You are on page 1of 10

Kecelakaan Industri PT Lapindo Brantas.

M. Rijal Umam Wahyudi Winarta

Pendahuluan Kecelakaan ini adalah kecelakaan pabrik kimia pada sektor industri pengeboran migas Kecelakaan ini mengakibatkan ribuan rumah terendam lumpur dan menjadi bencana nasional. .

pabrik. dan kantor pemerintahan yang juga ikut tergenang. #alam area yang tergenangi ini tidak hanya terdapat rumah penduduk saja.Dampak Kejadian Bencana lumpur lapindo telah memberi banyak dampak pada masyarakat sekitar dan aktivitas perekonomian di Jawa Timur. namun ada sarana pendidikan. hal ini berarti lebih dari !" hektar telah tergenangi. Bencana lumpur lapindo yang tadinya hanya menggenangi 4 desa sekarang telah meluas menjadi 16 desa. Bencana lumpur lapindo juga telah mencemari lingkungi sekitar dari wilayah yang digenangi. Banyak ternak milik warga yang ikut mati dalam bencana ini. seperti areal persawahan dan ladang milik warga. .

ormasi+ dan-kick-(masukn#a .ormasi tersebut ke dalam sumur+ sebelum pengeboran menembus .ormasi Kujung.ormasi Kujung (batu gamping+.luida . !umur tersebut akan dipasang-selubung bor-(casing-+ #ang ukurann#a ber. . Proses pengeboran #ang dipakai adalah proses pengeboran standar dimana pada a$al perencanaan sumur direncanakan hingga kedalaman %&'' kaki ()&*' meter+ untuk mencapai .ariasi sesuai dengan kedalaman untuk mengantisipasi potensi-circulation loss-(hilangn#a lumpur dalam .Penyebab Kejadian PT LAPINDO B ANTA!" adalah perusahaan pengeboran min#ak dan gas.

ormasi Kalibeng Ba$ah dengan <ormasi Kujung (%&'' kaki+.Penyebab Kejadian !esuai dengan perencanaan a$aln#a" Lapindo /!0DA12 memasang-casing-3' inchi pada kedalaman 4&' kaki"-casing-)' inchi pada 44*& kaki"-casing (liner)-45 inchi pada )3%& kaki dan-casing-43637% inchi pada 3&%' kaki (Lapindo Press ilis ke $arta$an" 4& 8uni )''5+. .2 memasang casing *6&7% inchi #ang rencanan#a akan dipasang tepat di kedalaman batas antara . Pada ken#ataan ketika Lapindo mengebor lapisan bumi dari kedalaman 3&%' kaki sampai ke *)*9 kaki" tern#ata LAPINDO /B:L0.

ormasi Kujung #ang sebenarn#a tidak ada.ormasi Kujung. Pihak Lapindo" sejak a$al merencanakan kegiatan pemboran ini dengan membuat-prognosis-pengeboran #ang salah. . .ormasi Kujung6n#a.ereka membuat prognosis dengan mengasumsikan =ona pemboran mereka di =ona embang dengan target pemborann#a adalah . Padahal mereka membor di =ona Kendeng #ang tidak ada . !ehingga" mereka merencanakan memasang-casing-setelah men#entuh target #aitu batu gamping .estigasi.Penyebab Kejadian !etelah dilakukan in.

.ormasi Klitik.Penyebab Kejadian !etelah kedalaman *)*9 kaki" akhirn#a mata bor men#entuh batu gamping.ormasi Klitik+ atau-circulation loss-sehingga Lapindo kehilangan7kehabisan lumpur di permukaan.ormasi Pucangan hilang (masuk ke lubang di batu gamping . Batu gamping . Akibatn#a lumpur #ang digunakan untuk mela$an lumpur .ormasi Kujung sudah tercapai" padahal mereka han#a men#entuh . Lapindo mengira target .ormasi Klitik sangat-porous-(bolong6bolong+.

dihentikan" perangkap-Blow Out Preventer (BOP)-di rig segera ditutup > segera dipompakan lumpur pemboran berdensitas berat ke dalam sumur dengan tujuan mematikan-kick. !esuai prosedur standard" operasi pemboran . .ata bor berusaha ditarik tetapi terjepit sehingga dipotong.Penyebab kejadian Akibat dari habisn#a lumpur dari permukaan" maka lumpur .ormasi Pucangan berusaha menerobos ke luar (terjadi-kick+.

luida . .Penyebab kejadian Di kedalaman tersebut" diperkirakan kondisi geologis tanah tidak stabil > kemungkinan ban#ak terdapat rekahan alami (natural fissures+ #ang bisa sampai ke permukaan.ormasi bertekanan tadi akan berusaha mencari jalan lain #ang lebih mudah #aitu mele$ati rekahan alami tadi > berhasil. Karena tidak dapat melanjutkan perjalanann#a terus ke atas melalui lubang sumur disebabkan BOP sudah ditutup" maka . Inilah mengapa surface blowout-terjadi di berbagai tempat di sekitar area sumur" bukan di sumur itu sendiri.

Ilustrasi Pengeboran .