You are on page 1of 4

SUMMARY Harvard Business Review, Adaptability: The New Competitive Advantage Article by Martin Reeves and Mike Deimler

Hidup Di Era Risiko dan Ketidakstabilan Strategi dengan pendekatan tradisional yang sering dianggap sebagai jawaban terhadap ketidakpastian dan perubahan ternyata diasumsikan untuk lingkungan yang relatif stabil dan dapat diprediksi. Sedangkan tujuan strategi yang paling penting adalah untuk membangun keunggulan kompetitif yang bertahan lama dengan memposisikan diri secara baik di pasar, dan memperluas skala dominasi pasar. Ada 4 hal yang dapat dikembangkan oleh suatu organisasi untuk mempercepat kemampuan adaptif tersebut, yaitu: 1. Kemampuan untuk membaca dan bertindak atas sinyal Dalam kemampuan beradaptasi, perusahaan harus memiliki antena yang disetel pada sinyal perubahan dari lingkungan eksternal, mengkodenya dan cepat bertindak untuk memperbaiki dan menemukan kembali model bisnis dan mempertajam lanskap informasi dari industrinya. Perusahaan yang mempunyai kemampuan membaca sinyal membuat intervensi operasi secara nyata dengan memotong hirarki pengambilan keputusan yang lambat. Contohnya seperti Google, yang menggunakan algoritma untuk memperbaharui posisi iklan berdasarkan relevansi iklan untuk pencarian individu atau situs web serta tawaran pengiklan pada kata kunci. Iklan yang lebih relevan, semakin sering dalam mengklik tayang dan karena pengiklan membayar setiap klik tersebut, ini berarti lebih banyak pendapatan untuk google. 2. Kemampuan untuk bereksperimen Sesuatu yang tidak dapat diprediksi atau diramalkan sering ditemukan melalui eksperimen. Perusahaan melakukan eksperimen ini untuk mengembangkan dan mengetes produk baru dan jasa. Penelitian produk baru yang didasarkan pada persepsi konsumen memberikan prediksi yang lemah terhadap kesuksesan. Untuk mengatasi hambatan ini, kompetitor yang adaptif menggunakan pendekatan dan teknologi baru, khususnya di

Put an initiative on every risk Perusahaan mempunyai strategi portfolio yang inisiatif. pengambil resiko. c. Identify and address the uncertainties Cermati risiko dan ketidakpastian yang dapat berpengaruh secara signifikan terhadap perusahaan. replikasi produk agar inovasi dilakukan lebih cepat pada biaya yang lebih murah dan resiko ringan dibanding pesaing lainnya. Struktur yang fleksibel dan penyebaran hak keputusan adalah tuas yang kuat untuk meningkatkan kemampuan beradaptasi. otonomi. Kemampuan untuk mengelola sistem multiperusahaan yang kompleks Deteksi sinyal dan eksperimentasi membutuhkan kemampuan perusahaan untuk berfikir di luar batasan. Contoh perusahaan yang menerapkan sistem ini adalah Toyota dengan kanban dan kaizen mekanisme.lingkungan yang virtual untuk melakukan tes. perusahaan yang adaptif mengelola ekosistem bisnisnya dengan menggunakan standar untuk mengembangkan interaksi dengan hambatan yang minimum. Kemampuan untuk memobilisasi Organisasi perlu menciptakan lingkungan yang mendorong pengetahuan. memikirkan jalan untuk memastikan perusahaan berkompetisi dan menetralisir efeknya. Untuk itu ada beberapa hal yang harus dibenahi manajemen yaitu: a. 3. terutama untuk organisasi besar dan maju. b. Peluang Untuk Bisnis Yang Besar Menjadi pesaing yang adaptif tidaklah mudah. Hal ini dilakukan untuk menyadarkan orang akan hal yang tidak diketahui sebelumnya dan untuk menghadapinya. 4. Biasanya. dan mugkin untuk bekerja lebih dekat dan pintar dengan para konsumen dan pemasok. keseluruhannya adalah pemain baru dari sektor yang lain . . hendaknya menjadi mesin yang dapat mengendalikan organisasi terhadap kemampuan untuk adaptasi. Perusahaan yang adaptif telah menempatkan tempat dan fungsi yang permanen dengan unit khusus yang berkomunikasi secara bebas dan disusun kembali menurut situasi yang ada. berbagi. Manajer hendaknya memindahkan fokus dari kompetitor tradisional kepada apa yang pemain baru lakukan. keanekaragaman. Look at the mavericks Industri yang berubah cepat ditandai dengan keberadaan hal yang tidak biasa dan kadang mengacaukan. dan fleksibilitas dalam beradaptasi.

e. .d. semakin banyak usulan maka semakin banyak alternatif yang harus dipertimbangkan. perusahaan perlu untuk mengakselerasi perubahan dengan membuat proses perencanaan tahunan yang lebih jelas dan sering dengan membuat proses yang berlanjut. Increase the clock speed Kecepatan adaptasi adalah fungsi dari siklus waktu dalam pengambilan keputusan. Setiap usulan perubahan harus disertai beragam alternatif. ini cukup untuk mengubah yang telah ada. Examine multiple alternatives Dalam lingkungan yang stabil. Dalam lingkungan yang bergerak cepat.