Galau. Galau.

Galau
Entah siapa yang mulai. Entah kapan semuanya dimulai. Tiba-tiba galau jadi
eksis banget. Visualisasi status galau yang ada di mana - mana. Mulai dari di
Facebook, Twitter, BBM, dll. enyebab galau buat masing-masing orang pasti
beda. Tapi yang pasti, semua orang pasti pernah galau. !ari presiden, ustad", orang
alay sampai tukang becak. !ari yang cantik sampai yang #$aaa lo liat sendiri lah
ya ini orangnya gimana. !ari bayi, sampai nenek - nenek. Bahkan mungkin sampai
ke seluruh dunia. %tulah yang sangat booming di kalangan kita-kita ini. &alau,
galau, galau dan galau lagi.
intu kamar tiba-tiba terbuka, '('( menghampiri B('( tampil heboh,
baju ) aksesorisnya seperti *ady &aga mau konser.
'('( + , lagu lady gaga- $uhuuuuuuuuuu. Bar, gimana bajuku/ 0eren kan/
,'ara berputar-putar, memamerkan baju hebohnya. Bara menoleh sekilas, gak
tertarik. 'ara berdiri di samping Bara. 'ara menatap Bara, prihatin-
'('( + 0amu gak keluar/ ergi kemana kek gitu. Malem Minggu lho ini,
masa1 pacaran ama sulap mulu.
B('( + (pa pentingnya sih malem mingguan/
'('( + $eee nyolot. &ini nih, jomblo-jomblo galau, pasti mulutnya pedes.
Malem minggu tuh harusnya seneng-seneng, bukan malah ngegalau sendirian di
kamar.
B('( + Mbak 'ara sayaaang, siapa yang galau sih/
'('( + Bara.. Tiap malem minggu kamu diem di kamar, dengerin lagu
mellow, dan nulis cerita-cerita cengeng. %tu semua tuh udah ngebuktiiin kalo kamu
galau tingkat na-si-o-nal. 2dah dong galaunya. 2dah saatnya kamu mo3e on. 4ih
ya, daripada kamu galau mulu, mending cari pacar.
B('( + 5gah.
'('( + *ah/ 0enapa deh/
B('( + (ku mau latihan. (ku mau latihan menjadi pesulap internasional.
6(6(6(6(. 4tar kalo aku
udah jadi pesulap beken , cewek-cewek juga dateng sendiri.
'('( + 6%6%6%, !ateng sendiri/ Mana bisaaaa. 6ari gini persaingan ketat,
kak. $audah deh,kelarin tu mimpimu, bye maksimal.
!i 7ekolah.. 0enalin ini temen B('(, 8esica Millakolisaaaa, yoii namanya
emang sama ama bintang 9ilm itu, tapiiii wujudnya sih yaaa liat sendiri lah
bentukannya kayak gimana. anggil aja 8E77$ ini temen baik B('( dan dia
punya dua kebiasaan yang bikin eneg. 7atu+ manggil orang Bro. !ua+ sok
cantik,sok asik.
ara siswa pun berdatangan . 0emudian Bara Menghampiri 8E77$.
B('( + 0alo sekarang aku mau 9okus sekolah dan 9okus belajar sulap
emangnya salah/
8E77$ + Enggak.
B('( + aku tuh jomblo terhormat. 7ekarang nih, di detik ini juga, aku bisa
aja dapet pacar, kalo aku mau..
8E77$ + !an kalo ada yang mau ama kamu.
B('( + Bangke.
,8E77$ tertawa, Bara menggerutu. Mereka berdiri di pinggir lapangan.
8E77$ berdiri dengan gaya sok cantik, beberapa kali ia tebar pesona dengan
cowok yang lewat dengan gaya sok asik. -
8E77$ + &ini ya bro, kamu tuh galau kronis. &ak usah sok-sokan mau 9okus
sekolah ama nulis segala lah. Bilang aja kamu gak laku.
B('( + 0ambing. (ku bukan gak laku. (ku belom nemu yang pas. *agian,
buat apa pacaran kalo cuma buat status doang/
8E77$ + Bro, kamu gak mau pacaran karena emang mau sok 9okus belajar
sulap apa karena kamu masih galau gara-gara gak bisa dapetin (yu dan 7issy/
6ahahaha
,Bara tidak menjawab. Bara hanya menunduk, menatap sepatu con3erse-nya yang
mulai kumal-
8E77$ + Beuuh pancaran kecantikanku akhirnya ada yang sadar juga. &ini
doong. %ni hari aku nih. 6ari ini, status jomblo abadiku pasti berakhir.
Tanpa memperdulikan mata Bara bertubrukan dengan mata seorang gadis
berwajah cute yang sedang tersenyum ke arahnya, VE*%4. Bara menatap Velin
selama beberapa detik, lalu membuang pandangan ke arah lain, ke muka 'io yang
sedang nyengir lebar. B('( pun terkejut.
B('( + 7%(*(4. 7abar ya, B'5..,saat 8E77$ tidak gentar, ia tetap
memasang pose sok cantiknya-
*5'54& :(FTE'4554
*orong pun ramai. (da yang berdiri , duduk, berhias, pacaran hemmm.
!iujung lorong B('( mendapati Tata berdiri di depannya lalu nyengir lebar.
Berikut kisahnya, hahahaha
T(T( + ,bersemangat- 6alo 0ak Baraaaaaaaa.
B('( + $a/
T(T( + ,heboh- 6ei 0ak, kenalin, aku Tata. (da temanku yang mau kenalan
ama 0ak Bara. Bentar ya. Tunggu di sini jangan kemana-mana. Tata berbalik, baru
satu langkah berjalan, ia berbalik lagi.
T(T( +0akak tunggu dulu di sini. lease banget jangan kemana-mana. Bara
menatap Tata dengan muka bingung. Bara menganggukkan kepala. Tak berapa
lama, Tata datang, menarik tangan temannya.
T(T( + %ni nih 0ak temenku yang mau kenalan..
Tata mendorong VE*%4 hingga berdiri di depan Bara.
T(T( + (-aku duluan ya, 0ak Bara. ,ke Velin, berbisik- &ood luck saay.
,Velin mengangkat kepala, menatap Bara sambil tersenyum. Bara ikut tersenyum.
Velin mengulurkan tangan-
VE*%4 + (ku Velin.
B('( +Bara.
,Velin diam. Bara diam. Velin mengetuk-ngetukkan sepatunya ke lantai. Bara
menatap sepatu Velin, warna-warni.-
B('( + 0elas ; apa/
VE*%4 + ;-&
B('( + 5ooh, itu yang tadi temannya/
VE*%4 + %ya, Tata temenku, temen sekelas.
B('( + 0ok belum pulang/
VE*%4 + %ya, lagi nunggu jemputan.
B('( + 5ooh gitu...
Bara pura-pura menatap jam tangan.
B('( + 6mm Vel maa9.. (-aku pulang duluan, gak papa kan/
VE*%4 + &ak papa kok, 0ak. Makasih yaa
,Bara beranjak meninggalkan Velin, berjalan menuju parkiran. Velin tetap berdiri
di tempatnya, menatap punggung Bara. 7aat akan berbelok, Bara menoleh,
menatap Velin. Mereka bertatapan dan berbalas senyum-
0(M(' B('( - 4%&6T
Bara mengetik sambil nyengir. Terdengar suara 'ara sedang bernyanyi dari bawah.
Bara berusaha melanjutkan tulisannya, tapi tidak bisa karena suara 'ara makin
besar dan mengganggu. Bara bangkit, keluar kamar. M(M( sedang makan keripik
pedas dan sedang heboh megap-megap karena kepedesan. 'ara sedang heboh
menyaksikan 3ideo klip *ady &aga sambil ikut goyang - goyang ala idolanya itu.
Bara datang, mengecilkan 3olume TV.
B('( + Mbak 'ara, kamu berisik banget sih.'ara menoleh ke Bara, matanya
melotot.
'('( + 6eiii.. 8angan panggil aku Mbak 'ara. anggil gueh *ady 'ara.
B('( + *ady-lady, kamu mah *E*E.
, Mama tertawa. Bara duduk di samping Mama-
B('( + Tuh liat tuh Ma anaknya, makin hari makin gila.
'ara menoleh dan berseru, galak.
'('( + 6E%%%%%.
((+ 0alo gak gila bukan anak Mama dong namanya.
onsel 'ara berbunyi, 'ara menerima telpon
'('( + ,lembut-6alo Edo sayaaang..
,Mendengar 'ara yang sok imut, Bara memasang ekspresi mau muntah. 'ara
melotot sampil beranjak, mencari tempat untuk berbicara-
M(M( + <inta itu gila, Bara. Tuh liat 'ara yang kayak cacing kepanasan bisa
langsung berubah jadi putri keraton kalo ngobrol ama pacarnya. %tu bukti kekuatan
cinta. <inta itu kekuatan maha dahsyatnya.
,BlackBerry Bara bergetar, ada re=uest masuk. From+ Mrs Velin. 'eplyTo+
>??>@?>(. 6ei 0ak Bara, ini Velin. Bara menatap layar ponselnya sambil nyengir.
<engiran Bara makin lebar ketika membaca BBM-
'('( + 0enapa lo cengar-cengir begitu/
B('( +62((((((((((.
'ara menoyor kepala Bara.
'('( +Biasa aja kali gak usah teriak kayak ngeliat setan gitu.
B('( +Mirip siiiih..
'('( + 6EEE6.
Bara bangkit dari duduknya, menggenggam BB sambil nyengir. Bara
kembali ke kamar. 'ara dan Mama bertatapan.
M(M( + (da yang gak beres nih kayaknya.
'('( + (pa yang terjadi dengan Bara, pemirsa/ ,'ara memasang ekspresi
ala presenter in9otainment. enuh kecurigaan-
6(*TE
Velin berdiri di halte depan sekolah. Menoleh ke kanan - kiri. Velin mengecek
ponselnya, menelpon supirnya. Muka Velin bete. 7atu motor berhenti di depan
Velin. Motor Bara.
B('( + Belum dijemput/
VE*%4 + Eh 0ak Bara.. %ya nih, supirku gak tau kemana.
B('( + Mau bareng/
VE*%4 + 0ak Bara mau anterin aku pulang/
B('( + 0amu mau aku anterin pulang gak/
Velin tersenyum. Bara menyodorkan satu helm lain. Velin menerima,
!ua tahun B('( bawa dua helm, akhirnya kejadian juga ada cewek cakep
yang dianterin pulang.
%hiiiy. Bara pun tersenyum. Bara menyalakan mesin motornya. Motor melaju.
'2M(6 VE*%4 - (FTE'4554
Bara mengemudikan motor dengan kecepatan sedang. !i belakangnya,
Velin sedang cengar-cengir sambil mengendus par9um Bara. Velin juga berusaha
melrik wajah Bara dari belakang.Velin cengar-cengir sendiri, Bara menoleh.
B('( + 0amu kenapa/
VE*%4 + Eeh/ Engg, gak papa, 0ak. Eh ya itu tuh rumahku tuh yang ada
lampu bulatnya. ,Bara menepikan motornya, di depan rumah Velin.
VE*%4 + Makasih ya 0ak udah dianterin pulang. Mau mampir/
B('( + 6mm... neAt time deh Vel, aku langsung pulang aja.
VE*%4 + Makasih ya, 0ak. ,Velin tersenyum lebar, Velin 3alik badan dan
berjalan menuju
rumahnya.-
0E*(7 B('( - M5'4%4&
,Bara baru saja masuk kelas ketika tiba-tiba lengannya ditarik 8essy, dipaksa 8essy
duduk di kursi-
B('( + (paan sih bro/
8E77$ + !uduk.
B('( + (da apaan, 4yeet/
Bara duduk di kursi, 8essy berdiri di depannya, memasang muka serius.
8E77$ + 0ayaknya dua minggu lalu ada yang ngomong mau 9okus sulap dan
gak mau ngurusin cewek dulu deh. ,Bara diam. 8essy bolak-balik berjalan di depan
Bara, seperti seorang hakim-. !an kayaknya beberapa hari ini ada yang lagi deket
ama junior nih. ,8essy menatap Bara, mukanya serius, tapi tetap sok cantik- . !an
kayaknya lagi Bro Bara lupa cerita ama Bro 8essica Milaakolisaa. Mana
solidaritas/ Mana kebersamaan/ Mana/
B('( + Maap Bro 8essy, Bro Bara lupa. Maklum, lagi dimabuk cinta.
8E77$ + &aya lo selangit.
,Bara cengar-cengir. 8essy menatap Bara, serius-
8E77$ + 8adi, lo bakalan pacaran lagi nih/ ,Bara nyengir makin lebar. 8essy
menatap Bara, dramatis- Tega kamu Bar. Tega. !imana kesetiakawananmu/ (ku
aja belom pernah punya pacar Bar. (ku secantik ini belom punya pacar dan
sekarang kamu yang gak ganteng-ganteng amat bakalan punya pacar/ 0ambing.
,<engiran Bara berubah menjadi tawa keras. 8essy menatap Bara, jengkel. 8essy
mendekati Bara, mengguncang-guncang bahu Bara, super dramatis.-
8E77$ + Bunuh aja gue, Bar. Bunuh.
intu kelas terbuka, murid-murid yang datang heran melihat 8essy yang
sedang memegang bahu Bara dan berdiri dekat sekali di hadapan Bara. 8essy dan
Bara nyengir bodoh.
KELAS VELIN
!itempat lain terdengarlah perbincangan Velin dan Tata yang sangat heboh.
(sik banget pokoknya. %nilah keadaanya#
Tata + , heboh- (staga,, gimana ceritanya 3el kamu bisa gandengan sama kak
Bara. 5mg, 5h my &od. asti so sweettt banget, jadii terharu.
Velin + okoknya tu rasanya kayak#.., 3elin membayangkan-
Tata + 0ayak apa 3el,, critain dong..,geregetan-
Velin + 0ayak kamu yang dikejar-kejar sama ob sekolahan kita.
T(T( + sialan, jangan sampek dah kayak gtu. %i9il bgt. (pa kata Tuhan ntar
kalo aku di tanya di surga/ 5M&.
Velin + 6ush , Bu 7isi dateng tuh. ,elajaran dimulai-
PASAR MALAM - NIGHT
Pasar malam sangat ramai. Bara dan Velin sedang kencan. Velin tampil sangat cantik dengan
dress berarna pastel! ramb"tn#a dicep$l dan diberi akses$ris #ang manis. Bara tampil cas"al
Bara dan Velin men%ela%a&i beragam a&ana. 'ari m"lai permainan k"da-k"daan! kapal-
kapalan! kincir angin! r"ma& &ant" dan permainan lempar b$la di mana Bara ber&asil
mendapatkan &adia& Tedd# Bear ber"k"ran besar "nt"k Velin.Mereka ber%alan berdampingan.
Velin memel"k Tedd# Bear besarn#a. Rag" - rag" Bara menggenggam %emari Velin. Velin
nampak &eb$& banget berbicara.
V(LIN ) Aaaaa& makasi& #aaa kam" "da& a%ak ak" ke sini. *am" ta" a%a kal$ ak" pengeeeen
banget ke pasar malam ka#ak gini..
BARA ) +Sem"a kriteria ceek ideal g"e ada di Velin. ,i-! g"e %at"& cinta. Velin ter"s bercerita!
Bara ter"s menatap Velin.'ia p"n#a mata inda&. Mata #ang ekspresi.. Velin tertaa! matan#a
men#ipit. 'ia sering mencep$l ramb"t. Men"r"t g"e! ceek #ang ramb"tn#a dicep$l
kecantikann#a namba& /0- lipat.Velin memainkan anak ramb"tn#a #ang %at"&! dari sisi kanan!
le&er Velin men%adi lebi& %en%ang karena ramb"tn#a dicep$l.'ia p"n#a sen#"m #ang manis
banget1
BARA ) Vel! a-ada #ang perl" ak" $m$ngin..+Velin ber&enti melangka&. Velin menatap Bara!
siap mendengar1
V(LIN ) Apa2 Apa2 Ma" $m$ngin apa2 +Meli&at ant"siasme Velin! Bara makin gelisa&. Velin
menatap Bara! bing"ng1
V(LIN ) *ak2 I& k$k mala& diem sii&. *atan#a ma" ng$m$$$$ng.
BARA ) Ak"... Ak"..Ak"...
V(LIN ) 3aaa...
BARA ) Ak"... Ak".. ..Ak" sakit per"t Vel! ak" ke t$ilet d"l" #a..
BARA ) +'ikamar mandi1 S"mpa& Bara! el$ t$l$l maksimal. G$bl$$$$$$k g$bl$k g$bl$$$$$k.
Velin &an#a terdiam. S&$ck.
R4MAH BARA - T(RAS B(LA*ANG - A,T(RN55N
Bara sedang d"d"k memangk" lapt$p! memandangi .$t$ Velin sambil cengar-cengir.
Bara tidak sadar ada Mama #ang berdiri di belakangn#a! menatap .$t$ Velin dengan seksama.
MAMA ) 6antik..cantik.. Selera kam" b$le& %"gaaaa..+Bara terl$n%ak1
BARA ) (b"set7 Pa7 Bikin kaget a%a7
MAMA ) P"n#a pacar k$k gak bilang-bilang2
BARA ) Bel$m resmi! Ma.
MAMA ) +semangat1 Resmiin d$ng7
Bara tidak meresp$n. Mama melempar Bara dengan cemilan.
MAMA ) T"ngg" apalagi2
BARA ) N"ngg" akt" #ang pas.
MAMA ) Gak ada akt" #ang pas b"at n#atain cinta! Bar. 8akt" it" &ar"s kam" bikin sendiri.
BARA ) Tapi..
Mama menatap Bara! seri"s.
MAMA ) Gak ada tapi-tapian! makin lama kam" n"nda! makin gede pel"ang c$$k lain b"at
ngereb"t dia dari kam". Gak "sa& keban#akan mikir. 6inta it" dike%ar! b"kan dipikirin.
Mama asik ngemil! Bara masi& bepikir! bing"ng.
S(*5LAH
BARA ) Vel! ak" b$le& ng$m$ng ses"at" gak2
V(LIN ) Gak b$le&.
BARA ) 5$$&..
Velin tertaa.
V(LIN ) 3a b$le&la& Baraaaa... *enapa2 *am" ma" ng$m$ng kam" sakit per"t lagi2
BARA ) Ak" ma" bilang! kal$ ak"..
V(LIN ) 3aaa2
BARA ) +cepat banget1 Ak" s"ka sama kam"
V(LIN ) HAH2
BARA ) +n$rmal1 Ak" s"ka kam". *am" ma" gak %adi pacar ak"2
Hening selama tiga detik. Bara dan Velin saling menatap. Bara cemas. Velin seri"s.
V(LIN ) Mmm maa. #a Bara! ak" gak bisa....gak bisa n$lak..
BARA ) Beneran2
V(LIN ) I#a.
BARA ) +sala& tingka&1 Nggg.. Makasi& #a.
Velin mengangg"k sambil tersen#"m! p$nsel Velin berb"n#i.
V(LIN ) I#a Ma! "da&. 5ke sip! bentar. Ad"& Mama "da& n#ampe! ak" pamit
d"l"an #a. Gak papa kan2
BARA ) I#a i#a #a "da&. Ga papa. Hati-&ati #a.
+Velin tersen#"m! berbalik dan meninggalkan Bara. Sampai di dekat gerbang! Velin
men$le&! melambaikan tangan ke Bara. Sepeninggal Velin! Bara sen#"m-sen#"m dan %$ged-
%$ged kegirangan ka#ak $rang gila. Bara mengangkat tangann#a la#akn#a sese$rang #ang
memegag tr$p&#1
Sampai di r"ma& bara d"d"k di r"ang tam". Sambil memegang pad milikn#a menerima
re9"est berpacaran dari Velin. Sambil Sen#am sen#"m ga %elas git" de&!! Ini dia ceritan#a.
RARA ) 5$$$ ada #ang bar" %adiaaaaaaan.
Re.leks Bara men"t"p padn#a! panik. Bara men$le& ke belakang. Meli&at Rara #ang tampil
dengan pita besar dan a%a& %"tek! Bara c"ma bisa n#engir.
RARA ) *$k l$ gak bilang-bilang ama g"e si&2 *$k l$ gak cerita2 L$ gak nganggep g"e2
BARA ) Mbak! gak "sa& drama de&.
+Rara pinda& p$sisi! d"d"k di samping Bara1
RARA ) L$ beneran p"n#a pacar2
Bara mengangg"k. Rara langs"ng memel"k Bara! dramatis.
RARA ) A*HIRN3A7 Setela& tiga ta"n %$mbl$ l$ dapet pacar %"ga. Terima kasi& T"&an. Terima
kasi& karena ka" tela& mengangkat k"t"kan %$mbl$ "nt"k adik Hamba.
BARA ) Mbak! leba#n#a bisa k"rang dikit gak2 +Rara mengak&iri p$sisi d$an#a! Rara menatap
Bara dengan mata berkaca-kaca1
RARA ) :adi! siapa ceek #ang ma"-ma"n#a nerima el" %adi pacarn#a2
BARA ) Sial.
RARA ) Siapa si&2 Temen sek$la& l$2
BARA ) Naman#a Velin.3aela& gak "sa& segit"n#a kali! l$ ka#ak R$# S"r#$ lagi neliti .$t$
p$rn$.
RARA ) L$ pasti pake pelet.Bisa-bisan#a l$ dapetin ceek secakep ini. Ngak"27 L$ pake pelet
apaan2 Ngak" gak l$7 Rara berbicara berapi - api. Sampai air li"rn#a m"ncrat kemana-mana.
BARA ) Mbak! ng$m$ngn#a b$le& gak pake k"a& gak2 Ban%ir ni&. +Rara langs"ng mingkem1
Lal" :ess# dateng tiba-tiba ke r"ma& bara. Bara menatap tabn#a sambil sen#"m gak
%elas. Bersemangat banget. Tiba - tiba! dari ara& belakang ada #ang menarik kera& keme%a
Bara.
BARA ) 5i $i7 Apaan ni&7
:(SS3) Bang"n kam"7
:ess# mend$r$ng Bara ke dinding. :ess# men"n%"kkan p$nseln#a! ke stat"s in a
relati$ns&ip Bara dan Velin #ang ada di ,aceb$$k.
:(SS3) :adi gini br$7 L$ beneran pacaran dan kel"ar dari kl"b %$mbl$ kita27
BARA ) 3$$! apaan si& a&7
:(SS3) Ribet ni& pasti! kal$ l$ p"n#a pacar pasti bakalan ribet.
BARA ) Masbr$! sebagai s$bat #ang bae! &ar"sn#a l$ d$ain g"e ama Velin lancar d$ng7
Gimana si&.
P$nsel Bara berb"n#i. Telep$n dari Velin.
BARA ) Heii.. I#a i#a.. +Menel;$n dengan Velin1
Meli&at Bara ng$br$l s$k manis ke Velin! Ri$ memasang m"ka %engkel.
:(SS3) Br$! Makan #$k! laper ni&.
BARA ) S$rr# Br$! g"e &ar"s %emp"t Velin ni&.
:(SS3) Tr"s2 G"e makan bareng siapa2
Bara men$le&! meli&at Rara berias! Bara menarik tangan Rara &ingga Rara dan :(SS3
ber&adapan.
BARA ) Ni&! l$ a%ak Rara makan a%a. 'ia pasti ma". G"e d"l"an #a. 'aa&.
Bara pergi.
Rara bertatapan. :ess# n#engir.
RARA ) :adi ma" a%ak sa#a makan apaan ni&2
:ess# memasang m"ka %engkel.
B"lan pertama sem"an#a manis. Mas"k b"lan ked"a! manisn#a ilang! ber"ba& %adi
asem. Bara sedang makan! tiba - tiba Velin datang! a%a&n#a bete. Velin d"d"k di depan Bara.
BARA ) *am" kenapa2
V(LIN ) Gak papa.
Bara melan%"tkan makan. Velin melirik Bara! makin bete.
V(LIN )4da&2 Git" d$ang2
Bara men$le&! menatap Velin.
BARA ) He&2
V(LIN ) *am" gak ma" ta" ak" kenapa2
BARA ) La& tadi katan#a kam" gak kenapanapa. Velin meng&entakkan kakin#a! kesal.
V(LIN ) *al$ ak" bilang gak papa! artin#a ak" kenapa-napa! Baraaaaa7 *am" gimana si& gak
sensiti. banget7 + Velin berteriak &eb$&1 (mangn#a gak keliatan #a kal$ ak" lagi bete2 *am"
t"& &ar"sn#a &ib"r ak" d$$ng! %angan mala& bikin ak" makin bete.
V(LIN ) *$k diem a%a2 Hib"r ak" d$ng7 *am" ngapain kek! ngera#" kek! n#an#i kek! baca
p"isi kek! nari piring kek.
Bara gar"k - gar"k kepala! bing"ng. Bara n#engir! lal" men#$d$rkan makanann#a! bermaks"d
men#"api Velin.
V(LIN ) Baraaaaa! ak" ini bete7 B"kan laper7 Ak" minta dira#" b"kan minta dis"apin
makanaaaaaan7
Velin ngam"k. Bara diam! bing"ng.
BARA ) Vel! kam" ta" gak apa persamaan kam" ama sinetr$n2 Bikin cape. 'raman#a gak
selesai-selesai
V(LIN ) *$k kam" ng$m$ngn#a git"27
Bara meletakkan BB di atas %$k m$t$r. (m$si. Tidak meresp$n.
V(LIN ) Baraa7 *$k diem2 Ak" masi& ng$m$ng ta".
Bara men"t"p telinga dengan ked"a tangann#a. P"sing. Bara mengangkat ked"a tangan!
berd$a pada T"&an. 5rang - $rang lain #ang ada di %alan men$le&! menatap Bara! &eran.
BARA ) 3a T"&an #ang Ma&a Pengasi& dan Ma&a Pen#a#ang! t$l$ngla& &ambaM" #ang
stress p"n#a pacar cereet dan s"per sensiti. ini. T$l$ng Bara #a T"&an...Bara men#elesaikan
d$an#a. +Bara l"pa kala" ada ;elin di sampingn#a1
V(LIN ) BAR4SAN *AM4 NG5M5NG APA HAAAAAH27
BARA ) Vel! "da& #a! please. Ak" beneran p"sing banget ni&. P"lang #"k.
Bara lal" menelp$n :ess#.
BARA ) :ess! n$ngkr$ng #$k. Stress ni& g"e.
,l#$;er ramai dengan $rang #ang berpacaran. Bara dan :ess# ada di sana. Bara berdiri
di samping m$t$rn#a! menatap ke ara& %alanan.
:(SS3) *enapa lagi pacar kam"2 Ngambek lagi2
BARA ) 4da& l$ %angan berisik! p"sing ni& ak".
:ess# tertaa! :ess# merangk"l Bara.
:(SS3) *enapa masbr$2 Gala" #a2 P"n#a pacar ribet #a2 Ha&a! apa ak" bilang! emang "da&
nasib kam" t"& %adi %$mbl$! kagak "sa& s$k p"n#a pacar.
Bara men$le& ke :ess#! m"kan#a stres.
:(SS3 ) M"ke l$ br$$$! an#ep. 4da& laaa& mending kam" p"t"sin dia dan balik pacaran
ama s"lap.
:ess# ik"t menatap ke depan.
:(SS3) 'aripada l$ gala" gini! mending l$ lan%"tin lati&an s"lapm". *atan#a ma" %adi pes"lap
inter nasi$nal.
BARA ) I#a.. I#a.. Bael kam" a&.
:ess# tertaa. :ess# men$le& ke kanan kiri! meli&at ban#ak pasangan #ang sedang pacaran.
:(SS3) S$! kita ma" ngapain ni&2
BARA ) Ak" ma" lari dari ken#ataan! malem ini ak" ma" c"ti %adi pacarn#a Velin.
:(SS3) Malam ini kam" ma" %adi pacar ak" #a2
Bara tidak men%aab. Bara seri"s menatap ke depan. *e ara& %alan. Tiba - tiba Bara teriak!
keras banget. :ess# gelenggeleng kepala.
:(SS3) M"lai gila ni& ka#akn#a.
TAMAN B(LA*ANG - 'A3
Bara d"d"k sendirian di k"rsi taman. Gala". Bara mendengarkan m"sik dengan
earp&$ne. Mendengarkan m"sik mell$.Tiba - tiba datang se$rang ceek cantik! tinggi!
beramb"t pan%ang tergerai! 'IAN'RA! sedang berbincang dengan sese$rang mengg"nakan
p$nseln#a.
'IAN'RA ) +%"tek1Tr"s ma"n#a gimana2 3a gak bisa git" d$ng <a7 Ak" "da& n#iapin
sem"an#a dari d"a b"lan lal"! ak" gak bisa batalin git" a%a. +'iandra ber%alan m$ndar - mandir
di taman! tangann#a terkibas kemana-mana! ekspresi..
'IAN'RA ) +%"tek1 L$&2 *$k kam" %adi bilang ak" eg$is2 :"str" ak" #ang &ar"sn#a bilang
git". *am" t"& "da& gede. *am" "da& k"lia&! "m"r kam" "da& =0 dan gak sem"a &al #ang
kam" ma" &ar"s ak" ik"tin #a7
Bara m"lai men#adari ke&adiran 'iandra.
'IAN'RA ) +%"tek1 Hal$2 Hal$2 <a2 Re>aaaaa7 N%rit dit"t"p! n#ebelin banget siiiii&7
'iandra berdecak sebal. 'iandra men$le& ke Bara #ang sedang menatapn#a.
'IAN'RA ) *enapa2 Ada masala&2
Bara menggelengkan kepala! tak"t. 'iandra ber%alan ke ara& Bara. Bara menelan l"da&! makin
tak"t. 'iandra d"d"k di k"rsi taman. *"rsi #ang sama dengan Bara. 'iandra menatap
p$nseln#a! bete.
'IAN'RA ) 6$$k dimana-mana sama a%a. Anak k"lia& tapi kelak"an ka#ak ba#i! man%a.
N#ebelin7
'iandra mengger"t".
'IAN'RA ) 'ipikir kal$ gak ada dia g"e gak bisa &id"p git"2 ("""g& please de&7 *enapa
si& c$$k sering ngerasa s$k berk"asa2 Rese?7
BARA ) *enapa ceek sensiti. banget ka#ak pantat ba#i2
'iandra men$le& ke Bara! %"tek
'IAN'RA ) *enapa kam" ngerasa ak" lagi ng$m$ng ama kam"2
BARA ) *arena di sini gak ada $rang lain. 6"ma ada ak" sama kam".
Bara tersen#"m dan men#$d$rkan tangan.
BARA ) G"e Bara! @I IPA =
'iandra menatap ke tangan Bara! lal" menatap Bara dengan m"ka menge%ek.
'IAN'RA ) S$rr#! ak" gak main ama %"ni$r.
Bara menelan l"da& dan menarik kembali tangann#a.
'IAN'RA ) kam" bisa pergi gak2 Ak" lagi ma" sendiri.
BARA ) Ta-tapi kan ak" d"l"an #ang dateng ke sini.
'IAN'RA ) kam" d"l"an dateng ke sini2 Ak" d"l"an sek$la& di sini. Ak" seni$r! kam"
%"ni$r dan ini tempatk". Ngerti2
Malas-malasan Bara bangkit dari d"d"kn#a. Bara beran%ak! bar" beberapa langka& ber%alan!
Bara men$le&! menatap 'iandra dengan m"ka %engkel.
BARA ) 'asar seni$r gila &$rmat.
'iandra men$le&! menatap Bara dengan s$r$t ta%am.
'IAN'RA ) *am" ng$m$ng apa tadi2 *al$ berani ng$m$ng di depan! %angan di belakang.
6&icken7
Bara n#engir. 'iandra mel$t$t.
Bara berbaring di kas"r. Menatap ke langit - langit kamar dengan pandangan k$s$ng.
Bara bangkit! beran%ak ke me%a dan men#alakan radi$.
(6HA ) Hei &ei &eiii selamat malam sem"an#a. Apa kabar d"niaaaaa2 Masi& tetep asik gak
siii&2 Masi& di AB.BA Gala" ,M dan tent"n#a ada (c&a di sini #ang bakalan nemenin kam"
sampai C %am ke depan..
Bara menatap k"mp"lan .$t$ p$lar$id bersama Velin #ang ada di dinding! di atas me%a.
(6HA ) Sebel"m kita menggala" bersama! niii& (c&a p"n#a lag" #ang paaas banget b"at
nemenin kam" #ang malem ini lagi gala" tingkat pr$pinsi. +Lag" mell$ dip"tar1
Bara gar"k-gar"k kepala. Bing"ng.
BARA ) G"e gak bisa ka#ak gini ni&. G"e "da& gak ta&aaaaan. G"e capeeeeek. G"e ma"
p"t"s a%aaaaaa. +Bara berpikir! bing"ng1
(6HA ) it" tadi sedikit lag" b"at para gala"ers #ang lg gala" kr$nis. Na& sekarang akt"n#a
c"r&at-c"r&atan. Bagi #ang ingin c"r&at sila&kan tl;n sa#a disini dengan n"mber
0DEFGA=D-----. 'engan k$de GALA4!GALA4 dan Gala". A#$ br"an tel.$n.
Bara p"n ber.ikir lal" menel;$n.
(6HA ) Hell$ para gala" kr$nis! disini ec&a! sila&kan c"ra&kan sem"a #ang ada di&ati anda.
BARA ) Gala"!gala" dan gala". Ak" sekarang lagi sedi&! mell$ dan segala %enisn#a. P"n#a
cee terlal" cereet! gala" abis da& p$k$kn#a. Ga ta" emesiti ngpain! na& sekaang ini ak"
c"r&at+ sambil menitikkan air mata1 Para&&&H.T"t..t"t..t"t..
(6HA ) 8a&& ka#akn#a ada #ang sala& dengan c"r&atan gala"ers #ang sat" ini. Pesan dari
sa#a! %angan b"t"& diri #a! kala" l$ncat tangga si& b$le& tapi %angan tinggi! tinggi bgt!&a&a&a&a.
Ak" kasi& lag" b"at kam" #ang tadi nel;$n. Selamat mendengarkan.
+Lag" #ang memb"at lebi& gala" lagi 1
BARA ) Sialan ak" kan c"r&at + mendeng"s1
S(*5LAH I M5RNING
BARA ) Sat"! saat pacar l$ n#ariin l$ di kelas! bersemb"n#ila&..
Velin pergi. *epala Bara ditimp"k kam"s $le& se$rang ceek.
6(8(* S(*(LAS BARA+ Nain1 ) Baraaaaaa7 Ngapain l$ %$ngk$k di sit"2 L$ ngintipin g"e
#aaa2 Bara
b$keeeeeeep7
BARA ) Tapi... &indari bersemb"n#i di dekat bangk" teman l$ #ang parn$ dan tak"t diintipin.
(6HA ) Sialan l$7
Perp"stakaan sepi. Han#a ada tiga $rang! termas"k 'iandra #ang sedang berdiri di
depan rak ma%ala& .as&i$n. Saat 'iandra sedang meli&at-li&at ma%ala&! terli&at Bara mas"k ke
perp"stakan dan ber%alan men"%" rak b"k" best seller. 'iandra memper&atikan Bara. Bara
nampak sangat seri"s membaca seb"a& b"k". 'iandra masi& memper&atikan Bara dan terke%"t
ketika tiba - tiba Bara men$le&.
BARA ) L$&2 *$k kam" ada di sini2
'IAN'RA ) *enapa2 Ma" bilang kal$ ini tempat kam" dan ak" gak b$le& ke sini2
Bara tertaa
BARA ) 3a enggakla&. Ini kan tempat "m"m! siapa a%a b$le& ke sini.
Bara menatap b"k" d$ngeng Princess #ang dipegang 'iandra. Bara tersen#"m.
'IAN'RA ) *enapa2 Bacaan ak" n$rak2
BARA ) (nggaaaaak. Gak n#angka a%a ceek galak ka#ak kam" s"kan#a baca b"k" d$ngeng
princess begit".
'IAN'RA ) *am" bel$m kenal ak" dan kam" "da& n#indir ak" d"a kali. Bar"san kam"
bilang ak" galak dan secara gak langs"ng %"ga n#indir selera baca ak".
Bara men#$d$rkan tangann#a. 'iandra menatap tangan Bara.
BARA ) G"e "da& d"a kali nga%akin kam" kenalan! kal$ sekarang kam" t$lak %"ga! d$sa l$! gak
baik ta" n$lak a%akan b"at men%alin tali silat"ra&mi.
'iandra tertaa. 'iandra men%abat tangan Bara.
'IAN'RA ) 'iandra! panggil 'i a%a.
BARA )'i2 'i mana2
'IAN'RA ) Gak l"c"7
Bara tertaa. 'iandra ik"t tertaa kecil. Langit mend"ng. Bara dan 'iandra berdiri di depan
t$k$ kaset.
BARA ) Ak" bisa anterin kam"....kal$ kam" ma".
'IAN'RA ) Ak" bisa p"lang naik taksi.
BARA ) Gak baik l&$ n$lak bant"an.
'IAN'RA ) Gak baik l&$ g$dain ceek $rang.
Bara sala& tingka&. 'iandra tertaa meli&at Bara #ang tibatiba mati ga#a.
'IAN'RA ) L$ kal$ lagi sala& tingka& git" l"c" de&.
Bara bl"s&ing. Ada taksi melintas. Taksi ber&enti di depan
t$k$ b"k". *aca depan terb"ka! s"pir taksi men#apa
S4PIR TA*SI
Taksi! Neng2
'iandra mengangg"k. 'iandra ber%alan mendekati taksi!
meninggalkan Bara.
BARA
Sa#ang l&$ d"itn#a dipake b"at naik
taksi! mending d"itn#a ditab"ng!
b"at masa depan.
'iandra tertaa. Bara n#engir. Mereka berpandangan. S"pir
taksi menatap 'iandra dan Bara.
S4PIR TA*SI
3ee si (neng mala& lan%"tin
ng$br$l. Ha#"k at"& pacarann#a
dilan%"tin di m$bil a%a.
'IAN'RA
Maa. Pak gak %adi! sa#a p"lang
bareng teman sa#a a%a. Maa. #a!
Pak.
S4PIR TA*SI
5ke la& kal$ begit". Aet-aet #a
Neng ama pacarn#a.
*aca taksi tert"t"p.
CF.'IAN'RA
'i-dia b"kan pacar sa#a..
Taksi mela%"! meninggalkan 'iandra #ang tidak sempat
memberikan klari.ikasi.