You are on page 1of 9

PENDIDIKAN KESEHATAN

Batasan PENDIDIKAN: Segala upaya yang direncakan untuk mempengaruhi orang lain baik individu, kelompok atau masyarakat sehingga mereka melakukan apa yang diharapkan oleh pelaku pendidikan INP!"  P%&SES  &!" P!" INP!" P%&SES &!" P!" : sasaran pendidikan #individu, kelompok, masyarakat$, pendidik : upaya yang direncakan untuk mempengaruhi orang lain : melakukan apa yang diharapkan'perilaku

PENDIDIKAN KESE(A"AN:  merupakan bagian dari keseluruhan upaya kesehatan #promoti), preventi), kurati) dan rehabilitati)$ yang menitikberatkan pada upaya untuk meningkatkan perilaku hidup sehat  Adalah upaya agar masyarakat berperilaku atau mengadopsikan perilaku kesehatan dengan cara persuasi, bu*ukan, himbauan, a*akan, memberi in)ormasi, memberi kesadaran dan sebagainya  !paya agara perilaku individu, kelompok dan masyarakat mempunyai pengaruh positi) terhadap pemeliharaan dan peningkatan kesehatan  Secara konsep: penkes merupakan upaya mempengaruhi'menga*ak orang lain #individu, keompok, masyarakat$ agar berperilaku hidup sehat Secara operasional: penkes adalah semua kegiatan untuk memberikan' meningkatkan pengetahuan, sikap dan praktek masyarakat dalam memelihara dan meingkatkan kesehatannya #+lum, ,-./$ mengatakan bah0a status kesehatan dipengaruhi oleh / )aktor, berdasarkan hirarkinya adalah sebagai berikut: , 1 2 / lingkungan #)isik, sosial, budaya$ perilaku pelayanan kesehatan herediter

Materi PENKES © 2007-e’q>1

bermain peran #role play$.Pendidikan kesehatan merupakan bentuk intervensi utama terhadap perilaku. curah pendapat. 1 2 / Pendidikan kesehatan pada aspek promoti) Pendidikan kesehatan pada aspek preventi) Pendidikan kesehatan pada aspek kurati) Pendidikan kesehatan pada aspek rehabilitati) Te'#at Pe(a"sanaan & . dsb kelompok Materi PENKES © 2007-e’q>2 . simulasi. 1 2 / 3 Pendidikan kesehatan pada keluarga Pendidikan kesehatan pada sekolah Pendidikan kesehatan pada tempat ker*a Pendidikan kesehatan pada tempat umum Pendidikan kesehatan pada instansi pelayanan kesehatan Met)$e Pen$i$i"an Kese%atan . individual a b 1 a b 2 massa a b c ceramah umum pidato media #elektronik. cetak dan out door$ bimbingan dan konseling 0a0ancara kelompok besar: kegiatan cermah dan seminar kelompok kecil: diskusi kelompok. akan tetapi 2 )aktor yang lain *uga memerlukan intervensi pendidikan kesehatan &!" P!" pendidikan kesehatan adalah perilaku kesehatan. bola sal*u. kelompok1 kecil. atau perilaku untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan yang kondusi) Ruan !in "u# Pen$i$i"an Kese%atan& .

membagi media dalam . baleho. macam sesuai dengan tingkatan intensitasnya masing5masing Kata5kata "ulisan %ekaman radio 8ilm "elevisi Pameran 8iel trip Demonstrasi Sandi0ara +enda tiruan +enda Asli Dari kerucut tersebut dapat dilihat bah0a lapisan paling ba0ah adalah benda asli dan yang palinga atas adalah kata5kata (al ini berarti dalamproses pendidikan.Me$ia 4edia pendidikan adalah alat #saluran$ yang digunakan untuk penyampaian pesan 4anusia menggunakan indra untuk berinteraksi dengan lingkungannya sehingga untuk mempengaruhi interaksi tersebut digunakanlah berbagai media Semakin banyak indra yang digunakan untuk menerima suatu pesan maka akan semakin mudah pesan itu diterima'dipahami Elgar Dale. )ilm strip. )oto. dan instrumen lainnya Atau benda asli Ana(isis Peri(a"u Kese%atan Pengkajian Materi PENKES © 2007-e’q>* . video. benda asli memiliki intensitas yang paling kuat'besar untuk mempersepsikan pesan yang disampaikan 6enis media yang sering digunakan: a media cetak booklet. boneka. umbul5umbul b c d media elektronik "7. dami. rubrik. dll media peraga alat tiruan seperti pantom. poster. pamplet. lea)tlet. dll media papan #billboard$ poster. spanduk. )lip chart #lembar balik$. radio. )lyer #selebaran$.. slide.

bides. mencakup: )asilitas kesehatan. pentingnya masalah bagi individu. tradisi. !ntuk mengetahui besar.Sebelum pendidikan kesehatan diberikan. sistem nilai. pendidikan. 1 . petugas kes Kebi*akan'peraturan'!!. )aktor pendukung #predisposing factors$. kelompok dan masyarakat yang dibantu masalah lain yang kita lihat masalah yang dilihat oleh petugas lain *umlah orang yang mempunyai masalah ini kebiasaan yang dapat menimbulkan masalah alasan yang ada bagi munculnya masalah tersebut penyebab lain dari masalah tersebut Tujuan pengkajian . 9S4 In)ormasi tersebut dapat diperoleh melalui kegiatan : .-. mencakup: pengetahuan. mencakup: sikap dan perilaku: toma. rs. 1 2 / &bservasi >a0ancara Angket'?uesioner Dokumentasi 6enis in)ormasi yang diperlukan dalam pengka*ian antara lain: . pera0at dsb 2 )aktor penguat #reinforcing factors). perilaku dipengaruhi oleh 2 )aktor: . polindes. puskesmas. parah dan bahayanya masalah yang dirasakan 4enentukan langkah tepat untuk mengatasi masalah 4engapa muncul masalah Memahami masalah Materi PENKES © 2007-e’q>+ . poliklinik. sikap.<$. lebih dulu dilakukan pengka*ian'analisis terhadap kebutuhan pendidikan dengan mendiagnosis penyebab masalah kesehatan yang ter*adi (al ini dilakukan dengan melihat )aktor1 yang mempengaruhi perilaku kes 9a0rence :reen #. 1 2 / 3 @ . posyandu. makanan bergi=i. sosial ekonomi. air bersih. mck. dsb "ermasuk *uga tempat pelayanan kesehatan seperti %S. pembuangan sampah. dsb 1 )aktor pemungkin#enambling factors$. mis: spal. toga. kepercayaan'keyakinan. dokter.

"u*uan Instruksional !mum #"I!$ "I! atau tu*uan akhir : berisi kompetensi umum yang diharapkan dapat dikuasi.1 2 Siapa yang akan memecahkan masalah dan siapa yang perlu dilibatkan 6enis bantuan yang akan diberikan Prioritas masalah Disusun berdasarkan hirarki kebutuhan maslo0: Aktualisasi diri (arga diri Kasih sayang Aman ' nyaman +iologis ' 8isiologi Peren. klien dapat : melakukan kata ker*a 1 pera atan lukan sendiri ob*ek "u*uan Instruksional Khusus #"IK$ "IK atau tu*uan pembela*aran: berisi kompetensi khusus yang akan dicapai oleh individu' keluarga'masyarakat setelah mengikuti satu materi pendidikan Kompetensi tersebut merupakan *abaran dari "I! +erbeda dengan "I!. didemonstrasikan. atau ditampilkan oleh individu'keluarga'masyarakat setelah selesai penyampaian satu pokok bahasan %umusan penulisan "I! : kata ker*a A ob*ek #kompetensi$ Bontoh: setelah mengikuti materi ini.anaan Pen a-aran Langakah-langkah Membuat SAP dan Perencanaan Pengajaran .BPP& 4erupakan rumusan tu*uan dan pokok5pokok isi pendidikan Di dalamnya tertulis komponen5komponen sebagai berikut: . kompetensi pada "IK dimulai dengan *en*ang yang lebih rendah dan lingkup yang lebih sempit Materi PENKES © 2007-e’q>/ .

hanya mengandung satu unsur SAP 3Satuan A. *urnal.<C S kk o k tp 2 "opik atau Pokok +ahasan topik atau pokok bahasan merupakan *udul yang mencerminkan isi materi pendidilkan yang konsisten dengan setiap "IK !ntuk menemukan pokok bahasan ini anda harus membaca unsur ob*ek dalam "IK ob*ek Bontoh: K&NSEP 9!KA / Sub Pokok +ahasan Sub pokok bahasan atau sub topik adalah sub *udul yang mencerminkan rincian materi pendidikan yang konsisten dengan pokok bahasan Bontoh: .ara Pen a-aran4 Kerangka SAP Materi PENKES © 2007-e’q>5 . dst 3 Estimasi 0aktu yang dibutuhkan dalam menga*arkan materi setiap sub pokok bahasan Estimasi 0aktu merupakan perkiraan 0aktu #dalam satuan menit$ yang dibutuhkan pendidik untuk menyampaikan'menga*arkan materi pendidikan untuk setiap sub pokok bahasan Estimasi 0aktu ini penting dilakukan untuk memperkirakan berapa lama 0aktu yang dibutuhkan dalam penyampaian seluruh materi @ Sumber Kepustakaan 4erupakan buku5buku atau sumber materi lain #ma*alah. internet. dll$ yang di*adikan re)erensi dalam setiap pokok bahasan atau sub pokok bahasan 0nsur )1-e" $a(a' TIK 'enun-u""an #)")" 1a%asan2 "IK yang baik.%umusan dalam "IK mengandung / unsur: Sasaran A kata ker*a dan ob*ek A kondisi A tingkat penguasaan Bontoh: Klien S A dapat men*elaskan konsep luka A minimal A . penegertian luka 1 penyebab luka. koran.

men*elaskan maksud program dan tu*uannya Penya*ian: penyampaian pesan sesuai metoda dan media yang digunakan Penutup: mengu*i keberhasilan penyampaian pesan dan tindak lan*ut - menentukan evaluasi Evaluasi merupakan proses penilaian terhadap keberhasilan program pendidikan dengan melihat perubahan yang ter*adi pada aspek pengetahuan. 4asyarakat 3 menentukan isi merupakan materi pendidikan yang akan disampaikan. sikap dan keterampilan sesuai dengan rancangan "IK'"I! yang telah disusun sebelumnya Alat ukur yang digunakan untuk mengevaluasi kebersahilan tersebut dapat berupa : kuesioner.. sikap. 9embar observasi #da)tar cheklis$. dokumentasi Materi PENKES © 2007-e’q>7 . aspek yang ingin dicapai. Keluarga'Kelompok. 0a0ancara. keterampilan$ yang ingin dicapai Sesuaikan *uga dengan sumber daya yang tersedia . sesuai dengan "IK @ menetukan metoda metoda pembela*aran harus disesuaikan dengan sasaran dan aspek #pengetahuan. menentukan media media yang digunakan harus sesuai dengan sasaran. metoda yang dipakai dan sumber daya yang ada . menentukan prioritas masalah prioritas masalah ditentukan berdasarkan hirarki kebutuhan maslo0 1 mengidenti)ikasikan area'pesan pokok sesuaikan dengan pokok bahasan dan sub pokok bahasan 2 menentukan tu*uan tu*uan disusun berdasarkan "I!'"IK / menentukan sasaran Sasaran berupa Individu. menentukan rencana kegiatan terdiri dari a b c pendahuluan: mempersiapkan segala alat dan bahan yang diperlukan untuk pelaksanaan pendidikan. tingkat pendidikan.

DDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDD 1 DDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDD 2 DDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDD / dst 4asalah . dstD I 6 4etoda pendidikan 4edia yang digunakan : DDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDD : DDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDD : Kegiatan Penga*ar Kegiatan Sasaran >aktu K %encana kegiatan "ahap Kegiatan Pendahuluan Penya*ian Penutup E Evaluasi : DDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDD 8 lampiran materi selengkapnya Materi PENKES © 2007-e’q>: .67NT7H 87RMAT SAT0AN A6ARA PEN. A Area ' pesan pokok + "u*uan Pendidikan "I! "IK B Sasaran D (ari'tanggal E "empat 8 Pelaksana : >aktu #durasi$ ( Isi ' 4ateri : DDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDD : DDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDD : DDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDD : DDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDD : DDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDD : DDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDD : DDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDD : DDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDD : DDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDD DDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDD DDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDD DDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDD DDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDDD.A9ARAN 3SAP4 PENDIDIKAN KESEHATAN 4ASA9A( KESE(A"AN SES!AI P%I&%I"AS .

: ruang cempaka. 1 Pokok +ahasan Sub Pokok +ahasan a b c d e 2 >aktu : 2< menit Sasaran (ari ' tanggal "empat Pelaksana : Pera0atan Ibu Post Partum : Pera0atan Payudara Selama (amil : Ibu bersalin #individu$ : 1. 4edia: a b :ambar Alat Peraga #panthom payudara$ 4emberi salam 4enyampaikan in)ormasi tentang pendidikan kesehatan 4enyampaikan strategi pembela*aran 4enyampaikan materi 4elakukan Demonstrasi 4emberikan kesempatan kepada klien untuk bertanya 4emberikan kesempatan kepada kllien untuk melakukan demonstrasi Evaluasi pertanyaan tentang materi #apa. Kegiatan +ela*ar : a b c d e ) g h - Evaluasi: a b .ATAN PA<0DARA SE!AMA MEN<0S0I . %S+ 9hokseuma0e : Pera0at dinas pagi #nama:DDDD DD $ "u*uan Instruksional !mum: Setelah Penkes ini diharapkan klien mengetahui dan mampu melakukan pera0atan payudara sendiri dengan baik / "u*uan instruksional Khusus: Setelah mendapatkan penkes ini.6anuari 1<<.Bontoh SAP: TEKNIK PERA. untuk apa dan bagaiman mera0at payudara$ observasi untuk melihat apakah dilakukan pera0atan payudara secara rutin Materi PENKES © 2007-e’q>= . klien diharapkan: a mengerti maksud pera0atan payudara pascapersalinan b mengerti tentang tu*uan pera0atan payudara pascapersalinan c memahami cara pera0atan payudara pascapersalinan dengan benar d 4au melakukan pera0atan payudara pascapersalinan secara rutin 3 4ateri: a b c Pengertian Pera0atan Payudara Pascapersalinan "u*uan Pera0atan Payudara Pascapersalinan "eknik Pera0atan Payudara Pascapersalinan Beramah "anya5*a0ab Demonstrasi @ 4etoda: a b c .