P. 1
LANGKAH – LANGKAH MERAKIT KOMPUTER

LANGKAH – LANGKAH MERAKIT KOMPUTER

|Views: 253|Likes:
Published by damar

More info:

Categories:Types, Brochures
Published by: damar on Nov 03, 2009
Copyright:Public Domain

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/11/2014

pdf

text

original

By Damar Wahyu Utomo

LANGKAH 1 Sebaiknya lakukan perakitan PC di ruangan tertutup dan bebas debu. Siapkan meja kerja yang cukup lebar untuk menaruh semua peralatan dan perlengkapan, serta taruh sebuah kursi yang nyaman. Jangan merokok, karena abu rokok bisa mengotori dan merusak komponen PC, terutama prosesor. Tempatkan air minum Anda jauh dari meja kerja. Gunakan pula lampu penerangan yang cukup terang. Siapkan part yang mau dirakit dan peralatan di bawah ini :

By Damar Wahyu

1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8.

Prosesor Fan prosesor Motherboard Memori RAM VGA / AGP Card Sound Card Hard Disk LAN Card (Optional)

9. USB Card (Optional) 10. Optical Drive (CDROM) 11. FDD (Optional) 12. Kabel IDE 13. Kabel FDD (Otional)

By Damar Wahyu

1. Obeng 2. Gelang anti statik (Optional)

Perangkat tambahan
1. Monitor 2. Keyboard 3. Mouse
By Damar Wahyu

Untuk menghindari arus statik pastikan outlet listrik di rumah Anda telah dibumikan atau gunakan gelang antistatik dan sandal karet.
By Damar Wahyu

  

Siapkan casing, bukalah dari dusnya dan keluarkan. Casing contoh yang gunakan di sini adalah model tower dengan penutup samping. Bukalah kedua penutup samping dengan melepas keempat baut yang berada di belakang casing. Pasanglah swicthing power supply unit (PSU) adapter pada tempat yang telah disediakan.
By Damar Wahyu

Bukalah boks motherboard Anda, keluarkan dan letakkan mobo tersebut di meja. Namun sebelumnya, beri alas pada bagian bawah motherboard dengan gabus yang tersedia dalam boksnya. Carilah soket chip prosesor pada motherboard. Soket tersebut memiliki lubang sesuai dengan jumlah pin pada chip. Pada salah satu sudutnya pasti ada dua lubang yang tertutup.
By Damar Wahyu

By Damar Wahyu

By Damar Wahyu

Lepaskan tuas pengait prosesor dengan cara menekannya lalu tarik ke atas.  Posisi pengait tersebut harus benar-benar tegak lurus, sehingga lubang soket terbuka seluruhnya.  Ambillah prosesor, peganglah pada sisi-sinya. Lalu posisikan pada soket prosesor, pastikan sudut yang bertanda segitiga berada di dekat pengait.  Tancapkan chip prosesor pada soket dan pastikan pinnya menancap semuanya. Berhati-hatilah, jangan sampai pinnya bengkok atau patah.

By Damar Wahyu

Setelah chip masuk dengan tepat ke dalam soket, turunkan kembali pengait dengan cara menekannya ke bawah (arah panah).  Kaitkan hingga benar-benar terkunci agar chip prosesor tidak lepas.(biasanya sampai terdengar bunyi klik) Chip yang tidak terkunci bisa pula menimbulkan error saat komputer dijalankan .

By Damar Wahyu

Beri heatsink dan fan pada chip prosesor agar prosesor tidak cepat panas dan tahan lama  Oleskan sedikit thermal paste atau pasta pendingin di atasnya  Tempelkan heatsink dan kipas di atasnya  Kuncilah kipas prosesor dengan menekan dua pengaitnya secara bergantian dan hati-hati.  Lalu tancapkan kabel power untuk kipas ke motherboard

By Damar Wahyu

By Damar Wahyu

Pasang kartu memori (RAM) pada slot DIMM yang telah disediakan  Kunci posisinya dengan memasukkan pengait pada tuas penguncinya ke lubang pada kartu memori

By Damar Wahyu

 Beralih

ke casing, pasang baut alas untuk mobo pada pelatnya.  Kemudian kencangkan baut tersebut dengan menggunakan tang.

Siapkan pula pelat penutup belakang, sebagai tempat munculnya port PS/2, USB, COM, paralel dan soundcard. Plat ini juga disertakan saat Anda membeli casing PC.  Pasanglah pada sisi belakang casing, posisinya di bawah power supply.  Setelah itu, pasanglah bautnya.

 Angkat

motherboard dan letakkan ke dalam casing.  Setelah terpasang semuanya, kencangkan satu persatu dengan menggunakan obeng.

Pasang konektor yang berasal dari lampu LED, spiker, tombol power dan tombol reset PC ke mobo.

 Hubungkan

konektor kabel power yang berasal dari PSU ke port power yang berada di mobo.

By Damar Wahyu

 Tancapkan

pula konektor power prosesor pada port power tambahan.

By Damar Wahyu

MEMASANG KARTU VGA

By Damar Wahyu

MEMASANG KARTU SUARA

By Damar Wahyu

Memasang port USB tambahan dibagian depan PC.

By Damar Wahyu

 memasang

kipas tambahan pada casing untuk menjaga sirkulasi udara di dalam PC tetap normal.

By Damar Wahyu

MEMASANG HARD DISK Aturlah jumper pada hard disk. Bila hard disk yang akan Anda pasang cuma satu, maka setlah jumper ke posisi “MASTER”. Jika ada dua hard disk, maka cabut jumper hard disk ke dua dan posisikan sebagai “SLAVE”. Petunjuk pemasangan jumper biasanya ada pada sisi atas hard disk.

By Damar Wahyu

 Pasang

kabel data IDE jenis ATA/66 pada port data di belakang hard disk yang punya 49 pin (24 pasang + 1 pin).  Pasanglah kabel power dari power supply ke hard disk.  Setelah itu pasang hard disk pada drive bayberukuran 3,5 inci.

By Damar Wahyu

MEMASANG FLOPPY DRIVE Lakukan seperti memasang Hard Disk

By Damar Wahyu

MEMASANG CD-ROM DRIVE

By Damar Wahyu

 Pasangkan

kabel CD-ROOM drive. (Kabel IDE, kabel CD audio dan kabel power)

By Damar Wahyu

Sambungkan konektor Mouse, Keyboard, dan monitor juga kabel power CPU dan monitor. Lihat gambar disamping untuk lebih jelasnya tentang port – port pada motherboard.

By Damar Wahyu

By Damar Wahyu

 Tekan

tombol power, jika di layar monitor menampilkan menu BIOS seperti contoh gambar di bawah ini berarti proses perakitan yang anda lakukan telah sukses.  Selanjutnya anda akan bisa melanjutkan proses instalasi software.

By Damar Wahyu

By Damar Wahyu

By Damar Wahyu

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->