You are on page 1of 5

KELOMPOK 3

KETUA
970 289 34

: NANO SUTRISNO (SMK SASMITA JAYA 1 PAMULANG TANGSEL) 0857

SEKRETARIS : ISNAN ADETYA WIJAYA (SMK SULTAN AGUNG SUMBER) CIREBON 0878 326
888 76
ANGGOTA

:

OMAN SURATMAN (SMK NEGERI 1 KAWALI) CIAMIS 0813 230 940 44

KARNADI (SMK SASMITA JAYA II PAMULANG TANGSEL) 0819 322 681 98

DONNI HERMAWAN (SMK AL JABBAR CILEDUG) CIREBON 0857 241 923 23

ABDUL KHABIR BAROKAH ( SMK TARUNA TERPADU 2) BOGOR 0858 813 796
62

Tugas :
Kerja kelompok/diskusi kelompok tentang hal-hal sebagai berikut :
1. Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan maka perlu adanya pengembangan kurikulum.
Jelaskan rasional pengembangan kurikulum 2013 ?
2. Kita mengenal kurikulum 1984, kurikulum 1994 dan sekarang kurikulum 2013. Jelaskan elemen
elemen perubahan kurikulum 2013
3. Jelaskan strategi implementasi kurikulum 2013!
4. Bimbingan konseling mempunyai peran dan fungsi sangat penting dalam kurikulum 2013, disinilah
peluang dan tantangan bagi profesi BK untuk menjadi eksis dalam satuan pendidikan. Jelaskan
peran dan fungsi bimbingan dan konseling dalam implementasi kurikulum 2013 !
5. Apa yang harus dilakukan oleh guru BK/konselor untuk dapat melaksanakan tugas tugas
professional dalam menjalankan pelayanan BK, khususnya pelayanan peminatan peserta didik
yang diamanatkan kurikulum 2013 ?
6. Kurikulum 2013 mengamanatkan adanya peminatan peserta didik, apa yang harus dilakukan oleh
guru BK/Konselor di satuan pendidikan dalam membantu peserta didik sukses dalam belajar,
sukses dalam perkembangan dan sukses dalam karirnya dimasa depan ?
7. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kompetensi, standar kompetensi lulusan, kompetensi inti
dan kompetensi dasar ?
8. Jelaskan mengapa peminatan peserta didik berada pada wilayah bimbingan dan konseling ?
9. Profesionalisasi merupakan suatu tuntutan bagi seseorang yang menjalankan suatu profesi.
Aturan aturan hukum apa sajakah yang mengatur itu dan bagaimana keterkaitannya dengan
pengembangan keprofesian berkelanjutan
10. Jelaskan tujuan peminatan peserta didik dalam kurikulum 2013
11. Apa yang anda ketahui tentang pembentukan kompetensi akademik konselor ?
12. Jelaskn indikator indikator kinerja guru BK/Konselor yang harus dipeuhi dalam menjalankan tugas
profesionalnya
13. Apa yang harus dilakukan oleh guru BK / Konselor dalam melakukan perubahan dirinya agar
menjadi professional dan dapat menjalankan tugas dan peran dalam implementasi kurikulum 2013
!

kerja keras dan disiplin • Menjadikan hasil penilainan sebagai referensi implementasi kurikulum 2013 • Membantu siswa memilih dan menentukan arah peminatan kelompok mata pelajaran • Membantu siswa agar dapat menentukan pilihan sesuai kemampun potensi dirinya dan berhasil dalam belajar 3. Jelaskan lima pedoman professional yang harus dilakukan oleh guru BK/konselor dalam menjalankan tugsnya ! 16. Memperhatikan kepentingan Nasional dan Daerah sejalan dengan motto Bhineka Tunggal Ika dalam Kerangka NKRI ntuk membangun kehidupan bermasyarakat. dan bernegara 2. Menyelenggarakan pelayanan BK terhadap klien d. Memahami secara mendalam peserta didik yang hendak di layani b. berbangsa.14. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pernyataan tersebut ? 20. Guru BK/Konselor dalam memberikan layanan peminatan peserta didik harus mengikuti lima pedoman professional. Mengembangkan pribadidan profesionalitas diri secara berkelanjutan 6. 4. 5. . Jelaskan hal hal apa saja yang harus ditunjukan oleh guru BK/Konselor agar citra dan mutu kinerja dapat ditegakkan dalam menjalankan tugas tugas profesionalnya ? 18. Menguasai landasan teoritik keilmuan pedidikan dan BK c. Jelaskan bahwa pengembangan keprofesionalan berkelanjutan memberikan jaminan bagi guru BK/Konseor dalam menjalankan tugas tugas profesioanlnya ! JAWAB 1. • Penyempurnaan pola pikir • Penguatan tata kelola • Penguatan materi • Dengan menggunakan penilaian berbasis proses dan hasil • Menekankan kejujuran. Jelaskan kondisi kondisi apa saja yang mendukung kemartabatan guru BK/Konselor dalam menjalankan pelayanan bimbingan dan konseling di satuan pendidikan 15. a. Jelaskan empat pilar kegiatan professional yang harus dilakukan oleh guru BK/konselor dalam mengelola kegiatan pelayanan bimbingan dan konseling 19. Pengembangan diri berkelanjutan merupakan wujud dari profesionalisasi guru BK/Konselor dalam rangka menjadikan dirinya kompeten. Jelaskan kualitas profesionalisme guru BK/Konselor yang ditunjukan oleh unjuk kerja dalam melaksanakan pelayanan bimbingan dan konseling ! 17.

memperkaya antar mata pelajaran dan jenjang pendidikan yang kemudian di kumulasikan menjadi kompetensi inti Pencapaian kemampuan yang telah ditentutkan 8. Menyiapkan diri serta memilih pendidikan lanjutan ke PT d. Harus berusaha memenuhi standar profesi konselor b. dan juga Permendiknas Nomor 27 tahun 2008 tentang SKAKK 10. Alat atau sarana e. Sesuai dengan potensi dan minat siswa 7. Tujuan b. Membantu siswa dalam memilih dan menetukan arah peminatan di SMK b. Berusaha agar pelayanan BK dapat merekrut kepercayaan public . Standar c. Menguasai khasanah teoritik dan procedural termasuk teknologi dengan bimbingan dan konseling 12. serta sebagai sarana yang membantu menyelesaikan permasalahan peserta didik. Aturan hukum kurikulum 2013 yang diperkuat dengan undang-undang RI nomor 20 Th. Memahami secara mendalam konseli yang hendak dilayani b. Mengajak peserta didik belajar melalui pengalamnya sendiri sehingga dalam pengambilan keputusan peminaatan mereka menyadari bahwa itu adalah keputusan sendiri. peluang 13. 11. a. bukan keputusan pihak lain yang dipaksakan. 9. 2003 pasal 1. • Kompetensi adalah kemampuan dasar yang dimiliki oleh peserta didik sebagai modal awal dalam meraih prestasi • Standar Kompetensi adalah pencapaian kemampuan yang harus dimiliki peserta didik • Standar Kompetensi kelulusan adalah dalam satuan pendidikan • Kompetensi inti adalah bagian dari unsur kompetensi dasar yang dikembangkan agar tercapai kemampuan peserta didik • Kompetensi dasar adalah kemampuan dasar yang saling memperkuat. Umpan balik d. Meimilih dan menentukan arah pengembangan karir c. a. a. Karena bimbingan dan konseling adalah sarana yang dapat menumbuhkembangkan minat peserta didik dalam meningkatkan potensi yang ada dalam diri peserta didik.a. Kompetensi f. Motif g.

Komeptensi Pedagogik b. a. Selalu menjalankan kode etik professional e. Penampilan layanan atas dasar kaidah kaidah intelektual d. Pengembangan diri berkelanjutan (self-development) adalah peneyemaian potensi diri sendiri secara berkelanjutan dalam rangka meningkatkan kompetensi professional terkait dengan implementasi kurikulum 2013 yang mengamanatkan pelayanan peminatan peserta didikdalam kaitannya dengan pelayanan BK 20. Keinginan menampilkan prilaku yang mendekati standar ideal b. Kompetensi Sosial d. Konselor harus memahami dan mengembangkan kompetensinya 16. Meningkatkan dan memelihara citra profesi c. . Konselor dapat bekerja dengan efektif dan memahai tanggung jawabnya e. Konselor harus selalu mempertahankan sikap professional c. a. Kompetensi Kepribadian c. Pelayanan yang ditampilkan unik c. Keinginan mengejar kesempatan pengembangan professional d. Citra dan Mutu kinerja konselor dapat ditegakkan bilamana konselor telah dapat ditegakkan bilamana konselor telah mewujudkan hal hal sbb: a.c. Kualitas profesionalisme guru BK/Konselor yaitu suatu kemampuan atau kompetensi yang dimiliki oleh seorang konselor dalam kinerjanya dengan cara memperbaiki profesi konseling. Memiliki kebanggaan terhadap profesi 15. Meningkatkan kinerja dalam pelayanan bermartabat. Tanggung jawab konselor untuk memahami peranannya sebagai konselor professional dan menterjamahkan peranannya kedalam kegiatan nyata d. 14. selalu memberikan kemungkinan perhatian dan pengembangan diri serta selal memberikan pelayanan yang baik dan memaksimalkan potensinya 17. Wawasan terhadap body of knowledge konseling 18. Memaknai pelayanan konseling sebagai pelayanan social b. kompetensi Profesional 19. Mengejar kualitas dan cita cita dalam profesi e. Konselor harus menampilkan diri sebagai konselor dengan program kerja yang jelas dan siap untuk melaksanakan b. Empat pilar kegiatan professional yang harus dilakukan BK dalam mengelola kegiatan pelayanan bimbingan dan konseling meliputi : a.

Membuat pekerjaan guru yang telah diakuai sebagai profesi yang bermartabat. Penghargaan langsung angka kredit yang diperlukan dalam pengembangan karir guru terutama dalam kenaikan pangkat/jabatan fungsional d. b. menghadapi perubahan dengan upaya penyesuaian diri dalam rangka mempertahankan eksistensinya . menarik dan pilhan yang kompetitif bagi angkatan kerja c. serta kepemilikian kepribadian yang prima untuk terampil membangkitkan minat peserta didik kepada ilmu pengetahuan dan teknologi. Mampu mencermati perubahan internal dan eksternal.a. tuntas. Guru BK/ Konselor menjadi lebih kompeten dengan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang kuat.