You are on page 1of 2

Macam-macam Penyembuhan Fraktur Akar

1. Pembentukan jaringan keras (formation of hard tissue) Jika pulpa tetap utuh setelah injury, akan terbentuk kalus dentin diantara 2 fragmen setelah beberapa minggu dan fraktur bagian perifer diperbaiki oleh sementum tetapi membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun.

Gambar 6. Proses penyembuhan dengan pembentukan jaringan keras
Sumber : Essentials of Traumatic Injuries to the Teeth

Dentin terbentuk dari odontoblas dan sementum terbentuk dari jaringan periodonsium diantara elah fraktur. !etika odontoblas mengalami trauma atau tidak ditemukan pada garis fraktur, sel baru diambil dari pulpa dan akan berubah menjadi sel seperti odontoblas (odontoblast-like cells). "erbentuk #ona yang berada diatas lapisan dentin dari jaringan yang tidak mengalami mineralisasi. Proses penyembuhan tipe ini dapat dilakukan pada fraktur akar in omplete.

$ambaran radiologi dan pemeriksaan klinis : - $ambaran radiografi menunjukkan sisa garis fraktur setelah proses penyembuhan. %iasanya, mahkota berubah warna menjadi kuning karena obliterasi pulpa.

Pulpa tetap 'ital selama beberapa tahun.- Sensibilitas pulpa normal. &obilitas gigi normal. Proses penyembuhan tipe ini dapat dilakukan pada fraktur akar in omplete. Perkusi tidak menyebabkan nyeri. Buat yg ke 2 rin: Penyembuhan tipe ini didominasi oleh pertumbuhan sel yang berasal dari ligamen periodontal dan menghasilkan interposisi jaringan ikat di antara 2 fragmen .