NAMA : SELVYANI PASOMBA NRI : 090 111 014 : 13

RUANG

TUGAS NEUROTRANSMITTER
Neurotransmitter merupakan zat kimia yang digunakan untuk merelay, memodulasi, dan menguatkan signal antara neuron dan sel lainnya. Selain lewat sinyal-sinyal listrik, otak memerintah organ-organ dengan menggunakan neurotransmiter. Ini adalah zat kimiawi pembawa pesan. Neurotransmiter ini diproduksi oleh sel-sel di ujung-ujung saraf otak seiring dengan sinyal-sinyal listrik yang melewatinya. Neurotransmiter itu kemudian dilepaskan menuju sel-sel sebelahnya, diterima oleh zat lain yang disebut reseptor (penerima). Berikut ini beberapa jenis Neurotransmitter, antara lain : 1. SEROTONIN Serotonin (5-hydroxytryptamine, atau 5-HT) adalah suatu neurotransmitter monoamino yang disintesiskan dalam neuron-neuron serotonergis dalam sistem saraf pusat (CNS) dan sel-sel enterochromaffin dalam saluran pencernaan. Serotonin adalah NT yang penting dan merupakan hormon lokal pada lambung (gut) dan suatu komponen yang diperlukan saat pembekuan, dan diantaranya berperan juga dalam migren. Sekitar 80 persen dari total tubuh yang serotonin manusia terletak dalam sel enterochromaffin di usus, di mana ia digunakan untuk mengatur gerakan usus. Sisanya disintesis di serotonergik neuron dalam SSP dimana telah berbagai fungsi, termasuk regulasi mood, nafsu makan, tidur, kontraksi otot, dan beberapa fungsi kognitif, termasuk memori dan belajar. Modulasi serotonin pada sinapsis adalah dianggap sebagai tindakan utama dari beberapa kelas antidepresan farmakologis. Serotonin merupakan zat kimia dalam otak yang mengendalikan emosi sekaligus selera makan. Peningkatan aktivitas dan kadar serotonin dalam otak ternyata menekan keinginan untuk makan berlebihan yang didorong oleh stres emosional. Sedangkan efek sampingan yang sering ditimbulkan oleh serotonin adalah rasa pusing dan mengantuk. Dalam darah, serotonin ditemukan dalam platelet yang kadarnya cukup tinggi (konsentrat amin), ini berarti ada mekanisme transport aktif

hukuman dan penghargaan . dan kapasitas untuk merasakan kenikmatan dan rasa sakit. Karena ditransformasi ke dalam platelet dan ujung saraf maka. Kekurangan dopamin dapat menyebabkan kurangnya gerakan dikendalikan seperti yang dialami pada penyakit Parkinson. Serotonin juga ditemukan dalam sel raphe dalam batang otak dimana terdapat neuron serotonergik yang mensintesis. termasuk peran penting dalam perilaku dan kognisi . napsu makan. Neuron dopaminergik (yaitu. serta ditemukan juga dalam mast sel. sejenis neurotransmiter (zat yang menyampaikan pesan dari satu syaraf ke syaraf yang lain) dan merupakan perantara bagi biosintesis hormon adrenalin dan noradrenalin. Dopamin juga merupakan suatu hormon yang dihasilkan oleh hipotalamus. gerakan sukarela . regulasi temperatur. Fungsi utamanya sebagai hormon ialah menghambat pelepasan prolaktin dari kelenjar hipofisis. menyimpan.ah . Serotonin dalam otak terlibat dalam berbagai hal. Serotonin juga terlibat dalam kondisi klinik seperti depresi. DOPAMIN Dopamin adalah salah satu sel kimia dalam otak berbagai jenis hewan vertebrata dan invertebrata. serotonin (5-HT) terkonsentrasi dalam vesikel oleh vesicle associated transporter (VAT) yang dapat diblok oleh reserpin. keinginan. neuron yang utama adalah neurotransmitter dopamin) yang hadir terutama di daerah tegmental ventral (VTA) dari otak tengDopamin adalah jenis neurotransmitter. anxietas. yang nigra pars compacta substantia . Dopamine: mendorong untuk melakukan pekerjaan dan motivasi. perhatian . dan inti arkuata dari hypothalamus. Dopamin bergerak ke lobus frontal dan mengatur arus informasi yang datang dari daerah lain dari otak. Dopamin sangat penting untuk melakukan gerakan yang seimbang dan terkendali.sebagaimana yang terjadi dalam membran ujung saraf serotonergik. 2. suasana hati . dan muntah. Dopamin memiliki banyak fungsi otak. regulasi tekanan darah. Sebuah . berkaitan dengan hubungan dan cinta. persepsi nyeri. dan melepaskan serotonin sebagai NT. tidur . tidur. respons emosional. motivasi . Ini adalah utusan kimia yang sama dengan adrenalin dan otak mempengaruhi proses bahwa gerakan kontrol. kesenangan. inhibisi prolaktin produksi (terlibat dalam laktasi dan kepuasan seksual ). memori kerja . seperti mood. dan belajar . Neuron serotonergik juga ditemukan pada enteric nervous system pada GI dan sekeliling pembuluh darah rodent (tidak pada manusia). dan migren.

sebagai neurotransmitter ini tampaknya untuk menjaga keseimbangan antara agitasi dan depresi. dan belajar. Norepinefrin berperan dalam gangguan mood seperti depresi manik. Sangat terkait dengan tanggapan fisik dan reaksi.. ditunjukkan dalam skizofrenia. 3. Sebuah kekurangan Dopamin dalam lobus frontal dapat mengurangi memori yang satu. emosi. bermimpi. gejala yang ditemukan dalam kondisi beberapa psikiatri termasuk depresi dan ADHD. Norepinefrin tampaknya merupakan neurotransmiter dari "gairah" dan karena alasan itu. Neurotransmiter ini mirip dengan adrenalin dan dirasakan untuk mengatur ambang batas terhadap rangsangan dan gairah. Norepinefrin juga dirilis sebagai hormon ke dalam darah. tingkat lebih rendah dari normal dari neurotransmitter ini menghasilkan tingkat di bawah rata-rata dari gairah dan bunga. kelebihan dopamin dalam sistem limbik dan tidak cukup di korteks dapat menghasilkan kepribadian curiga dan paranoia mungkin. Juga. tidur. Rendahnya tingkat norepinefrin berhubungan dengan hilangnya kewaspadaan. Peningkatan dopamin ke dalam mengurangi rasa sakit lobus frontal dan meningkatkan perasaan senang. dimana hal itu menyebabkan pembuluh darah untuk kontrak dan detak jantung meningkat. NOREPINEPRHIN Norepinefrin adalah neurotransmiter yang penting bagi perhatian. memori miskin. itu dapat meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah serta menciptakan rasa panik dan takut luar biasa / ketakutan. kegelisahan dan depresi berhubungan dengan tingkat norepinephrine di otak. . Ini adalah alasan inilah obat untuk depresi dan ADHD sering menjadi sasaran baik dopamin dan norepinefrin dalam upaya untuk mengembalikan keduanya ke tingkat normal.kekurangan atau masalah dengan aliran dopamin dapat menyebabkan seseorang kehilangan kemampuan untuk berpikir rasional. dan depresi. Secara emosional. Norepinefrin (NE) adalah neurotransmiter sering dikaitkan dengan perjuangan "atau penerbangan" respons terhadap stres.

rileks. GABA (asam gamma-aminobutyric) GABA (asam gamma-aminobutyric) adalah neurotransmitter hambat yang sangat luas dalam neuron korteks. seseorang tampak lebih pede. . Enkefalin merupakan zat alami. Pada vertebrata . sehingga manfaatnya tentunya untuk keperluan tubuh dan terkontrol. yang G protein-coupled reseptor yang membuka atau menutup saluran ion melalui perantara ( protein G ). hangat. termasuk opiate. Hasilnya. dan banyak fungsi kortikal lainnya. maka endorphin dan enkefalin tidak. sehingga manfaatnya tentu sesuai dengan keperluan tubuh dan terkontrol. Zat semacam ini meredakan ketegangan. enkefalin dan endorphin merupakan zat yang alami. visi. GABA bertindak di hambat sinapsis di otak dengan mengikat transmembran spesifik reseptor dalam membran plasma dari kedua-pra dan proses saraf postsynaptic. biasanya menimbulkan hyperpolarization . Hal ini juga mengatur kecemasan. menyenangkan. Jika morfin non-alami bisa memberi rasa tenang namun kemudian bikin bikin ketagihan dan efek negative lainnya. Efek keduanya tidak berbeda dengan opinate lainnya. lega secara alami.diproduksi oleh tubuh. diproduksi oleh tubuh. dan B GABA reseptor metabotropic . 5. optimis. Enkefalin Enkefalin dan endorpin merupakan zat sejenis morfin. Mengikat ini menyebabkan pembukaan kanal ion untuk memungkinkan aliran baik bermuatan negatif klorida ion ke dalam sel atau bermuatan positif kalium ion keluar dari sel. Mereka memberi rasa tenang. Hasil ini bertindak dalam suatu perubahan negatif dalam potensial transmembran . Bedanya.4. GABA berkontribusi untuk mengendalikan motor. Dua kelas umum dari reseptor GABA dikenal: GABA A di mana reseptor merupakan bagian dari ligan ion-gated saluran kompleks. Beberapa obat yang meningkatkan tingkat GABA di otak digunakan untuk mengobati epilepsi dan untuk menenangkan gemetar orang yang menderita penyakit Huntington's. bahagia.