Testimonial Zenius User Pasca SBMPTN 2014

1 / 20
Q7 Tulisin dong Testimonial kamu setelah
pake zenius gimana. Apakah ada
perkembangan? Gimana rasanya setelah
ngerjain SBMPTN 2014? Atau mungkin ada
pengalaman menarik kamu yang positif di
kelas, waktu ulangan, ngerjain PR, quiz
dadakan, dan semacamnya... Pokoknya
ceritain hal seru yang menurut lo menarik
dari pengalaman lo sebagai pemakai
zenius deh !
Answered: 174 Skipped: 0
# Responses Date
1 Juj ur aj a ni h, sebenernya gua udah kul i ah di FISIP Unpad 2012 l al u, tapi gua merasa gak cocok
sama j urusan yang gua j al ani n, di tahun 2013 gua nyoba sbmptn l agi dan gua gak di teri ma (waktu
i tu gua bel um kenal zeni us), di tahun 2014 gua nyoba sbmptn l agi . Nah, bul an Januari 2014 gua
baru kenal sama yg namanya zeni us yaudah akhi rnya gua coba bel i voucher zeni us yg 6 bul an,
awal nya si h gua bi ngung mau bel aj ar dari mana dul u, yaudah akhi rnya gua i seng - i seng ngel i at
vi deo tentang al umni . Terus gua dapet pencerahan tuh dari vi deo i tu yaudah gua mul ai bel aj ar
dari yang gua gak ngerti dul u contohnya ya kaya sej arah, geografi , matdas dl l . Sel ama 6 bul an i tu,
hampi r ada sebul an gua gak masuk kul i ah l ah j arang kel uar kosan l ah cuma gara-gara pengen
bel aj ar sbmptn di zeni us i ni . Dan perj uangan gua gak si a - si a deh sel ama 6 bul an i tu akhi rnya gua
tembus sbmptn 2014 di FIA UB. Teri makasi h banyak buat zeni us yang sudah membantu saya untuk
menuj u j urusan yang sesuai dengan passi on saya, buat adi k adi k j angan sampe deh sal ah masuk
j urusan yang gak sesuai sama passi on l o, contoh : percuma l u masuk j urusan dokter tapi takut
ngel i at darah, ngel i at mayat, ngel i at sunti kan. Gua yaki n kul i ah l u j adi kacau bal au, l ebi h bai k pi ki r
1000 kal i ya buat mi l i h j urusan, karena i ni demi masa depan l o. :)))
7/20/2014 12:35 AM
2 Aku udah pernah kul i ah di sal ah satu ptn, tapi kurang puas dan bertekad 2014 mau nyoba l agi .
Terus temenku mi nj emi n cd soshum al umni nya ke aku untuk bel aj ar dari awal l agi karena aku l i ntas
j urusan!! Yaampun enak banget bel aj arnya!! Bener2 ngebangun dasar semua mapel dari zeni us,
terus ti nggal di asah di bi mbel . Ga si a2 ti ap mal em dengeri n zeni us terus si buk ngepause, fast
forward, atau di ul ang kal o ga ngerti seneng deh!! Terus aku kan pal i ng gabi sa matem, j adi aku bel i
cd teori matemati ka sbmptn 2 mi nggu sebel um sbmptn dan karena udah ti nggal segi tu aku
ngul ang2 postul atnya kak sabda aj a dan prakteki n ke soal to...dari yang bi asanya mi nus j adi bener
4:")))) terus karena zeni us aku yg benci ekonomi skrg j adi sukaaa banget karena kak sabda berhasi l
bi ki n ekonomi terl i hat fun dan chal l engi ng! Thank you zeni us! :D
7/19/2014 1:00 AM
3 ASA 7/19/2014 12:12 AM
Testimonial Zenius User Pasca SBMPTN 2014
2 / 20
4 Puj i Tuhan l uar bi asa karena Di a tel ah mempertemukanku dengan Zeni us saat kel as 12! Testi
muri d2 yang berhasi l masuk PTN bi ki n aku memutuskan untuk bel i voucher Zeni us.net. (Bi g thanks
for my brothers who pai d i t al l ). Trus ketagi han deh mel ototi n vi deo2nya. Aku mengenyam
pendi di kan di SMA swasta berdi si pl i n ti nggi di mana tugas dan ul angan tuh terus nambah ga ada
abi snya dan nyari ni l ai bagus tu ga gampang (Seri us, muri d2 sampe ngej ul uki n “Green Jai l ”
*Green: sekol ahku serba i j o). Dan aku tetol ong berkat Zeni us. Efek l ai nnya, rata2 rapor dan rangki ng
yang sempet turun j adi nai k. Ga cuma i tu, mataku j uga j adi terbuka karena zeni us bi ki n aku ngerti
konsep2 dasar dan cara berpi ki r yang bener. Sempet pede karena ni l ai rapor l umayan, aku bakal
l ol os SNMPTN. Sayangnya Tuhan ga berkehendak. Untung dari j auh sebel umnya aku ngi kuti n
advi ce zeni us supaya j angan ngandal i n SNMPTN and keep on fi re to study i n smart way buat
nebas SBMPTN. Waktu masa2 tryout UN aku skal i an ndal emi n SBMPTN Teori di Zeni us yang j uga
ada l ati an soal nya, yah meski ga i ntensi f l ati an soal campuran j uga si h. So, aku ga ragu buat
tempur SBMPTN dan UM UGM yang sel angnya cuma 5 hari . Buat j aga2, setel ah tes aku tetep ber-
Zeni us-ri a soal nya masi h ada kesempatan tes teraki r utk program di pl oma. Yah, i tung2 buat ngi si
waktu sambi l nunggu pengumuman. Masa bodo ama mata yang udah mi nus 4,5 mau nambah,
yang penti ng tetep smangat bel aj ar supaya l ol os! hahaha. Sebul an kemudi an ti bal ah saatnya
pengumuman. Unfortunatel y, aku masi h gagal tembus SBMPTN. But the good news i s, aku tembus
UM UGM! Puj i Tuhan, Teknol ogi Jari ngan UGM akhi rnya di tangan. Sedi ki t ceri ta j aman SMA ni h.
Aku tuh ga pernah i kut yang namanya l es, bi mbel , dl l , mal ah temen2ku yang seri ng berguru ke aku.
Mul ai dari temen kel as, l uar kel as, beda j urusan, sampe beda sekol ah seri ng mi nta di aj ari n.
Pl aj arannya pun ga cuma mapel program, bahkan sampe TIK dan Aksara Jawa pun j uga (bagi
yang gatau apa i tu Aksara Jawa, cari sendi ri di Googl e, hehe). Pernah ni h, ada beberapa temenku,
mereka dateng ke rumah buat bl aj ar ki mi a bareng sampe j am 10 mal em. Sl ai n i tu, seri ng j uga aku
di mi nta dateng pagi 2 ke sekol ah buat ngaj ari n karena mau ul angan j am pertama. Yah aku si h
mau2 aj a, soal nya aku ga terpancang waktu untuk l es sana si ni . Meski pun j adwal ku ga padet, tapi
tugas dan ul angan yang ga pernah punah dan ngefek depresi ti ngkat rendah bi ki n aku seri ng
kel ewat l embur. Bahkan ti dur tuh cuma 3 j am doang sehari . Asal ga capek, aku mau aj a
ngel uangi n waktu buat mereka. Asi k aj a rasanya, soal nya kal o aku bi sa buat temenku yang sul i t
dal am mapel tertentu berhasi l dapet ni l ai tuntas ato bagus, aku j uga bakal seneng. Dan sej ak
ketemu zeni us.net studi ku j adi l ebi h kebantu. Anyway, thanks a l ot Zeni us! Sal am Ora et Labora!
7/18/2014 10:09 PM
5 Gw i gi n sedi ki t share pengal aman gw ber-zeni us ri a yang nganteri n gw sampe sekarang
al hamdul i l l ah gw keteri ma di ugm tahun 2013 wal aupun bukan j urusan yang gw banget
sebenernya gw pas smp sama sma bi sa di sebut bego hehe hak pernah peri nga 35-40 l overs haha ,
tapi seri us setel ah tahu zeni us pol a pi ki ran gw tentang sci ence berubah banget tahu apa i tu math
yang sebenernya, gw bi sa tahu bagai mana penerapannya saat dai l y acti vi ty wal aupun pas sbmptn
2 kal i l agi gw gak dapet tapi efek pas tahu zeni us pas semester 2 kel as 3 sma gw bi sa rank 3 di kel as
haha terus pas gw terapi n si stem zeni us di perkul i ahan gw gak perl u l ati han uj i an bi sa uts maupun
uas bi sa ngerj ai n setengah waktu dengan hasi l yang excel l ent hehe Tapi sebagai rasa berteei ma
kasi h gw kepada sabda , pras , wi l o, fai sal , wi snu , dkk gw i ngi n create somethi ng great seperti yang
di katakan sabda wal aupun bukan j urusan yang gw banget tapi bi sa l ah bel aj ar i l mu dengan
otodi dak di perpustakaan hehe gw mi nta doanya dari kal i an yang baca i ni :)
7/18/2014 6:32 PM
6 Bel um, mau nyoba 7/18/2014 8:13 AM
7 Goki l l ah bel aj ar pake zeni us .. trust me i t works! Gue al umni yang taun l al u gak l ul us SBMPTN dan
mi l i h vakum setaun buat ngej ar kampus favori t gue: ITB! Trus gue mi nta bel i i n nyokap xpedi a
zeni us yang katanya bagus .. setel ah nyoba j adi nagi h bayangi n aj e gue bi sa ngej ogrok di depan
l aptop 14 j am l ebi h buat nonton zeni us doang .. sempet terpesona gi l e sama gaya ngaj arnya apl g
kl yang ngaj ar bang Sabda kagak ti dur j uga gapapa hahaha. Akhi rnya setel ah gue dagdi gdug pas
uj i an SBMPTN *bukan karna soal nya tapi karna gue dateng ke l okasi 3 meni t sebel um uj i an!
Maknyos* ternyata soal nya j adi terl i hat gampang hahaha akhi rnya pengumuman kemari n dapet
deh tuh FTTM ITB .. awal nya sempet mi nder karna yang gue l i at ti ap orang yg mau ke ITB pasti
pi l i h FTTM tapi gue dapet hahaha. Goki l l ah pake zeni us. Thanks tutor" kece tapi l ebi h thanks l agi
ke Tuhan Yesus Kri stus yang udah mewuj udkan mi mpi gue kul i ah di ITB :')
7/18/2014 8:03 AM
8 Wal aupun aku bukan user akti f/premi um member di zeni us, aku suka banget i kuti n i nfo dari zeni us,
j uga arti kel -arti kel nya yang menambah wawasan banget. Sangat membantu, mul ai dari persi apan
UN, mekani sme SNMPTN, hi ngga uj i an SBMPTN dan uj i an mandi ri l ai nnya. Teri ma kasi h zeni us,
sukses terus yaa!
7/18/2014 6:42 AM
Testimonial Zenius User Pasca SBMPTN 2014
3 / 20
9 Awal mul a tau keberadaan Zeni us, gue l angsung tertari k karena konsepnya mi ri p sama vi deo
pembel aj aran di Khan Academy. Gue mul ai pake Zeni us pas kel as XII semester 2 (soal nya
pani knya baru kerasa waktu i tu wkwk). Untuk pemi l i han j urusan kul i ah, gue berencana banti ng seti r
dari IPA ke IPS, dan gue sadar kal o pel aj aran IPS gak bi sa di remehi n. Jadi gue mul ai buka-buka
akun Zeni us gue, nyari -nyari materi . Sambi l nonton vi deo materi , gue catet hal -hal yang penti ng di
kertas pake bahasa gue sendi ri . Sel ai n i tu, gue j uga i kut bi mbel . Bedanya, kal o di bi mbel cuma
di kasi h j urus-j urus pi ntas yang ti nggal di tel en, sedangkan kal o di Zeni us di j abari n dari mana i tu
di dapeti n dan gi mana pengapl i kasi annya di kehi dupan sehari -hari . Ini ngebantu banget karena
bi sa bi ki n gue ngerj ai n soal tanpa ngapal i n rumus yang aneh-aneh, cuma perl u rumus-rumus
dasar. Hasi l bel aj arnya? Gue l ul us di Ekonomi Pembangunan Unpad. :) Rencana buat sel anj utnya
si h gue pengen kul i ah yang bener terus pengen ngel amar j adi tutor Zeni us! Haha tunggui n gue
yaa. :3
7/18/2014 4:22 AM
10 Bel aj ar di zeni us tuh seru dah hemat waktu. Pembahasan si mpel dan bel aj arnya bi sa kapan dan
di mana saj a.
7/18/2014 2:01 AM
11 Oke nama gua Naj i eb, bi asa di panggi l Naj i eb bhahaha Gua anaknya pemal es, pesi mi sti s (karna
banyaknya deretan kegagal an yg gua al ami ), tp punya kei ngi nan dan ci ta-ci ta yang besar. Masuk
kel as 12 gua memutuskan untuk gak bi mbel , karna waktu kel as 9 gua bi mbel anehnya ni l ai gua
mal ah turun. Tp pas pertengahan November gua memutuskan buat bi mbel pake Zeni us yg menurut
gua pal i ng aj i b buat bel aj ar tahan l ama. Waktu berj al an 3 bul an, gua TO SBMPTN dan hasi l nya
passi ng grade gua cuma 17%. What the... Gua otak-ati k otak gua dan gua "bener"-i n semua dgn
cara gua sendi ri akhi rnya PG gua stagnan di angka 43-48%. Takj ub gua, l i at PG ti ap2 prodi ,
taunya pd di bawah PG gua saat i tu. Opti mi s menuj u SBMPTN!! Eh taunya banyak soal yg karna
gua gak tel i ti j d gua banyak yg sal ah dan akhi rnya GAK LOLOS. Ini namanya Pembunuhan Psi ki s!!
apal agi l i at anak2 zeni us yg pameri n screen shot hasi l SBM, maki n aj a gua saki t hati ! Ibaratnya
di tusuk pedang, trus di ol esi n bawang di seti ap l ukanya wkwk Hari i tu bener2 pal i ng menyedi hkan.
Gak sadar nyampe mewek j uga. Tp karna gua bel aj ar dari kesal ahan di SBM, gua mencoba
menghi ndari kesal ahan, dan akhi rnya j ebol di Uj i an Mandi ri nya hahahaha Thanks bgt l ah buat
Zeni us, tel ah membi mbi ng gua j d anak yg raj i n dan opti mi s. Extrem Transformati on l ah gi tu :3
7/18/2014 1:58 AM
Testimonial Zenius User Pasca SBMPTN 2014
4 / 20
12 Si mpl y, sel ama empat bul an bel aj ar SBMPTN SOSHUM dengan Zeni us di mul ai dari akhi r Februari
adal ah momen berhaga buat hi dup saya. Wal aupun saya hanya memanfaatkan konten-konten
grati s, tapi zeni useffect-nya sangat berasa. Sampai deti k i ni saya masi h heran apa yang tel ah
terj adi dengan otak saya. As a second test taker, keadaan saya ki ni sangat berbeda di bandi ng keti ka
saya SMA dul u. Sempat hi l ang kepercayaan untuk ti dak akan pernah mengenyam kursi PTN l ewat
SBMPTN, tapi perkataan Bang Sabda kal au, "kecerdasaan i tu bi sa di bangun." dengan anal ogi
komputernya akan saya camkan seumur hi dup. Awal nya saya mengi baratkan rumah tua yang kotor
ti dak terawat, j i ka di di ami orang tentu ti dak akan betah, sama hal nya dengan otak saya; j i ka
keadaanya masi h carutmarut tentu i l mu yang masuk akan mudah kel uar kembal i . Maka, l angkah
awal saya adal ah memperbai ki keadaan 'otak' dengan mendal ami TPA, postul at-postul at dasar
matemati ka, dl l sel ama dua mi nggu penuh. Perl ahan tapi pasti , saya mul ai mengi nj ak mapel -
mapel dasar; Bahasa Indonesi a, Bahasa Inggri s, Matemati ka. Saya perhati kan cara pengaj ar-
pengaj ar Zeni us menj awab pertanyaan dan i ni l ah yang saya dupl i katkan dal am cara berpi ki r saya.
Semaki n hari saya merasa l ebi h responsi f dal am menj awab soal . Dan j awabannya hampi r sel al u
benar. Setel ah i tu, saya mul ai mempel aj ari mapel SOSHUM, whi ch are brand new thi ngs for me.
Saya pantengi n ti ap-ti ap materi dan saya serap konsep-konsep penti ng yang di aj arkan, tak l upa
di i kuti dengan l ati han soal yang bersi fat repeti ti on sesuai dengan konsep del i berate practi ce.
Secara perl ahan, ti ap materi saya kuasai , rasanya seol ah dal am otak saya terdapat banyak kantong
arsi p sesuai materi tertentu dan j i ka nama materi tersebut di sebutkan, as i f my brai n woul d l ogi cal l y
connect dari satu bab ke bab yang l ai n. Wow. Mendekati tes, saya mencoba tryout offl i ne maupun
onl i ne. Pada tryout pertama, saya berada di peri ngkat 21 dari 255 anak. Tryout kedua (onl i ne -
Generasi Opti mi s) saya berada di peri ngkat 49. Ya, 49 dal am peri ngkat 100 besar se-Indonesi a.
Mi nggu-mi nggu terakhi r otak saya semaki n 'gi l a'. Saya masi h i ngat pertengahan Februari sebel um
saya bel aj ar SBMPTN saya i seng mengerj akan soal Bahasa Indonesi a tahun 2013 semua nomor.
Saya benar 2 nomor. Dua mi nggu sebel um SBMPTN saya i seng l agi mengerj akan semua nomor
soal SBMPTN Bahasa Indonesi a tahun 2013 dengan kode soal yang berbeda. Saya sal ah dua
nomor. Gi l a memang :)) H-1 mi nggu saya me-revi ew kembal i konten-konten vi deo yang si gni fi kan;
seperti konsep di agram venn, cara memi ndai teks bahasa i nggri s, konsep ekonomi mi kro-makro, dl l .
Benar saj a, semua tercurahkan keti ka mengerj akan SBMPTN tanggal 17 Jul i . Logi ka saya tanpa
harus berpi ki r keras bi sa bekerj a tahap demi tahap. Soal TPA saya 'haj ar' dengan al okasi tepat
waktu. Bahasa Indonesi a saya kerj akan hi ngga 14 nomor dengan kesal ahan 1 nomor (setel ah
di koreksi di rumah), begi tu pul a dengan mapel -mapel yang l ai n. Saya dengan seksama mengontrol
penuh si nergi antara penal aran-anal i si s-konseptual sel ama 105 meni t + 75 meni t yang tel ah saya
bangun dengan Zeni us sej ak awal . And, voi l a! Wal aupun saya ti dak di teri ma di pi l i han ke-1,
menj adi satu dari tuj uh pemenang yang berhasi l mengal ahkan 180 l ebi h peserta menj adi
kemenangan ter-awesome for the rest of my l i fe, and thi s i s defi ni tel y YOUR wi nni ng, too. Pardon
my brai n that l ets me wri te thi s much because I thi nk I need to share thi s. I must share thi s. So thank
you so much for changi ng my l i fe and equi ppi ng me such pri cel ess 'weapons'. I hope that many
Indonesi an students out there wi l l have the same feel i ng as much as I do now. Sel amat
mencerdaskan anak Indonesi a, Zeni us! CHEERS! -Idham Raharfi an, Sastra Peranci s Uni versi tas
Gadj ah Mada 2014
7/18/2014 1:00 AM
13 Unek" kel uar semua., j di l ega 7/18/2014 12:31 AM
14 Untuk yang l g persi apan buat UN dan SBMPTN gua recommend banget ni h buat pakek ZENIUS.
Gua cuman pakek ZENIUS satu bul an sebel um SBMPTN, rasanya hasi l yg gua dapet l ebi h dari
bel aj ar gua sel ama 3 tahun SMA. Gua di sekol ah ni l ai nya bi asa aj a, rangki ng 10 besar di kel as aj a
gak pernah. Mul ai dr pakek zeni us ni l ai Try Out gua ti ap mi nggunya sel al u nai k. Soal mau
di gi manai n j uga, pasti bi sa di kerj ai n. Tapi kal o saran gua, sel ai n pakek zeni us l o j uga harus i kut
bi mbel . Karna bi mbel bi asanya ti ap mi nggu pasti ada Try Out nya, nah i tu j d ngebuat ki ta terbi asa
dengan soal dan suasana waktu SBMPTN nanti , sekal i gus ngukur kemampuan ki ta udah sej auh
mana. Seenggaknya dal am l i ngkup provi nsi / kota tempat ki ta ti nggal . Tapi kal o usaha udah getol
tanpa di barengi doa j uga sama aj a bohong, i badah j gn di ti nggal dan pal i ng penti ng do'a orang
tua dan kel uarga. Nah j adi untuk l o yg l agi baca testi moni i ni , gua bener2 sarani n segera pakek
ZENIUS deh, gua yg cuman pakek satu bul an aj a al l hamdul i l l ah di teri ma j urusan Bi sni s
Internasi onal Uni versi tas Brawi j aya, apal agi l o yg masi h punya banyak waktu saat l o baca testi moni
i ni . It's worth i t guys :)
7/17/2014 10:04 PM
15 thanks zeni us akhi rnya l ol os sbmptn '14 (perasaan soal sbm'13 j auh l bh gampang deh(?)).. gw
cuma mau bl g, mendi ng l o pacaran berdua kapanpun di manapun sama zeni us drpd si a2 i kut
bi mbi ngan l ai n hehehehe ^__^
7/17/2014 9:44 PM
16 Keren deh zeni us, gak percuma gue panas panas wi fi an cuma buat downl oad materi dari zeni us,
gue sangat terbantu saat ngerj ai n SBMPTN, Thanks ya zeni us :D Sori cuma bi sa bal es pake
ucapan teri makasi h :)
7/17/2014 7:43 PM
Testimonial Zenius User Pasca SBMPTN 2014
5 / 20
17 wahh gi l akk pokoknya zeni us keren abi s!!! Bener bener ngeboost kemampuan gue, zeni us adal ah
hal pertama yang bi ki n gue ngerasa matemati ka tuh ga nyebel i n, matemati ka tuh asi k, bi ki n gue
l ebi h pd ngerj adi n sbmptn!!! thanks bgt buat @sabdaps yang keren banget nyampei n materi nya,
j uga buat tentor tentor l ai n yang ga kal ah kerennya.. Pokoknya ga rugi pake zeni us, ga mahal tapi
hasi l nya maksi mal ! Thank you so much Zeni us :)
7/17/2014 7:27 PM
18 Gakan nyesel bel i voucher buat zeni us. Zeni us top bgt cara penyampai an materi + bahas soal nya.
Gue nya aj ani h yg kurang beruntung apa gi mana gatau deh hehe
7/17/2014 7:27 PM
19 Sumber bel aj ar yang ngebuat revol usi oner dal am i ncrease knowl edgenya :) 7/17/2014 6:50 PM
20 Hel l o zeni us dan tutor - tutor kecenya. Thankyou banget berkat zeni us gue l ol os di Sastra Peranci s
UGM l ewat j al ur SBMPTN. Gue ngerasa setel ah pake zeni us ti ngkat penasaran atau kekri ti san gue
meni ngkat hehehe. Jadi sekarang j uga seri ng baca (dul unya j arang :p). Pokoknya gue ga perl u
bi mbel deh cukup pake zeni us.net aj a buat bel aj ar SBMPTN. Karena udah l engkap banget materi
sama soal -soal nya. Apal agi ekonomi , gue yg dul unya l emot banget di ekonomi sekarang bi sa
paham dengan cara ngej el asi nnya Sabda. Keren banget pokoknya! :) Besok gue pasti bakal nyuruh
adek-adek kel as gue buat ngga bi mbel gaj e deh cukup bel aj ar pake zeni us.net aj a bi ar cerdas
mereka. XD Once agai n, thankyou so much Team Zeni us! Jangan l el ah untuk mencerdaskan anak
bangsa. :)
7/17/2014 6:43 PM
21 zeni us i tu uni k, saya l i hat soal 2 dan pembahasan di webnya dan amazi ng memudahkan bgt. Apal g
pas zeni usengl i sh ngebahas tntg octopus dan kel uar dl m UN 2014 *thumb up*
7/17/2014 6:33 PM
22 saya ngga pake zeni us, ti ba2 aj a pas buka fb ke hal aman i ni --" 7/17/2014 6:09 PM
23 Yah harusnya l ebi h kenal Zeni us dari awal si h, trus kal o bi sa pi ngi n i kut bi mbel Zeni us deh,, 7/17/2014 5:16 PM
24 senang banget 7/17/2014 4:43 PM
25 Sebenarnya mudah-mudah tp gue gugup j adi l upa semu 7/17/2014 4:20 PM
26 menyenangkan si ch 7/17/2014 3:35 PM
27 Awal nya hanya coba-coba aj a pakai zeni us untuk persi apan Uj i an Nasi onal eh gak taunya
ketagi han. Akhi rnya pakai terus sampai sbmptn. Pal i ng sukaaaa ekonomi nya kak Sabda. Gampang
nyantol di otak pokoknya ngerti deh sama ekonomi . Padahal saat SMA saya j urusan IPA.
Al hamdul i l l ah keteri ma di Pi l i han kedua Fakul tas Hukum Uni versi tas Hasanuddi n:') thx a l ot Zeni us!
pengen bgt suatu saat nanti mai n ke bi mbel Zeni us hehe
7/17/2014 3:30 PM
28 Awal nya si h kenal Zeni us gara-gara Kakak yang ngrekomendasi i n. Nyesel banget baru kel as 3 pake
zeni us -_- Tapi gak papal ah, kenal pun udah aku syukuri . Dul u, waktu kel as 1-2 SMA kerj aan aku di
sekol ah kebanyakan yaaa begi tul ah. Maen, bel aj ar cuma pas mau ul angan, i kut acara i ni i tu,
l omba sana si ni (l ombanya aj a yang banyak, prestasi nya di ki t. hehhe), j adi pengurus organi sasi
di mana-mana, kepani ti aan yang gk ada habi s-habi snya. Al hasi l , ni l ai rapor ya standar2 aj a.
Waaaduuuh mul ai gak karuan ni h arah masa depanku. Kel as 12 >> Aku coba bel i VCD-nya zeni us,
pi nj em zeni us-nya kakak kel as j uga, pake zeni us.net (aku nggak l es, aku cuman seti a sama zeni us :p
). Dari si tu tuh, mul ai deh bel aj ar mati -mati an, tengah mal am bangun l al u bel aj ar (makanya j adi
seri ng ti dur di kel as deh :D). Terus aku putusi n buat murtad dari pel aj aran IPA buat kul i ah ntar. Dari
si ni , aku j uga persi apan buat SBMPTN Soshum l ooohhh. Al hamdul i l l ah ya, Ni ai UAN ku
l umaaayaaan. Sayangnya SNMPTN Undangan ti dak berpi hak kepadaku :( (Waktu i tu aku ngi si
FEUI). Yaudahl ah, emang harus berj uang l agi . Oke fi x, aku harus bener2 move, aku manage
j adwal bel aj arku, fokusi n pi ki ranku, gak l agi maen sana si ni . Dan perj uangan demi perj uangan
sambi l di temeni n zeni us kul al ui sebul an l ebi h hi dupku di kamar, (duh udah kayak 2 sej ol i aj a).
Akhi i rrnyaaaaaaa. Jreng Jreng ! SBMPTN bi sa l ol os j ugaaa. Al angkah bahagi anya bi sa tembus UI,
bersyukur banget l ah bi sa kenal zeni us. Dari konsep bel aj arnya aj a dapet, dasar" berpi ki rnya j uga
oke, sebenernya kal au bol eh ngomong si h, mereka para pel aj ar harus make zeni us dul u kal o
pengen pendi di kan Indonesi a maj u. Hahha. Awesome !
7/17/2014 3:10 PM
29 Pokoknya ngga akan nyesel kenal sama bi mbel tercanggi h yang satu i ni , apal agi pas j el ang sbm
aku pacari n seti ap hari dari pagi sampe mal em. Efeknya bagus banget, wal aupun keteri ma di
pi l i han keti ga, orang tua tetep bangga sampe bi ki n terharu. Pengen i kutan punya cara bel aj ar
yang canggi h? Ayo j oi n j adi member zeni us, membuka paradi gma, merai h i mpi an!
7/17/2014 3:05 PM
30 Saya bel um ngerasi n perkembangan di ri gue ni h, soal nya gue nya yang mal es, nggak memaksi mal
bel aj ar gue dari zeni us.net cuma setengah" doang gue mantengi n zeni us.net. -__-"
7/17/2014 3:04 PM
31 pake zeni us ngena banget wal aupun gue dari IPA tapi gue ngambi l prodi IPS buat ngasah ski l l
engl i sh si h. bel aj ar IPS 2 mi nggu kurang dan pal i ng awesome i tu pembahasan di agram ven yang
orang l ai n pada kebi ngungan pas test
7/17/2014 2:52 PM
Testimonial Zenius User Pasca SBMPTN 2014
6 / 20
32 Sebenernya saya gak terl al u banyak pake vi deonya untuk i l mu i l mu sosi al , pal i ng pal i ng kal o
matemati ka. Tapi beneran seru i tu metodenya kal o di terapi n di j al anan macet (soal sul i t)
bagai kan j al an ti kusnya (cara al ternati f, bukan cara cepat l ho ya) tapi i nti nya seru banget, terutama
kal o udah ngeganti l ambang matemati ka j adi kotak atau segi ti ga. Thank you Zeni us!!!
7/17/2014 2:16 PM
33 Banyak perkembangan 7/17/2014 1:40 PM
34 Pas kel as 12 mul ai mi ki r mi ki r i kutan bi mbel , tapi aku agak ragu soal nya udah i kutan kursus bahasa
Inggri s dan ga mau postpone karena udah l evel hi gh i ntermedi ate, bahasan di skusi nya l agi seru
banget dan sayang bgt kal au harus kel uar. Akhi rnya ada temen ortu ngasi h rekomendasi pake
produk Zeni us, awal nya si h agak ragu dengan cara bel aj ar yg ngga face to face sama gurunya, tp
setel ah dateng ke outl etnya, dpt penj el asan produk sm l i at contoh vi deonya l angsung tertari k.
Kel as 12 i ni aku cuma pake Zeni us Xpedi a 2.0 aj a untuk bantu persi apan UN dan SBMPTN, Bantu
banget si h j adi l ebi h ngerti materi dan tutor-tutornya j eni us bangetl ah (suka sama Sabda :p ). Untuk
tahun i ni , sayangnya bel um beruntung SBMPTN, mungki n krn l i ntas j urusan, kurang maksi mal , dl l
faktor l ai n. Tp aku l angsung move on kok, PTN bukan satu satunya tempat buat sukses. Btw, tri ms
bgt zeni us sudah membantu menambah wawasan dan berpi ki r kri ti s :)
7/17/2014 1:23 PM
35 setel ah ngerj ai n SBMPTN suana ti dak karuan,panas-di ngi n, gemeteran. masuk kel as tel at l agi ..
waktu tes kartu tes.ku keti nggal an di tas. l al u aku ambi l dengan tergesa-gesa . ehh mal ah kepl eset.
makl um pake sepatu baru j adi masi h l i ci n :D .waktu ngerj ai n soal nya susah banget . aku pl i ng bi sa
ngrj ai n kl o pas yg TPA. l ai nnya budregg ..
7/17/2014 1:22 PM
36 Kl o pengal an mungkn bl m ada kl i ya soal nya gw msh baru make produk zeni us. Tp kmrn gw baru
coba dkt l i at2 tutornya keren j g cara j el asnnya . Gw ska bgt caranya
7/17/2014 1:15 PM
37 Sbmptn susah !!!! 7/17/2014 1:11 PM
38 WIHH Soal nya pada guri hh bgtt, ,,, :D 7/17/2014 12:51 PM
39 yahh banyak banget pel aj aran yg gua dapet bahwasannya ki ta harus berusahaa sebai k mungki n
pas gua sebel um SBMPTN gua bel aj arnya di ki t dan ga maksi mal mungki n i tu faktor gua ga l ul us
7/17/2014 12:41 PM
40 gax nyangka bi sa l ul us. 7/17/2014 12:28 PM
41 bel aj ar zeni us i tu sangat menyenangkan, gue gak perl u l agi bel aj ar pakek buku sampek
bertumpuk2, trus kej utannya gue mal ah l ul us di sbmptn 2014.
7/17/2014 12:12 PM
42 Baru make CD zeni us pas semi nggu sebel um SBMPTN , j adi masi h di ki t banget yg baru di kuasai n .
Pas hari H , masi h kel abakan ngerj ai nnya . Al hasi l , gagal :D . Oke , setahun i ni saya mi nta
bantuan zeni us l agi .
7/17/2014 11:17 AM
43 cukup kecewa :( 7/17/2014 11:13 AM
44 Rasanya sungguh menari k deh 7/17/2014 11:12 AM
45 Oh my God. Gak kebayang kal au aku kenal Zeni us dari awal DAN MAU COMMIT UNTUK BELAJAR
DI SANA DARI AWAL. Mul anya aku pede 100% kal au aku bakal l ul us SNMPTN (dan i tu sal ah besar
guys — bel i eve meeeh dan bel i eve kakak-kakak di Zeni us kal au i tu sal ah besar >__<). Al hasi l aku
terguncang banget begi tu dapet tul i san merah di hasi l sel eksi SNMPTN, dan barul ah membuka
account Zeni us (yang sebenernya udah akti f sej ak kapan). Kurang l ebi h 12-14 hari yang tersi sa aku
ngedri l l Zeni us (bukan cara yang bai k si h, tapi namanya j uga kal ap dan tegang), pani k karena
bahkan teori -teori awal aj a aku udah banyak yang l upa, pani k ngedri l l soal -soal , pani k bukai n
semua vi deo j awaban yang di bahas bang Sapta dkk yang 'nampar' abi s dan sukses membuat aku
berpi ki r "sel ama i ni bel aj ar ngapai n aj aa". Al hamdul i l l ah guys ternyata cukup membantu, aku gak
kebayang mungki n kal au nggak ngedri l l sama sekal i aku bakal ngebl ank banget di SBMPTN, dan ...
i ni l ah hasi l nya. Bukan di tempat pi l i han 1, tapi bersyukur banget! Thanks a l ot Zeni us, you hel ped
me so much i n the l ast mi nutes!
7/17/2014 10:44 AM
46 Saya l ul usan tahun 2013. Al hamdul i l l ah setel ah gagal bertubi -tubi tahun l al u, akhi rnya saya bi sa
di teri ma di PTN. Btw, saya cuma member free di zeni us, j adi hanya bi sa mengakses konten-konten
tertentu saj a. Tapi j uj ur, zeni us membantu banget saya untuk tembus di PTN. Zeni us mengupas
tuntas esensi dari i l mu pengetahuan yang sebenarnya sehi ngga saya sebagai si swa SMK bi sa
tembus di PTN favori t. Pkoknya Zeni us top markotop abi s, deh. :)
7/17/2014 10:36 AM
47 zeni us i tu l uar bi asa, semenj ak pake voucher zeni us kemaj uan pesat yang dapet, thanks zeni us.. 7/17/2014 10:31 AM
Testimonial Zenius User Pasca SBMPTN 2014
7 / 20
48 Hal l o kenal i n gue Yudi . Gue seorang al umni , l ul us SMA tahun 2013. Gue sekarang i ni sedang
mengenyam pendi di kan di sal ah satu Perguruan Ti nggi Swasta di Bandung sudah sel ama dua
semester i ni . Juj ur dah gue tau Zeni us i ni berawal dari facebook sej ak mau UN dan gue masi h ga
ngerti i ni apa Zeni us, setel ah mengul i k di Zeni us.net gue mencoba bel aj ar di Zeni us.net i ni
ternyata goki l dal am pembel aj arannya dan cepet nyerap ke otak. Dul u karena waktu nya mepet
sama UN j adi ga sempet bel aj ar waktu i tu tapi i nti nya bel aj ar di Zeni us.net adal ah pembel aj aran
yang pal i ng pas buat anak muda-mudi SMA bahkan anak sekol ah SD dan SMP sangat cocok dan
sangat di sarankan untuk bel aj ar di Zeni us.net i ni . Dul u sej ak SMA gua i kutan SNMPTN sama
SBMPTN tahun 2013 dan i tu ga keteri ma al hasi l gua kul i ah di PTS. Setel ah gua menj al ani di
PTS ternyata gue sal ah j urusan dan akhi rnya gue setengah hati buat kul i ah. Dan akhi rnya gua
i kutan SBMPTN tahun i ni , j uj ur aj a gua sel al u ga sempet buat bel aj ar buat SBMPTN karena tugas
kul i ah yang sel al u ada tanpa henti . Sekarang gua ga keteri ma SBMPTN tahun i ni , kenapa? Karena
gue emang sel al u nunda waktu bel aj ar. Jadi aj a semua materi ga gue pel aj ari n tuh karena udah
mepet mah SBMPTN dan kebetul an i ni bentrok sama UAS di kul i ah gue. Jadi i nti nya gue kacau,
dan gue sarani n bagi kal i an yang mau i kutan SBMPTN atau UM persi apkan bel aj ar l ebi h di ni
mi ni mal setaun bel aj ar sebel um SBMPTN mendatang di tahun beri kutnya. Gue pri badi bel aj at di
Zeni us.net i ni emang udah asyi k banget apal agi bel aj ar sama si Sabda gampang nyerep banget ke
otak dan goki l j uga tutor B. Indonesi a orang j awa kadang gue ketawa-ketawa ngaj arnya ada l ogat
j awanya tapi j uj ur i tu udah goki l banget bel aj ar di Zeni us.net dan gampang nyerap di otak. Gua
sendi ri emang ga keteri na ni h SBMPTN tahun i ni , j uj ur aj a gua ga ngerj ai n Matdas sama Teori Ips
yang di kerj ai nnya asal -asal an karena gue sendi ri anak IPA, karena gue si buk kul i ah dan ga sempet
bel aj ar Zeni us.net i ni . Sekal i l agi teri makasi h sebanyak-banyaknya buat Zeni us.net.
7/17/2014 10:27 AM
49 kal o awa si h , kebantu banget sama konsep bel aj ar nya dari Zeni us . satu hal yang pal i ng awa i nget
dan ngerti "Kotak & Segi ti ga" nya . i tu ngegampangi n banget buat ngerj ai n soal . terus dal am segi
mi nd mappi ng nya j el as . l angsung ke i nti nya . mantap l ah .
7/17/2014 10:27 AM
50 sebel umnya pas di sbmptn 2013 gue gak keteri ma ,rasanya nyesek banget deh pas waktu i tu.
Padahal gue ngerasa udah bel aj ar raj i n banget pake zeni us. Awal nya gue down banget, saya cari
tau kesal ahan yang gue l akukan sel ama i ni apa. Ternyata gue baru sadar sel ama i ni gue kal au ti ap
ngerj ai n soal seri ng l oncat-l oncat tanpa di pahami terl ebi h dahul u. Ya udah gue mul ai dari awal
kuasai n materi nya secara mendetai l sampai ke akar-akarnya, ternyata gue baru sadar banyak
banget konsep yang gue bel um kuasai n,, sampai akhi rnya gue tau bener (wal aupun gak semuanya
si h).. Dan akhi rnya gak kerasa sbmptn 2014 di mul ai , rasanya pl ong banget gak kaya tahun kemari n,
bro (wal aupun sebenarnya rada nyesel j uga si h banyak soal yang gue anggap gampang ternyata
sal ah). Akhi rnya waktu pengumuman pun ti ba, gue coba buka ternyata l el et banget (gue ngebuka
sambi l baca Qur'an bro bi ar gak tegang banget). Gue cari di web mi ror, gue masuki n datanya, dan
ternyata gue keteri ma (perasaan gue sebenarnya sedi ki t senang aj a si h karena gue seri ng gagal
emosi gue j adi stabi l , wkwkwk). Ya udah cuman gi tu aj a.. Gue do'ai n yang i kutan UM di teri ma dan
do'ai n gue j uga yah mudah-mudahan gue di teri ma di tek. ki m UI (l ewat si mak)<= gue pi ngi n
banget ni h masuk j urusan i ni ..
7/17/2014 10:13 AM
51 Yg seru i tu keti ka bel aj ar bersama teman, berbagi bersama, dan sal i ng mengaj ari bersama i tu yg
menj adi fokus utama saya dal am bel aj ar
7/17/2014 10:11 AM
52 Kal ok di gambari n sama grafi k i tu Al hamdul i l ah abi s gue kenal sama zeni us grafi k gue sel al u nai k,
dan i tu kebukti waktu UH Fi si ka sel ama i ni gue sel al u kena remed pas fi si ka tapi kel as 3 i ni gue
gapernah tuh kena remed l agi , dan Gong yang pal i ng gede-nya i tu waktu SBMPTN kemaren,
semua yg pernah gue pel aj ari n di zeni us kel uar! In the end, I coul d pass i t :D masi h bel um bi sa
percaya gi tu, gue udah mau j adi Mahasi swa aj a di Jurusan yang gue i damkan!
7/17/2014 9:23 AM
53 Zeni us bukan cuma ngaj ari n tentang materi pel aj aran, tapi j uga ngaj ari n gi mana bel aj ar yang
bener i tu sendi ri , materi nya di sampai kan dengan ri ngan dan mudah di serap otak. Yang pal i ng asi k
si h baca2 zeni us bl og, menambah wawasan dan membuka pi ki ran, j adi l ebi h j erni h dal am berfi ki r
dan gak gegabah dal am berti ndak. Makasi h zeni us :D
7/17/2014 9:04 AM
54 Dul u ane benci sama Matemati k dan Fi si ka, sej ak pake zeni us mal ah j adi suka banget.. Saat
Sbmptn gue kaget sendi ri bi sa kerj a di atas 10 nomer, pdhl target cuma 7 atau 8 nomer. Efek
sampi ngnya, gue l ul us di Pendi di kan Dokter Unsoed. Makasi h zeni us udh nemeni n gue setahun
bel aj ar mati 2an Buat yg masi h bel um percaya sm Zeni us, TRUST ME IT WORKS!
7/17/2014 9:00 AM
55 GUE BISA NGELEWATIN SBMPTN BERKAT ZENIUZ CUY. Zeni us yg ngaj ari n gue sej arah
ekonomi dl l keti ka gue harus bel aj ar i tu semua dr nol . Sampe2 waktu si mak ui ada soal ekonomi yg
berhasi l gue j awab krn kebayang suaranya ka sabda. Thx zeni us ur my everythi ng!
7/17/2014 8:41 AM
Testimonial Zenius User Pasca SBMPTN 2014
8 / 20
56 Gw udah pernah gagal SBMPTN 1x.Dan gw akhi rnya memutuskan untuk kerj a dul u sel ama
beberapa bul an.Ni atnya cuma sampe bul an j anuari gw l angsung kel uar buat bel aj ar persi apan
SBMPTN.Ternyata gw kebabl asan sampe bul an februari akhi r.Di si tu gw bi ngung, gw merasa waktu
gw sangat sempi t.Gw bi ngung harus bel aj ar pake medi a.Medi a buku gak ngebantu sama sekal i
buat ti pe ti pe kayak gw gi ni .Akhi rnya di bul an apri l gw coba coba zeni us.Gw daftar j adi premi um
membernya.Ternyata emank setel ah gw seri us dengeri n ocehannya bang sabda dkk.Membuat gw
berpi ki r l ebi h kreati f.Jadi gw ngej awab soal bukan hapal an tapi dari hal hal yang bi sa di pi ki rkan
secara l ogi ka ki ta.Karena gw mul ai bel aj ar SBMPTN dari zeni us di bul an apri l dan i tu sangat
sangat tel at banget.Gw pesi mi s bi sa l ul us di SBMPTN.Tapi gw gak mau gagal buat yang kedua
kal i .Gw seri usi n dan akhi rnya sekarang gw keteri ma di UIN Jakarta j urusan Psi kol ogi .Wal aupun di
pi l i han kedua.Tapi i t's okay.Saran gw buat yang masi h gagal di SBMPTN gal au si ch waj ar ya.Tapi
j angan gal au terus sob, kal o l o ngotot harus masuk negeri .Lw fokusi n aj a buat bel aj ar.Seri us!!!
soal nya kal o l o pi l i h buat kerj a gw yaki n susah bagi waktunya.Mendi ng mantepi n materi nya dari
sekarang sekarang bi ar agak nyantai .Jangan kayak gw ti ap hari di kamar mul u.Okeee i tu aj a
pengal aman dari gw. #panj angbangetyakk :v
7/17/2014 8:35 AM
57 hahaha di suruh nyeri tai n pengal aman pakek zeni us Gue l ul usan angkatan 2014. gue sendi ri tau
zeni us dari temen di H-7 bul an SBMPTN, emang dari awal gue tertari k banget sama i ni produk.
padahal dul u gue Gamers yg gak mati mati , ada koneksi sel al u buat game :D hahaha :D dan
setel ah beberapa hari di kasi h pi nj em sama temen, akhi rnya bi sa bel i sendi ri . yg dul unya ga suka
bel aj ar j adi nya mal ah nongkrongi n zeni us, yg dul unya onl i ne cuma buat maen game onl i ne,
sekarang onl i nenya pakek zeni us hahaha :D strategi nya si h katanya gausah mi ki ri n UN l angsung
si kat aj a SBM :D dan i tu emang gue l akui n l angsung padahal masi h 7 bul an sebel um pel aksanaan
SBM, pakek zeni us emang bi ki n addi cted bahkan pernah bel aj ar semal eman bareng temen pakek
i ni zeni us semi nggu berturut turut (kebayang ngal ongnya kayak gi mana kan) :v gue sekol ah di
swasta si j adi gak terl al u mi ki ri n SNMPTN UNDANGAN, j adi l angsung tanpa pi ki r panj ang si kat Aj a
soal SBMnya dan akhi rnya meski pun ga j atuh di Pi l 1 HI UGM, j atuhnya di Pi l 2 FISIP HI UNAIR
dan i tu udah berkah banget buat gue. thanks buat tutor tutor zeni us yg sel al u keren buat j el asi n
materi Soshumnya :)
7/17/2014 7:57 AM
58 Nggada , mati rasa sudah :) 7/17/2014 7:38 AM
59 Yaa begi tul a 7/17/2014 7:25 AM
Testimonial Zenius User Pasca SBMPTN 2014
9 / 20
60 Bi smi l l ah. Pertama kal i kenal zeni us i tu waktu pengumuman sbmptn tahun l al u. Langsung tertari k
pas tau si swanya banyak yang l ol os di uni v ternama di Indonesi a. Terus, pertama kal i nyobai n
zeni us, I was fal l i ng i n l ove at the fi rst tryi ng (?) i ni benar-benar REVOLUSI!! si ngkat ceri ta, aku j adi
premi um member dan merasa kl op banget dengan zeni us i ni . Meski pun aku bi mbel di tempat l ai n
j uga, tetep aj a aku ngerasa l ebi h nyaman bel aj ar sama zeni us. Ya i yal ah, di mana l agi kamu bi sa
bel aj ar sbmptn sambi l bebari ngan/gaya semau kamu? Nggak perl u kel uar rumah, nggak perl u
dandan, wkwk. Mau bel aj ar kapan aj a bi sa :D apal agi tutor2 di si ni asi k banget, nggak bori ng dan
nggak bi ki n ngantuk, punya cara yang oke untuk bi sa bi ki n kamu ngerti bener sama pel aj arannya
tanpa harus ngafal i n rumus/teori :D seri ousl y, zeni us benar-benar membawa perubahan besar
dal am di ri ku. Aku yang dul u benci banget bel aj ar math&physi c, sekarang mal ah j atuh ci ntaaa
(makasi h kak Sabda, kak Wi snu! :) ) di zeni us aku j uga bel aj ar 'gi mana cara bel aj ar'. Aku menyadari
kesal ahan besar sel ama i ni yang kul akukan, yang bi ki n aku benci sama beberapa mapel i tu karena
ki ta nggak di aj ari n dari pondasi nya. Itu yang bi ki n pemahaman ki ta nggak kuat. Zeni us hadi r dan
merubah segal anya~~ I l earnt how to l earn, memperbai ki kesal ahan-kesal ahanku dal am bel aj ar
dan mul ai mel akukan cara bel aj ar yang seharusnya. Efeknya kerasa banget (dan akan bertahan
sampai seumur hi dup, mungki n). Pi ki ran ki ta j adi kebuka, dan nggak sekedar pasrah neri ma
pel aj aran, tapi harus bener-bener ngerti , kok bi sa gi ni , kok bi sa gi tu... Karena zeni us udah ngasi h
pemahaman kayak gi tu, aku dul u j adi mal es ke sekol ah karena, ehm, guru2 di sekol ah nggak punya
banyak waktu untuk menj el askan konsep berpi ki rnya. Aku bahkan seri ng pura2 saki t bi ar di i j i ni n
nggak kesekol ah, demi berduaan dengan l aptop di poj okan kamar sambi l zeni usan hahaha. Kal o
mi sal kan l agi di sekol ah dan gurunya l agi bori ng, aku sengaj a duduk di bel akang bi ar bi sa ngul ang
pel aj aran dari zeni us wkwkwk. pernah ni h, waktu i tu ada tugas presentasi ki mi a. aku yang anti
banget bel aj ar ki mi a, akhi rnya mengadu pada zeni us hehe. efeknya, sehari an bel aj ar ki mi a di
zeni us, presentasi nya l ancar j aya!! SEMPURNA!!! i ni rekor, mengi ngat aku anti -ki mi a-banget dan
sekarang udah bi sa fasi h menj el askan materi ki mi a di dpn kel as hahaha. Seri ng j uga kal o ada
ul angan hari an gi tu, aku bel aj arnya pas subuh-subuh, pas mau berangkat sekol ah! pake zeni us!
efeknya? al hamdul i l l ah l umayan bagus. aku udah bi sa dapat ni l ai ti nggi di uj i an fi si ka, di kerj ai n
sendi ri :p :p Yup, i tul ah ceri taku. kepanj angan ya, kak? But I l ove zeni us so much. Lul us sbmptn -
menurutku- hanya satu di antara seki an banyak manfaat yg kudapat dari zeni us. Yang terpenti ng
adal ah pengembangan i ntel ektual dan koreksi 2 dal am cara bel aj arku. Zeni us berj asa sekal i :')
Teri ma kasi h, kakak-kakak. Kak sabda, kak wi snu, kak yoki , kak pras, kak wi l o, kak donni ta, dan
semuanya yg namanya nggak kuhafal l agi , makasi i i i i i hhhhh :')) Semoga zeni us maki n maj u, maki n
sukses, dan menyukseskan bangsa! ^^
7/17/2014 7:00 AM
61 Sebenernya, saya udah i kut sal ah satu bi mbi ngan bel aj ar yang namanya cukup terkenal di
Indonesi a sebel um kenal sama Zeni us. Terus, suatu keti ka, waktu saya nggak keteri ma SNMPTN,
saya sempet down. Bawaannya nggak mau kel uar rumah dan ketemu temen-temen (sedi h),
makanya saya nggak pernah dateng bi mbel l agi . Jadi , saya cuma bel aj ar sendi ri di rumah. Ngi si -
ngi si kumpul an soal SBMPTN tahun-tahun yang l al u. Kadang saya suka bawa temen yang senasi b
(baca: yang nggak keteri ma SNMPTN) j uga ke rumah buat bel aj ar bareng. Tapi ternyata, bel aj ar
tanpa tutor/guru memang susah... Memang di buku kumpul an soal , ada pembahasannya. Tapi
kadang pembahasannya terl al u si ngkat, sampai saya bi ngung asal rumusnya i tu dari mana.
Seperti nya Al l ah mengetahui kegal auan saya, dan saat browsi ng, saya pun menemukan websi te
zeni us. Saya memutuskan untuk l angsung membel i vouchernya dan sel ama sebul an saya
pantengi n mul u tuh vi deo2 dari zeni us. Waktu i tu di pi ki ran saya cuma: "Ini di a yang gue cari !"
bi mbel onl i ne yang berkual i tas, harga terj angkau, tutornya the best best best banget (ampe j atuh
ci nta ama suaranya *l oh?). Dan tutornya i tu nggak cuma ngej el asi n gi mana j awabnya, tapi
ngej el asi n asal muasal rumus dan teori nya. Jadi , sej ak saat i tu saya bukan cuma tau j awabannya,
tapi j uga ngerti konsep. Overal l , thank you Zeni us and al l tutors! Bi mbel yang kece banget, semoga
semaki n eksi s yaaaaw!
7/17/2014 5:53 AM
62 Hai , Zeni us! Aku mul ai bel aj ar i ntensi f buat SBMPTN sel epas UN. Aku nggak i kut bi mbel , cuma
ngandel i n vi deo Zeni us dan buku soal -soal hasi l bel i di toko buku. Ti ap pagi j am 4-7 aku
nongkrong di depan l aptop buka Zeni us (i tu waktu di mana koneksi l ancar) sambi l nyatet materi
yang kuanggap penti ng. Vi deo-vi deo Zeni us membantu banget. Aku j adi paham materi mapel
SOSHUM kayak ekonomi dkk meski pun aku anak IPA. Tutor Zeni us ngaj arnya enak dan fun, apal agi
tutor ekonomi sama sosi ol ogi .x)) Setel ah nggak di teri manya aku l ewat SNMPTN, aku bel aj ar j adi
l ebi h raj i n di bandi ng sebel umnya. Nggak cuma ti ap pagi mantengi n Zeni us, si ang sore j uga
meski pun harus sabar karena i nternetnya l el et. Beberapa kal i sampai ganggu temen dan kakak
kel as, mi nta di aj ari n. Habi s SBMPTN, perasaanku antara l ega dan was-was. Mapel soshum aku i si
50 soal kal o nggak sal ah, meski pun aku nggak yaki n betul atau sal ah. Aku udah dapat pegangan
materi banyak dari Zeni us dan buku, dan i tu kayaknya cukup membuatku pede ngi si banyak haha.
:D Aku nggak nyocoki n j awaban, semuanya aku serahkan ke Al l ah. Aku l angsung fokus ke tes l ai n.
Al hamdul i l l ah ternyata aku l ol os Sastra Inggri s UNDIP. Seneng banget bi sa l i hat ortu tersenyum
bangga. Thanks ya Zeni us udah seti a menemani bel aj ar! :D
7/17/2014 5:41 AM
Testimonial Zenius User Pasca SBMPTN 2014
10 / 20
63 Intensi f pake zeni us sej ak semester 2, wal aupun gi tu ngaruh banget, j adi l ebi h ngerti pel aj aran
secara detai l , l ati han soal nya bantu banget, UN berhasi l l umayan bai k, dan al hamdul i l l ah j uga
SBMPTN nya l ul us j uga. Makasi h banyak Zeni us! Semoga semaki n banyak teman-teman l ai n yang
akan di bantu. Sal am semangat!
7/17/2014 5:21 AM
64 Seneng banget bi sa kenal zeni us. Aku l ul us UN tahun 2013. Waktu menghadapi SBMPTN 2013
udah di kenal i n ke zeni us si h sama temen deket, tapi masi h bel um ngeh dan dapeti n esensi bel aj ar
pake zeni us. Jadi gak bener-bener bel aj ar pake zeni us. Aku i kut bi mbel , tapi ngerasa gak efekti f dan
cara bel aj ar aku gak bener. Al hasi l gak l ol os SBMPTN, tapi aku akhi rnya l ol os j uga di FK USU j al ur
UMBPTN. Karena memang bukan tuj uan awal dan ada kendal a besar j adi aku yaki ni n hati buat
i kut SBMPTN l agi tahun i ni . Persi api n semuanya dengan bel aj ar pake zeni us. Aku gak bi mbel
karena nyesuai i n sama j adwal kul i ah yang padat. Jadi aku nonton semua vi deo zeni us buat
SBMPTN pl us gi ati n l ati han soal . Bel aj ar tengah mal am gak masal ah karena asi k banget nonton
vi deo vi deo di zeni us, banyak tambahan i nfo serunya. Al hamdul i l l ah l ul us di pi l i han kedua.
Makasi h banyak zeni us. Defi ni tel y, a fun way to study. Konsepnya ngena banget!
7/17/2014 4:41 AM
65 yang j el as untuk SBMPTN i ni aj a, dan waktu bel aj ar si ngkat, Al hamdul i l l ah bi sa keteri ma,
wal aupun bukan di pi l i han 1, karena waktu i tu cuma sempat bel aj ar TPA nya aj a, gak sempat yang
SAINTEK, tapi dengan bel aj ar TPA nya aj a udah nyel ameti n gue dari yang namanya kegagal an,
syukur banget. Dan thanks buat Zeni us!
7/17/2014 4:40 AM
66 Awal nya si h, i seng-i seng l i at soal SBMPTN tahun 2013. Soal nya bi ki n mual , pusi ng dan segal a
macamnya. Trus ki ra2 bul an November gi tu, aku daftar member premi um zeni us. Tapi efekti f
makai nya i tu setel ah UN ki ra2 bul an Apri l dan efeknya kerasa banget. Wal aupun cuma 2 bul an
efekti f makai tapi rasanya udah semi -advance gi tu l ah. Efek sampi ngnya Al hamdul i l l ah di teri ma
FITB ITB. Thanks Zeni us!
7/17/2014 3:11 AM
67 Ngebut 2 mi nggu sebel um sbm si mak ngerasa banget bedanya setel ah nonton vi deo sama baca
bl og zeni us berguna abi s
7/17/2014 2:42 AM
68 Awal nya gue kenal zeni us dari twi tter pas gue kel as 10 semester 2. Gue tau dari RT-an nya twi tter
i nfo snmptn gi tu l ah. Nah awal nya gue cuma fol l ow twi tter zeni us doang karena gue j uj ur gatau
zeni us i tu apa hahaha. Akhi rnya ke-kepo-an gue meni ngkat. Gue kl i k l i nknya zeni us (pas i tu gue
kel as 11). Gue buka vi deo yg ada di web zeni us, eh ternyata premi um member onl y. Ah kesel
banget gua yg bayar bayar gi tu. Tapi gue coba l i at vi deo yg free. Ternyata seru. Akhi rnya gue
mi nta ayah gue buat bel i i n voucher. Gue mul ai j adi premi um member pas kel as 12, gue mul ai
nonton dan bel aj ar dr vi deo-vi deo di web zeni us. Pernah waktu i tu gue mau ul angan ttg barder.
Gue bel aj ar dr soal 2 di zeni us. Eh pas ul angan ternyata beda sama soal zeni us. Iya bedanya l ebi h
gampangan soal UH gue wkwk. Trus gue waktu mau UN tuh gak bi mbel mi n cuma ngandel i n
zeni us, al hasi l al hamdul i l l ah bi sa l ul us. Kal o sbmptn, gue udah bel aj ar dr awal kel as 12. Sampe
temen gue bi l ang gue keraj i nan. Tapi bener deh mi n bel aj ar dr awal i tu gak ada rugi nya. Dan gue
pal i ng seneng sama postul atnya sabda, ah gi l a i tu canggi h banget. Gue tau l ah kemampuan math
gue payah, tp dengan postul at i tu ngebantu math gue banget. Eh i ya sama gue seneng bangettuh
sama bi ol ogi nya kamenri der, gak cuma pahaman bi o doang yg nambah tp wawasan gue j uga j d
nambah. Pokoknya thanku zeni us ! :*
7/17/2014 2:09 AM
69 Wal aupun gue make zeni us cuma buat downl oad l ati han soal nya (karena gw bel aj ar sbm bareng
sama temen) dan ga sempet aj a untuk bel i voucher zeni us, tapi kerasa banget deh, sel ama ki ta
berusaha dan bertekad keras, i nsya al l ah akan di teri ma, i ni j uga sambi l nunggu pengumuman
SIMAK UI, teri ma kasi h zeni us atas kumpul an soal dan arti kel yang sangat memoti vasi
7/17/2014 2:09 AM
70 Awal nya susah! masuk gerbang, katanya sal ah costum Karena sal ah costum, i tu semua buat aku
enggak konsen dan di bagi an MADAS kagak ada aku i si satupun, padahal katanyaaa ni l ai mati
di berl akukan. Dan thi s i s the mi racl e from God.. Tuhan beri kan kukemenangan, dal am doa dan
berserah padaNya semuanya akan LUAR BIASA!!!
7/17/2014 1:49 AM
Testimonial Zenius User Pasca SBMPTN 2014
11 / 20
71 Wel l , zeni us asl i keren!! (y) kenal an dengan zeni us i tu dari temen kakak. Pertama si h cuman
mi nj em punyanya doang, waktu i tu cuman materi bi ol ogi yg ada. Eh akhi rnya kecantol deh sama
zeni us. Pel an2 nabung dan akhi rnya memantapkan kol eksi zeni usmul ti medi a. Mul ai dari materi
sampai pembahasan soal . Sedi h memang ga bi sa i kutan bi mbel zeni us soal nya j auh bi ngi tss hehe.
Akhi rnya cuman bi mbel sbmptn standar aj a di makassar tapi ti ap mal am tetap dengeri n Kak Sabda
berkotek2 kwkwkw, kerj a soal zeni us dan sempat i kut tryout si h. Sempat bosan memang mendengar
suara manusi a mengaj ar tapi namanya kerj a keras dan usaha. Saya suka zeni us karena zeni us
bukan cuman menekankan pada materi untuk di kuasai tapi memang dari konsep awal dan
pembentukan pol a pi ki r yang l ebi h di utamakan. Untuk semua materi dan keri ngat yg saya
kel uarkan demi SBMPTN akhi rnya saya bi sa l ul us dan tentunya berkat doa yang tak henti -henti nya.
Wal aupun cuman di pi l i han kedua tapi yaudahl ahyah, j al an Tuhan sudah yang terbai k. Oh i ya
mi n, gara2 bel aj ar TPA terus2an dari zeni us gue l ol os USM STAN j uga l oh. Keren deh pokoknya
(y) Nyesel yang gak pernah coba zeni us ;;) Keep spi ri t, taun depan mau coba l agi mi n. Di FK
tentunyaaa, ei ts kedok dong bukan kehutanan xD
7/17/2014 1:32 AM
72 Setel ah baca-baca tul i san di bl ognya zeni us i tu j adi gi mana ya.. Beda aj a gi tu. :D 7/17/2014 1:28 AM
73 Hal seru yang menurut gua menari k dari pengal aman gua sebagai pemakai zeni us i tu ngerasa woy
soal nya cara-cara yang di gunai n buat ngaj ar gampang buat di teri ma sama otak gua, dan gua
masi h penasaran sama orang yang ngaj ar hehe. Sukse terus buat zeni us yang sel ama i ni nemeni n
gua bel aj ar hehe. Thanks zeni us
7/17/2014 12:45 AM
74 Gue pake zeni us cuma di bul an-bul an terakhi r menuj u sbmptn, i tupun gga bel i tapi mi nj em
account temen yang udh keteri ma snmptn dul uan haha:') sel ama gue nonton vi deo22 zeni us gue
cuma bi sa mangap sambi l ngomong "ooooohhhhh" berul ang kal i , beberapa soal zeni us j g ada yg
mi ri p22 ti penya di sbmptn, pokoknya hacepl ah:')
7/17/2014 12:34 AM
75 Ini tahun kedua gw i kut SBMPTN, tahun l al u gw gagal karena ga terl al u ngerti konsep dasar
pel aj aran Fi si ka, Ki mi a, dan Bi ol ogi . Terus gw mul ai pake akun Premi um Zeni us, pertama nyoba
gw l angsung ketagi han. Kenapa? Karena gw l angsung nemui n kesal ahan cara bel aj ar gw waktu
SMA, yai tu menghafal . Setel ah nonton vi deo di zeni us.net gw l angsung kayak "anj i r gw 3 tahun
gatau rumus i ni dapetnya dari si ni toh, i ni mah gausah di hafal i n". Vi deonya tuh asi k bi sa gw tonton
pake i Pod sambi l duduk di bi s Transj akarta, pas l agi penasaran sama suatu materi yang gw
gangerti gw ti nggal kl i k konsep dasar & l ati han soal nya aj a. Yg menari k dari vi deo2 di zeni us tuh
tutornya ga ngeboseni n ga kyk guru di kel as yg cm baca text book, terus l ebi h prakti s bi sa di tonton
kal o l g mager, dan yang pal i ng penti ng bi sa bi ki n ki ta ngerti konsep dasar pel aj aran dan bel aj ar
j adi l ebi h asi k & cepet masuk ke otak. Makasi h banyak Zeni us, berkat Zeni us tahun i ni gw dapet
kabar gembi ra untuk ki ta semua haha.
7/17/2014 12:30 AM
76 Qui z dadakan i tu Horor banget , dan Juj ur soal SBMPTN sukses bi ki n kepal a aku mumet mumet --" 7/17/2014 12:29 AM
77 Aku baru ngenal zeni us pas kepepet SBM semi nggu l ebi h sebel um hari H. Tapi , setel ah saya tel i ti
dan tel aah. Zeni us emang super. Wal aupun cuman berbentuk vi deo tapi saya bi sa ngerti sama
soal -soal atau pembahasan yang di saj i kan. Beda, kal au bel aj ar di sekol ah. Guru kadang kal au
ngaj ar suka bel i bet dal am ngaj arnya. Thanks yah zeni us, wal aupun saya bel um di nyatakan
'LULUS' tapi saya bakal an l ebi h gi at bel aj ar l agi buat ngadepi n UM. Mungki n kal i i ni gagal karena
kurang persi apan bel aj ar yang mati 2an. Its oke. Saya ngaku sal ah!!!!!!! Bantu saya yah mi n buat
ngadepi n UM UNNES!! Saya doai n mi mi n tambah pi nter.
7/17/2014 12:29 AM
78 j adi tau gmn soal sbmptn. dan perj uangan nya bol ak bal i k ci anj ur bandung sendi ri an 7/17/2014 12:21 AM
79 Ga pake zeni us :v 7/17/2014 12:18 AM
80 Begi tu tau gue ga l ol os SNMPTN 2014, hal pertama yang l angsung gue pi ki ri n adal ah i kut bi mbel
buat SBMPTN. Tapi pas SMA gue ambi l j urusan Bahasa. Dan i tu bi ki n gue ga pede buat daftar ke
LBB ambi l soshum yang notabene gue gak ngerti sama sekal i . Jadi gue cari al ternati f bel aj ar
sendi ri vi a i nternet. Terus nemu ZENIUS deh. Ternyata asi k banget cara nyampei n materi nya. Gue
yang anak Bahasa dan tadi nya ga ngerti materi IPS sama sekal i j adi nyambung di ki t-di ki t l ah. Ti ap
hari gue l ati an soal dan ngi tung passi ng grade gue. Al hamdul i l l ah nai k terus. Hampi r semua ti ps
dan i nstruksi dari Zeni us gue i kuti n. Sal ah satunya bel aj ar Sosi ol ogi gabol eh di hafal , harus
di ngerti i n. Dan i tu ampuh banget. Sampe hari i ni pun gue masi h gak nyangka bi sa l ol os Sastra
Jepang di Uni versi tas Brawi j aya. Padahal waktu bel aj ar gue kurang dari 20 hari aj a. Maturnuwun
Zeni us!
7/17/2014 12:17 AM
81 Gue al umni 2013 dan udah pernah gagal SBMPTN. Setel ah i tu gue coba bel i Xpedi a 2.0 dan
akhi rnya... gue ketagi han bel aj ar! Efeknya kerasa bgt dan akhi rnya tahun i ni gue keteri ma di IPB
coy. Thanks bgt zeni us :)
7/17/2014 12:14 AM
82 a good thi ng 7/17/2014 12:08 AM
Testimonial Zenius User Pasca SBMPTN 2014
12 / 20
83 sebel umnya teri makasi h zeni us karena sangat membantu dal am mempersi apkan SBMPTN, namun
saya i ngi nnya bi mbel l angsung di zeni us tapi karena ekonomi saya ti dak memadai dan mal u kal o
harus mi nta sama orang tua j adi ya seadanya. kal o bol eh fi si ka sama ki mi a nya dal am
penyampai annya di permudah l agi , al hamdul i l l ah matemati kanya tambah ngerti .
7/17/2014 12:02 AM
84 cara berpi ki r berkembang :D enak buat bel aj ar kadang kal o l agi suntuk aj ak temen l i at bareng"
haha fl eksi bel di manapun kapanpun bi sa bel aj ar thanks Zenui s :D
7/16/2014 11:56 PM
85 ceri taku aneh sebenernya. taun 2012 uda di teri ma di manaj emen uni v ai rl angga. tapi karena
mal es-mal esan dan sebagai nya, trus akhi r semester 4 mau di DO. akhi rnya mutusken i kut sbmptn,
daftar manaj emen UI, manaj emen unai r, dan terakhi r ekonomi pembangunan unai r. persi apan
kurang dari 2 bul an, otak l ama gak di pake mi ki r pel aj aran(sej ak masuk kul i ah), bi sa di bi l ang bl ank.
cuma ngandal i n zeni us + 1 buku kumpul an soal sbmptn tahun2 sebel umnya . beneran cuma i tu,
gak l es ke sana-si ni . dan bel aj arnya pun bi sa di bi l ang nyante banget, cuma dengeri n penj el asan2
dari tentor2 yang keren & ngerj ai n soal taun2 sebel umnya. udah gi tu aj a, bahkan ga nyatet sama
sekal i . penj el asan2 dari tentor2 zeni us manteb pokoknya. dan aku g cuma dapet i l mu buat ngerj ai n
soal 2 aj a, tapi j uga dapet i l mu tentang kehi dupan *tsaah* . sayang, waktunya mepet banget cuma
2 bul an, apal agi aku gak nerapken i l mu dari tentor2 zeni us tentang metode bel aj ar yang cakep.
j adi hasi l nya j auh dari maksi mal . tapi j auh dari maksi mal nya j uga nggak j el ek, l ho, manaj emen
unai r, ehehe. j auh dari maksi mal nya aj a manaj emen unai r, gi mana hasi l maksi mal dari zeni us
coba hahaha nyesel banget kenal zeni usnya gak dari dul u...bel aj ar j adi asi k banget, dah. bi sa
ngebuka pi ki ran tentang kehi dupan j uga :D thanks abang2 & mbak2 zeni us, terutama buat bang
sabda yang pal i ng seri ng kasi h wej angan tentang kehi dupan :D terakhi r, Do the best, and l et god
does the rest. tanpa zeni us, j adi nya nggak best :D
7/16/2014 11:53 PM
86 Asyi k banget zeni us i ni , kebetul an saya sudah pakai zeni us sej ak kel as 3 SMP dan sewaktu kel as 3
SMA saya bel i paket xpedi a. Wah mantep banget deh penj el asannya, materi nya masi h nempel
sampe sekarang. Waktu ngerj ai n SBMPTN j uga sel al u i nget sama yang di aj arkan tentor-tentornya.
Al hamdul l i l ah, saya di teri ma di Hukum Unpad :)
7/16/2014 11:53 PM
87 waah i ni ga nyangka si i sebenernya apal agi kan soal SBMPTN taun i ni beda banget sama yg tau
sebel umnya, menurutku l ebi h susah. tp syukur Al hamdul i l l ah bi s dapet i tu farmasi j ember. berusaha
dan berdoa si i kunci nya posi ti f aj a. Tuhan sel al u ngasi i yang terbai k. semangat kawan :)
7/16/2014 11:52 PM
88 Waaahh zeni us tuh buat gue sesuatu banget asl i . Ngebentuk pol a pi ki r banget. Ngebentuk pri badi
ki ta banget. Konsep banget !!! Buat perkembangan di ri gue, i t worki ng guys. Gak nyesel deh udah
bel i cd dari zeni us wal aupun cuman satu hhe. Tapi asl i ngeffect banget. Apal agi kal o udah
dengeri n ka Sabda PS ngej el asi n i ni i tu ono gi ni gi tu hhe. Wal aupun gak i kut di Tebetnya,cukup
dengan i nterakti f vi a cd and onl i ne, ngaruhnya al hamdul i l l ah hhe. Zeni us i s Geni us :D. Thanks
zeni us hhe :D
7/16/2014 11:44 PM
89 Aku bel um sarapan pada waktu mengerj akan soal SBMPTN, j adi tambah gak konsen ngerj ai nnya. 7/16/2014 11:41 PM
90 bi asa 7/16/2014 11:30 PM
91 Awal nya sempat nge down setel ah pengumuman SNMPTN undangan, mungki n karena hasi l UN
yang kurang bagus,, tapi setel ah bel aj ar bareng Zeni us buat SBM, Loe bakal ngerasai n esensi yang
sebenanrnya dari bel aj ar,, dan l oe bakal "ketagi han bel aj ar", Buat Ka Sabda, moti vasi nya bener2
mantep :), buat ka Pras makasi h udah buat bel aj ar Bi ol ogi j adi l ebi h asi k dan gak bori ng :)
7/16/2014 11:28 PM
92 Awal nya tau web zeni us i tu dari twi tter, pernah di share sama akun @Info_SNMPTN terus gue
stal ki ng gi tu. Mul ai ketagi han waktu bul an-bul an terakhi r mau uj i an nasi onal , moti vasi , soal sama
pembahasannya yang gue dapet bener-bener bermanfaat. Lanj utnya waktu snmptn, sempat nge-
down karna ga l ul us tapi gue l agi -l agi stal ki ng zeni us tapi di akun twi tternya. Gue bangki t l agi ,
sel ama sbmptn gue tahan-tahani n pergi ke warnet buat nge-pri nt soal 2 sama pembahasannya. Ga
j arang j uga nonton youtube nya. Soal -soal nya buat gue PD dan tenang sel ama ngerj ai n soal pas
tes. Gue j uga tes j al ur SIMAK UI, nah yang i ni bener-bener berasaaa kal o gue butuh zeni us.
Kumpul an soal dan pembahasannya gue pri nt out semua, dan terbukti l agi -l agi buat gue PD waktu
ngerj ai n pas test. Gue pal i ng suka sama sal ah satu posti ngnya tentang sebagi an besar sej arah
sama beberapa fakul tas uni v UI. Buat gue mupeng banget abi s baca i tu. Sempet nyesel si h kenapa
baru tau waktu kel as 3 i ni . And then, buat kal i an yang baru nai k kel as 3, ayo deh buru-buru stal ki ng
+ j oi n di si ni . Banyak manfaatnya!
7/16/2014 11:05 PM
93 seru, mudah di cerna 7/16/2014 11:04 PM
94 Pengal aman menari k setel ah uj i an SBMPTN aku saki t, saki tnya i tu bukan setel ah sel eksi tapi
sedang sel eksi , uh susah banget l agi tes ni ya, kepal a pusi ng, sampe sampe baca soal bahasa
i ndonesi a aj aku sal ah gara gara gak konsen, masak pertumbuhan aku baca penumbuhan. . Lucu
7/16/2014 10:56 PM
Testimonial Zenius User Pasca SBMPTN 2014
13 / 20
95 Zeni us keren bangeeett, cara pembel aj arannya mudah di pahami dan aku bi sa bel aj ar di mana aj a
dan kapan aj a. THANKS ZENIUS
7/16/2014 10:54 PM
96 Al hamdul i l l ah beruntung aku ketemu sama namanya Zeni us. awal nya l ul us snmptn. tapi setel ah
l i at testi moni zeni us. aku ni at untuk i kut sbmptn dan si mak ui :) mul ai ngi kuti n tweetnya sampe
akhi rnya terj un ngambi l voucher 1 bul an (karena tel at taunya hi ks dan aku nggak bi mbel ). nggak
l ebi h dari 2 mi nggu aku bel aj ar si ang mal em mantengi n webnya. al hasi l : al hamdul i l l ah sel ama
ni at kuat, Al l ah pasti tunj ukki n j al an. berhasi l :) tengyu Zeni us
7/16/2014 10:44 PM
97 asi k l aah stel ah pake zeni us tpi msal ahnya gw baru make yg CD nya pas 1 bl n sbl m SBMPTN
dtambah gw j ga i kut bi mbel dadakan wal hasi l ga maksi mal gw bl aj arnya,, tapi buat gw pri badi i ni
l angkah awal gw mnuj u masa depan. gw ga kecewa kok, j ustru gw maki n smangat buat ngej ar ci ta2
gw. wi sh me l uck yaa (y) buat ka sabda mkasi h banget krna stl h dengeri n CD zeni us gw ga takut l agi
ama mtk wal opun gw bl om paham bner, dan j uga buat moti vasi nya. buat ka wi l ona mkasi h kak buat
TPA nya gw j di bsa ngerj ai n dg cepat (wal opun sbm nya gagal ) trus j uga buat tutor2 l ai n yg ga
sempat gw sebuti n namanya satu-satu yg udh membi mbi ng gw l ewat zeni us..BIG THANKS 4
ZENIUS
7/16/2014 10:30 PM
98 Assal amual ai kum wr.wb Zetel ah saya memakai zeni us saya l ebi h bi sa mengerti soal sbmptn dan
pada uj i an saya bi sa mengerj akan soal dengan benar tetapi waktu uj i an soal nya ada beberapa
soal nya yang berbeda dengan soal tahun l al u dan waktu uj i an soal bahasa
i ndonesi a,tpa,soshum,saya bi sa mengerj akan dengan cepat berkat zeni us teri mah kasi h zeni us
mungki n i ni saj a pengal aman saya bi sa ceri takan wassal am
7/16/2014 10:25 PM
99 ga pake saya… 7/16/2014 10:24 PM
100 hai , sebenernya gue agak kecewa keteri ma di pi l i han keti ga tapi ya bersyukur aj a Al hamdul i l l ah. Ya
mungki n j al an gue emang di Unti rta. j adi gi ni , gue make zeni us dua mi nggu sebel um SBMPTN.
gi l a gue ngej ar materi abi s abi san. wal aupun gak semuanya ke kej ar. nah, di si tu gue nyesel banget
kenapa ga make zeni us pas sebel um UN. pake 2 mi nggu sebel um SBM aj a bi sa l ol os di pi l i han ke
3, apal agi kal o make zeni us pas sebel um UN, pasti dapetnya yg l ebi h kereeeen. Tapi ya gue
bersyukur. bersyukur banget :) Al hamdul i l l ah. oke, teri makasi h banyak zeni us :D
7/16/2014 10:22 PM
101 masi h baru 7/16/2014 10:18 PM
102 EMNG MANTEP MIN sebul an l angsung ada kemaj uan ,, tapi masi h ri bet di matemati kannya.. abi s
sbmptn dan si mak UI nyantai 5 hari l angsung ngebl eng l agi --"
7/16/2014 9:50 PM
103 Pokoknya zeni us keren! Pake zeni us pas kel as 3 akhi r semester 1... dan proses bel aj ar gue l umayan
ni ngkat Waktu kel as X sm XI gue sel al u masuk rank di antara 18 sampe 22. Yap rank gue terti nggi
sel ama dua tahun i tu rank 18.. Begi tu pas kel as 3 atau semester 5, rank gue ni ngkat cukup taj am..
rank 4 men! Trus j g ni l ai UN bi ol ogi gue pal i ng ti nggi se-sekol ah 95.00, pokonya waktu i tu gue
demen bgt mantengi n coretannya bang pras :D Sayangnya gue ga keteri ma j al ur undangan, dan
akhi rnya keteri manya dgn perj uangan l ewat SBMPTN di Si stem Informasi UNSRI. Thanks Zeni us!
7/16/2014 9:43 PM
104 Dul u aku tau zeni us dari kakak sepupu. Awal nya si h kayak, 'emang ngaruh bel aj ar pake gi ni an'.
Tapi pas masuk SMA semester dua dan ngerasa kesul i tan buat bel aj ar ki mi a sama fi si ka, yaudah
deh, i kutan daftar j adi member premi um. Hmm, mayan ngaruh, j adi ngerti i ni -i tu. Si ngkat ceri ta,
aku gak yaki n bakal l ol os SNM, karena mal es i kutan bi mbel , udah l ah bergantung sama zeni us aj a
bel aj arnya :v It turned out good. Kal o gak ada zeni us, gak bi sa ngebayangi n gi mana bel aj ar
soshumnya, karena kebetul an ambi l IPA di SMA. Sel ai n soshumnya, matemati ka dasarnya j uga
kebantuuu banget. Pas SBM bi sa ngerj ai n 9 dan sal ah 2. Sedi ki t memang, tapi i tu banyak buat
aku. Akhi rnya l ol os di UI, can't thank enough, real l y. Thank you :')
7/16/2014 9:38 PM
105 Jadi awal nya gi ni , gue nyesel banget baru kenal zeni us i tu saat pengumuman snmptn, gue kenal
zeni us gara-gara temen gue, kebetul an di a l ol os snmptn dan ngasi h gue voucher zeni us satu bul an
bel um di akti vasi , akhi rnya gue ambi l deh tuh voucher Saat bel aj ar ada pi ki ran menyesal kenapa
baru kenal zeni us sekarang kenapa nggak dari kel as x aj a, tau gi ni kan gue bi sa dapet ranki ng 1
terus di kel as (hehehehe) Oh i ya perl u di ketahui gue sebenernya anak i pa yang l i ntas j urusan ambi l
i ps, kebayang dong gi mana susahnya bel aj ar pel aj aran buat 3 tahun dal am waktu 3 mi nggu Tapi
dengan zeni us i tu semua gak bakal sul i t kok asal kal i an mau berusaha l ebi h si h Btw teri ma kasi h
zeni us udah banyak membantu :) Dan gak l upa teri ma kasi h temen gue Sari ta Faj at Andi ni yang
ngasi h voucher zeni us buat gue :) Buat adi k-adi k j angan ragu buat j adi premi um member zeni us,
adi k gue sekarang aj a j adi member zeni us Sukses terus zeni us
7/16/2014 9:35 PM
106 Menyenangkan 7/16/2014 9:19 PM
Testimonial Zenius User Pasca SBMPTN 2014
14 / 20
107 Bel um karena Al l ah bel um mengi zi nkan. Bel um fi ghti ng bel aj arnya. Banyakan bel aj ar dari buku tp
yaa nggak sel al u nyambung karena l angsung ngerj ai n soal . Saya makek zeni usnya gak 100% si h,
mi sal gi ni : ngerj ai n kumpul an soal , terus l i at pembahasannya, termasuk di zeni us. Tapi banyakan
yang l i at di buku dan i tu j awabannya si ngkat-si ngkat. Nahl oh, pas di uj i l agi udah bener2 l upa
padahal cukup banyak j uga soal 1 babnya. Inti nya saya kurang maxxx memaksi mal kan apa yang
saya punya. Kal o mau ketawai n ya gpp kok. Tp seti ap orang masi h punya kesempatan kan.
7/16/2014 9:14 PM
108 Wl au gw gagal d sbm 2014 kal i i ni , tpi thanks bgt zeni us krna berkat zeni us gw dpt bnyaak bgt
i nformasi 2 goki l , dri bl ognya dri materi 2nya TPA maupun TKDU, semuanya bagusss bgt!! Gw doai n
zeni us mkn Jaya, dan smoga j ga gw bsa survi ve dan berharap bsa msk l wt um. Wkupun engga
smoga thn dpn gw bsa l ol os FKUI yg gw i damkan. Sukses trs buat zeni us ! :)
7/16/2014 9:06 PM
109 Kenal zeni us awal nya dari i kl an yg nongol di fb. Pertama bel aj ar di zeni us kesannya gue di j ej el i n
sama konsep - konsep yg gak 'penti ng' menurut gue pada waktu i tu tapi bel i eve me deh, setel ah
bare wi th zeni us dal am beberapa waktu pandangan i tu j adi berubah j ustru dengan konsep-konsep
gak 'penti ng' i tul ah yang bi ki n gue more confi dent buat ngehaj ar soal -soal . penyel esai an soal -soal
i tu j d l ebi h kreati f tentunya, gak perl u ngandel i n rumus2 cepet. efeknya sekarang gue kesasar di FTI
ITB. Thank Zeni us, you rock me so wel l :D
7/16/2014 9:03 PM
110 Zeni us bener2 keren. Meski pun aku ga l ol os sbmptn 2014 aku tetep bersyukur bi sa kenal zeni us dan
j adi premi um member meski pun waktu mepet banget sebel um sbmptn, mungki n seki tar 1 mi nggu.
Sebel umnya aku i kut sbmptn karena di suruh orang tua dan pasrah karena yaki n gabi sa ngerj ai n,
tapi setel ah kenal zeni us dan bel aj ar onl i ne j adi l umayan ngerti . Enaknya bel aj ar l ewat zeni us i tu
mudah di fahami . Pokoknya bener2 recommended banget buat adek2 kel as yang mau uj i an
terutama SBMPTN. Aku nyesel banget kenal zeni us waktu mepet2 sbmptn :'( huhu tapi gapapa
masi h ada tahun depan. Pasti setahun kedepan aku gunai n waktuku sebai k-bai knya bel aj ar bareng
sama zeni us l agi . Makasi kakak2 tentor, kal i an bener2 keren dan pi ntar. Semoga aku bi sa l ol os
sbmptn 2015 di uni versi tas dan j urusan i mpi anku. Aami i n {}
7/16/2014 8:59 PM
111 Bl m pernah pake.. 7/16/2014 8:58 PM
112 Zeni us emang bener2 manj ur bgt, awal nya cuma j adi regul er member tapi semenj ak gue mutusi n
buat nunda kul i ah gue yg sekarang & seri us buat sbmptn 2014 gue putusi n buat bel i voucher
zeni us, gue ga i kut bi mbel & l es2 tapi gue bener2 seri us bgt dal am memperdal am materi 2 sbmptn
& UM. Penj el asannya l engkap & tutor-tutornya asi k2. Beda banget sama yang di aj ari n di sekol ah-
sekol ah. Efeknya gue keteri ma di pi l i han 2 yai tu Il mu Sej arah Uni versi tas Indonesi a. Pokoknya gue
bangga banget bi sa tau dan nyoba Zeni us. Mau ngucapi n teri makasi h sebanyak-banyaknya ke
Zeni us & tutor-tutornya, semoga maki n sukses & maki n mengedukasi generasi muda Indonesi a :)
7/16/2014 8:57 PM
113 kayaknya dari guenya yang bel om maksi mal l agi i ni si h 7/16/2014 8:52 PM
114 Tau zeni us seki tar bul an februari gi tu 2 bul an sebel um UN. banyak banget manfaatnya, j adi nyesel
kenapa gak kenal dari pas kel as 1 SMA. pas pengumuman snmptn kan down banget tuh, j adi
setel ah pengumuman snmptn bel aj ar gi l a gi l aan. akhi rnya al hamdul l i l ah saya l ul us usm stan &
sbmptn 2014!
7/16/2014 8:14 PM
115 Amazi ng dah pokoknya! 7/16/2014 8:13 PM
116 Ya gi tu deh, sedi h 7/16/2014 8:11 PM
117 Tau zeni us dari awal -awal semester enam si h, tapi mau pake ya kayaknya eman (ngerti arti nya ga?
Eman = si a-si a *bhs j awa/suroboyoan). Soal nya aku sudah i kut bi mbel . Sampai akhi rnya, waktu
sel esai UNAS, dan i kut ITS Expo, ada mbak-mbak yang nyarani n buat pake zeni us, bener-bener
recommended! Setel ah menabung dan mbobol cel engan (padahal ni atnya mau bel anj a baj u)
dan bel i voucher zeni us ti ga bul an. Dan ternyata sesuai dugaan, ga l ol os di SNMPTN :) Li hat
testi moni yang keteri ma, dan dal am hati berj anj i sama di ri sendi ri , "Aku harus ngi si testi moni
karena l ul us SBMPTN. HARUS!" Si sa ki ra-ki ra sebul an l ebi h di ki t l ah menuj u 17 Juni 2014.
Ngebuuut, pagi -sore bel a-bel ai n i kut macem-macem kel as tambahan di bi mbel , mi nta tambahan
pri vat ke guru-guru, downl oad + pri nt soal -soal dari zeni us, semua soal deh UM UGM, Si mak UI,
semua dah downl oad pri nt downl oad pri nt hehe. Terus mal emnya ngebut materi FISIKA dan
MATEMATIKA, gi l aaaa l emah banget di si tu. Ti ap mal em dengeri n suara Bang Sabda dari j am 7-
12 mal em haha berasa kencan deh seri us. Sampe akhi rnya H-1 tes, nyempeti n l i hat vi deo fi si ka
di ki t deh hehe. Dan setel ah tes, bl abl abl a. Mendekati hari H pengumuman, ah rasanya mau
opti mi s takut, kal o pesi mi s ya ga bai k. Pasrah aj a deh. Dan ternyata l ol os di pi l i han kedua, Ki mi a
ITS :) Bye bye Tekni k Ki mi a ITS :) Jodohku Ki mi a, bukannya tekni knya, wkwkwk, Makasi h ya zeni us,
benar-benar membantu :") Love you muah :*
7/16/2014 8:09 PM
Testimonial Zenius User Pasca SBMPTN 2014
15 / 20
118 Bel aj ar sama zeni us i tu seru bangeeeet. Ki ta di aj ari n gi mana caranya memahami konsep dasar
yang notabene byk di sepel ehkan banyak org. Padahal kal o namanya 'dasar' i tu kan emg hrs di
mi l i ki ol eh sti ap i l mu. Bi ar bi sa berkembang j adi yg l bh spesi fi k. Dan i ni aku dapeti n pas bel aj ar di
zeni us :* pokonya asi k bgt. Tapi mgkn bel aj ar yg kurang maksi mal , aku bel om bi sa l ol os sbmptn :(
maaf ya zeni us :( ????????
7/16/2014 8:09 PM
119 Zeni us.net keren! Bi ki n bel aj ar j adi l ebi h berwarna, kayak ngel i at pel angi di bol a matamu, aw! Asl i
awal nya agak pesi mi s pas nunggu pengumuman, karna sebenernyapun ngerj ai n soal -soal
SBMPTN-nya sambi l eng.. sambi l nahan saki t perut gegara pergi nya buru-buru. Konon l agi saat i tu
l agi kefi ki ran sama hasi l test kepol i si an yang l agi aku i kuti n kan. Tapi ... Yeah! Al hamdul i l l ah
namaku masuk di sal ah satu cal on mahasi swi Pendi di kan Bi ol ogi Uni versi tas Negeri Medan.
Bersyukur sekal e teman-teman *tebarbunga*. Buat temen-temen yang bel um beruntung, tetep
semangat, masi h ada tahun depan atau tahun depannya l agi . Al l ah tahu yang terbai k buat ki ta :)
7/16/2014 8:04 PM
120 Awal nya pas kel as 11 si h guru ki mi a gue pake zeni us, dan hampi r skel as anak anak pada nguap
atau angguk angguk doang, yowes ski p. gue l ul us SMA, SNMPTN gagal , bgi tupun SBMPTN, nyoba
masuk dul u di swasta, tapi bel aj ar bbrapa bul an, sl al u ada rasa yang ngeganj el apal agi hmpi r ti ap
pul ang l ewat FK UI. Dan akhi rnya gue rundi ngi n sama orang tua, mski pun ada bentrok pndapat,
gue terus j el asi n. akhi rnya gue putusi n buat kel uar kul i ah. Ti ap hari gue searchi ng soal , sama
matri , dan al hasi l gue nemu zeni us , dan gue baru i nget dul u pas kel as 11, ternyata goki l bangt,
guee ktawa sndi ri ngerj ai n soal di zeni us, ternyata matri nya ga rumi t amat.. di zeni us net emangsi h
ga dapet materi yang dal em, tapi basi cnya kuat, ga ada i sti l ah *soal i ni ada rumus dewanya l ho*
tapi mal ah gue sendi ri yang bi sa ngebuat rumus ceptnya.. Thanks Zeni us and Al l of the Staf pl us
gue sal ut ama zeni us di marketi ngnya, semua orang bi sa pake zeni us, devel opernya j uga keren
keren :)
7/16/2014 8:02 PM
121 Yang l ai n i kut bi mbel sampe j utaan, aku mah hemat aj a :) saran ni h, mungki n bagus kal i ya zeni us
punya forum di skusi antar user gi tu, atau mungki n sesama user premi um yang di bi na sama
kakak2nya.. hehe
7/16/2014 7:57 PM
122 gw tau zeni us sej ak kel as 2 tapi baru bener" pake pas semester dua kel as ti ga. dan gw baru sadar,
ternyata zeni us i tu kerennn abi s. pembej al arannya keren, di aj ari nnya j uga enak mul ai dari konsep
konsepnya. mul ai dari passi ng grade di tempat bi mbel 37%, 38%,39%,41%,49% sampe akhi rnya
keteri ma di FITB ITB bersyukur banget. teri ma kasi h bi mbi ngannya sel ama i ni ti m zeni us!
l anj utkan! hahaha
7/16/2014 7:54 PM
Testimonial Zenius User Pasca SBMPTN 2014
16 / 20
123 Kenal zeni us udah l ama, fol l ow twi tternya j uga udah l ama, tapi baru tau kal o j adi premi um
member zeni usnet bi sa bayar dari i ndomaret, sepul uh hari sebel um sbm. Pas tau zeni us bayarnya
gampang bgt, l angsung deh tuh, si kat. Secara Indomaret ada di mana2. Awal nya, bi ngung j uga
si h, bel i voucher atau nggak soal nya ti nggal 10 hari . Sampe-sampe uang 150rb di dompet di l i ati n
dul u l amaaaaa banget (udah nabung buat bel i novel i daman, masal ahnya-_- terus l agi l i buran
kan, j adi gak di kasi h uang j aj an-_--__-_) tapi abi s i tu si fat dauntl ess sama erudi te nya kel uar
*j engj eng* "Ini buat pendi di kan. Gak mau nyusahi n bapak, kan? Anda, keep your feet on the
ground, you don't take course, mau l i ntas j uga pul a. You si l l y goose, take that money, go to
Indomaret and you won't regret!!!!" abi s i tu buru2 ambi l sepeda, kej ar waktu sebel um Bapak pul ang,
ke Indomaret depan kompl ek. Ngantri l ama bangeet, Ibu2 di depan bel i mi nyak yang ada
bonusnya, terus gak puas sama bel anj aannya, masi h aj a bol ak-bal i k kasi r-rak-kasi r-rak-kasi r. Hari
maki n sore, abi s i tu ti ba saatnya si Ibu puas dengan bel anj aannya, pul angl ah i a. "Mbak, bi sa bayar
pembel i an voucher zeni usnet kan?" kasi rnya bi ngung. terus tanya ke kasi r seni ornya. terus di a
bi l ang bi sa. Tapi komputernya l agi di pake buat apa gi tu, gabi sa di ganggu gugat. Akhi rnya
menggoes pul ang. Ti ba-ti ba di j al an, kei nget ada Indomaret satu l agi di depan Jal an Pahal a, ki ra2
j araknya sama kal o dari rumah ke Indomaret pertama, tapi , gabi sa di rai h dengan nai k sepeda
karena j al annya di tembok. Akhi rnya j al an, di tengah j al an ada banyak orang mai n l ayangan-_- di
Indomaret B nunggu bentar terus kasi rnya agak bi ngung, tapi bi sa, Al hamdul i l l ah. Untung
Indomaret reachabl e!! God Bl ess Zeni us dan Indomaret! Abi s i tu pul ang, bapak bel om pul ang,
mandi , akti vasi , ganti status bbm j adi 'busy', ganti rel ati onshi p status j adi crammi ng for sbm wi th
zeni usnet. "WUIH, tutornya asi k!" "Ya ampun, sel ama i ni ....... gi ni doang caranya?" "<3 <3 <3"
"satu vi deo l agi , satu l agi ." "nope, thi s i s way too exci ti ng. one more, one more." "Darn i t! Curfew!"
Hubungan harus berakhi r saat bapak mengumumkan udah harus ke Jogj a (tesnya di Jogj a) tanggal
13. Di sana, i sti rahat karena perj al anan Jakarta-Jogj a kal o pake mobi l sekarang butuh hampi r sehari
(faktor umur bapak j uga), bel aj ar dari buku, ngerj ai n soal 2 (kel i atan khasi atnya zeni us wuahuwah),
survey tempat, bl ehbl ehbl eh. Pas hari H, anxi ous (duh!). Tapi tetep berusaha tenang. Dapet temen
dari kebumen tapi gatau namanya si apa._. Pas ngerj ai n, *buka soal Matdas* di apai n i ni :') tapi
al hamdul i l l ah dengan pel an2, pake kotak kotak, anal i si s, kej awab 5 soal *buka soal bahasa* udah
mabok matdas dul uan, kerj ai n sebi sanya nanti bal i k l agi . *buka hal aman TPA* easy peasy!
Al hamdul i l l ah banget zeni us, much l ove:* *buka hal aman bahasa l agi * *tari k napas, buang* Okay.
Oke. Ok. O. . *Kri ng* Isoma *Sej arah* meri ngi s, Al hamdul i l l ah bi sa ngerj ai n *Geografi * kedi p-kedi p,
Al hamdul i l l ah bi sa *Sosi ol ogi * HeHeHe, Al hamdul i l l ah bi sa di pi ki r2, pake pengal aman, oke.
*Ekonomi * what.. what... what.. gabi sa, yang kel uar gak di pel aj ari n waktu i tu tapi kei i si seki tar l i ma
soal dengan konsep yang di aj ari n di zeni usnet. Pokoknya, Zeni usnet oke banget deh, nyesel gak
tau dari l ama, dan Here I Am, Al hamdul i l l ah udah j adi mahasi swi sastra i nggri s uny. Wal aupun
akredi tasi masi h B, tapi i nsyaAl l ah bi sa j adi A karena angkatan2 yang baru. Aami i n. Teri ma Kasi h,
Zeni us!
7/16/2014 7:51 PM
124 sebenernya saya tahunya waktu sudah tes SBMPTN , nyesel deh gua taunya baru sekarang 7/16/2014 7:51 PM
125 cuman ngendel i n zeni usnet , i l munya gak sebandi ng ama dui t yang gue kel uari n :) gak nyesel
kenal zeni us sej ak kel as 10, wal aupun awal '' kenal berkat i kl an facebook yang al ay :v
7/16/2014 7:48 PM
126 Dul u waktu masi h kel as 10, bel aj ar pas ada ul angan atau PR aj a. Kel as 11 eeh ketemu zeni us.net,
bel aj ar j adi ampi r ti ap hari , seri ng j uga bol os j am tambahan di sekol ah demi zeni us, ga
ngeboseni n deh! akhi rnya di teri ma di STEI ITB l ewat SBMPTN 2014, thank you Zeni us :D
7/16/2014 7:46 PM
127 thanks bgt gara2 zeni us gue bi sa l ol os sbmptn 2014. Zeni us i tu efi si en dan ri ngkas, guru2nya kal o
bahas soal dari awaaaaaaaal bgt, concept-focused, kal o l o bi sa ngatur waktu l o l i teral l y ti nggal
ti dur-ti duran di kamar sambi l ngerj ai n soal . Gue sel al u ngerasa target market-nya zeni us i tu orang-
orang mal es kayak gue-_- But they real l y are turni ng couch potatoes i nto knowl edge j unki es :) Btw
speci al thanks buat Pak Pras, penj el asan bi ol ogi nya keren bgt!!
7/16/2014 7:45 PM
128 krj a tugas smbi l dngar musi k mki n l ancar 7/16/2014 7:43 PM
129 sebel umnya, thank you zeni us! :D sebel um test kemaren udah pesi mi s banget buat l ul us SBMPTN
2014, nyoba bel aj ar mandi ri j uga gak kuat soal nya soal SBMPTN i tu soal yang terbi l ang baru dan
sangat sul i t buat di kerj ai n, udah i kutan bi mbel tapi ngaruhnya cuman di ki t. akhi rnya 2 mi nggu
sebel um test nyoba j adi premi um member zeni us daaaan.. j adi betah banget bel aj ar di depan
l aptop dari pada ngadepi n buku tapi gak ngerti sama sekal i mendi ng mantengi n zeni us. nyangkut
sampe sekarang di otak. wel l , pas ngerj ai n sbmptn j uga nyari soal yang pernah di kerj ai n pas di
zeni us dan al hamdul i l l ah l ancar :) pengumuman hari i ni j uga al hamdul i l l ah masuk ke j urusan dan
kampus i mpi an gue yang j adi pi l i han pertama, Pendi di kan Fi si ka UM. Wel l done, thank you so
much zeni us. gak si a-si a l ari pontang panti ng ke i ndomaret buat bel i voucher :D semoga para
tutornya maki n semangat bi ki n anak Indonesi a tambah betah bel aj ar di zeni us! ^^
7/16/2014 7:40 PM
Testimonial Zenius User Pasca SBMPTN 2014
17 / 20
130 Ikut j adi member premi um zeni us tepat satu bul an sebel um SBMPTN. nggak terl al u maksi mal si h
soal nya kemaren si buk sama kerj a. trus pas semi nggu sebel um sbmptn aku i ntensi f bel aj ar pake
vi deo vi deo zeni us. trus akhi rnya keteri ma deh. banyak kebantu yang tes potensi akademi knya..
7/16/2014 7:39 PM
131 Awal nya gua bi ngung bel aj ar pake apa, mau l es takut membebani orang tua, tapi akhi rnya gua
mi l i h zeni us. Gua pertama kal i pake zeni us 2 bul an sebel um SBMPTN, dan gua rasai n banget
perkembangan cara bel aj ar gua. Dan akhi rnya gua keteri ma di Geofi si ka UNPAD. Al hamdul i l l ah
7/16/2014 7:36 PM
132 gua orangnya gabi sa bel aj ar sendi ri di rumah , al i as harus di bi mbi ng . nah dengan adanya zeni us
i ni , gua j adi bi sa bel aj ar sendi ri . zeni us i ni sangat membantu banget , bi ki n nagi h pul a . seru
bel aj ar pake zeni us . Sayangnya , gua baru kenal zeni us semi nggu sebel um sbmptn , dan mi nggu2
sebel umnya gua asi k mai n games sama bel aj ar cuma bi mbel di l uar aj a . kal o di rumah bel aj ar
puyeng sendi ri , pal i ng satu atau dua soal aj a gua l ancar . Waktu i tu kondi si nya orang tua gua gak
ada uang buata bayari n voucher zeni us , waktu ti nggal semi nggu l agi , terpaksal ah gua nyari
temen gua yang punya vouchernya . sampe H-3 gua bel aj ar pake i d temen di zeni us . gua baru
bel i vouchernya .......... karena dui tnya emang baru ada hahahaha . yaudah waktu segi tu gua
manfaati n aj a deh semaksi mal mungki n , dengan harapan keteri ma di ptn pi l i han gua . Tapi
setel ah gua l i at pengumumanya , ya .. apa bol eh buat gua ga keteri ma . Emang penyesal an i tu
datangnya sel al u bel akangan , H-1bul an gua mal ah asi k2an mai n , bel aj ar asal 2an . Nyesel nya
baru sekarang . Tapi gua acungi n j empol buat zeni us , wal aupun gua gaketeri ma .... berkat zeni us
gua j adi gak terl al u bl ank buat ngerj ai n sbmptn . Mungki n Al l ah punya rencana yang l ebi h bai k
buat gua dan masa depan gua .
7/16/2014 7:36 PM
133 Dul u tuh ya, aku capek banget i ntensi f ampe mal am. Trus i seng-i seng buka twi tter, trus l i at
zeni us.net sampe detai l -detai l nya. Gi mana bel aj ar efekti f buat SBMPTN, trus rumus-rumus
hi tungan dasarnya, banyak l agi deh. Berkat kerj a keras, usaha, dan doa, puj i Tuhan aku keteri ma di
Agri bi sni s - Brawi j aya. Bukan ci ta-ci ta si h, tapi aku bersyukur banget. Banyak orang di l uar sana
yang ga l ul us. Tuhan emang bai k banget. Aku j uga l agi nunggu UM UGM ni h. Sekedar i nformasi ,
kemari n aku j uga l ul us tahap 1 di STAN. Puj i Tuhan (l agi ) aku menang (l agi ). Yang terpenti ng,
usaha dan kerj a keras. Tapi i tu ga cukup. Harus berdoa j uga. Berdoa dan berusaha. Ora et Labora.
Tapi berdoa aj a j uga ga cukup. Ji ka i man i tu ti dak di sertai perbuatan, maka i man i tu pada
hakekatnya adal ah mati ( Yakobus 2 : 17). Jadi , tetep berusaha dan andal kan Tuhan!! :)
7/16/2014 7:31 PM
134 Pas bel aj ar pake zeni us i tu pi ki ran&mata kebuka tentang konsep" yang ssh di ngerti i n. You knowl ah
guru ngaj ar kan banyak ti pe, dan kt ga smuanya bi sa nangkep materi dgn gaya ngaj ar di a. Dan
setel ah gw denger zeni us gw ngrasa bi sa kerj ai n soal karna konsep yg gw ngerti bkn krn hafal rumus,
dl sb. Hafal rumuspun i tu l uar kepal a. Jd bener" otak fresh ga ri bet dan bel aj ar tuh j d l ebi h FUN di
zeni us. Thanks zeni us gw j d keteri ma di pi l i han j urusan&uni v gw!
7/16/2014 7:30 PM
135 Bel aj ar pake zeni us, gua j adi bener-bener paham konsep dasar. Jadi ki ta gak perl u ngapal i n
berbagai rumus, dan i tu membantu banget waktu gua ngerj ai n soal sbmptn.
7/16/2014 7:28 PM
136 SANGAT BERMANFAAT BAGI PELAJAR DAN MAHASISWA 7/16/2014 7:23 PM
137 Makasi h banyak zeni us,kak sabda,wi snu,yoki ,wi l ona dan semua tentor zeni us yang sangat
membantu bel aj ar dari basi c,merubah dal am hal berfi ki r.gak nyesel bel aj ar dari awal dengan
zeni us,khusus k.sabda,makasi h udh merubah paradi gma berfi ki r gw,Thank you Zeni us :D
7/16/2014 7:22 PM
138 Dal am uj i an waktu tes masuk perguaruan ti nggi yang pal i ng menari k buat saya 7/16/2014 7:20 PM
139 awal nya gua gak tau tuh zeni us kek gmn, trus l i at2 deh dri twi tternya sama websi tenya kyaknya
menari k. akhi rnya gua bel i dah tuh cd zeni us, dan cara bel aj ar gua dengan zeni uspun di mul ai :D.
gua bel aj ar cma ti ap ml em negrj ai n 2-3 paket soal taun l al u dri j anuari sampai H-1 uj i an, krena
gua udah kul i ah d ptn swasta maka gua cma bsa bel aj ar kayak gt ti ap ml em. tp ternyata bel aj ar
dengan zeni us gk si a2 akhi rnya gua l ol os SBMPTN yg taun l al u gua gk l ol os. makasi h Zeni us atas
bi mbi ngannya
7/16/2014 7:19 PM
140 Gi l eee, Zeni us aj i b bener. wal aupun ortu sempet ngel arang dan bi l ang gak mungki n, tapi gw ttp
percaya ama zeni us dan boom! Ane l ul us di FK! Asl i , makasi h banyak buat para guru yang udah
bersedi a ngebahas soal di zeni us. Satu kata terakhi r, kal i an Pedtj ah! :D
7/16/2014 7:17 PM
141 waktu pertama kal i kenal ZENIUS i tu waktu SMP. awal nya si h memang cuman i seng" dan ga trl al u
merhati i n banget. nah pas kel as 2 SMK gue buka l agi ZENIUS udh l ama banget yak ga maen" ke
zeni us gue mul ai seri us utk bel aj ar hi ngga kel as 3 gue l angsung downl oad soal " SBMPTN karena
gue ngga i kut bi mbel sama sekal i dan zeni us i ni membantu banget dal am hal bel aj ar gw yg anak
SMK i ni utk mempel aj ari materi " IPS SMA. Dan al hamdul l i l l ah akhi rnya gw di teri ma di
Kependi di kan Isl am Konsentrasi : Bi mbi ngan Konsel i ng, Uni versi tas Sul tan Syari f Kasi m Ri au.
Makasi h buat ZENIUS...:)
7/16/2014 7:17 PM
Testimonial Zenius User Pasca SBMPTN 2014
18 / 20
142 Gue kan anak IPA, tp mel enceng tea, j adi nya gue sampai UN bel aj ar IPA pas tau ga ketei ma
undangan l angsung banti ng seti r bel aj ar IPS, and yeah gue masi h ngerasa kurang banget ngabi si n
waktu sama l o pada Zen... adeuh tapi Puj i Tuhan keteri ma, even i f that was my l ast opti on but
YEAH! May God bl ess you, peopl e!
7/16/2014 7:17 PM
143 sory ya kak ,aku udah berusaha semampu aku kak,pagi si ang mal em,gara" demi i tb,tapi gak l ul us
j uga,temeni n saya sampe l ul us i tb tahun depan yaa pl easee,mungki n saya bukan si apa",cuman
saya percaya sama kakak" dan zeni us ,tahun i ni semoga ki ta bi sa perang sama" l agi ya,mohon
arahannya kak,pl ease..thanks ya kak..GBu
7/16/2014 7:17 PM
144 Pada suatu hari gw di kenal i n ama temen buat pake Zeni us.. tapi gw nol ak soal nya menurut gw
bel aj ar secara onl i ne i tu gak efekti f.. setel ah beberapa hari , gw penasaran banget apa si h i tu
Zeni us dan cara bel aj arnya tuh gi mana? pas gw l i at l i at, ternyata kayaknya menari k j ugaa.. baru
deh gw memutuskan untuk bel i vouchernya di em-di em (bel i nya yang enam bul an). setel ah enam
bul an, gw ngerasai n efeknya tuh l uar bi asa. dari yang gak bi sa fi si ka, j adi j ago parah. setel ah enam
bul an abi s. gw bel i l agi yang 3 bul an. trus gw pake tuh buat bel aj ar UN dan SBMPTN. dan akhi rnya
gw ngerasa beruntung banget bi sa l ol os sal ah satunya gara-gara Zeni us i ni .. mantep dahh.. maj u
terus Zeni us.. :D NB: l u gak akan bi sa berhasi l kal o l u cuma ngarepi n Zeni us tanpa usaha dan doa
dari l u sendi ri . l u j uga harus berusaha sendi ri men, Zeni us i tu cuma ngasi h sarana bel aj ar buat l u.
j adi tetep aj a, yang nentui n masa depan i tu el u sendi ri . hehehe.. :)
7/16/2014 7:16 PM
145 sebenarnya ti dak ada perkembangan si h setel ah pakai zeni us karena saya bukan orang yang cocok
dengan metode tersebut. saya l ebi h cocok menggunakan metode membaca dan mengerti sendi ri .
menari knya si h pakai zeni us bi sa menambah pembendarahaan saj a (mel i hat materi dari si si yang
berbeda) meski pun hanya bersi fat kompl ementer saj a
7/16/2014 7:13 PM
146 gue cuma sebul an pake zeni us i tupun pas kel as ti ga tapi ngaruh kok wkwkkw 7/16/2014 7:13 PM
147 sumpah dari pada l es abi s 4-5 j uta mendi ngan bel aj ar di zeni us.net gw aj a 10 hari persi apan dapet
arkeol ogi ui , apal agi kal o bel aj ar 1 taun penuh?
7/16/2014 7:12 PM
148 Satu kata aj a: magni fi cent. Hanya saya saj a yang kurang l ati han. 7/16/2014 7:12 PM
149 Gue cuma bel aj ar di zeni us tanpa bi mbel , trus j uga sambi l kul i ah, rasanya capek banget, cuma
karens gue bel aj ar pake zeni us gue bi sa nemui n i nti 2 pel aj aran yang fundamental banget dan
bener2 ga butuh hafal rumus cuman pel aj ari n bagi an dasarnya ampe bi sa trus di l uar kepal a deh.
Thank you banget zeni us, skrg gue bakal bi l ang ke saudara2 gue yg masi h sma bi ar pake zeni us,
supaya dapet j urusan yg l o mau
7/16/2014 7:11 PM
150 maki n opti mi s mengerj akan segal a sesuatunya:) 7/16/2014 7:10 PM
151 gua kenal zeni us kurang l ebi h 2 bul an, j adi ga maksi mal deh 7/16/2014 7:09 PM
152 pernah bel aj ar di si tus zeni us begonya gw, gw bel aj ar di si tus i tu cuma hi tungan kal i si sanya sendi ri
tau gi tu gw ruti ni n yaaa. Padahal gw l i at cara bel aj arnya parah j adi gampang gi l aaaa. Yauda mi n
mungki n tuhan bl m menggari skan takdi r gw di si ni :)
7/16/2014 7:09 PM
153 bel aj ar j adi l ebi h menari k bagi saya 7/16/2014 7:09 PM
154 gi l aaaaaaaaak gua nyesel abi s pake zeni us.net.. nyesel kenapa gak dari dul u haha, .... i tu kata
kl asi k yang gua l ontari n pertama kal i nemu zeni us setel ah denger tutor tutor kece, apa l agi bang
sabda , om wi snu, om pras goki l .. betapa gua ngerasai n asi knya bel aj ar, bener benr tuh ngel upai n
rumus, dan bel aj ar foundati on banget... pusat bi mbi ngan bel aj ar terbai k menurut gua..
recomendeed banget, dari pada l o bi mbel mahal mahal , capek capek mendi ng l o kesi ni aj a di
zeni us.net khatami nl ah, kal o perl u menj el ang sbmptn l o ketebet tuh bi mbel di zeni us X
7/16/2014 7:08 PM
155 pengerj aan SBMPTN bi sa yaki n l ul us, eh ternyata engga. teri makasi h kepada Zeni us :) 7/16/2014 7:08 PM
156 Kenal Zeni us baru setel ah UN, l angsung daftar aj a deh Karena banyak materi yang nggak ful l
ngerti yaudah tonton 1 1 vi deonya (beneran 1 1) tapi dengan waktu yang amat terbatas, ga bori ng
l ah j el asnya (cara ngaj arnya goki l ). Sebenernya ga yaki n l ol os si h, gara-gara H-1 badan kurang
fresh tapi akhi rnya nj ebol pi l i han keti ga hehe.
7/16/2014 7:07 PM
Testimonial Zenius User Pasca SBMPTN 2014
19 / 20
157 pertama2 mau ngucapi n teri ma kasi h bangettt sama zeni us. sumpah waktu di nyatai n gak l ul us
snmptn, berasa udh hopel ess banget. udah gak punya harapan l agi deh. sampai akhi rnya sdh H-2
sbm, dan sumpah saat i tu aku msh gak tau apa-apa. apa l agi wkt SMA ngambi l j urusan IPA. gak
ada basi c IPSnya sama sekal i . trus aku j uga ngambi l soshum semua. asl i deh modal nekat aj a.
hehehe. oh i ya, aku j uga gak i kut bi mbel l oh. mal as aj a. toh ntar kl o msk bi mbel pst uj ung2nya
cuman ceri ta sm teman doang, buang2 dui t ortu aj a. j d, akhi rnya aku buka2 i nfo soal ptn gi tu, dan
baca soal zeni us. pi ki r aku wktu i tu ÿah seti daknya udh nyoba l ah, l ul us gaknya udah takdi r tuhan"
aku bel i deh paket premi um zeni us yg 1bul an. sel ama 2hari i tu bel aj ar sama zeni us terus. tapi gak
bosan l oh, tentornya asi k. apal agi yang ngaj ar psi kol ogi . heheh. al hamdul i l l ah banget berkat
zeni us bi sa l ul us. wal aupun cuman di pi l i han kedua. tapi sudah syukur banget.
7/16/2014 7:04 PM
158 Sangat membantu :D Setel ah ngerj ai n soal soal dari zeni us, pas hadapi n soal sbmptn yg asl i nya
j adi gak terl al u gugup atau kaget. Krn ti ap hari l ati han soal sbmptn, ni l ai uas di kampus ku anj l ok
(soal nya stel ah uj i an sbmptn, bsk nya l angsung uas). Saya al umni 2013 :)
7/16/2014 7:02 PM
159 Imunya dapaet dengan bai k, thanks 7/16/2014 7:01 PM
160 hehehhe gua mau ceri ta ni h , awal anya tuh gua pake zeni us pas udah al umni trus ngerasa pas l agi
kul i ah di swasta ngeras ga dapet feel kul i ah trus ni l ai gua ancur gua ngerasa sej uj urnya kaya pal i ng
cupu dan bodo di kel as , i pk gua ancur l ebur . Akhi rnya gua ambi l keputusan gua ambi l negeri ,
rasa mal u karena ni nggal i n kampus l ama pun muncul apal agi gua ngebl ank materi SMA, pokoknya
l i eur deh akhi rnya gua memutuskan untuk cuti kul i ah di semester 2 supaya gua bi sa tembus di
negeri , dari awal gua pengen ke i tb, rasanya ti ap ke sana gua meri ndi ng di sko gtu. Gua pun
bel aj ar pake zeni us dan bi mbel . Untuk bi mbl e gua butuh hasi l TO nya aj a sementara zeni us i tu
buat ngedal emi n konsep. Gua mi ki r awal nya berat, to gua j el ek dan akhi rnya gu aterus bel aj ar 8
j am sehari gua ngerasa sakau di ki mi a dan fi si ka bener2 i nsi ghtful l banget deh pake zeni us. Trus
kemari n gua ke medan di tanya sama saudara gi mana kul i ahnya, rasanya mal u berat deh gagal di
kul i ah, akhi rnya pengumuman kel uar dan di nyatakan gua keteri ma di KIMIA - UNPAD antara sedi ha
dan bangga, sedi hnya gua ga masuk i tb dan bangga gua hanya 5 bul an bel aj ar bi sa tembus
negeri hehehe At l east gua akhi rnya mi l i h aj a buat neri ma kenyataan. Speci al thanks to bang
sabda l u udah transform gua j adi manusi a yang aj i b super dah. Hopeful l y gua harap zeni us maki n
sukses dana banyak membernya yang akti fi n premi um member hahahahha GBU
7/16/2014 7:00 PM
161 aaa 7/16/2014 6:59 PM
162 Aku pertama kal i pake zeni us setel ah dapet zeni us secara cuma2 dari bi mbel ku. Dapet 34 CD pul a.
Pertamanya bi ngung ngel i ati n CD sebanyak i ni . Akhi rnya pi nj em twi tter adek buat ngesearch
zeni us. Ternyata adekku udah fol l ow dan tweetnya menari k. Iseng2 deh coba buka satu2 kasetnya.
Ternyata beberapa materi yang nggak nemu di buku ketemunya di CD i tu. Akhi rnya keterusan haha
Inti nya makasi ya mi n sedi ki t banyak atas bantuannya ngerj ai n TO Bi mbel maupun SBMTPN 2014
:)
7/16/2014 6:59 PM
163 payah 7/16/2014 6:57 PM
164 Persi apan sbm, seti ap hari buka Zeni us, streami ng seti ap vi deo, garap contoh soal nya, opti mi s
l ul us sbmptn. kerj ai n sbmptn, sel esai kerj ai n pul ang, di rumah kei ngetan bel um i si kode soal tpa,
emai l pani ti a, katanya hopel ess ga bi sa di proses menunggu keaj aban, setel ah buka penguman,
webnya mi nta maaf. Lanj ut meratapi nasi b. End of Story
7/16/2014 6:55 PM
165 Hal yang pal i ng berpengaruh ke gw dari zeni us i tu "sel f concept" yang bi sa bener2 mental gw
nai k,dan j uga materi 2 yg di saj i kan bener2 beda,menari k,dan bi ki n ketagi han buat trus bel aj ar.. Dan
pasti nya tutor yg j oss yg ngaj ari n konsep j oss j uga Thanks zeni us
7/16/2014 6:54 PM
166 Aku gak peke zeni us tapi sempet gunai n materi dari zeni us i tu membantu banget waktu aku kui s
dadakan di sekol ah
7/16/2014 6:51 PM
167 Hai ! gw i kut program i ntensi f zeni us tahun 2014 ni h, karena awal nya merasa gw j el ek bgt
i ntel ektual nya, secara di sekol ah susah dpt ni l ai bagus awal nya soal sbmptn terl i hat susah bgt, tapi
sei ri ng gw bel aj ar di zeni us, ketemu guru" yang gw dambakan waktu bel aj ar zeni us.net (hal ah), gw
j g l ebi h berkembang dan merasa gw udh l ebi h si ap l agi . pas sbmptn gw ga gi tu yaki n akan
persi apan gw, serasa nyesel ga bel aj ar l ebi h seri us l agi ehhhhh ternyata pas pengumuman dapet,
puj i Tuhan FTI ITB, uni v yg dl u adal ah DREAM bagi gw, skrg j d nyata Thanks bgt zeni us, gw
gaakan ngel upai n pengal aman gw di zeni us, gw bawa smpe kapanpun pengal aman bel aj ar di
zeni us net satu hal l agi , SUPER KECE!
7/16/2014 6:51 PM
168 Aku gak pake zeni us 7/16/2014 6:48 PM
169 ngerj ai n SBMPTN nya Tegang, perasaan ga tenang. Pas Test ol ah raga nya asyi k seru.. thx ya gw
bi sa coba SBMPTN tahun i ni .. semoga tahun depan masuk :) GBU :)
7/16/2014 6:48 PM
Testimonial Zenius User Pasca SBMPTN 2014
20 / 20
170 Sumpah ya padahal saya bel aj ar ogah ogahan, suka bol os bol osan bel aj arnya, mana bel aj ar di
rumah doang l agi . Cuma numpang nanya sana si ni sama bel i buku sbm mul u wkwkwk, Mungki n
karena saya banyak doa kal i ya makanya masuk :')
7/16/2014 6:48 PM
171 Wah ndak tau bi l ang ni sel ama pakai zeni us membuat saya semaki n mengerti , karena di bi mbel
sudah di dapat dan kembal i bi mbel pri badi dengan zeni us, dan syukur mendapatkan hasi l yang
bai k. Teri ma kasi h zeni us yang membantu banget. sal am saya dari Aceh
7/16/2014 6:47 PM
172 j uj ur banget kecewa sama hasi l nya, perj uangan gue kurang gi manaa:( gue l es dari kel as 2 sma,
bi ayanya mahal , gue l ati han tryout buat sbm dan dr hasi l try out i tu gue l ol os dr sal ah satu pi l i han
gue. dan skrg setel ah gue l i at hasi l asl i nya? gue bl m keteri ma, aduh i ni ai r mata ngal i r gak
berhenti . sedi h, rasanya mau nyenengi n orang tua perj uangannya gi ni banget masyaAl l ahhh:'(
7/16/2014 6:46 PM
173 semua j adi pengal aman baru 7/16/2014 6:44 PM
174 Bahagi a dan merasa tenang. Orang tua bangga. dan l egaa... Pokoknya gak bakal l upa bareng
teman sekel as.. susah sama-sama dan senang sama-sama..
7/16/2014 6:44 PM