You are on page 1of 2

PENAWARAN SOAL

1. Apa itu penawaran ? 2. Sebutkan faktor faktor yang mempengaruhi penawaran ? 3. Jelaskan Hukum penawaran ? 4. Jelaskan bunyi hukum penawaran ? 5. Jelaskan daftar penawaran ? 6. Jelaskan kurva penawaran ? 7. Jelaskan fungsi penawaran ? 8. Sebutkan 3 kurva dimana kurva penawaran tidak berlaku ? 9. Sebutkan faktor faktor pengaruh pergeseran kurva ? 10. Apa yang dimaksud elasitas penawaran ? 11. Sebutkan Faktor faktor yang mempengaruhi elastisitas penawaran ? 12. Sebutkan macam macam elasitisas permintaan ? 13. Apa yang dimaksud penawaran elastis ? 14. Apa yang dimaksud penawaran inelastis ? 15. Apa yang dimaksud Penawaran Elastis uniter ? 16. Apa yang dimaksud Penawaran Elsatis Sempurna ? 17. Bagaimana bentuk kurva penawaran secara umum ? 18. Jelaskan terjadinya kurva penawaran yang vertikal ? 19. Jelaskan terjadinya kurva penawaran yang horizontal ? 20. Jelaskan terjadinya kurva penawaran yang lengkung mebalik ?

PENAWARAN JAWAB
1. Apa itu penawaran ?  Penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang akan dijual pada tingkat harga tertentu. 2. Sebutkan faktor faktor yang mempengaruhi penawaran ?  Harga barang/ jasa itu sendiri, Biaya produksi, Teknologi produksi, Ekspentasi penjual/produsen, keuntungan yang diinginkan produsen dan banyaknnya penjual/pesaing 3. Jelaskan Hukum penawaran ?  Pernyataan yang menjelaskan tentang hubungan antara harga barang dengan jumlah barang yang ditawarkan penjual. 4. Jelaskan bunyi hukum penawaran ?  Semakin tinggi harga barang semakin banyak barang yang akan dijual produsen. Sebaliknya semakin rendah harga barang jumlah barang yang akan dijual produsen akan semakin sedikit. 5. Jelaskan daftar penawaran ?  Daftar yang menunjukan jumlah penawaran pada berbagai tingkat harga 6. Jelaskan kurva penawaran ?

biaya produksi. elastis sempurna 13. presentase perubahan kuantitas yang ditawarkan sama dengan presentase perubahan harga 16. Jelaskan terjadinya kurva penawaran yang lengkung mebalik ?  Kurva ini menunjukan bahwa setelah kenaikan tinggkat kerja jumlah kerja menurun namun pembayaran meningkat  . kemudahan produsen baru memasuki pasar. Sebutkan 3 kurva dimana kurva penawaran tidak berlaku ?  Kurva penawaran vertikal. Apa yang dimaksud elasitas penawaran ?  Perbandingan antara seberapabesar perubahan jumlah barang yang ditawarkan sebagai akibat dari perubahan harga. horizontal. inelastis. 11. 12. Jelaskan fungsi penawaran ?  Merupakan bentuk matematis untuk menyusun daftar penawaran pada berbagai kemungkinan tingkat harga 8. Bagaimana bentuk kurva penawaran secara umum ?  Naik dari kiri bawah ke kanan atas 18. Jelaskan terjadinya kurva penawaran yang vertikal ?  Kurva penawaran vertikal menunjukan bahwa betapapun harga barang tidak mempengaruhi jumlah barang yang ditawarkan 19. 14. mobilitas produksi. dan lengkung membalik 9. Apa yang dimaksud Penawaran Elastis uniter ?  Pada penawaran yang bersifat elastis uniter. 20. Sebutkan Faktor faktor yang mempengaruhi elastisitas penawaran ?  Waktu produksi. Apa yang dimaksud penawaran inelastis ?  Penawaran disebut inelastis apabila koefisien elastisitas penawaran lebih kecil dari satu 15. Apa yang dimaksud penawaran elastis ?  Penawaran disebut elastis apabila koefisien elastisitasnya lebih besar dari satu. Apa yang dimaksud Penawaran Elsatis Sempurna ?  Penawaran bersifat elastis sempurna bila pada harga tertentu kuantitas barang yang ditawarkan tak terbatas 17. daya tahan barang.Suatu kurva yang menunjukan hubungan antara harga suatu barang tertentu dan jumlah barang yang ditawarkan 7. Sebutkan faktor faktor pengaruh pergeseran kurva ?  Pajak dan subsidi. teknologi dll 10. Jelaskan terjadinya kurva penawaran yang horizontal ?  Kurva penawaran horizontal menunjukan bahwa untuk mendapatkan lebih banyak barang yang ditawarkan tidak perlu dengan kenaikan harga. Sebutkan macam macam elasitisas penawaran ?  Penawaran elastis. elastis uniter.