You are on page 1of 15

SUPERVISI PENDIDIKAN

SADRIATI, M. Pd

PENGERTIANA.PENGERTIAN Daresh (1989) Daresh (1989) Supervisi seseorang untuk mencapai tujuan organisasiDaresh (1989) Supervisi sebagai suatu proses mengawasi kemampuan seseorang untuk sebagai suatu proses mengawasi kemampuan mencapai tujuan organisasiDaresh (1989) Supervisi sebagai suatu proses mengawasi kemampuan seseorang untuk mencapai tujuan organisasi .A.

PENGERTIAN 2PENGERTIAN 2 belajar-mengajar(1955) Supervisi sebagai bantuan dalam pengembangan siWiles tuasi belajar-mengajar(1955) Supervisi sebagai bantuan dalam pengembangan siWiles tuasi .

Tugas merencanakan. Tugas administrasi. Lucio dan McNeil (1978) Tugas Supervisi meliputi: 1.yaitu untuk menetapkan kebijaksanaan dan program 2. Tugas merencanakan. dan memilih isi pengalaman belajar.yaitu untuk menetapkan . membuat penuntun mengajar bagi guru.PENGERTIAN 3PENGERTIAN 3 Lucio dan McNeil (1978) Tugas Supervisi meliputi: 1. yaitu dalam kegiatan merumuskan tujuan. yaitu pengambilan keputusan serta pengkoordinasian melaui konferensi dan konsultasi yang dilakukan dalam usaha mencari perbaikan kualitas pengajaran Partisipasi secara langsung dalam pengembangan kurikulum.

PENGERTIAN 4PENGERTIAN 4 Sergiovani (1979) Tugas utama supervisi adalah perbaikan situasi pengajaran .

Soetjipto dan Drs.Soetjipto dilakukan oleh supervisor untuk Supervisi yaitu memberikan semua usaha yang dilakukan oleh supervisor bantuan kepada guru dalam memperbaiki pengajaranPENGERTIAN 5 memperbaiki untuk memberikan bantuan kepada guru dalam pengajaranPENGERTIAN 5 PENGERTIAN 5 . M.PENGERTIAN 5 Prof. M. Raflis Kosasi. yang Raflis Kosasi.Sc Prof.Sc Supervisi yaitu semua dan usahaDrs.

. dan memberikan keyakinan kepada FUNGSI DAN PERAN SUPERVISI guru. mendorong. Membantu. mendorong. dan memberikan keyakinan kepada guru.bahwa proses belajar – mengajar dapat dan harus diperbaiki.bahwa proses belajar – mengajar dapat dan harus diperbaiki.FUNGSI DAN PERAN SUPERVISI Membantu.

TUJUAN SUPERVISI Untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi proses belajar mengajar .

SUPERVISI TRAKTIF. SUPERVISI DINAMIK. supervisi yang diarahkan untuk mengubah secara lebih intensif praktek-praktek pengajaran tertentu.artinya supervisi yang hanya berusaha melakukan perubahan kecil karna menjaga kontinuitas. SUPERVISI DINAMIK. SUPERVISI TRAKTIF. . supervisi yang diarahkan untuk mengubah secara lebih intensif praktek-praktek pengajaran tertentu.artinya supervisi yang hanya berusaha melakukan perubahan kecil karna menjaga kontinuitas.JENIS SUPERVISI 1. JENIS SUPERVISI 2. 3.

PELAKSANAAN . Perancangan dan implementasi dalam TUGAS DAN WEWENAG SUPERVESOR peningkatan pengalaman belajar dan belajar mengajar. PELAKSANAAN pengalaman belajar dan unjuk kerja guru dalam SUPERVISI. guru Pemenuhan fasilitas rancangan proses belajar mengajar. 5. Pengembangan Kurikulum 4. Pelaksanaan orientasi tentang suatu tugas atau cara baru dalam proses belajar-mengajar B. unjuk kerja guru dalam melaksanakan Perancangan dan perolehan bahan pengajaran sesuai pengajaran dengan rancangan kurikulum 6. Pengembangan Kurikulum Harris (1975) 2. Pelaksanaan orientasi tentang suatu tugas atau cara baru dalam proses Perancangan dan implementasi dalam peningkatan belajar-mengajar B. 4. Harris (1975) TUGAS DAN WEWENAG SUPERVESOR Membantu guru dalam hal: 1. fasilitas sesuai dengan rancangan proses 5. TUGAS DAN WEWENAG melaksanakan pengajaran SUPERVESOR 1. 2. PemenuhanB. 3. Pengorganisasian pengajaran Membantu dalam hal: sesuai dengan 3. PELAKSANAAN SUPERVISI. Perancangan dan perolehan bahan pengajaran sesuai dengan rancangan Pengorganisasian pengajaran kurikulum PELAKSANAAN SUPERVISI.B. 6.

Pelaksanaan evaluasi pengajaran. dan penetapanprosedur untuk pengumpulan data.Pengkoordinasian antara kegiatan belajar-mengajar dengan kegiatan layanan lain yang diberikan sekolah /lembaga pendidikan kepada siswa 8. terutama dalam perencanaan. pengorganisasian.Pengkoordinasian antara kegiatan belajar-mengajar dengan kegiatan layanan lain yang diberikan sekolah /lembaga . dan interpretasi hasil pengumpulan data. serta pembuatan keputusan untuk perbaikan proses pengaj7. pembuatan instrumen.sambungan 7. Pengembangan hubungan dengan masyarakat dengan mengusahakan lalu lintas informasi yang bebas tentang hal yang berhubungan dengan kegiatan pengajaran 9.

Menyediakan fasilitas Balikan -Mengorganisasikan pengajaran .TUGAS DAN WEWENAG SUPERVESOR DALAM GAMBAR TUGAS PENDAHULUANTUGAS DAN WEWENAG SUPERVESOR -Mengembangkan kurikulum DALAM GAMBAR .Melakukan evaluasi pengajaran .Memberikan orientasi kepada guru TUGAS OPERASIONAL -Mengusahakan bahan -Menghubungkan layanan khusus murid dan layanan lain -Mengembangkan hubungan masyarakat -Mengatur pendidikan dalam jabatan TUGAS PERKEMBANGAN .

M. Pd .REFLEKSI MATA KULIAH PROFESI KEGURUAN Pertemuan Pertama Pertemuan Dua Pertemuan Tiga Pertemuan Empat Pertemuan Lima Pertemuan Enam Pertemuan Tujuh Pertemuan Delapan Pertemuan Sembilan Pertemuan Sepuluh Pertemuan Sebelas Pertemuan Dua Belas Pertemuan Tiga Belas Pertemuan Empat Belas Tgl Tgl Tgl Tgl Tgl Tgl Tgl Tgl Tgl Tgl Tgl Tgl Tgl Tgl 16 September 2013 23 September 2013 30 September 2013 7 Oktoberber 2013 21 Oktoberber 2013 28 Oktoberber 2013 4 November 2013 15 November 2013 22 November 2013 27 November 2013 6 Desember 2013 13 Desember 2013 20 Desember 2013 23 Desember 2013 SADRIATI.