You are on page 1of 5

Tugas Kelompok Mata Pelajaran : KTK

Resep Ikan Goreng Tepung Apem Singkong Donat Kentang Pisang Goreng Kipas

Disusun Oleh : SALMIAH SHEILA ADELIA ROSTINA INDAH SARI

SMP PERGIS MAROS Tahun Pelajaran 2013/2014

1. Resep Ikan Goreng Tepung Ikan Goreng Tepung adalah panganan yang terbuat dari ikan yang di beri bumbu dan di lapisi tepung lalu di goreng, cara mengolah ikan goreng tepung sangat mudah,

Resep Ikan Goreng Tepung a. Bahan : 250 g fillet ikan dory atau ikan tenggiri atau ikan lainnya 1 siung bawang putih, haluskan sendok teh lada bubuk sendok teh garam halus minyak goreng, secukupnya air es, secukupnya 2 sdm tepung terigu 100 gram tepung terigu 1 sendok teh kaldu ayam bubuk sendok teh garam halus Saus b. Cara Membuat Ikan Goreng tepung Cuci bersih ikan, kemudian fillet atau potong sesuai selera Remas-remas potongan ikan dengan bumbu bawang putih, lada dan garam sampai terlumuri rata. Taburi tiap potongan ikan dengan menggunakan sedikit tepung terigu sampai terbalur rata. Kemudian celupkan ke dalam air es lalu gulingkan dalam campuran adonan terigu tepung krispi sambil remas-remas hingga rata. Goreng dalam minyak panas dan banyak sampai berwarna kuning kecokelatan. Angkat lalu tiriskan. Sajikan dengan cocolan saus.

2. Apem Singkong Apem singkong adalah kue basah asli indonesia yang sangat lezat, enak dan murah. resep kue apem singkong ini sangat sederhana dan cukup mudah untuk dipraktikkan. cara membuat apem singkong ini juga tidak membutuhkan waktu yang lama.

kue apem singkong Bahan Apem Singkong : 800 gr singkong parut lalu tiriskan airnya 100 gr gula pasir 100 gr gula merah, sisir halus 100 ml air 1/2 st garam 3 sm tepung terigu 2 sm ragi instan 1/2 btr kelapa muda parut kasar 1/4 st garam 1 lbr daun pandan 3 lbr daun pisang dibuat mangkuk kecil b. Cara Membuat Kue Apem Singkong : Masak gula pasir, gula merah, air dan garam dengan direbus bersama kemudian saring dan dinginkan. Aduk singkong, air gula, tepung terigu, ragi instan dalam mangkuk, kemudian diamkan sampai 1 jam hingga mengembang. Masukkan adonan ke dalam mangkuk daun pisang kemudian dikukus sampai 20 menit. Kukus juga kelapa parut, daun pandan, dan garam selama 10 menit dalam wadah yang berbeda. Angkat lalu sajikan dengan kelapa parut.
a.

3. Donat Kentang Sekarang kita akan mencoba memvariasikan kue donat dengan menggunakan bahan baku kentang. banyak orang yang mengatakan kalau Donat Kentang itu rasanya lebih gurih, lebih empuk dan lebih nikmat

Resep Donat Kemtang a. Bahan Donat Kentang : 500 gr Tepung terigu protein tinggi (yang biasa juga tidak apa-apa) 50 gr Susu bubuk 11 gr (1 bungkus) Ragi instan 250 gr Kentang kukus, haluskan 100 gr Gula halus 75 gr Mentega 1/2 sendok teh Garam 4 Butir kuning telur 100 ml Air dingin Coklat leleh Gula halus atau gula bubuk khusus donat b. Cara Membuat Donat Kentang Campurkan menjadi satu tepung terigu, gula halus, ragi instan dan susu bubuk, Aduk hingga rata. Masukkan kentang yang sudah dihaluskan, Aduk sampai rata. Tambahkan kuning telur dan air dingin, uleni hingga tercampur rata dan menjadi setengah kalis. Masukkan mentega dan garam, lalu uleni terus hingga adonan menjadi kalis (tidak menempel pada tangan) kemudian istirahatkan 15 menit. Bagi adonan menjadi 12 bentuk bulat, lalu diamkan 45 menit hingga mengembang. Cetak adonan dengan menggunakan pencetak donat, atau lubangi bagian tengah adonan dengan jari telunjuk.

Goreng di dalam minyak panas, dengan menggunakan api kecil hingga mengembang dan berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan. Hias donat yang sudah matang dengan menggunakan coklat leleh atau taburan gula halus agar lebih nikmat dan lebih menarik tentunya.

4. Pisang Goreng Kipas Pisang Goreng adalah cemilan untuk hari ini adalah cara membuat pisang goreng kipas kremes. Pasti si kecil langsung lahap deh. Resep Pisang Goreng Kipas Kremes ini sangat mudah. cara membuat pisang goreng kipas ini sederhana, rasa pisang goreng kipas kremes ini lezat dan enak sekali.

Pisang Goreng Kremes a. Bahan Bahan Pisang Goreng Kipas Kremes : 1 sisir pisang nangka atau pisang raja 2 sdm Tepung terigu 6 sdm Tepung beras 1butir kuning telur 2 sdm air kapur sirih 1/4 sendok teh Baking powder garam, secukupnya air, secukupnya b. Cara Membuat Pisang Goreng Kipas Kremes : Kupas kulit pisang, belah menjadi 3 atau 4 bagian secara memanjang, tapi jangan sampai ke bagian ujung, lalu bentangkan atau ratakan hingga menjadi bentuk kipas. Campur semua sisa bahan lainnya, aduk hingga benar-benar tercampur rata, lalu beri air hingga adonan tercampur rata dan adonan menjadi tidak terlalu pekat. Celupkan pisang ke dalam adonan kemudian goreng hingga berwarna kuning keemasan dan saat menggoreng, sisa tepung digoreng dengan cara di siram siramkan mengunakan sendok sedikit demi sedikit hingga habis, dan membentu krispi atau kremes'an. Angkat, hidangkan selagi hangat.