You are on page 1of 13

Cara Install Ubuntu 12.

10 Dual Boot Dengan Windows
Bismillah.... Baiklah kali saya memposting mengeni linux Ubuntu kebetulan banya teman-teman yang nanya, Gimanah sih install linux Ubntu dual boot dengan Windows 7. baiklah tidak usah berlama-lama mungkin sobat sudah penasaran mau pasang linux Ubuntu di laptopnya. dan bagi sobat yang belum mempunyai iso ubuntu 12.1 silahkan!ownload disini.

Baiklah masukkan "! yang berisi #ile $%& ubuntu kemudian booting setelah selesai akan mu'ul desktop ubuntu kemudian sobat klik 2x pada %our'at yang yang bernama install (ika (alan di atas benar maka akan mun'ul gambar seperi di bawah ini....

kemudain sobat memilih bahasa yang akan di gunakan, setelah memilih bahasa lalu klik )$nstall Ubuntu) maka akan tampil gambar seperi di bawah...

"entang kedua kotak, ini tu(uannya untuk menginstal semua pembaruan ketika menginstal, yaitu pembaruan seperti, *usi' +layer, ,ideo +layer dll, karena de#aultnya ubuntu gak ada musi' playernya, (adi harus update sendiri lewat ubuntu so#tware 'enter. -nda (uga harus memiliki minimal ../GB ruang kosong yang tersedia, (ika tidak maka -nda tidak dapat dilan(utkan. (ika di 'entang0untuk pembaruan1 harus tersambung dengan internet, tapi (ika gak ada koneksi, tidak di'entang (uga gak papa. tetapi -nda tidak akan bisa mendapatkan update, atau sembarang paket bahasa yang mungkin anda butuhkan. kemudian klik )'ontinue) maka akan tampil gamabar seperti di bawah ini....

. setelah mebuat %wap kemudaian membuat partisi untuk root dengan 'ara tekan kembali tombol )add) kemudia ikuti perintah pada tanda apanah yang berada di gambar bagian bawah. (ika benar. -%omething 4lse. yaitu *enghapus segala sesuatu dan menginstal ulang maksudnya disini kita akan mem#ormat seluruh hardisk dan memsang ubuntu.. dan (ika benar maka akan tampil gambar seperi di bawah ini.erase ubuntu pre'ise and reinstall. yaitu menghapus dan menginstal ulang ubuntu yang tepat maksudnya pada bagian ini akan meghilangkan &% yang sebelumnya dan menggati dengan ubuntu. maka akan tampil seperi gambar di bawah ini. kemudian sobat tinggal delete parisi hardiks yang sudah di sediakan.. kemudian pilih yang bertandah panah pertama dengan megisi (umlah swap kemdian tandah panah kedua dengan memilih swap area.%etelah itu akan tampil 2 pilhan yang dimana3 .. setelah itu sobat membuat sebuat %wap -re sekitar 2GB denga 'ara 'lik tulisan )add) yang barada pada bagian bawah. yaitu sesuatu yang lain maksudnya disini kiat akan mengatur se'ara manula partisi hardiks 6arena pada kali ini kiat aka melakukan install dual Boot dengan Windows7 maka sobat pilih di bagian paling bawah. . -4rase e5erything and reinstall.

kemudian pilih kota sobat barda dangan 'ara meglik dengan mouse pada peta gambar di atas setelah itu klik )'ontinue) klik "ontinue pada gambar di atas.setelah membuat swap dan root kemudian 'lik pada )"ontinue) maka tampil pemilihan daerah sobat yang berada di bawah ini. .

6&*4. silahkan tunggu hingga proses selesai dan setelah itu maka akan tampil gambar seperi dibawah ini proses instalasi linux Ubuntu telah selesai.. nama user.G *4.%&B-8 *-%$9 6U:-. 8$.kemudian masukkan nama sobat. kemudian 'om#irmasi pasword dengan 'ara masukkan ulang pasword yang pertama..GG4:8$ %$<-96-..$. 7$6. pasword.GG-<6-.8-: %&B-8 !$ B-W-9 $. .

sehingga banyak yang beranggapan untuk belajar Linux diperlukan sebuah P baru untuk menginstalnya.erial &(& *.Dual Boot Mode Ubuntu .&(& 0..&(&. Pada jendela berikutnya pilih opsi 4(ry Ubuntu /5... hanya memerlukan keinginan kuat dan sedikit keberanian saja. Bagi pengguna Windows hal yang ditakuti saat ingin berganti ke Linux adalah resiko kehilangan data dan file-file penting.. atur supaya boot de1i"e pertama adalah 2+232 untuk menjalankan Ubuntu Li1e 2. 'arap perhatikan ini.&(& / dan pindahkan harddisk lama pada port .Cara Menginstal Ubuntu Dan Windows 7 Dalam Satu komputer . ini adalah langkah untuk menghindari penimpaan boot se"tor harddisk yang telah berisi Windows oleh boot menu Ubuntu *grup + lilo. . .. %ami mengasumsikan anda memiliki sebuah P dengan harddisk yang telah terinstal Windows didalamnya.ilahkan jalankan komputer anda. silahkan letakkan harddisk yang baru ditambahkan sebagaiharddisk utama (primary) dan ubah harddisk yang telah berisi Windows sebagai harddisk kedua (se ondary) jika anda menggunakan harddisk &(&.. (unggulah beberapa saat hingga sistem Ubuntu selesai di muat. -ika anda menggunakan harddisk dengan koneksi .4. mengapa demikian).Untuk mengenal dan mempelajari Linux adalah suatu hal yang mudah.. Berikut ini akan kami sampaikan "ara menginstal Ubuntu Linux dan Windows # dalam satu P . $ni adalah "ara aman sehingga diharapkan instalasi Ubuntu yang akan dilakukan tidak sedikitpun mengubah harddisk yang telah berisi Windows.56 L(. letakkan harddisk baru pada port .. &nda "ukup menambahkan sebuah harddisk baru sebagai tempat menginsatl Ubuntu. !enginstal dan menjalankan Linux tidak dibutuhkan sebuah P baru.

.(unggu hingga destop Ubuntu /5. %lik 47orward4 untuk melanjutkan. -alankan $nstalasi dengan mengklik ganda ikon 4$nstall Ubuntu /5. $nstaller Ubuntu akan segera dijalankan..56 L(.. Pada opsi pilihan bahasa. .. tempat anda berada... %lik 47orward4 untuk melanjutkan.56 ditampilkan.. Pada jendela berikutnya silahkan tentukan wilayah waktu *time 8one...4.. pilih bahasa yang ingin anda gunakan.

.. berhati-hatilah saat anda memilih harddisk yang akan digunakan menginstal Ubuntu.ilahkan pilih opsi ketiga 4..&. 2alam "ontoh ini kami menambahkan 'arddisk baru berkapasitas 05 9B dan telah memiliki dua partisi masing-masing berformat :(7. . aturlah susunan keyboard yang anda gunakan atau biarkan pada setting default jika anda menggunakan keyboard standard U.pe"ify partitions manually *ad1an"ed. %lik 47orward4 untuk menuju langkah selanjutnya...Pada jendela setting keyboard.. Langkah berikutnya adalah bagian yang sangat penting... %lik 47orward4 untuk melanjutkan. $ngat. harddisk baru yang anda tambahkan berada pada posisi !"rimary! (harddisk utama). sehingga Ubuntu akan mengenalinya dengan #de$#sda sedangkan harddisk yang telah berisi sistem Windows berada .4 untuk membuat partisi se"ara manual.

..pada posisi !Se ondary!. dalam "ontoh ini kami isi dengan 0555 mb *0 gb.. ulangi langkah ini untuk +de1+sda0 sehingga anda hanya akan memiliki sebuah partisi kosong pada +de1+sda *langkah ini menga"u pada "ontoh harddisk yang kami tambahkan dimana didalamnya telah memiliki dua partisi :(7..4... sehingga dikenali sebagai #de$#sdb *lihat gambar dibawah untuk lebih jelasnya. %lik 4<%4 untuk mulai membuat partisi swap.. 2ibawah +de1+sda.. langkah ini tidak perlu anda lakukan. Pilih +de1+sda/ lalu klik tombol 42elete4.. pada jendela yang ditampilkan.. Partisi pertama yang akan kita buat adalah partisi swap. pilih 4free spa"e4 lalu klik tombol 4&dd4 untuk membuat partisi baru. %lik tombol 47orward4 untuk melanjutkan ke langkah berikutnya. (entukan kapasitas partisi swap yang anda kehendaki pada kolom 4:ew partition si8e.. jika harddisk yang anda tambahkan dalam kondisi kosong tanpa partisi.4. 'apus semua partisi yang ada pada +de1+sda.. . pilih opsi 4swap area4 pada menu dropdown 4Us as.

. %lik 47orward4 untuk melanjutlan instalasi.. $si semua informasi yang diperlukan. %ini partisi yang dibutuhkan telah siap... pada jendela yang ditampilkan.Ulangilah langkah sebelumnya.4. klik 47orward untuk melanjutkan proses berikutnya. nama lengkap anda. klik 4<%4 untuk membuat partisi 4+4... pilih free spa"e lalu tekan tombol 4&dd4.. Berikutnya adalah membuat partisi +home. pilih opsi 4Primary4 pada 4(ype for the new partition4... dalam "ontoh ini kami membuat partisi sebesar /5555 mb */5 gb... . user name *digunakan untuk log in. Pilih 4Primary4 untuk 4(ype for new. klik 4<%4 untuk membuat partisi 4+home4 *untuk lebih jelasnya. plih sisa free spa"e lalu klik 4&dd4. pada kapasitas partisi gunakan seberapapun sisa ruang yang masih ada.. Pada 4Us as4 pilih 4=xt6 journaling file system4 lalu pilih opsi 4+home4 pada pilihan 4!ount point4. (entukan kapasitas partisi yang anda buat. silahkan lihat gambar.. Pada 4Us as4 pilih 4=xt6 journaling file system4 lalu pilih opsi 4+4 pada pilihan 4!ount point4. password dan nama komputer yang ingin anda gunakan.

!enentukan dimana boot loader akan diinstal. klik 4$nstall4 untuk melanjutkan proses instalasi.... pada 42e1i"e for boot loader installation4 pastikan anda telah memilih !#de$#sda! jangan pada lokasi lain.. lanjutkan dengan mengklik tombol 4<%4. kini saatnya memulai proses instalasi Ubuntu /5. . pastikan "he"box 4$nstall boot loader4 telah anda "entang..... klik 4&d1an"ed4 untuk menentukan lokasi boot loader.etelah selesai menentukan lokasi boot loader.56.. Berhati-hatilah. .

.56.. kini anda telah memiliki dua sitem operasi dalam komputer anda. (unggulah hingga proses diselesaikan.>... . segeralah reboot komputer anda...4 pada menu 9rup lalu tekan enter. ini akan memerlukan beberapa waktu bergantung pada spesifikasi komputer yang anda gunakan. lalu tekan enter untuk menyalakan kembali kumputer.$nstalasi segera dijalankan.etelah proses instalasi selesai. . 2+232 Ubuntu se"ara otomatis akan dikeluarkan.aat anda ingin menjalankan Ubuntu /5... pilih opsi 4Ubuntu with Linux 0.. . :ahh. ambil 2+232 anda..

4 dengan "ara menekan tombol panah kebawah pada keyboard lalu tekan enter. 2an saat anda ingin menjalankan Windows #.. pilih opsi 4Windows # . ..... Windows # pun siap anda gunakan..Ubuntu /5..56 akan segera dijalankan untuk anda..

.. Posted by Boja Linuxer at 00.?5 .elamat men"oba..