You are on page 1of 45

@JayaYEA JayaYEA

Ebookiniadalahebookgratisyangprosesmendapatkannyamemerlukanupaya
dankeberanianuntukbertindak. Banyakorangyangmembacapublikasitentang
gratisnyaebookinitapitetaptakbertindak, bisajadikarena:
Ragu, Masasihhariginiadaebookyangdibagigratis?.
Menunda, Nantiajaahh, tohgratis.
Putusasa, Koqsusahamatsihmaudapatyanggratisan!
PikiranKotor, Palingebooknyahanyapreviewuntukjualebookversitebalnya.
Ataualasan-alasanlainnya..
Bagi Anda yang berhasil mendapatkan ebook ini, berarti Anda bukan
bagian dari orang-orang diatas. Maka dari itu, saya berani mengatakan,
TakmungkinAndatakdapatmenjadipengusaha.
i
@JayaYEA JayaYEA
Jadi
Jangan bagikan ebook ini selain melalui jalur semestinya, karena akan
memandulkan kemampuankawanAnda. Cukupinfokanlinkyubistore, tempat
Andamendapatkannya, selanjutnyabiarkanmerekaberusahasendiri. Setuju..?!
Dalam 7 hari, Anda bisa jadi juragan hanya dengan 7 langkah ini. Formula
simpel ini sudah saya bagikan sejak saya keliling Indonesia tahun 2005 2011.
Rata-rata saya mengisi 120 kelas atau seminar di 40 kota lebih se-Indonesia.
Cukupterbuktikan..?!
ii
@JayaYEA JayaYEA
iii
Jangan lakukan speed reading

Karena saya menulisnya juga bukan speed writing, artinya banyak pesan
tersembunyi yang baru akan Anda pahami saat Anda baca berulang. Lagipula
materiyangsayasampaikanbukanlahbahanbacaan, tapipenuhdengantugas
praktik.
Modal..?
Klasik sekaleee kalau itu alasan Anda untuk tidak mulai, sudah kuno..! Coba
cari alasan yang lebih kreatif donk. Soalnya sudah terbukti bahwa banyak
sekali miliarder yang mulai dengan tanpa modal. Jadi buat saya, yang masih
menggunakan modal sebagaialasanuntuktidakmulai, menurutsayatakusah
teruskanbacaebookinilagi, karenaAndatetaptidakakanmulai, meskisudah
ditunjukkanjalannya. Pedasss..!
@JayaYEA JayaYEA
BisnisapayanginginAndabuka?
Barulevelinginlho, belumbayarapa-apa, kenapatakut?
Ambilahselembarkertaskosongtakbergaris,
kemudianmulailahcoretkhayalanAndasecaraliar.
Masihbingung? Bingungyangmana.. ?

Ada 5 macam BINGUNG buka usaha:
Punyaide, mulaidarimana?
Punyatempatgaktahumaubukaapa?
Punyaprodukunggulan, selanjutnyaharusapa?
Gakpunyaidesamasekali.
Bingungkebanyakanide.
Yuk kita bahas satu persatu..
1
Mulai dari mana?
Hari ke
1
@JayaYEA JayaYEA
Punya ide, mulai dari mana..?

MulailahdarimenginderakanideAnda. Banyakidemeluap, karenatak
diinderakandengansempurna. Selainmembuatbukuimpian, hidupkan
impian-impianAndadenganmelihat, mendengar, merabasecaralangsung
impianAnda. Tentutakberlakupadasemuaimpianlho. Mobil, rumah,
bisnis, bisaberlaku, tapijangandengangadisimpianAndadengan
meraba-raba. Nikahiduluyaa,
hehe..
2
@JayaYEA JayaYEA
3
Punyaidebukanberartiharussuperunikatautotalbaru. Untukbisnis
pertama, takperluidealis. Anggapsebagailangkahperkenalandengandunia
bisnis. MisalnyaAndapunyaidemembukausahacucimobil, datangilah
cucimobilterbaikyangAndaketahui. Bukansekadarmenuliskanimpian
Anda, tapilangsungdatangitempatnya, amati, tanyaselukbeluknya. Dengan
mendatangisecaralangsung, Andaakanmendapatkangairahlebihdan
informasiyanglebihakurat.
Sekali lagi jangan hanya berandai, apalagi membuat kesimpulan yang negatif
sebelum mencari terjun ke lapangan. Dulu saya punya pikiran kotor, kalau
maubelirumah, pastiharuspakaiuangmuka. Setelahsayaterjundilapangan,
ternyata bisa tanpa uang muka, bahkan bisa dapat uang kelebihan pembelian
properti, anehkan? Yabegitulahbedanyapraktikdenganteoridoank.
@JayaYEA JayaYEA
Punya tempat gak tahu mau buka apa?
Cekradius 5 km, semut jenisapayangtinggaldanlalulalangdisekitarlokasi
Anda. Terbaikgunakanpetadantandai:
Dimana saja letak sarang semut?; Sarang semut adalah tempat dimana para
semuttinggaldisuatutempatlebihdari 6 jam, sepertiperumahan, kampus,
perkantoran, pabrik, apartemen.
Petakan para pengundang semut; Pengundang semut adalah institusi atau
bisnis yang menarik para semut berdatangan dalam durasi yang tak lama,
sepertirumahmakan, minimarket, klinik, bimbelataumungkinfranchiseyang
ngetop.
JenissemutapasajayanglalulalangdilokasiAnda? Jenisapayangterbanyak?
4
@JayaYEA JayaYEA
Adakah sarang semut atau pengundang semut terdekat (sederetan) dengan
lokasi Anda? Jika iya, maka bidiklah target pasar serupa dengan produk/
servis yang melengkapi pengundang semut. Misalnya, samping lokasi Anda
ada bimbingan belajar untuk siswa SMP dan SMU. Maka usaha yang bisa
melengkapipemenuhankebutuhan, seperti: kafeuntukanakmuda, jualbaso,
sushi, esteler, alattulisdanasesorisanakmuda.
Kapan saat teramai di depan lokasi Anda? Pagi, siang, malam? Perhatikan
jenissemutnya.
Siapa tepatnya yang biasa lalu lalang di tempat Anda, carilah produk untuk
melayanimereka.
5
@JayaYEA JayaYEA
Punya produk unggulan, selanjutnya harus apa?

Lakukan ujingangenin, desainkemasanyangmenarik, buat merekyangngetop,
sepertidiuraikansecaradetaildiebookBukaLangsungLaris.
Gak punya ide sama sekali.

Pergilah ke pasar, mal, pusat keramaian, atau social media. Apa yang mereka
perlukanatauapayangsedangtrensaatitu? Ikutisaja, AmatiTiruModifkasi.
Bisnis pertama jangan terlalu idealis, nanti hilang momentumnya. Cari bisnis
yangbisadirealisasikansegera. JanganmemilihjenisbisnisyangmembuatAnda
banyakalasanuntukmenundaatautakmemulainya.
6
@JayaYEA JayaYEA
Masih belum ketemu?
Buka bisnis yang menjadi kebutuhan sejuta umat. Misalnya di bidang kuliner,
palinggampangjualbasoatauayam, yabukaitusaja. Jikamaubukalangsung
laris, yabidiklahpasarpotensial; menawarkanprodukyangsedangdibutuhkan
banyakorang, apalagimasihsedikitataubahkantakadakompetitor.
Masih belum ketemu lagi?
Datangilah pameran peluang usaha, googling tentang ide usaha yang sedang
tren. Apapunusahanya, yangpentingmulaiajaduludanmulaidarikecildahulu.
JikaAndaterlalutakutuntukmemulai, makapeluang-peluangberikutnyayang
lebihbesar, takakanterihat.
7
@JayaYEA JayaYEA
8
Tahun 2004, saatmembukakebundiPulangRempang (terhubungdengankota
Batam) untukalmarhumayahsaya, takterfkirakanmenjadisuatubisnis. Niatan
sayawaktuituhanyamempensiunkanorangtuasaja. Ayahsayabertanya, Dari
manakitabisadapatpetani, disinikansulit.. Sayajawab, TenangajaPah, in
syaaAllahadajalannya..!. Gakberapalamakemudian, sayamenabrak 2 orang
suku Flores menggunakan motor, yang melanggar jalan saya. Ternyata kedua
orangtersebutadapetanihandal jebolan Malaysia. Ketemudeh..
Belum selesai..
Saat panen, hasilnya melimpah dan sangat berkualitas. Awalnya kita ditekan
oleh tengkulak, kemudian terfkirlah untuk mencari alternatif pelanggan yang
lain. Saat kami mendatangi beberapa supermarket dan hypermarket di kota
Batam, takhanyamerekamenerimahasilpanenparedankacangpanjangkami,
@JayaYEA JayaYEA
merekajugabertanya, Adalagisayurnyaselainini?. Sayabertanya, Perlunya
apa saja? Ada contohkah?. Itulah cikal bakalnya PT Momentum Petani Jujur
(The Farmer) didirikan sebagi supplier F&B ke resto, rumah sakit, perhotelan,
hypermarket.
Bingung kebanyakan ide

Pilihmanayangmemungkin untukdibukasegeradanminimkompetisi. Jika
semuaideAndamemenuhikriteriaitu, ambilsajakertasdanpotongkecil-
kecil, tuliskanmasing-masingidedikertastersebut. Kemudianlinting, kocok,
danambil 1. Jenisusahaapayangkeluar, ituyangdibuka. Koqbegitu? Yakan
sama-samagaktahu, bisnismanayangakanmembawakeuntungannantinya.
9
@JayaYEA JayaYEA
10
SeolahAndapikirsayabecanda, tapiituideyangseriuslho. LebihbaikAnda
jatuhbangkrut, daripadatakberaniuntuk
memulai. Seringkalipeluangbesarlainnya
justrutersembunyidibalikkegagalan
kita. Kapanmauketemurejekigede
kalojalanajakagak..!
Ser i ngkal i
kegagal an ki t a membuka
pi nt u keber hasi l an
ber i kut nya
@JayaYEA JayaYEA
Kalau cara lama, membuat perencanaan, baru eksekusi. Biasanya, mbahnya
alasan akanberdalihuntukmelakukanpenundaan. Darialasanbelumsempurna,
nanti-nanti, hinggaalasan kucing sakit. Kenapabegitu? Karenatidakadatanggal
yangpastikapanakanmulai..!

Buattargetdulu, barurencana..
Ciptakan The Power of Kepepet
Hari ke
13
2
@JayaYEA JayaYEA
Tentukandahulu:
KapanTargetbukausaha; tanggal, bulan, tahun.
Dimanaancer-ancerlokasinya (jikabukaoutlet).
Apahukumannyajikatidakmulai?
Umumkanviasocialmedia, radioataukoran.
Contoh:
Langsung
dijamin
pecicilan,
ngebut
merealisasikan
target.
14
@JayaYEA JayaYEA
Setelah itu apa yang harus saya lakukan Mas J? >> Percaya saya, Anda akan
lebih cerdas dari yang Anda pikirkan kalo sudah kepepet. Sebaiknya tenggang
waktuyangdiberikanuntuktargetbuka, janganlebihdari 1 bulan. Karenajika
terlalulama, momentumnyaakanhilang.
Masih belum cukup..

Kebiasaanmerekayangbelumpunyausahabiasanyaberandaidanberfkir
urut.

Iyakalaulancar, kalaugak..?
Jangan-janganketipulagi..
Truskalaukitabangkrutgimana?
Nantidiaingkarjanji, kitayangrugidonk..
15
@JayaYEA JayaYEA
Boleh saja berandai, tapi mbok ya jangan yang negatif saja, coba yang positif
juga.

Iyakalaumacet, kalaudibayarlancar, kitabisakelebihanduitnih..!
Jangan-jangandialebihbaikdariapayangkitaharapkan.
Truskalaukitakayaraya, untungmiliaranperbulan, repotjugangabisinnya.
Apapun yang terjadi, kita gak akan pernah rugi. Karena untung pengalaman,
ketrampilan, kredibilitas..
Kasih DP
Lepasdarihukumnya, sebenarnyahutang (bisnis) ituadalahsalahsatumotivasi
terbesar seorang pengusaha. Dalam kondisi nyaman, kita sering terlena. Saat
16
@JayaYEA JayaYEA
AdajalantengahyangbisadiambiluntukmembuatAndalebihkepepet, yaitu
memberiuangmuka (DP) untuksewatempat, pembelianbarang, renovasidan
lainnya. JaditakadaalasanlagibagiAndauntukmundurataumenunda. Setelah
ituyangterngiangdibenakadalah "Bagaimanaharusbisa..?!!", bukanlagi "Bisa
gakyaa..??". Jangan jiper duludonk. DPitugakharusgedhelho. 100 ribujuga
DP, asalempunyamauterimaaja. BeraniterimatantanganDP..?
17
kitabangkrutdanmeninggalkansetumpuktagihan, baruotakkitalebihcerdas
darisebelumnya. Tentusajaadadosisnyadantetapmenjagakredibilitas.
@JayaYEA JayaYEA

Berfkirsistematiskadangtakbaikuntukseorangcalonpengusaha, serupadengan
berpikir linier. Misalnya kalau mau buka usaha harus survei pasar, membuat
businessplan, mencarimodaldanharustersediasemua. Itulahracunnyacalon
pengusaha. Itu juga alasan kenapa yang gak jagoan di sekolah, berhasil jadi
jagoan di lapangan. Karena mereka tak berfkir urut. Apa yang di depan mata
bisadikerjakandahulu, hajarbleh.
Andabisamulaidarimembuatkartunama, iklanpromosidimedia, meskiusaha
Anda belum buka. Trus kalau orang mau pesan gimana? Ya kalau belum ada,
18
Gak Harus Urut
Hari ke
3
@JayaYEA JayaYEA
tinggalbilang "GakadastokPak" >> benerkan, gakbohong?!! SetidaknyaAnda
bertambahsemangat, karenaternyatapermintaannyasudahbanyak, WoW..!!
C oba perhatikan toko-toko hape,
biasanya terpajang banyak kardus-
kardus hape. Emang ada stoknya?
Kebanyakangakada. Cobaajatanya
ke mereka, "Yang itu ada stoknya
g ak?". Ntar mereka jawab, "Ada
di gudang.." >> gudang temennya.
Ataujawabnyabegini, "Lagikosong
M as.." >> emang dari dulu gak
pernahisi, hehehe..
19
@JayaYEA JayaYEA
S aat buka usaha pertama kali, saya hanya bermodal kartu nama 'CV' saja.
Kemudiankelilingnaikojekkelingkunganindustrimemperkenalkandirisebagai
suppliersparepartmesinindustri (sayajugatakpunyastoknya). Setiapditanya,
"Adabarangsepertiinigak?". Sayajawab, "InsyaaAllaahada..!" >> denganasumsi
barangitucukuppasaran (adamerekdankodeprodukyangjelas) dandibuat
oleh manusia, bukan jin. Bill Gates saja 'nyeplos' DOS di depan IBM, padahal
diabelumpunyaprogrammnyakoq. (bacakisahnyadiThePowerofKepepet)
Memangbelumtentusemudahitu. Saatitusayajugaditolakberkali-kalidahulu,
s ebelum saya menemukan jalan yang lain. Setelah gagal masuk lewat pintu
d epan, saya masuk lewat pintu samping. Di lingkungan industri, populasi
cowoksangatsedikitdanrata-rataengineer. Karenasayagagalmasukmenemui
bagianpembelian, sayamencobamasukmelaluiengineersebagaienduser-nya.
20
@JayaYEA JayaYEA
Dimana mereka biasa berkumpul? Aha, saat makan siang di pujasera. Ciri-ciri
engineer, laki-laki, pakaianagakjorok (dibandingstafkantoran), adatestpendi
sakumereka. Nah, sayadatangisaatmerekamakan, pura-puramintaijin 1 meja.
Setelah basa-basi, kenalan, biasanya mereka bilang, Wah, kita perlu lho spare
part seperti itu. Siang nanti datang aja, saya kenalkan ke bagian pembelian...
Asikasik.. indahnyapraktik..
21
Bukannya
t ak masuk akal i t u,
t api akal nya yang
bel um masuk. .
@JayaYEA JayaYEA
Hindari kata modal. Gantikan kata 'modal' dengan 'nego'. Bukankah
modalituuntukmembeliperlengkapan, sewatempat, gaji, danlainnyal?
Misalnya ada 100 hal yang anda perlukan: gerobak, tempat, sign board,
peralatan masak, brosur, panggangan dan perlatan lainnya. Mana yang
bisaAndaadakandahulutanpamodal?
23
Gantikan 'modal' dengan 'nego'
Hari ke
4
@JayaYEA JayaYEA
Nego gratis
TempatbisaAndadapatkandengannegogratis 3 bulan, bahkan 2 tahun (saya
sudah buktikan dan ceritakan di buku pertama saya). Saya juga pernah dapat
sewagratisdisalahsatumaldiManggaDuaselamasetahun. Caranyagimana?
Buatproposal: 10 AlasankenapausahaAndalayakmenjaditenantanchordisana..!
Tokcer..!
J ika toh Anda tak mendapatkan gratis, Anda bisa mendapatkan lebih murah
atausistempembayaranyangringan. "Masa' merekamausihMasJ..?" >> coba
dulubarukomentar. Kalaugakmaugimana? Yacariketempatlain, sampaiada
yangmau..!
24
@JayaYEA JayaYEA
Bayar mundur

Kalaugakbisagratis, bisamintadiskondanbayarmundurataucicilringanke
pemilik tempat, kontraktor, atau supplier Anda. Dengan begitu aliran kas jadi
sehat. Ingat: negosiasi bayar mundur ini tidak hanya berlaku saat awal Anda
takpunyaduitsaja, tapiakanberlakuseterusnya. JangansaatAndapunyaduit,
kemudian jor-joran dengan membayar semuanya tunai, kemudian saat 'hujan'
tiba, Andatakpunya 'payung'.
Minta DP
SiapapunyangterlibatdalamprosesbisnisAndabisamenjadiinvestor, termasuk
pelanggan Anda. Anda bisa meminta uang muka (down payment) baik secara
25
@JayaYEA JayaYEA
cuma-cuma atau dengan iming-iming diskon atau bonus tambahan. Dengan
demikianuangmukatersebutbisadigunakanuntukmembayarkewajibanlain
yangjatuhtempo.
Jikaopsibayarmundurdanuangmukadigabungkan, makaAndaakanmendapati
'lumbung kas' Anda selalu terisi. Kas Anda adalah darah Anda. Jika kehabisan,
bangkrutadalahancamannya.
Tukar guling atau bantal
B anyak jalan menuju Roma. Gak punya tunai, bisa bayar dengan barang
atau tenaga (jasa) yang kita miliki. Prinsipnya sama-sama membutuhkan dan
menguntungkan. Saya pernah nego beli mobil dengan sebagian bayar pakai
26
@JayaYEA JayaYEA
trainingsaya. Begitujugasewa
gedungYEABandungpertamakali,
harga 9,6 jutamenjadi 1,5 juta
ditambahtraining. Sudahmasukakal?
Orang lebih percaya jika
Anda sudah mulai
MisalnyaAndaberhasilmendapatkan
tempatgratisdangerobakbayar
mundur, makaAndalebihmudah
untuknegosiasiberikutnya.
27
@JayaYEA JayaYEA
Tempat? Kitasudahada. Gerobak? Sudahdipesan. Kitahanyaperlutambahan
modalsedikitlagi.. >> lebihpunyaposisitawardibanding:
RencananyakitamaubukadidepanMalYubiYubi. Rencananyaakanbeligerobak.
Rencananya juga mau mulai promosi, kalauuuuuuu sudah dapat investor >>
caloninvestorjugaragudengankesungguhandankegigihanAnda.
Berdagang sebagai jembatan
Ada yang tanya, Mas J, apa bedanya pebisnis dengan pedagang?. Saya jawab,
Gak penting tentang defnisi, yang penting kamu bisa mandiri deh... Belajar
bisnisbisadimulaidariberdagang, sepertiyangNabilakukan. Kenapaberdagang?
Karenabelajaruntukmemasarkanituutama. Hindarilahproduksisaatpertama
kali usaha. Setelah aliran uang lancar, silakan merambah ke produksi untuk
memaksimalkankeuntungan.
28
@JayaYEA JayaYEA
Kata orang, kreatif itu berfkirdiluar kotak. Menurutsaya, kalau mau beneran
kreatif, berfkirlahtanpakotak. Karenadiluarkotak, artinyamasihmembandingkan
dengankotakdisampingnya. Kalautanpakotak, takadapembandingsebelumnya.
Selamaituhalal, hajarsaja..!

Promosiintinyaapasih? MembuattargetpasarAndamengetahuiproduk/merek
Anda, sehinggamerekainginmencoba. Artinyatidakadakeharusanuntukbayar
barusahdisebutpromosikan..? Tohsekarangbanyakmedia-mediagratisseperti
Blog, Facebook, Twit, jugaYukbisnistentunya. Bukanhanyagratis, mediasosial
terbukti menghasilkan efek viral dalam penyebaran 'virus' merek Anda. Untuk
optimasipemasaraninternetdanmediasosial, bisabacailmugratisnyadiHOT.
yukbisnis.com.
29
Promosi Gratis
Hari ke
5
@JayaYEA JayaYEA
30
"TapiMasJ, itukanuntukorangyangmelekinternetdoank. Gimanakalau
emak-emakdinosauruskayakkita..?".
TenangMak.., bisacobakirim
lagudiradio, "Maukirim
lagubuatsemua
kru 'BatagorEmak
Cantik' donk. Lagunya:
UdahPutusinAja..!".
Caralain, sering-
seringmenghilang
diMaldeketlokasi
usaha, "Pengumuman,
panggilankepadaEmak
CintadariBatagor
@JayaYEA JayaYEA
Cara lain lagi..
PromosiyangterbaikadalahlangsungkonversialiasmenyicipiprodukAnda (tak
harus makanan lho..). Caranya? Tawarkan harga diskon habis ke pertemuan/
acarakomunitas. Takusahambiluntungpunsudahuntukproduknya 'dicicipi'
olehkonsumen. TentusajapastikanprodukAndasudahlulus 'UjiNgangenin'.
31
EmakCantik, ditunggurekannyadiinformasi..!". Cobasehari 10 xmenghilang,
cepetdehterkenalnya. Sering-seringboardingterlambatjugamembuatAnda
terkenalse-bandara.
@JayaYEA JayaYEA
Penyebar Virus
Pikirkan, bagaimanacaranyaagarprodukAndalebihcepatdikenalolehbanyak
o rang, dengan biaya seminimum mungkin. Terpenting adalah memuaskan
pelanggan Anda. Karena pelanggan yang puas, mulutnya akan kemana-mana.
Media sosial, komunitas dan para bintang/tokoh bisa menjadi penyebar virus
yangcepat. Tentu 1 halyangharusdipenuhiterlebihdahuluadalahproduk/jasa
yangbenar-benarmemuaskanminimum 80% pelangganAnda.
32
@JayaYEA JayaYEA
Mendapatkanomzet 100 juta, bisabanyakcara. Andasendirianmenjualsejumlah
100 juta. BisajugaAndamerekrut 10 orangreselleruntukmenjualmasing-masing
10 juta. Atau merekrut 10 orang reseller tersebut, merekrut masing-masing 10
orangdropshipperdenganomzet 1 jutaperorang. Samakanhasilnya? "Tapikan
harusngasihmerekakomisisegala?" >> Jikakitakikirdalamberbagi, justruakan
lambat dan sedikit yang akan kita dapat. Cek aja, adakah pengusaha triliuner
yanggakpunyakaryawan, semuanyadiakerjakansendiri? Yakingakada. Semakin
tinggigunungyangakandidaki, semakinbesartuntutankerjasamanya.

33
Pakai Dongkrak
Hari ke
6
@JayaYEA JayaYEA
Dongkrakbukanhanyabagianpenjualansaja, tapijugabagianlainnyayang
takkitamiliki. Sayapribaditakmaubekerjasendirian. Sayaselalubermitra
denganoranglain. Takada
sahamperusahaansaya
yangsayamiliki 100%.
Semuaorangbisaberbisnis
asalkanmaubekerjasama.
Apakelebihankita,
disitukitafokuskan. Apa
kekurangankita, disitukita
berkolaborasi. "Kalausaya
gakpunyakelebihanMasJ?"
>> simakberikutini..
34
@JayaYEA JayaYEA
Sering saya katakan kepada para mahasiswa bahwa saat kuliah, berkawanlah
dengan 3 macam kawan. Pertama, kumpullah dengan mereka yang pandai,
kelak mereka akan menjadi manajer-manajermu. Kedua, kumpullah dengan
mereka kaya, kelak mereka akan jadi investormu. Ketiga, kumpullah dengan
merekayangsupel, kelakmerekaakanmembantumemasarkanprodukmu. "Lha
kalau mereka bertiga saling kumpul, aku jadi apa donk Mas J?" >> Anda jadi
orangyangmenjerumuskanmerekauntukmelangkah. Karenatanpalokomotif,
gerbong gak jalan. Jangan takut bermitra dengan orang lain. Meskipun ia
menghianati Anda suatu saat, tak akan sia-sia pengalaman, kredibilitas dan
jaringanyangtelahdibangun.
Selaintenagaoranglain, yangtakkalahpentingadalahmencarimentorbisnis
yangbisamemberikanjalanpintasyangtakterfkirkanolehAndasebelumnya.
Daripadatrialerrorterus, lebihbaiktrialbener.
35
@JayaYEA JayaYEA
36
Ngeyel dengan Strategi
Hari ke
7
@JayaYEA JayaYEA
Cobaperhatikanlalat, diapunyakonsistensi (baca: ngeyel), tapisayangnya
iatakpunyastrategi. Iaterusmenerusmembenturkankepalanyake
kaca, berharapjendelakacaakan
terbuka. Bedadengan
dengansemut, saattahu
kacatakdapatdilalui,
semutmemilihmundur,
belokkananataukiri,
mencarijalanlain
untukmencapaitujuan.
Begitulahseharusnya,
ngeyel (gigih) ituharus,
tapibukanmainsruduk
saja. Inialurnya..
37
@JayaYEA JayaYEA
"Batusekerasapapun, jikaditetesidengan
airterus-menerusakanberlubangjuga." >>
Setuju..! Tapikalautujuannyamelubangibatu,
pakaiborajalebihcepat, hehehe.. Itulah
ilustrasingeyeldenganstrategi.
Wajarjikapengusahapemulamemilikisifat
kutuloncat aliascobasana-sini. Sah-sah
ajauntukmencaribentukyangpasuntuk
dirinya. TapikapanAndamau menikah dan
beranakpinak, kalocoba-cobaterus? *bisnis
maksudnya..*.
38
@JayaYEA JayaYEA
Jika amunisi Andapas-pasan, mulailahbisnisyangmenghasilkanuang
(cashfow) harianataubulanan, bukanproyekan, apalagitahunan. Kelancaran
tunaipadabisnisAndasangatpentinguntukkeberlangsunganbisnis. Bisa
jadisecaralaporankeuangan, perusahaanuntung, tapijatuhbangkrutkarena
uangtunainyakurang (macetdipiutang). Setelahbisnisber-cashfowharian/
bulananlancar, barulahekspansikebisnisyangber-cashfowproyekan.
Bagaimanapun, takadayangbenaratausalahdalambisnis. Yangadaadalah
konsekuensiatauakibatdarisetiappilihanataukeputusankita. Jikakita
meyakinibahwa kegagalanadalahpembelajaran, makatakadayangsia-sia
danperluditakutkanpadasetiapkeputusankita.
39
7
Hari Jadi Juragan