Asal Usul Agama & Hakekat Magi

Dra. Rita Christina Maukar, M.Div.

bertindak dan merasa seperti manusia) Manusia mendapatkan ide tentang agama melalui mekanisme pertimbangan yang sama seperti saintis menjelaskan fenomena fenomena alam. .Gagasan Awal tentang Agama   Edward Burnet Taylor Agama adalah kepercayaan kepada mahluk spiritual (roh yang bisa berfikir.

Muncul bentuk agama awal: animisme yaitu kepercayaan pada roh-roh (anima) yang ada dalam setiap benda. Muncul gagasan tentang roh sebagai yang menghidupkan tubuh. sungai dsb. binatang. maka hal itu berlaku juga bagi tanaman. .Munculnya Gagasan tentang Agama Dua Fenomena Mimpi Bisa ada di tempat lain Kematian     Ada pembedaan antara tubuh hidup dan tubuh mati. Jika roh dapat menghidupkan tubuh manusia.

Pohon.  muncul karakter tersendiri: dewi hutan / dewa laut Mistik / Spiritualitas yang individual Roh Roh Individu kecil Yang terkait sungai. .Perkembangan Agama Roh mulai terpisah dari obyek.Politeisme komplek yang hirarkis. binatang .Monotheisme Zaman Zaman Berburu Pertanian Zaman Kerajaan Zaman Demokrasi .

Definisi Magi: KBBI  Sesuatu atau cara tertentu yang diyakini dapat menimbulkan kekuatan gaib sehingga oleh karenanya dapat menguasai alam sekitar termasuk alam pikiran dan tingkah laku manusia .

dengan usaha-usaha mereka sendiri dalam memanipulasi daya-daya yang lebih tinggi”. entah untuk tujuan baik atau buruk. .Definisi Magi: Mariasusai Dhavamony  “kepercayaan dan praktik menurut mana manusia yakin bahwa secara langsung mereka dapat mempengaruhi kekuatan alam sekitar mereka sendiri.

Ada Tujuannya 2.Mantera .Ciri Magi 1.Alat / obat-obatan 2. Ada Pelakunya (perlu kesiapan khusus spt pantangan) Unsur Praktek : 1.Acara / garapan 3.

Jenis Magi Magi Putih Bertujuan Baik Magi Hitam Bertujuan Jahat .

menanam dan menuai panenan. menyuburkan tanah. Tabu-tabu untuk menjaga milik. Magi untuk: mengumpulkan uang. mendatangkan kematian. lawan terhadap magi destruktif Magi untuk: mendatangkan badai. percintaan. pemeliharaan orang sakit. merusak milik.Pembagian Berdasarkan Tujuan Magi Produktif Magi untuk: berburu. pembuatan hujan. perdagangan. keselamatan perjalanan. menanggulangi kemalangan. Magi Protektif Magi Destruktif . mendatangkan penyakit. pelayaran.

Pembagian Berdasarkan Praktek Magi Tiruan  Magi Sentuhan   Didasarkan pada prinsip kesamaan bentuk atau proses like effects like = serupa mempengaruhi yang serupa  Didasarkan pada hukum sentuhan fisik atau penularan part effects part = bagian mempengaruhi bagian .

Magi Tiruan  Jika seorang menusukkan jarum pada boneka. . maka orang yang diserupakan dengan boneka akan terkena pengaruhnya.

Magi Tiruan   Pada saat petani Rusia menuangkan air melalui saringan pada musim kering. dan semua keluarga memercikinya dengan air. orang-orang mendandani seorang anak laki-laki dengan pakaian dari daun. . dengan keyakinan bahwa ritual ini akan dapat menurunkan hujan. karena air saringan jatuh tampak seperti hujan disertai guntur. menamainya Raja Hujan. penyiraman air dengan cara semacam ini betul-betul akan memaksa hujan turun dari langit. Ketika kekeringan menghantam beberapa desa di India. membuat tanaman tumbuh hijau kembali. mereka membayangkan.

atau kain yang pernah disentuh oleh orang yang bersangkutan. sepotong kuku.Magi Sentuhan  Ahli magi dapat mencelakakan/membu nuh orang lain kalau ia mendapatkan sehelai rambut. .

kekuatan yang memberi hidup dapat ditransfer ke benih jagung mereka. . hanya dengan kontak.Magi Sentuhan  Ketika orang-orang Indian Pawnee menyentuh darah seorang perawan yang dikorbankan untuk alat pertanian mereka. mereka melakukan hal demikian karena mereka sangat percaya bahwa.

Praktek Individual      Tidak menggunakan “obat-obatan”  Sarana Sering menggunakan “obat-obatan” .Agama Vs Magi   Tunduk Adikodrati = Subyek Soal kemasyarakatan Peribadatan yang terorganisasi Sikap Manusia Hubungan Dengan Masyarakat   Memaksa Adikodrati = Obyek Soal perorangan.