Bagan Alur Pelayanan Jasa Kapal

PERUBAHAN ATAU PEMBATALAN PERMINTAAN PELAYANAN JASA KAPAL
NO KETERANGAN PERUSAHAAN PELAYARAN CABANG TG. INTAN DIN. PANGKALAN DIN. PELAYANAN KAPAL DIN. ADM. KEUANGAN BANK

1

Perusahaan Pelayaran wajib memberitahukan perubahan/pembatalan terhadap hasil penetapan pelayanan jasa kapal selambat-lambatnya 4 jam sebelum pelaksanaan kepada Dinas Pangkalan. Terhadap perubahan yang terjadi atas formulir 1A yang telah diajukan, maka Perusahaan Pelayaran harus melakukan perhitungan ulang perkiraan biaya pelayanan. Apabila perhitungan ulang menunjukkan biaya yang lebih besar, maka Perusahaan Pelayaran wajib membayar kekurangan biaya ke kasir untuk pembayaran dengan menggunakan UPER dan ke bank yang ditunjuk untuk pembayaran dengan menggunakan warkat Dana. Selanjutnya perusahaan pelayaran mengisi formulir 1A yang baru dengan mencantumkan nomor 1A yang lama dan menuliskan status perubahan serta menyerahkannya kepada Dinas Pangkalan setelah dilengkapi dengan dokumen pendukung. Dinas Pangkalan memeriksa kesesuaian dan kelengkapan dokumen pendukung perubahan formulir 1A yang diterima.

2

Kurang bayar

3

Lebih bayar

Uper

WD

4

5

6

Apabila belum sesuai dan lengkap oleh Dinas pangkalan diserahkan kepada Perusahaan Pelayaran yang bersangkutan untuk dilengkapi.

Tidak

7

8

Apabila telah sesuai dan lengkap dokumen pendukungnya, maka Dinas Pangkalan memperbaiki data permintaan dari formulir 1A awal dengan data permohonan dari perubahan formulir 1A dalam file komputer kemudian mendistribusikan ke Dinas Pelayanan Kapal Untuk pembatalan formulir 1A awal, Dinas Pangkalan menghapus data permintaan pelayanan jasa kapal yang ada dalam file komputer.

Sesuai

9

Dinas Pangkalan dan Dinas Pelayanan Kapal melaksanakan proses perencanaan serta penetapan berdasarkan perubahan formulir 1A.

Lampiran III - 8