang infusnya. Tapi setelah printer didiamkan beberapa lama. Dan hal ini terjadi pada printer yang dipasang infus.Hidupkan printer dan coba untuk mencetak sampai 10 lembar. Dengan menggunakan satu catrid maka pencetakan akan lebih cepat dan tentunya jauh lebih hemat.1 milimeter. sementara infus jangan dipasang dulu. Sebaiknya jika catrid yang sudah tidak berfungsi dilepas saja. Walaupun kotoran tinta ini tipis. hasil cetak pada saat tinta baru diisi ulang akan bergaris-garis putih. tetapi printer cukup sensitive untuk bisa mendeteksi katrid yang mengakibatkan printer selalu menarik kertas. jika sudah stabil baru matikan printer dan pasang kembali infusnya.Pasang kembali katrid. Dengan lubang yang kecil tersebut dapat dengan mudah tersumbat oleh tinta yang mengering akibat catrid yang dibiarkan di udara terbuka. Cara mengatasi . . Karena dengan head cleaning akan membersihkan lubang penyemprotan tinta.Siapkan : tisu.Mengatasi Printer yang Narik Selalu Narik Kertas Pada saat dihidupkan printer menarik-narik kertas sendiri . . . Bila printer kembali dihidupkan maka kejadian itu akan terulang.Cek pada bagian konektor. dikarenakan penguapan atau daya kapiler. alkhol 70% . lampu kuning tidak berkedip. maka printer kembali normal. dengan deiameter lubang yang kurang dari 0. Diantara printer jenis injet tertentu seperti printer Epson Stylus. Mengatasi Printer Inkjet Macet Biasanya printer injet macet tidak bisa mencetak dikarenakan ada salah satu catrid yang tidak berfungsi. lampu indicator berkedip orange. Printer injet bekerja dengan menyemprotkan tinta pada kertas melalui lubang-lubang yang ada pada head print. usap memakai alkohol . Biasanya hal ini terjadi karena koneksi pada catrid kotor. Lelehan tinta dari head printer menjalar ke atas. dan gunakanlah satu catrid yang masih berfungsi. lalu catrid kotor.

3. Cartridge tinta jangan langsung dibuang. Untuk mengatasi penyumbatan berat pada catrid adalah 1. Siapkanlah air hangat dengan suhu sekitar 60-70 derajat Celcius. karenaAnda telah berhasil mengisi ulang Cartridge Tinta yang oleh kebanykan orang sudah mungkin dibuang. apabila hasil pencetakan memuaskan. angkat Cartridge tinta dan air. Sedangkan untuk cara membersihkan head print ( lubang penyemprotan tinta ) dengan tisu kering. karena masih berisikan Tinta Suntik yang dapat digunakan untuk . Pasang Cartridge pada printernya dan cobalah untuk mencetak. Setelah itu. 7. 10. Letakkan Cartridge tinta pada tatakan gelas diatas dengan lubang penyemprotan terendam dalam air. Berikan waktu sekitar 10-15 menit agartinta yang mengering dapat mencair kembali. Hal mi menyebabkan isi tinta yang berdekatan dengan lubang penyemprotan menjadi lebih encer dan memberikan hasil cetak yang agak pudar. setelah dibersihkan cobalah untuk mencetak. jika hasil cetakan bagus maka brarti anda telah berhasil mengisi ulang tinta yang semula dianggap sudah tidak bisa digunakan lagi. Jika 5-6 kali mengulangi langkah diatas tapi hasil cetak belum memuaskan maka catrid mengalami penyumbatan berat.juga menyedot tinta berulang-ulang sehingga dapat mendorong gelembung udara sampai keluar melalui head cara mengatasi tinta yang tersumbat pada lubang catrid adalah dengan menggunakan tisu yang telah dibasahi dengan air hangat lalu lap pada lubang penyemprotan tinta. Apabila hash cetak masih belum juga memuaskan setelah 5-6 kali mengulangi prosedur diatas. Tapi apabila hasilnya belum memuaskan cobalah untuk mengulangi langkah-langkah diatas. kami mengucapkan selamat kepadaAnda. Apabila hasil cetak masih tidak juga memuaskan. 6. maka berarti Cartridge tinta boleh dikatakan sudah tidak dapat digunakan lagi. Tetapi. Setelah melakukan pencetakan beberapa lembar. Dalam hal mi penyebabnya sangat sulit untuk ditentukan dan mungkin tidak banyak berarti untuk ditelusuri lebih lanjut.5 cm. Cobalah tinggalkan Cartridge tinta dalam keadaan terendam seperti diatas selama beberapa jam atau semalaman. jika ada bekas tinta brarti tinta yang tersumbat telah mencair atau lubang penyemprotan masih bisa mengeluarkan tinta. Tuangkan air hangat pada tatakan gelas atau bejana sejenis sampai kedalaman air kurang lebih 0. 9. lalu bersihkan lubang penyemrpotan dengan kertas tissue' kering. Pencetakan mula-mula mungkin menunjukkan hasil yang agak kabur dikarenakan pada saat lubang penyemprotan direndam didalam air. 4. 5. 2. ada sedikit air yang menyerap kedalam Cartridge melalui proses Osmose atau kapiler. 8.

2466. Lepas tombol Stop/Reset lalu pencet 2x (tunggu sampai lcd menunjukkan angka 0) 5. printer HP Deskjet blink itu disebabkan oleh catridge yang rusak bukan karena minta direset. 2466 anda masih blink lagi berarti catridge hitam anda rusak. Berarti hanya catridge hitam yang terpasang di printer HP deskjet. 3535. 3535. 3920.Selesai printer anda kembali normal. Lalu ambil catridge warna dan pasang kembali catridge hitam. kalau printer HP Deskjet D2566. Kemudian hidupkan printer HP Deskjet anda. Jadi kesimpulannya. Gunakan resetter silahkan download resetter mp198 (extrac dan jalankan) 7. maka anda perlu untuk menggantinya. 3420. 2466. Tekan dan tahan tombol Stop/Reset 3. Lalu amati lampu indikator power atau tintanya. Tancapkan kabel power ke printer 2. . 3420. Tapi jika lampu indikator power atau tinta nyala penuh. berarti catridge hitam printer HP Deskjet anda masih bagus. Lalu hidupkan printer HP Deskjet anda. Klik PLATEN ( printer akan mencetak 1 halaman) 9. berarti catridge warna printer HP Deskjet anda masih bagus. 3920 Cara mengatasi blink HP Deskjet D2566. 3535. Kalau masih saja rusak atau blink. Ambil catridge hitamnya dan biarkan hanya catridge warna yang terpasang. 2466 anda masih blink berarti cartridge warnanya rusak. kalau Printer HP Deskjet D2566. Mengatasi Blink Pada Printer HP Deskjet D2566. 3920. Cara mengatasi Error e27 pada canon mp198 Kali ini saya akan menulis tentang error e27 pada canon mp198. Siapkan 2 kertas pada paper tray 6. Kemudian amati lampu indikator power atau tintanya. Klik MAIN ( printer akan mencetak 1 halaman ) 8. 3420. Sedotlah tinta dan Cartridge kedalam suntikan dan simpanlah. oke langsung saja cara untuk mengatasi error e27 pada canon mp198 : 1. 3535. Tekan dan tahan tombol power 4. anda dapat mencoba membersihkan dulu pin di catridge dengan penghapus pensil.mengisi ulang dikemudian hari pada saat dibutuhkan. 3420. Tapi jika lampu indikator power atau tinta nyala penuh. Jika catridge printer HP deskjet anda rusak. Matikan printer dengan memencet tombol power 10. 3920 :           Hp deskjet bisa berfungsi dengan hanya 1 catridge Jika yang anda curigai rusak catridge warnanya.

Read more: http://www. . Sesuai pengamatan penulis. Mereset printer ada dua metode: secara manual dan menggunakan software. Tujuan mereset printer adalah menghapus informasi tentang kondisi yang ada di printer. Jika muncul masalah seperti diatas.com/solusi-masalah-printer/#ixzz2K6fnAvcy Printer tidak mengenali cartridge yang baru dipasang. Solusi yang bisa dilakukan adalah: • Bersihkan dengan cara melakukan head cleaning 2-4 kali. matikan printer dan hidupkan kembali untuk meyakinakan bahwa setatus cartridge telah berubah. termasuk "waste ink tank full".grafitama. Solusi yang bisa dilakukan adalah: • Pastikan cartridge terpasang secara benar. • Label pelindung cartridge tidak dilepas. dan penyebabnya karena penampung buangan tinta "berbentuk busa" telah penuh "waste ink tank full".Hasil cetakan tak keluar sama sekali Penyebab yang sering terjadi adalah: • Terdapat gelembung udara di dalam cartridge. Tipe kerusakan tersebut kebanyakan sama. Hal ini untuk mengeluarkan gelembung udara yang terdapat di dalam cartridge atau baca manual printer sesuai dengan jenis printer Anda. • Jalur rangkaian penghubung yang terdapat pada cartridge sebagian atau keseluruhan rusak. Read more: http://www. Penyebab yang sering terjadi adalah: • Kondisi cartridge tidak terpasang dengan benar • Chip yang terdapat pada cartridge terkena keringat atau materi lain atau chip tersebut dalam kondisi kotor atau basah. • Pastikan jangan sampai membuka seal film bagian bawah cartridge. • Periksa jalur rangkaian penghubung pada cartridge dan pastikan tidak ada yang rusak. • Kocok cartridge printer Anda beberapa kali (3-4) sebelum memasang pada rumah cartridge.com/solusi-masalah-printer/#ixzz2K6fzNv8X Mengatasi masalah jika printer Canon Anda muncul pesan “Waste ink tank full” Kebiasaan yang sering terjajdi pada printer merek Canon adalah mati total. lampu printer berkedip dengan warna hijau-oranye bergantian.grafitama. tidak dapat melakukan proses cetak dan mengeluarkan pesan "Waste ink tank full". • Lepas label pelindung cartridge agar udara bisa mengalir untuk mencetak secara normal. langkah yang dapat dilakukan adalah mereset printer. • Gunakan bahan kain yang bersih dan kering untuk membersihkan chip bila ada indikasi chip pada cartridge kotor. • Printer sudah terlalu tua atau sudah dalam kondisi rusak atau tertutup bagian print head-nya. tipe-tipe printer merek canon penampung buangan tinta hanya terdiri dari busa yang daya tampung serapnya kurang optimal sehingga sisa tinta yang terbuang cepat memenuhi busa di bak penyimpanan.

Reset Printer Canon Pixma IP1000. kalau tidak mau mati tekan tombol power lagi. . Langkah 2 : Reset menggunakan software resetter      Download dulu software resetter untuk Canon Printers iP1300 dan IP1700 Ekstrak file resetter yang baru di download. Langkah 2 : Menggunakan Software resetter     Download dulu software resetter untuk Canon Pixma IP1000. Langkah 1 : Reset manual         Matikan printer Canon Pixma iP1700 atau Canon Pixma iP1300 Tekan dan tahan tombol resume dan tekan tombol power. IP1500. IP1500 Jalankan software resetternya. Lampu hijau akan menyala dan berhenti berkedip. Sambungkan kembali kebel usb printer ke komputer. Buka tutup depan printer. dan pilih Usb port sesuaikan dengan port printernya. Tekan tombol resume 2 kali lalu lepaskan semua tombol. Unplug power and USB. tombol resume dilepaskan. Masukkan kembali kabel powernya ke listrik. tekan dan tahan tombol power. Ketika led hijau menyala terus (tidak blinking) tekan tombol resume sebanyak 4 kali. Untuk memastikan printer sudah normal.exe Pada USB Port pilih Port printer anda terdeteksi. Pilih SET DESTINATION 1 dan printer sudah di reset. Tutup kembali penutup depan printer lalu lepaskan tombol power.Berikut beberapa cara mereset printer Canon A. gunakan untuk ngeprint. Kalau masih blinking bisa diulangi lagi. Reset Printer Canon iP 1700 and iP1300 Pada Printer Canon iP 1700 and iP1300 resetnya ada dua metode yaitu reset manual dan reset menggunakan software. sebelum reset menggunakan software reset dahulu sacara manual Langkah 1: Reset manual      Lepaskan kabel power dan kabel USB. B. Kalu sudah selesai printer canon iP1700 atau iP1300 biasanya sudah normal kembali. Tekan tombol power untuk mematikan printer. Pastikan attribut semua file bebas dari Read Only (pada beberapa kali percobaan kadang software tidak jalan dengan bagus kalau masih ada read only) Jalankan GeneralTool. Tetap tahan tombol power. IP1500 Untuk canon pixma IP1000.

Dibulan Ramadhan ini kang Eko akan berusaha menulis tentang printer Epson T11. iP2200) Extrak file yang sdah di download. pilih MAIN atau PLATEN untuk mereset ink counter pada printer. Lalu Klik tombol Test Pattern 1 Selesai Printer IP1300 dan IP1700 anda sudah normal kembali. Reset Canon Pixma iP1200. iP1600.DOWNLOAD Service Tool Software for Canon Pixma Printer iP1200. Sediakan kertas kosong untuk print.. Kerusakannya kali ini adalah kalau ngeprint hasilnya bukan tulisan tapi malah blok warna warni. C. iP1600.. MAIN digunakan untuk mereset main waste ink counter sedang PLATEN untuk platen waste ink counter. iP2200       Download software for Canon iP1200. Read more: http://www..exe Select the connected USB port number from USB PORT Klik LOCK RELEASE dan pilih model printer di SET DESTINATION Pada CLEAR WASTE INK COUNTER. Run GeneralTool. iP1600.? Indikasi kerusakan : Printer epson T11 ini kalau dibuat ngeprint hasilnya bukan tulisan tapi ada beberapa baris yg berubah menjadi blok warna warni dan tulisannya hilang .grafitama. mau tahu cara servisenya . . 2200 (Printers..    Klik tombol Lock Release Pilih (centang) EEPROM CLEAR.com/waste-ink-tank-full/#ixzz2K6iD9IJ0 Cara Service Printer Epson T11 Hasil Print Ngeblok Selamat sore kepada para pembaca blog ini...

Lepas Sekrupnya . berikut urutan gambarnya : 1. 1 kait dikanan kiri dan 3 kait dibelakang printer.Cara Service Printer Epson T11 Hasil Print Ngeblok : Bongkar Printer Epson T11 anda dengan membuka 2 sekrup dibelakang. Lepas pengunci sabuk karet head 3.. Jadi kalau ada kerusakan seperti diatas ganti aja kabel data headnya . 3 kait didepan. Lepas sabuk karet headnya 2. Ambil kabel Headnya.. Kerusakan ngeblok warna warni di atas disebabkan oleh kabel data yg rusak atau putus tapi putusnya nggak kasat mata.

Lepas Sekrupnya 7.4. Ambil Motornya dengan melepas kedua sekrupnya. Lepas Sekrupnya 8. Lepas Sekrupnya 5. Kemudian ambil kabel data headnya : . 9. Lepas Sekrupnya 6. Ambil head printernya dengan menariknya ke samping kanan kita.

. OK. Cabut kabel dari head printer... kerusakan ini tidak hanya terjadi pada T11 tapi bisa terjadi pada printer epson lainnya.1... Cabut kabel head dari board printer 2. Kemudian Ganti Kabel datanya dengan yg baru atau yg masih OK... ... selamat mencoba... Oyaa ..