You are on page 1of 20

MAKALAH

E-COMMERCE
BAB I PENDAHULUAN
1.1. disebut Latar Belakang Perkembangan internet menyebabkan terbentuknya dunia baru yang dunia maya. Di dunia maya, setiap individu memiliki hak dan kemampuan untuk berinteraksi dengan individu lain tanpa batasan apapun yang

dapat menghalanginya. G lobalisasi yang sempurna sebenarnya telah berjalan di dunia maya yang menghubungkan seluruh komunitas digital. Dari seluruh aspek kehidupan manusia yang terkena dampak kehadiran internet, sektor bisnis merupakan sektor yang paling terkena dampak dari perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi serta paling cepat tumbuh. Mobilitas manusia yang tinggi menuntut dunia perdagangan mampu menyediakan layanan jasa dan barang dengan cepat sesuai permintaan konsumen. Untuk mengatasi masalah tersebut, kini muncul transaksi yang menggunakan media internet untuk menghubungkan produsen dan konsumen. Transaksi bisnis melalui internet lebih dikenal dengan nama e-business dan e-commerce. Melalui e-commerce, seluruh manusia di muka bumi memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk bersaing dan berhasil berbisnis di dunia maya. tersebut. 1.2. Tujuan Penul !an !. Memahami lebih dalam mengenai internet, e-business dan ecommerce" #. Mengembangkan $a$asan penulis" 1.". Met#$e Pengu%&ulan Data leh karena itu, kami akan mencoba membahas apa dan bagaimana internet , e-business dan e-commerce

Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan studi literatur% literatur yang terkait dengan pokok bahasan.

1.'.

Bata!an Ma!ala( Dalam makalah ini akan dibahas mengenai apa dan bagaimana e-business

dan e-commerce, keuntungan dan kerugaiannya, serta perbedaannya dengan pasar konvensional. 1.). '(' ) * !te%at ka Penul !an Makalah ini terdiri atas beberapa bab yang dirinci sebagai berikut& & Pendahuluan 'erisi mengenai latar belakang, tujuan penulisan, batasan masalah, metode pengumpulan data, dan sistematika penulisan. '(' )) & Pembahasan 'erisi mengenai Definisi dan *ubungan (ntara )nternet, E-Business, dan E-Commerce, E-Commerce, Tujuan (plikasi E-Commerce, +istem 'isnis )nternal, ,lasifikasi E-Commerce, +tandar Teknologi E-Commerce, ,euntungan dan ,erugian E-Commerce, -ontoh (plikasi E-Commerce, Perbedaan antara Pasar ,onvensional dan ECommerce, Dimensi .uang /ingkup E-Commerce, ,elemahan dan ,endala E-Commerce. '(' ))) & Penutup 'erisi mengenai kesimpulan.

Pada masa persaingan ketat di era globalisasi saat ini. (plikasi selanjutnya yang berkembang adalah Electronic Data Interchange 02D)1. one-to-one relationship1. seharusnya hubungan antar perusahaan dengan entitas eksternal lainnya 0pemasok. Pengguna dari aplikasi 2D) lebih banyak dibandingkan 23T. namun merupakan transformasi strategi dan sistem bisnis yang terus berkembang sejalan dengan perkembangan perusahaan dan teknologi (plikasi e-commerce yang pertama kali dikembangkan adalah Electronic Funds Transfer 023T1 pada a$al tahun !456. persaingan yang sebenarnya terletak pada bagaimana sebuah perusahaan dapat memanfaatkan e-commerce untuk meningkatkan kinerja dan eksistensi dalam bisnis ini. yaitu sebuah aplikasi transfer dokumen seperti invoice dan purchase order secara elektronik. konsumen1 dapat dilakukan lebih cepat. Penggunaan aplikasi tersebut dibatasi hanya pada perusahaan%perusahaan besar dan lembaga keuangan. distributor.BAB II PEMBAHA*AN 2. Maka e-commerce bukanlah sekedar suatu mekanisme penjualan barang atau jasa melalui medium internet. bukan Membangun merupakan dan proses mengimplementasikan sebuah sistem e-commerce instant. lebih intensif. De+ n ! E-Commerce E-commerce memfokuskan diri pada transaksi bisnis berbasis individu dengan menggunakan internet sebagai medium pertukaran barang atau jasa baik antara dua buah institusi 0business to business1 dan konsumen langsung 0business to consumer1 mele$ati kendala ruang dan $aktu. tetapi juga terhadap terjadinya sebuah transformasi bisnis yang mengubah cara pandang perusahaan dalam melakukan aktivitas usahanya. dan lebih murah daripada aplikasi prinsip manajemen secara konvensional 0door to door. yakni . Dengan aplikasi ecommerce. rekanan.1.

masu an dari pelanggan +. tapi menjadi tempat berkumpulnya komunitas dengan membangun basis . E-commerce juga dapat didefinisikan sebagai suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas internet di mana terdapat website yang dapat menyediakan layanan . %emberi an perhatian husus seperti usulan pembelian *.get and deliver. 3aktor kunci sukses dalam e-commerce dalam sebuah perusahaan tida han!a mengandal an e uatan produ sa"a.. penawaran istimewa. e'ay. dan -heckpoint adalah contoh%contoh pengembangan aplikasi e-commerce pure online yang sukses. . dan service provider.com juga mulai bertumbuh pesat. %en!edia an ban!a bonus seperti upon. dan +ch$ab adalah contoh pengembangan aplikasi partial e-commerce yang juga sukses. pengiriman !ang tepat wa tu. 9amun. %en!edia an rasa omunitas untu berdis usi.2. cepat. )'M. %en!edia an harga ompetitif &. %en!edia an informasi barang dan "asa !ang leng ap dan "elas (. retailer. E-commerce merupakan prosedur berdagang atau mekanisme jual%beli di internet dimana pembeli dan penjual dipertemukan di dunia maya. tetapi dengan tim mana"emen !ang handal. . desain situs web !ang bagus. stru tur organisasi bisnis !ang bai . 8eri+ign. dan dis on ). ( /. Tujuan Aplikasi E-Commerce !. hampir semua perusahaan skala menengah maupun besar memiliki website untuk menjual produk7jasa mereka. G2.1. )ntel. pela!anan !ang bagus.gar orang !ang ingin membeli barang atau transa si lewat internet han!a membutuh an a ses internet dan interface %nya menggunakan web browser #. %en!edia an "asa pembelian !ang tanggap.meliputi manufaktur. kesuksesan ini diikuti oleh kegagalan kebanyakan aplikasi e-commerce pada tahun !444 $alaupun ketika itu (ma:on.etika itu. Menjadikan portal e-commerce . dan ramah '.e-shop tidak sekedar portal belanja. %empermudah egiatan perdagangan 2. beberapa fa tor lainn!a antara lain # $. "aringan infrastru tur dan eamanan. Perkembangan e-commerce semakin meluas sejak tahun !446%an.

yaitu sarana informasi berbasis $eb yang ditujukan secara khusus untuk pega$ai perusahaan berangkutan. dll1 <. informatif dan omuni atif =. Informasi !ang up to date. >.komunitas. E / Intermediar! E-Intermediar! adalah para anggota saluran distribusi internet yang melakukan salah satu atau dua fungsi berikut & !1 mengumpulkan informasi tentang para penjual dan menyajikannya dalam bentuk yang praktis kepada para konsumen #1 membantu menyalurkan produk%produk )nternet ke konsumen. =.2. melalui teknologi informasi dengan tujuan untuk mengeksploitasi peluang pasar dengan berbagi ketrampilan. seorang manajer yang sedang bepergian dapat mengakses basis data perusahaan yang terdapat pada server dengan mudah. dinamis. #. kombinasi konsepsi pelayanan konvensional dan virtual & responsif 0respon yang cepat dan ramah1. b. membangun konsep pasar bukan sekedar tempat jual beli dan sebagai pusat informasi 0release. .2. 2. Pengendalian proses +istem pendukung manajemen. dan . yang meliputi& a. misalnya pesanan penjualan dapat dimasukkan oleh pemasar dari jarak jauh. Pemantauan aktifitas dalam perusahaan. >. Pengelolaan yang berorientasi pada pelayanan. <.ortal perusahaan. * !te% B !n ! Internal +istem bisnis internal digunakan untuk melayani proses dan bisnis secara internal. konsultasi. Dengan menggunakan sistem seperti ini. 'eberapa hal lain yang bisa ditangani melalui sistem bisnis internal adalah sebagai berikut & !. Pemrosesan transaksi secara internal. komunikasi multi%arah yang dinamis Model pembayaran & kartu kredit atau transfer. product review. rganisasi 8irtual rganisasi virtual adalah suatu jaringan organisasi yang independen yang dihubungkan akses pasar. biaya.

%-commerce dan Teknotogi ?(P M%commerce adalah bentuk penjualan dan pembelian produk yang dilakukan melalui peranti seperti telepon seluler atau PD(. Penjual 'ersindikat Penjual 'ersindikat adalah sebuah situs $eb yang mena$arkan hubungan kepada konsumen ke situs%situs $eb lain dan atas jasa ini $eb yang menghubungkan ke $eb lain akan mendapatkan komisi. dan agen pengirimannya.pplication .c. serta melakukan kegiatan% kegiatan bisnis utamanya di dunia nyata. antara lain& 1. (gen Pembelanjaan (gen Pembelanjaan merupakan suatu situs $eb yang membantu para konsumen dengan memberikan kemudahan untuk mendapatkan informasi yang diperlukan konsumen dalam rangka membuat keputusan pembelian. penggunaan model bisnis clic -and-mortar organi1ation 0penggabungan antara offline dan online1.ita mengenal adanya pure e-commerce dan partial e-commerce. +edangkan. Teknologi yang mendasari %-commerce adalah ?(P 00ireless . proses. menggunakan model bisnis new-econom! organi1ation. E-Commerce dapat dibagi menjadi beberapa klasifikasi yang memiliki karakteristik berbeda%beda. partial e-commerce dicirikan dengan penggabungan antara aspek digital dan tradisional7fisik. d. Perantara ini menyediakan sarana komunikasi antarpebisnis. 2. f. e.B2B- . ciri lain dari pure e-commerce adalah organisasi penyelenggara benar%benar organisasi online. Makelar 'isnis ke 'isnis Makelar bisnis%ke%bisnis tidak memiliki produk. +uatu ecommerce dikategorikan pure atau partial berdasarkan pada tingkat digitasi dari suatu produk yang diperdagangkan.2. +elain itu.rotocol1. (pabila segala aspek dalam sistem e-commerce itu digital maka dapat dikategorikan sebagai pure e-commerce. Kla! + ka! E-Commerce .". dan menjual produk atau jasanya hanya secara online. Business to Business .

Dengan kata lain.!#. c. +elain standar yang disebutkan di . baik pembeli maupun penjual adalah sebuah perusahaan dan bukan perorangan. maka jenis informasi yang dikirimkan dapat disusun sesuai dengan kebutuhan dan kepercayaan 0trust1. +alah satu pelaku dapat melakukan inisiatif untuk mengirimkan data. +P2#666.G %)MP.M+. G29. Dikarenakan sudah mengenal la$an komunikasi. . c. +ayangnya standar 2D) yang digunakan sehingga menyulitkan interkomunikasi antar pelaku bisnis. Business to Business E-Commerce umumnya menggunakan banyak mekanisme Electronic Data Interchange 02D)1. d. D2TT2. Mempercepat transaksi antara penjual dan pembeli. (9+) @. T. b. tidak harus menunggu partnernya. )23.euntungan yang didapatkan & a. misalnya setiap hari.'#' menyatakan bentuk jual%beli produk atau jasa yang melibatkan dua atau beberapa perusahaan dan dilakukan secara elektronis.D. Business to Business E-Commerce memiliki karakteristik& a.(D(. b. *al ini memudahkan pertukaran data untuk dua entiti yang menggunakan standar yang sama. -)). Meningkatkan komunikasi dan kolaborasi antara penjual dan pembeli. Dalam hal ini.M. 'iasanya transaksi ini dilakukan karena mereka telah saling mengetahui satu sama lain dan transaksi jual beli tersebut dilakukan untuk menjalin kerjasama antara perusahaan itu. Menurunkan biaya transaksi kedua belah pihak. servis yang digunakan sudah tertentu. dengan format data yang sudah disepakati bersama. -(. )nformasi hanya dipertukarkan dengan partner tersebut. +tandar yang ada saat ini antara lain& 2D)3(-T. Pertukaran data 0data e2change1 berlangsung berulang%ulang dan secara berkala. Menciptakan pasar baru tanpa dibatasi oleh $ilayah geografis. d. dimana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis. Model yang umum digunakan adalah peer-to-peer. Trading partners yang sudah diketahui dan umumnya memiliki hubungan 0relationship1 yang cukup lama. 2(9.

2.. +ervis yang diberikan bersifat umum 0generic1 dengan mekanisme yang dapat digunakan oleh khalayak ramai. maka anda harus memiliki sistem untuk melakukan konversi dari satu format ke format lain.P1. +aat ini sudah tersedia produk yang dapat melakukan konversi seperti ini. @M/ menyimpan struktur dan jenis elemen data di dalam dokumennya dalam bentuk tags seperti 4T%3 tags sehingga sangat efektif digunakan untuk sistem yang berbeda.com1.lanning 02.adalah bentuk jual%beli produk yang melibatkan perusahaan penjual dan konsumen akhir yang dilakukan secara elektronis. Topik yang juga mungkin termasuk di dalam business-to-business ecommerce adalah electronic-Internet teknologi +ebagai informasi contoh.com1. Pendekatan lain yang sekarang cukup populer dalam standarisasi pengiriman data adalah menggunakan E2tensible %ar up 3anguage 0@M/1 yang dikembangkan oleh 0orld 0ide 0eb Consortium 0?<-1.B2C'#. pada procurement dan maju dan Enterprise 9esource . . Populernya jaringan komputer )nternet memacu inisiatif 2D) melalui jaringan )nternet.atas. Perusahaan% perusahaan terkenal yang melayani '#. +ebagai contoh. karena sistem . Terbuka untuk umum. Business to Consumer . -isco 0$$$. Pada mulanya 2D) menggunakan jaringan tersendiri yang sering disebut 5. pesat dapat dikarenakan menjalankan perusahaan menggunakan teknologi informasi sehingga "ust-in-time manufacturing untuk produksi produknya.6 75alue . dimana informasi disebarkan ke umum.cisco.dded 6etwor 8.elompok yang mengambil jalan ini antara lain adalah @M/72D) group. dan (ma:on 0$$$. masih ada format% format lain yang sifatnya proprietar!.antara lain adalah Dell 0$$$. atau dikenal dengan nama EDI over Internet. b. *al ini adalah implementasi penggunaan perusahaan -isco pada manufakturing. Business to Consumer eCommerce memiliki karakteristik sebagai berikut& a.dell.com1. Aika anda memiliki beberapa partner bisnis yang sudah menggunakan standar yang berbeda.ama:on.

.onsep portal agak sedikit berbeda dengan electronic shopping mall. 3orbes projects1. +ervis diberikan berdasarkan permohonan 0on demand1. Mekanisme untuk mendekati consumer pada saat ini menggunakan bermacam%macam pendekatan seperti misalnya dengan menggunakan . -U. b. Pendekatan client-server sering digunakan dimana diambil asumsi client 7consumer8 menggunakan sistem yang minimal 0berbasis ?eb1 dan processing 0business procedure1 diletakkan di sisi server. -alon pembeli dapat melihat%lihat produk dan servis yang tersedia seperti halnya dalam kehidupan sehari%hari dengan melakukan window shopping. d. dimana pengelola portal menyediakan semua servis di portalnya 0yang .)nternational.onsumer melakukan inisiatif dan produser harus siap memberikan respon sesuai dengan permohonan. (ma:on http&77$$$.com (ma:on merupakan toko buku virtual yang menjual buku melalui $eb sitenya. c. Cang merupakan direct mar eting dari -endant 0hasil merge dari *3-. merupakan tempat lelang on-line.netmarket. Business to Consumer eCommerce memiliki permasalahan yang berbeda. -ontoh penggunaan $eb site untuk menjajakan produk dan servis antara lain& a. Electronic shopping mall menggunakan $eb sites untuk menjajakan produk dan servis. c.$eb sudah umum digunakan maka servis diberikan dengan menggunakan basis $eb. . 0calon1 pembeli dapat melakukan shopping ini kapan saja dan darimana saja dia berada tanpa dibatasi oleh jam buka toko. 9etMarket akan mampu menjual 4>D dari kebutuhan rumah tangga sehari%hari.ama:on.com.ebay. e'ay http&77$$$.com. Para penjual produk dan servis membuat sebuah storefront yang menyediakan katalog produk dan servis yang diberikannya. 9etMarket http&77$$$.portalB.electronic shopping mallB atau menggunakan konsep . 'edanya.

penjualan dan pembelian -#. My Cahoo ". +ebagai contoh.dalam situs lelang sangat banyak.com..comF b. Consumen to consumen.netscape. '.ebay.com.biasanya berbasis $eb1. Iklan Ke/ k rang menjual ke orang lainnya setiap hari melalui iklan kecik 0classified ad1 di koran dan majalah. +elain itu banyak pelanggan yang melakukan lelangnya sendiri seperti greatshop. . Dalam -#. portal menyediakan eMail gratis yang berbasis ?eb bagi para pelanggannya sehingga diharapkan sang pelanggan selalu kembali ke portal tersebut. yang dilakukan secara elektronis.ebanyakan lelang dilakukan oleh perantara. 9etscape *ome Ehttp&77home.com menyediakan piranti lunak untuk menciptakan komunitas lelang terbalik -#.collaborative commerceDalam e-commerce.com atau bid#bid.seseorang menjual produk atau jasa ke orang lain. )klan ini mena$arkan pembaca nasional bukan . seperti e'ay. Dapat juga disebut sebagai pelanggan ke palanggan yaitu orang yang menjual produk dan jasa ke satu sama lain.rat + . )klan kecik berbasis internet memiliki satu keunggulan besar daripada berbagai jenis iklan kecik yang lebih tradisional. . auctionanything.com1 menyediakan sarana yang memungkinkan orang%orang dapat menjual atau membeli barang di antara mereka sendiri. a.olaborasi semacam ini seringkali terjadi antara dan dalam mitra bisnis di sepanjang rantai pasokan. para mitra bisnis berkolaborasi 0alih%alih membeli atau menjual1 secara elektronik. . Per$agangan K#la.C2CModel perdagangan yang terjadi antara konsumen dengan konsumen.com" para pelanggan juga dapat menggunakan situs khusus seperti buyit. +itus seperti e'ay 0$$$. -ontoh portal antara lain& a.online. Lelang C2C Dalam lusinan negara.

mitra bisnis. tetapi lainnya dicantumkan dalam situs $eb serta direktory khusus.com. pembuat laporan pajak. E-goverment yaitu penggunaan teknologi internet secara umum dan e-commerce secara khusus untuk mengirimkan informasi dan layanan publik ke $arga. penasehat investasi. dan pemasok entitas pemerintah. /. La0anan Per!#nal 'anyak layanan personal 0pengacara. !n ! . 1. M+9. Comsumen to Business.Intra#rgan !a! #nalDalam situasi ini perusahaan menggunakan e-commerce secara internal untuk memperbaiki operasinya. . )klan kecik tersedia melalui penyedia layanan internet seperti ( /.ondisi khusus dalam hal ini disebut sebagai e-commerce '#20business to its emplo!ees1 2. contoh.hanya lokal. layanan kencan1 tersedia di internet. tukang. -ontohnya di priceline. dll. Unit%unit pemerintah dapat melakukan bisnis dengan berbagai unit pemerintah lainnya serta dengan berbagai perusahaan 0G#'1.C2B-#' merupakan transaksi jual beli yang terjadi antara individu sebagai penjual dengan sebuah perusahaan sebagai pembelinya. . Per$agangan Intra. serta mereka yang bekerja di sektor publik. Pe%er nta( ke 3arga .Goverment to Citizen452CDalam kondisi ini sebuah entitas 0unit1 pemerintah menyediakan layanan ke para $arganya melalui teknologi E-commerce. 'eberapa gratis dan ada juga yang berbayar ). dimana pelanggan menyebutkan produk dan harga yang diinginkan dan priceline mencoba menemukan pemasok yang memenuhi kebutuhan tersebut. 'eberapa situs telah berinisiasi untuk mendukung bisnis yang berbasiskan konsumen ke pebisnis 0Consumer-to-business atau -#'1. 'eberapa diantaranya tersedia dalam iklan kecik. Priceline.com Dalam -#' konsumen memberitahukan kebutuhan atas suatu produk atau jasa tertentu dan pemasok bersaing untuk menyediakan produk atau jasa tersebut ke konsumen.

2. Pe%er nta( ke Peru!a(aan . le . Per$agangan M#. portal multiguna" tahap =. /. seperti dengan menggunakan telepon selluler untuk mengakses internet dan berbelanja. Pe%er nta( ke 3arga . 6. pengelompokkan layanan umum" tahap G. E-goverment dapat dibagi menjadi tiga kategori & a. *tan$ar Tekn#l#g E-Commerce .Goverment to Government-.Goverment to Business-.mobile commerce—m-commerce. Pe%er nta( ke Pe%er nta( . publikasi penyebaran informasi" tahap #.E-goverment mena$arkan sejumlah manfaat potensial & E-goverment meningkatkan efisiensi dan efektivitas fungsi pemerintah. E-goverment juga memberikan peluan bagi masyarakat untuk memberikan umpan balik ke berbagai lembaga pemerintah serta berpartisipasi dalam berbagai lembaga dan proses demokrasi. /embaga pemerintah makin banyak yang menggunakan internet untuk menyediakan layanan pada $arga. .etika e-commerce dilakukan dalam lingkungan nirkabel. Terdapat enam tahap dalam transformasi ke e-goverment & tahap !. integrasi penuh dan transformasi badan. 2.secara resmiB. Pemerintah menggunakan internet untuk menjual dan membeli dari perusahaan..Goverment to Citizen-. dengan sebuah departemen dalam $aktu yang sama" tahap <. maka hal ini disebut m%commerce. Meliputi e% commerce intrapemerintah 0transaksi antar pemerintah yang berbeda1 serta berbagai layanan antar lembaga pemerintah yang berbeda. E-goverment memungkinkan pemerintah menjadi lebih transparan pada masyarakat dan perusahaan dengan memberikan lebih banyak akses informasi pemerintah. transaksi dua arah . personalisasi portal" tahap >.'. Transformasi dari pemberian layanan pemerintah tradisional ke implementasi penuh layanan pemerintah online dapat menjadi proses yang memakan $aktu. termasuk pemberian layanan publik.

com7. Microsoft. 2D) adalah sebuah standar struktur dokumen yang dirancang untuk memungkinkan organisasi besar untuk mengirimkan informasi melalui jaringan private. )nteli+ys. e-commerce juga menggunakan standar yang digunakan sendiri.openbuy. '.Di samping berbagai standar yang digunakan di internet. 'eberapa diantara yang sering digunakan adalah& 1. *itachi.firefly. dan pembayaran. sebuah profil pribadi dari kesukaan masing%masing pengguna yang dapat dia share dengan merchant. 2D) saat ini juga digunakan dalam corporate website.urchasing 9oundtable yang akan menjamin bah$a berbagai sistem e-commerce dapat berbicara satu dengan lainnya.OTPTP dimaksudkan untuk menstandarisasi berbagai aktifitas yang berkaitan dengan proses pembayaran. ') yang dikembangkan oleh oleh konsorsium ') yang pen http&77$$$. "pen Tra$in! %rotocol . dan racle. Electronic Data Interc an!e . "pen Bu#in! on t e Internet .**LProtokol ini di disain untuk membangun sebuah saluran yang aman ke server. dan 'ritish Telecom. ". seperti perjanjian pembelian. )'M. "pen %ro&ilin! 'tan$ar$ . TP sebetulnya merupakan standar kompetitor ') yang dibangun oleh beberapa perusahaan. )de dibalik informasi untuk proses marketing dsb. -yber-ash. +un Microsystems.OBI(dalah sebuah standar yang dibuat oleh Internet . umumnya digunakan dalam transaksi bisnis%ke%bisnis. resi untuk pembelian. 2.org7 Market. P+ memungkinkan pengguna untuk membuat P+ adalah untuk menolong didukung perusahaan%perusahaan memimpin di bidang teknologi seperti (ctra. seperti (THT. 'ecure 'ocket (a#er . ).OP*+ebuah standar yang di dukung oleh %icrosoft dan Firefl! http&77$$$.EDIDibuat oleh pemerintah di a$al tahun 56%an dan saat ini digunakan oleh lebih dari !666 perusahaan 3ortune di (merika +erikat. ++/ menggunakan teknik enkripsi public key untuk memproteksi data memproteksi privasi pengguna tanpa menutup kemungkinan untuk transaksi . racle.

). serta mengurangi biaya%biaya yang berhubungan dengan kertas. perluasan jeringan mitra bisnis dan efisiensi. perluasan pasar. b. d.onsumen. Menurunkan biaya operasional 0operating cost1. Truste (dalah sebuah partnership dari berbagai perusahaan yang mencoba membangun kepercayaan public dalam e-commerce dengan cara memberikan cap Good *ousekeeping yang memberikan approve pada situs yang tidak melanggar kerahasiaan konsumen. f. dengan kata lain mempercepat pelayanan ke pelanggan. 'agi . dan sebagainya sehingga dapat meningkatkan pendapatan. seperti biaya pos surat. 2. keuntungannya yaitu& a. memperpendek jarak. Memperpendek $aktu produksi. b. 2.2. 'ecure Electronic Transaction . c. report. efektif. e. Dapat meningkatkan mar et e2posure 0pangsa pasar1. ++/ dibuat oleh 9etscape tapi sekarang telah di publikasikan di public domain. g. Meningkatkan supplier management. Aika dipandang dari pelaku%pelaku dalam e-commerce.yang di kirimkan melalui )nternet. pencetakan. Keuntungan e-commerce $ antaran0a7 a. 1. Meningkatkan value chain 0mata rantai pendapatan1. h. Keuntungan Dan Kerug an E-Commerce 1. sehingga akan langsung di dukung oleh masyarakat perbankan. dan pelayanan lebih responsif. 'agi Perusahaan. Ujicoba pertama kali dari +2T di e-commerce dilakukan di (sia.*ET+2T akan mengenkodekan nomor kartu kredit yang di simpan di server merchant. aman secara fisik dan fleIible . +tandar ini di buat oleh 8isa dan Master-ard. Melebarkan jangkauan 0global reach1. 9evenue :tream 0aliran pendapatan1 baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional. Meningkatkan customer lo!alit!.

c.ehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan. Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak%pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban. b. Membuat produk%produk baru agar segera bisa diakses melalui $eb. kesalahan faktor manusia . d. Misalkan seorang hacker yang berhasil membobol sebuah sistem perbankan. menguntungkan dunia akademis. c. Pencurian informasi rahasia yang berharga. +ecurity 'eberapa metode pengamanan data dalam transaksi 2%-ommerce . d. . .erugian yang tidak terduga. 'agi Masyarakat Umum. Menghasilkan pendapatan baru melalui penjualan online. e. )ni karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut. membuka peluang kerja baru. . ketidakjujuran . +eorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia telah mengganti semua data finansial yang ada. meningkatkan kualitas +DM +elain itu dengan adanya teknologi internet. +etelah itu dia memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri. c. kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik. . b.ehilangan kepercayaan dari para konsumen. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja . praktek bisnis yang tidak benar . . 2. Memperkecil biaya melalui penjualan dan dukungan pelanggan secara online. mengurangi polusi dan pencemaran lingkungan. f.ehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. kelebihan nilai bisnis ini antara lain& a.esalahan ini bersifat kesalahan non%teknis seperti aliran listrik tiba%tiba padam. Kerug an e-commerce $ antaran0a7 a. Menarik pelanggan baru melalui pemasaran dan iklan $eb dan penjualan secara online.

com .id. lelang online.cityu. D+(.riptografi . 2. . contoh& $$$. akan tetapi bisa juga untuk refreshing. . h.euntungan & memberikan jaminan keamanan kepada siapa saja yang melakukan pertukaran informasi meskipun diantara mereka tidak ada persetujuan mengenai keamanan data terlebih dahulu maupun saling tidak mengenal satu sama lain.com. online consulting.+( .bii.com. . 'eberapa aplikasi e-commerce. contoh& $$$.com. contoh& $$$. virtual universities atau e%university contoh& $$$.com.bekas.monster. internet banking. perdagangan saham online.e! & merupakan sistem asimetris 0tidak simetris1 menggunakan beberapa key untuk pengenkripsian yaitu public e! untuk enkripsi data dan private e! untuk dekripsi data.eIpedia.edu.kno$ledgespace. C#nt#( A&l ka! E-Commerce E-commerce akan merubah semua kegiatan mar eting dan juga sekaligus memangkas biaya%biaya operasional untuk kegiatan trading 0perdagangan1. g. pada perdagangan elektronik seseorang dapat bertransaksi dan mendapatan barang7jasa yang diperlukan tanpa bertemu dengan siapapun. ketemu teman dan keluarga dan sebagainya.". Terkadang Menimbulkan . apa yang dilihat dilayar monitor komputer kadang berbeda dengan apa yang dilihat secara kasat mata i.co.dan 2%'ussines & .etrade.com.ired.ekece$aan. Meningkatkan )9D)8)DU(/)+M2. contoh& $$$.com. -ontoh & 2lgamal . real estate. online publishing. contoh& $$$. antara lain& )ndustri pari$isata dan biro perjalanan.ublic e! disebarkan ke seluruh dunia sementara private e! tetap disimpan. +iapapun yang memiliki public e! tersebut dapat mengenkripsi informasi yang hanya dapat dibaca oleh seseorang yang memiliki private e! $alaupun anda belum pernah mengenal bahkan tidak tahu sama sekali siapa yang memiliki public e! tersebut.hk.kompas. sering sekali seseorang pergi ke toko H M(// tidak sekedar ingin memuaskan kebutuhannya akan barang7 jasa tertentu. Tidak M(9U+)(?). internet job market. e% . contoh& $$$. contoh& $$$.ublic . contoh& $$$.

Proses yang ada dalam E-commerce adalah sebagai berikut & a. mereka tidak dapat menemukan apa yang mereka cari di e-commerce. rahasia informasi personal mereka menjadi terbuka. e-merchant harus melakukan banyak proses pemandaian pelanggan.1. menunggu do$nload gambar.com. Di samping itu.commerce. kepala lembaga penelitian di -ommerce9et http&77$$$. Pelanggan e-commerce masih takut ada pencuri kartu kredit.com. *al tersebut belum terjadi memang karena sebagian besar merchant ingin agar orang menemukan . dan kinerja jaringan yang kurang baik.net7 para pembeli atau pembelanja belum menaruh kepercayaan kepada e-commerce. akan sangat memudahkan untuk search engine menemukan sebuah produk secara online. tomasi account pelanggan secara aman 0baik nomor rekening maupun nomor kartu kredit1. ?alaupun demikian Gail Grant. electronic stamp. c. Grant mengatakan jika saja pada halaman ?eb dapat dibuat label yang memberikan informasi tentang produk dan harganya.net7 meramalkan sebagian besar pembeli akan berhasil mengatasi penghalang tersebut setelah beberapa tahun mendatang. contoh& $$$. mencari situs shopping.estamp. dan kemudian harus takut apakah nomor kartu kredit mereka di ambil oleh hac er. Kele%a(an $an Ken$ala E-Commerce Menurut survei yang dilakukan oleh -ommerce9et http&77$$$. d. 2. mencoba mengerti bagaimana cara memesan sesuatu. Pembayaran yang dilakukan secara langsung 0online1 dan penanganan transaksi. Pemesanan secara langsung dan tersedianya tagihan. contoh& $$$. Presentasi elektronis 0Pembuatan website1 untuk produk dan layanan. surfing di e-commerce belum lancar betul. dan sebagainya. Umumnya pembeli masih belum yakin bah$a akan menguntungkan dengan menyambung ke )nternet. b.commerce.insurerate.insurance. Tampaknya untuk meyakinkan pelanggan ini. belum ada cara yang mudah dan sederhana untuk membayar.

unci utama untuk memecahkan masalah adalah merchant harus menghentikan pemikiran bah$a dengan cara menopangkan diri pada <ava applets maka semua masalah akan solved. akan tetapi tetap ada isu%isu serius.B .E-commerce is "ust li e an! automation / it amplifies problems with their operation the! alread! had. . =rant mengatakan. mereka mengalami kesulitan untuk melakukan sharing antara informasi yang diperoleh online dengan aplikasi bisnis lainnya. isu yang ada memang tidak sepelik di atas. +eperti para pengusaha belum punya model yang baik bagaimana cara mensetup situs e-commerce mereka.hanya produk mereka tapi bukan kompetitornya apalagi jika ternyata harga yang diberikan kompetitor lebih murah. . Untuk sistem bisnis%ke%bisnis. Masalah yang barangkali menjadi kendala utama adalah ide untuk sharing informasi bisnis kepada pelanggan dan supplier hal ini merupakan strategi utama dalam sistem e-commerce bisnis ke bisnis. padahal kenyataannya adalah sebetulnya merchant harus me%restrukturisasi operasi mereka untuk mengambil keuntungan maksimal dari e-commerce.

Popularitas ebusiness di penghujung abad #6 dan di a$al milenium baru ini sesungguhnya ditunjang oleh tiga faktor pemicu utama. kemudahan untuk dilakukan di jaringan intranet deplo!ment. seperti perubahan karakteristik angkatan kerja. dan 0<1 faktor teknologi. . Ke! %&ulan Pengembangan aplikasi e-commerce bagi sebuah perusahaan atau lembaga merupakan proses yang cukup kompleks. dan perubahan politik. information overload. 0#1 faktor sosial dan lingkungan. yaitu 0!1 faktor pasar dan ekonomi. Melibatkan beberapa organisasi atau situs dalam penanganan sekuriti dan otorisasi. serta kemampuan cross platform. kesepakatan dagang regional. kesadaran akan tanggung ja$ab sosial perusahaan. inovasi yang muncul hampir setiap $aktu. Perangkat lunak aplikasi e-commerce dalam dunia bisnis dapat mendukung pemotongan rantai distribusi sehingga konsumen dapat memperoleh suatu produk dengan harga yang lebih murah. diantaranya kompetisi yang semakin intensif.BAB III PENUTUP ". Aenis antarmuka $eb dipilih dengan dapat pertimbangan fleksibilitas implementasi perangkat lunak ini yang maupun internet. perekonomian global. dan berkurangnya rasio biaya teknologi terhadap kinerja.1. kesadaran dan tuntutan akan praktis etis. kesadaran dan tuntutan akan praktis etis. meliputi singkatnya usia siklus hidup produk dan teknologi. dan kekuasaan konsumen yang semakin bertambah besar. deregulasi pemerintah.

-lasification.ac.$ordpress./#% diakses pada tanggal #J Maret #6!< ?hat is 2%-ommerce and 2%'usiness K.ppkia. http&77$ilis. http&77csui6>.blogspot.net diakses pada tanggal #J Maret #6!< . 2%-ommerce Dan +tandar%+tandar Dalam 2%-ommerce. http&77one. http&77$$$.com diakses pada tanggal #J Maret #6!< 2.or.l#g!&#t.DA8TAR PU*TAKA Membangun 2%'usiness Di 2ra Modern.. http&77muhammad.pengusaha%indonesia.indoskripsi.com diakses pada tanggal <6 Desember #66J (plikasi )nternet untuk 'isnis.id diakses pada tanggal #J Maret #6!< Mengenal 2%-ommerce.himatif.com diakses pada tanggal #J Maret #6!< )nternet7)ntranet. http&77:aps#J. (tt&799/( nt(a#kt#:ant .com diakses pada tanggal <6 Desember #66J Perdagangan 2lektronik.id diakses pada tanggal #J Maret #6!< +istem )nformasi Manajemen. http&77ting#%imut%pti.