TIPS & TRICKS

solusi penuh ide

MYIE2

P

erkembangan teknologi informasi dewasa ini bergerak dengan cepat sekali, dan hampir semua pengguna komputer pasti sudah pernah melakukan koneksi Internet. Dan bukan hal yang aneh apabila dewasa ini cepat sekali pertumbuhan dari pengguna Internet yang ada di dunia ini. Tentunya untuk dapat melakukan koneksi Internet dibutuhkan sebuah browser, sebuah aplikasi yang membantu ktia untuk dapat mengakses alamat-alamat situs tertentu. Ada banyak sekali aplikasi yang dapat Anda gunakan, Internet Explorer misalnya. MYIE2 adalah sebuah multipage browser yang berbasiskan pada basis Internet Explorer yang tentunya membutuhkan IE 5.x atau IE6.0. Pada browser versi ini akan banyak sekali hal baru yang dapat Anda temui. Dan pada browser

MYIE2 ini, akan terdapat sebuah fasilitas keamanan yang sangat baik. Pada edisi kali ini akan dibahas lebih jauh mengenai aplikasi tersebut. Sehingga setidaknya akan membantu Anda dalam menggunakan aplikasi ini. Selamat mencoba! Clear Browsing History
Jika ingin menghapus data mengenai file history, Anda cukup melakukannya dengan mengklik pada bagian Tool| Clear System|Clear History. Dan di sana juga disediakan berbagai macam pilihan untuk menentukan file apa yang hendak Anda hapus. Atau Anda juga bisa mengklik pada bagian Clean All untuk menghapus semua data History, Cache, Cookies, dan data lainnya.

Pada MYIE2 disediakan enam macam mode startup, yang bisa ditemukan jika Anda mengklik pada bagian Options|MYIE2 option|General|When starting. Di mana pada bagian tersebut Anda dapat memilih mode startup yang diinginkan. Keenam buah mode tersebut adalah Open Blank Page, di mana dengan menggunakan mode ini nantinya Anda hanya akan membuka satu buah halaman web kosong. Open Home Page, Anda akan membuka sebuah home page yang sebelumnya telah disetting. Resume Last Visited Pages, di mana Anda akan secara otomatis membuka halaman web terakhir kali Anda

Startup Mode

menggunakan MYIE2, dan seterusnya. Jadi, Anda dapat menentukan sendiri mode startup seperti apa yang diinginkan.

Anda diberikan banyak kemudahan dengan menggunakan browser ini, dan salah satunya adalah penyimpanan secara otomatis alamat-alamat situs favorit yang pernah Anda simpan pada browser Internet Explorer kemudian disimpan pada bagian Favorites. Anda cukup mengklik pada Favorites untuk dapat melihat alamat situs yang sebelumnya telah Anda miliki.

Imported IE Favorites

Lakukan penghapusan file yang tidak berguna dengan menggunakan fasilitas tersebut.

Melakukan Pemilihan Skins
Secara otomatis MYIE2 akan melakukan imported favourites.

Pilih bentuk mode startup yang Anda inginkan.

Jika Anda bosan dengan tampilan MYIE2, cobalah mengubah tampilan tersebut dengan mengubah skins yang Anda gunakan, yaitu dengan cara mengklik

126

PC Media, Februari 2004

TIPS & TRICKS

MYIE2, yaitu Clean Undo List, Clean Adress, Clean History, Clean Cache, Clean Cookies, dan yang terakhir adalah Clean Form Data. Keenam pilihan tersebut tidak dapat Anda pilih semuanya, melainkan Anda hanya dapat memilih salah satu dari enam pilihan tersebut.

Quick Search

Maximum Window Control
Pemilihan skin dapat dilakukan dengan sangat mudah.

pada bagian Tools|Select Skin.... Kemudian pilih skin yang hendak Anda gunakan. Maka secara otomatis Windows yang dimiliki akan berubah. Jika masih kurang puas, cobalah untuk mendownload beberapa buah skin dan masukkan ke dalam folder skin Anda.

Pilihan When Closing

Terdapat enam buah pilihan ketika Anda hendak mematikan aplikasi

Dengan MYIE2, Anda bisa membuka halaman web baru tanpa harus membuka sebuah window yang berbeda dengan window asal. Anda bisa menentukan berapa jumlah maksimum window yang dapat Anda buka sekaligus, di mana nilai maksimum secara default adalah 100, dan Anda bisa juga menentukan berapa selang waktu yang dibutuhkan untuk membuka sebuah window baru. Caranya cukup mudah, klik pada bagian Options|MYIE2 Options| Window...

Anda bisa membuat sebuah shortcut untuk dapat melakukan pencarian secara capat alamat e-mail yang kerap digunakan. Secara default, ada beberapa alamat e-mail yang telah diberikan shortcut. Sebagai contoh adalah tanda * untuk melakukan pencarian cepat terhadap alamat e-mail http://www. google.com/search?q=%s. Dan ada beberapa shortcut lainnya yang telah tersimpan secara default di bagian Options|Setup Center|Quick Search. Anda juga bisa menambahkan beberapa shortcut lainnya sesuai dengan keinginan dengan mengklik pada bagian +.

Quick search memudahkan Anda ketika hendak mengakses alamat situs tertentu.

Quick Groups

Apa yang akan dilakukan saat Anda menutup MYIE2 dapat ditentukan di sini.

Anda tidak perlu repot-repot membuka window baru setiap hendak membuka halaman situs yang baru.

Quick Groups adalah sekumpulan alamat URL yang nantinya pengguna MYIE2 akan dapat secara bersamaan membuka alamat group tersebut. Biasanya alamat yang memiliki alamat induk yang sama, seperti jika Anda masuk pada Yahoo!,

➜ STEP BY STEP Simpan Web Page Secara Otomatis

Lakukanlah klik pada bagian OpKemudian pada bagian Options| Kemudian Anda juga bisa melations| MYIE2 Options|Tab|Tab AcMYIE2 Options|save|Auto save kukan pemilihan letak folder, di tion dan kemudian pilih Auto Save ubahlah menjadi save the web page mana Anda akan menyimpan halamanuntuk bagian Middle Click dari mouse (.Mht), untuk secara otomatis me- web tersebut dengan masuk pada bagian Anda. nyimpan halaman web. Options|MYIE2 Options|save|save path.

1

2

3

PC Media, Februari 2004

127

TIPS & TRICKS
solusi penuh ide

jadi dalam bentuk tampilan full screen dengan cukup menekan tombol shortcut F11, atau bisa juga dengan memilih icon yang telah disediakan. Tidak terlalu berbeda dengan Internet Explorer, bukan?

Ubah Font
Penentuan group kerap kali membantu Anda dalam mengakses beberapa alamat situs tertentu. Tentukan URL Alias sesuai dengan kinginan Anda.

kemudian akan menemukan bagian mail, groups, games, dan lain-lain. Anda bisa mengaktifkan Start up group dengan mencentang (2) check box dari nama group yang ada. Kemudian Anda bisa mengatur MYIE2 Startup mode dengan mengklik pada bagian MYIE2 Options| When starting dan pilihan pada bagian open startup group.

baru dari sebuah alamat situs yang Anda inginkan. Contohnya Anda bisa memberi nama alias m untuk alamat situs www. microsoft.com. Atau mungkin Anda dapat memberikan inisial y untuk alamat situs www.yahoo.com dan seterusnya, sesuai dengan keinginan Anda.

Full Screen

URL Alias

Dengan menggunakan MYIE2, Anda bisa membuat sebuah nama alias (nama singkat) untuk sebuah alamat situs tertentu dan kemudian menyimpannya. Sehingga nantinya jika Anda ingin mengakses alamat situs tersebut, Anda hanya perlu mengetikkan alamat singkat yang telah disimpan tersebut. Caranya cukup mudah, yaitu masuk pada bagian Options|Setup Center dan pilih pada bagian URL Alias, kemudian klik pada bagian + untuk membuat sebuah alias

Anda bisa membuat mode tampilan dari halaman web pada windows men-

Sering kali ukuran font dari sebuah situs tertentu mungkin terlalu kecil untuk ukuran penglihatan mata Anda. Anda bisa mengakalinya dengan dua cara, yaitu pertama-tama Anda dapat mengubah ukuran font-nya atau dapat juga dengan memperbesar persentase dari ukuran halaman situs tersebut. Caranya adalah dengan mengklik pada bagian view|Fonts untuk melakukan perubahan terhadap ukuran font, atau Anda bisa juga mengklik pada bagian view|Zoom Page untuk memperbesar/memperkecil ukuran persentase dari web page tersebut.

Ubah tampilan Full Screen agar Anda lebih puas.

Ubah ukuran font akan memperbesar ukuran huruf yang ada.

➜ STEP BY STEP Mengaktifkan Fungsi Plugins

Pertama-tama lakukan klik pada bagian “Options|MYIE2 options..| advance|options “.Untuk membuka window option letak pilihan itu berada.

1

Kemudian lakukanlah pemilihan pada bagian “IE extensions support”, untuk melihat fungsi-fungsi yang terdapat pada aplikasi MYIE2 Anda tersebut.

2

Untuk dapat mengaktifkan (mendapatkan hasil) dari pilihan yang telah Anda lakukan tersebut lakukanlah restart terhadap aplikasi MYIE2.

3

128

PC Media, Februari 2004

TIPS & TRICKS

MYIE2
< Aplikasi MYIE2 ini tidak jauh berbeda dengan web browser yang mungkin telah Anda gunakan sebelumnya .Tetapi jika Anda cukup tertarik ingin mendapatkan banyak hal menarik lainnya, Anda bisa mencoba untuk masuk ke dalam situs h t t p : / / w w w. m y i e 2 . com. Atau jika Anda ingin mendownload skinskin tambahan, cobalah masuk ke http://www. skinnable. com/myie2/ dan lakukan download kemudian simpan skin tersebut di folder skin Anda berada. Anda juga bisa mencoba untuk masuk pada situs http://www.myie2.com/ html_en/download.htm untuk mencari plugins-plugins tambahan. tersebut, dengan masuk pada bagian Options|Setup Center dan pilih pada bagian Popup Filter. Anda bisa menambahkan popup lainnya yang dapat Anda blok, sehingga nantinya tidak akan ada lagi popup-popup yang muncul secara tiba-tiba dan kadang sangat tidak berguna dan cukup mengganggu pekerjaan Anda.

View|Zoom Page untuk memperbesar/memperkecil ukuran persentase dari web page tersebut

Block Popup

Sering kali ketika Anda membuka sebuah halaman web tertentu secara otomatis Anda akan menerima sebuah window baru yang berisi sebuah pesan popup—tanpa diminta—yang tentunya sangat mengganggu kegiatan yang sedang Anda lakukan. Dengan aplikasi MYIE2, Anda bisa memblok popup yang tidak diinginkan

Lakukan block popup agar tidak semua popup dapat masuk.

E-mail System

Jika Anda menggunakan Microsoft Outlook sebagai e-mail system Anda, maka

Masuk pada Tools|E-mail untuk melihat e-mail pada Microsoft Outlook Anda.

Setelah itu lakukan pemilihan terhadap “MYIE2 options...| Advance| IE plugin “and “MYIE2 options...| advance|MYIE2 plugin” untuk menginisiasikan workable plugins.

4

Setelah itu, Anda perlu untuk mengaktifkan enable plugins bar untuk dapat menampilkan serta mengaktifkan pulgins apa saja yang Anda miliki.

5

Maka setelah itu, secara otomatis Anda akan bisa untuk menggunakan setiap plugins telah dipilih sebelumnya sesuai dengan keperluan Anda.

6

PC Media, Februari 2004

129

TIPS & TRICKS
solusi penuh ide

secara otomatis MYIE2 akan menyambungkan ke dalam address book microsoft outlook ketika Anda mengklik pada bagian Tools|E-mail. Sehingga tentunya akan membuat Anda merasa dimudahkan. Karena secara otomatis MYIE2 akan membuka account pada Microsoft Outlook yang telah Anda miliki sebelumnya.

Tools|Auto Scrolling dan tentukan kecepatan apa yang Anda inginkan, Tersedia tiga buah pilihan, yaitu dari slow, medium, hingga fast. Karena kadang tentunya selera orang berbedabeda untuk hal yang satu itu.

Beberapa Shortcut
Alt+~ Ctrl+D ALT+1 Ctrl+0..9 F2 F3 Alt+X Ctrl+R Ctrl+W Ctrl+K Menampilkan/menyembunyikan MYIE2. Menambahkan bookmark baru. Menyimpan form data yang sedang aktif. Secara langsung berpindah antara window 1 sampai dengan window 9. Berpindah ke window sebelumnya. Berpindah ke window setelahnya. Mengunci webpage yang sedang aktif. Melakukan refresh terhadap sebuah halaman web. Menutup window yang sedang aktif. Menutup semua window kecuali window yang aktif.

Address Book

Jika Anda menggunakan Microsoft Outlook sebagai e-mail system Anda, maka tentunya Anda akan memiliki address book yang telah ada pada sistem tersebut. Dan karenanya, apabila Anda mengklik pada bagian Tools|Address book, maka secara otomatis MYIE2 akan membuka address book yang terdapat pada sistem Microsoft Outlook Anda. Di mana nantinya Anda dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Lakukan pengaturan waktu refresh agarAnda dapat mengetahui status koneksi jaringan Internet.

Auto Refresh

Menampilkan alamat yang Anda miliki pada Microsoft Outlook Address book.

Dengan MYIE2 ini, Anda bisa mengatur waktu interval agar nantinya bisa melakukan refresh terhadap halaman web secara otomatis, tanpa Anda harus menekan shortcut tertentu atau tanpa Anda harus menekan icon tertentu. Caranya cukup mudah, klik pada bagian Tools|Auto Refres Tab|Set Refresh Frequency, dan masukkan satuan waktu yang Anda inginkan. Secara default, nilai dari satuan waktu tersebut adalah 60 detik, tetapi nantinya nilai tersebut bisa Anda ubah-ubah sesuai dengan keinginan.

Dan jika Anda ingin mengetahui lebih banyak mengenai shortcutshortcut tambahan yang ada pada MYIE2 masuk saja pada bagian Help|MYIE2 Help dan cari pada bagian shortcut. Mudah, bukan?

pada bagian Options|Proxy... Dan yang tidak boleh terlewat adalah bahwa Auto proxy script file harus valid dan dapat bekerja dengan IE. Untuk dapat melihat perubahan lakukan restart MYIE2 Anda.

Anda bisa mengatur kecepatan dari Auto Scrolling saat sedang menggunakan web browser yang satu ini. Dari pilihan yang paling cepat hingga yang paling lambat sekalipun. Anda hanya perlu melakukan Klik pada bagian

Auto Scrolling

Menggunakan File dari IE Auto Proxy Scripts

Jika Anda ingin untuk menggunakan file dari IE auto proxy scripts, maka yang harus diingat adalah bahwa MYIE2 proxy servers setting Anda harus menggunakan IE Proxy, di mana hal tersebut dapat dipilih dengan mengklik

Lakukanlah selalu pengecekan terhadap update dari MYIE2 ini. Hingga saat ini (sekitar akhir Desember 2003) update-an dari MYIE2 yang tersedia adalah sampai pada versi MYIE2 0.9.12.Jika Anda belum melakukan update terhadap aplikasi tersebut, nantinya akan ditandai dengan warna merah pada bagian patch update. Untuk dapat melakukan download update klik pada bagian Help| Check for Updates….<

Check For Updates

Atur kecepatan scrolling mouse sesuai dengan keinginan Anda.

Lakukan restart terhadap MYIE2 untuk mengaktifkan pilihan yang telah dibuat.

Jangan lupa untuk melakukan Update terhadap aplikasi MYIE2

130

PC Media, Februari 2004

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful