You are on page 1of 14

BONGKAR SIFAT ASLI DENGAN

KOKOLOGY 2
Ternyata setiap orang menyimpan sifat atau perilaku yang belum tentu dia sadari,
lho. Pengin tahu karakter kita seperti apa? Bongkar dengan games kokology ini!

Kokology ini berasal dari kata kokoro yang berarti pikiran atau jiwa. Seri dari
bukukokology dibuat oleh Tadahiko Nagao dan Isamu Saito, profesor dari
Universitas Rissho dan Waseda di Jepang. Kokolgy ini
merupakangames psikologi yang bertujuan membongkar sisi emosional dan
perilaku seseorang, yang selama ini terkubur atau enggak disadari oleh orang itu.

Dari pada penasaran, lebih baik kita coba langsung main kokology ini, yuk! Pilih
jawaban yang pertama kali terlintas di pikiran kita. Good luck!

Soal 3
Kita sedang berjalan di pinggir jalan dan tanpa sengaja menendang sebuah
tempat sampah. Apa kira-kira pemandangan yang akan kita lihat?
a) Enggak ada apa-apa, soalnya tempat sampahnya kosong.
b) Banyak sampah yang berserakan di jalan.
c) Sampah yang isinya hampir seluruhnya makanan.
d) Sampah yang sudah terbungkus rapi dalam beberapa kantong plastik.

Artinya:
Hal yang pengin kita sembunyikan dari orang lain.
a) Enggak ada yang pengin disembunyikan karena kita orangnya terbuka
banget.
b) Selalu bertindak seperti orang yang terbuka tapi sebenarnya ada hal yang
disembunyikan.
c) Agak paranoid dan enggak suka orang lain tahu masalah pribadi kita.
d) Sangat terkontrol. Jarang mengungkapkan perasaan atau masalah pada
orang lain.

Soal 4
Setelah puas nonton TV, kita memutuskan masuk kamar dan tidur. Begitu
membuka pintu kamar, kita melihat seekor ular di atas kasur. Apa yang akan kita
lakukan?
a) Langsung teriak dan kabur
b) Kaget tapi enggak terlalu takut. Meski gitu, tetap enggak tahu harus
melakukan apa.
c) Kaget tapi memberanikan diri buat segera menyingkirkan ular itu atau
memanggil bantuan dari orang rumah.

Artinya:
Apa yang kita harapkan saat kita suka sama seseorang.
a) Takut dan enggak pede untuk menjalin hubungan sama seseorang.
b) Enggak takut buat menjalin hubungan, selama kita suka banget sama cowok
itu.
c) Enggak terlalu pengin pacaran. Kalau kita berusaha menyingkirkan ular itu
sendiri, berarti kita sebenarnya suka sama seseorang tapi dia sudah punya
pacar.

BONGKAR SIFAT ASLI DENGAN
KOKOLOGY 3
Soal 5
Saat jalan-jalan di mall, kita tertarik dengan baju yang dipajang di etalase sebuah
toko dan memutuskan buat mencobanya. Setelah kita pakai, sang penjaga toko
bilang "Wow, kelihatan cocok banget!" Bagaimana kita merespon pujian dia?
a) Langsung bilang dengan tegas: "Enggak usah bercanda, deh, Mbak. Ini
kelihatan jelek banget di aku."
b) Mengungkapkan satu alasan yang bikin kita enggak suka sama baju itu:
"Kayaknya kerahnya terlalu lebar dan aku kurang suka model bahunya."
c) Mengabaikan pendapat penjaga toko: "Makasih Mbak, tapi kayaknya aku
mau lihat-lihat dulu, ya."
d) Menerima pujian penjaga toko: "Memang, benar cocok ya Mbak? Ya udah,
kalau gitu aku ambil yang ini."

Artinya:
Pakaian adalah representasi dari kepribadian kita. Orang-orang menggunakan
pakaian yang bisa menonjolkan kelebihan dirinya agar terlihat oke. Cara kita
merespon pendapat penjaga toko itu menunjukkan seberapa besar kita
menghargai diri kita sendiri.
a) Kita sangat menghargai diri sendiri alias punya harga diri yang tinggi. Jadi,
enggak akan membiarkan pujian yang enggak benar merusak diri kita.
b) Kita sadar kalau enggak mungkin selalu terlihat sempurna. Tapi enggak mau
juga terlihat bodoh. Kita sadar punya kemampuan yang cukup untuk bangga
pada diri kita sendiri dan bikin orang lain menghargai kita.
c) Tahu bahwa setiap orang punya kelebihan sendiri, termasuk diri kita. Jadi,
kita tahu apa yang harus dilakukan untuk menghargai diri sendiri dan terus maju.
Biar saja orang lain berpikir, berkata atau melakukan apa pun sesuka mereka.
d) Kita belum menemukan rasa bangga akan diri sendiri. Coba luangkan waktu
untuk mengenal diri sendiri jadi bisa lebih menghargai diri sendiri dan enggak
gampang terpengaruh orang lain.
Soal 1
Suatu hari, seekor burung berwarna biru terbang masuk ke kamar kita melalui
jendela. Kita pun tertarik sama burung ini sehingga memutuskan untuk
memeliharanya. Tapi yang mengejutkan, esok harinya, burung ini berubah warna
menjadi kuning! Besok paginya alias hari ketiga, burung ini berubah menjadi
merah dan hari ketiga berubah jadi hitam. Kira-kira kamu akan melihat burung ini
berubah menjadi warna apa di hari kelima?
a) Enggak berubah.
b) Kembali ke warna asalnya, biru.
c) Berubah jadi putih.
d) Berubah jadi emas.

Artinya:
Burung biru ini melambangkan kebahagiaan atau nasib baik yang tiba-tiba
berubah saat ada masalah. Jawaban kita, menunjukan bagaimana cara kita
menyikapi masalah tersebut.
a) Pesimis. Cenderung percaya kalau situasi yang sudah memburuk enggak
akan membaik.
b) Optimis. Percaya kalau hidup itu campuran antara hal baik dan buruk
sehingga cenderung menghadapi masalah dengan tenang. Intinya membiarkan
semuanya berjalan sebagaimana mestinya tanpa jadi stres atau khawatir
berlebihan.
c) Tenang tapi tegas saat menghadapi masalah. Enggak akan membuang
waktu dengan terus-terusan khawatir atau bingung. Lebih suka untuk cepat move
on pada hal baru yang bisa bikin kita bahagia.
d) Pemberani. Enggak mengenal yang namanya tekanan. Bagi kita setiap
masalah yang datang adalah sebuah kesempatan untuk belajar dan
menaklukkan hal baru. Tapi mesti hati-hati, jangan sampai rasa percaya diri yang
berlebihan bikin kita terjerumus. Karena 'sangat berani' dan 'nekat' itu bedanya
tipis.

Soal 2
Kita adalah penyanyi terkenal yang akan segera merilis album baru. Apa yang
kita pengin untukcover album baru ini?
a) Pemandangan yang indah.
b) Gambar kartun atau animasi.
c) Gambar abstrak atau yang seni tingkat tinggi.
d) Foto diri kita sendiri.

Artinya:
Sikap atau kepribadian terbaik yang kita miliki, yang pengin banget kita tunjukkan
pada orang lain.
a) Lembut dan sopan banget.
b) Suka banget bersosialisasi dan bikin orang-orang di sekitar kita merasa
senang.
c) Terampil, sangat berbakat dan sangat kreatif.
d) Punya rasa percaya diri yang tinggi dan senang jadi pemimpin.

KURANGI SIFAT BURUK SESUAI ZODIAK

Virgo
Rewel
Virgo terlahir dengan sifat yang perfeksionis, makanya kita suka rewel kalau ada
hal kecil yang merusak segala sesuatu yang sudah kita rencanakan. Sampai-
sampai sifat rewel ini bikin orang lain merasa terganggu.
Cut it down! Belajar memaklumi kalau ada hal-hal yang akan berjalan enggak
sesuai dengan keinginan kita. Kita juga bisa memposisikan diri kita sebagai
orang lain dan pikirkan lagi apakah kita nyaman berteman dengan cewek yang
rewel.

Kuno
Sifat tradisional Virgo itu sangat kental sehingga kita susah untuk menerima
perubahan. Segala ide yang berbau 'modern' pasti kita jauhi dan kita selalu
kembali ke ide yang semua, yang seperti biasanya. Orang lain jadi susah
memberi ide-ide baru kalau kerja kelompok bareng kita, deh..
Cut it down! Keluar dari zona nyaman, yuk! Kita bisa dapat pandangan dan cara
berpikir yang lebih segar, lho, kalau kita berani bergerak di luar aturan kita yang
tradisional itu.

Libra
Gampang men-judge orang
Penampilan luar yang bagus itu segala-galanya untuk Libra. Ini menjadi hal
negatif karena Libra cenderung lebih ingin berteman dengan yang
penampilannya rapi dan enak dilihat. Sehingga mereka terkesan memilih-milih
teman.
Cut it down! Don't judge a book by its cover. Masih ingat dengan pepatah
tersebut? Bisa kita terapkan, nih, dalam kehidupan nyata. Belajar melihat orang
dari bagaimana sifatnya, bukan penampilannya, sehingga teman kita semakin
banyak, deh!

Gampang terpengaruh
Libra itu gampang banget terpengaruh sama orang lain kalau dalam hal
mengambil keputusan. Kita bisa bilang 'A', lalu berganti menjadi 'B' hanya karena
orang lain berkata demikian. Bisa jadi orang lain akan ragu untuk mempercayai
keputusan kita.
Cut it down! Mulai dengarkan kata hati kita, girls. Kalau seperti ini terus, orang
akan enggak percaya sama keputusan kita dan apa yang kita mau pun enggak
akan tercapai. Sesekali kita bisa putuskan satu hal tanpa menimbang-nimbang.

Scorpio
Cemburuan
Enggak mudah bergaul dengan Scorpio, karena kita gampang cemburu dan
agak posesif. Kadang rasa cemburu ini bisa mengganggu hubungan kita dengan
orang terdekat dan mempengaruhi ketenangan pikiran kita. Kita sendiri suka
merasa capek, lho, karena sifat yang satu ini.
Cut it down! Coba sharing apa yang kita rasakan kepada teman kita. Dengan
begitu kita bisa dapat masukan dari teman kita dan merasa lebih lega. Pokoknya
minta pendapat yang banyak supaya kita jadi lebih objektif.

Pendendam
Gampang memaafkan kayaknya enggak ada di kamusnya Scorpio. Kalau ada
orang yang pernah berbuat salah sama kita, kita pasti akan ingat sampai
setahun, dua tahun, bahkan 10 tahun lagi. Bahkan enggak jarang kita akan balas
dendam.. :(
Cut it down! Coba lupakan kejadian yang bikin kita sakit hati. Kita bisa tuliskan
segala hal yang bikin kita kecewa, lalu kertas tersebut kita bakar. Hal ini bisa
mempengaruhi pikiran untuk lebih ikhlas dalam memaafkan.

Sagitarius
Terlalu percaya diri
Buat yang lahir dengan zodiak Sagitarius, beruntunglah karena kita
memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Tapi, terkadang kita suka berlebihan
sehingga kita banyak melakukan kesalahan yang tidak seharusnya.
Cut it down! Tanamkan pada diri kalau banyak hal di dunia ini yang tidak kita
ketahui dan kuasai. Ini akan memotivasi kita untuk selalu bersikap rendah hati.

Ceroboh
Sifat terlalu percaya diri membuat kita jadi sering mengabaikan banyak hal ketika
mengambil keputusan. Kadang kita jadi mengambil risiko yang enggak perlu dan
merugikan diri sendiri.
Cut it down! Ketika mengambil keputusan, coba lihat dari berbagai sudut
pandang. Tidak perlu terburu-buru. Kadang satu atau dua hari menunggu akan
memberikan perspektif yang lebih obyektif.

Taurus
Malas
Akui aja kalau sifat buruk Taurus yang paling menonjol itu adalah sifat
pemalasnya, he-he. Bahkan Taurus enggak ragu-ragu untuk menunda-nunda
pekerjaan, sampai berhadapan dengan yang namanya deadline.
Cut it down! Give yourself a reward. Setiap menyelesaikan tugas lebih cepat dari
yang seharusnya, kita bisa menghadiahi diri kita sendiri dengan sesuatu yang
kita suka. Misalnya, es krim yang sudah lama kita ingin makan.

Posesif
Taurus diam-diam memiliki sisi insecure dalam diri mereka. Biar kelihatannya
ceria dan kuat di luar, ternyata kita takut merasa kehilangan. Makanya Taurus
cenderung posesif sama orang-orang terdekat mereka.
Cut it down! Mungkin karena cuma berteman dengan yang itu-itu aja, jadi kita
takut kehilangan orang-orang terdekat. Cobain ekskul baru, yuk, biar teman kita
semakin banyak dan enggak posesif lagi.

Gemini
Kurang fokus
Gemini punya sifat cepat bosan dengan rutinitas sehari-harinya. Makanya kita
gampang banget beralih haluan dan terkesan enggak bisa fokus dengan
pekerjaan. Hal ini yang bikin orang ragu akan kemampuan Gemini dalam
menyelesaikan masalah.
Cut it down! Latih kemampuan fokus kita dengan main Sudoku, yaitu permainan
yang selain mengasah daya ingat, juga menuntut kita untuk tetap fokus
mengerjakan sampai selesai. Good luck!

Gampang gugup
Walaupun memiliki kepribadian yang enerjik, terkadang Gemini suka enggak
yakin dengan apa yang mereka ungkapkan. Ini, nih, yang bikin para Gemini jadi
suka gugup dan enggak PD waktu bicara dengan orang lain. Hmm....
Cut it down! Kita bisa coba berlatih pernapasan untuk mengurangi rasa gugup
yang sering kita alami. Dengan begini kita akan merasa lebih rileks dan mudah
berbicara di depan umum.

Cancer
Clingy
Melepaskan sesuatu itu bukan hal yang mudah bagi Cancer. Makanya enggak
heran kalau kitasuka 'nempel' sama orang terdekat kita, entah pacar atau sahabat.
Kita memang merasa nyaman-nyaman aja, tapi yang kita tempel bagaimana?
Cut it down! Sibukkan diri dengan kegiatan yang kita suka. Misalnya saat
bergabung dengan OSIS, kita bisa curahkan tenaga di sana dibanding terus-
terusan nempel dengan pacar atau sahabat. Hitung-hitung kita bisa jadi lebih
mandiri.

Gampang mengeluh
Kalau ada hal yang enggak bikin kita nyaman sedikit aja, pasti para Cancer akan
mengeluh. Mengeluh terus-terusan menyebabkan banyak orang yang enggak
tahan berlama-lama dengan Cancer.
Cut it down! Sekali-sekali kita bisa coba kegiatan volunteer dan turun ke
lapangan untuk berbagi dengan orang-orang yang enggak seberuntung kita, yuk.
Kita bisa belajar lebih bersyukur dan kebiasaan mengeluh kita pun jadi
berkurang. Being grateful is not that hard, girls.

Leo
Mendominasi
Leo memiliki sifat memimpin yang kuat sampai terkadang enggak sadar kalau
kita suka jadi bossydan mendominasi keadaan. Kita selalu berharap orang-orang
mengikuti keinginan kita. Dan ternyata enggak semua orang suka mengikuti
keinginan kita.
Cut it down! Kalau bekerja dalam kelompok, kita tahan keinginan kita untuk
memimpin, yuk. Sesekali jadi anggota dan mengikuti pendapat orang lain enggak
akan bikin kita menderita, lho. Hi-hi-hi.

Kurang sabar
Ingin semua urusan selesai secepat mungkin itu sudah jadi tabiatnya Leo.
Seakan-akan kita lahir dengan sifat tersebut. Terkadang sifat enggak sabaran ini
bisa bikin segala yang sudah dikerjakan jadi berantakan.
Cut it down! Mau melatih kesabaran kita? Kita bisa mulai mencoba bermain
puzzle yang terdiri dari 1000 keping. Mungkin agak berlebihan, tapi cara ini
ampuh banget untuk bikin kita lebih sabar dan berhati-hati dalam mengambil
keputusan.

Capricorn
Keras kepala
Ketika sudah punya satu pendapat, akan sulit untuk Capricorn mengubahnya. Ini
kadang yang bikin orang males ngobrol sama kita.
Cut it down! Sesekali mengalah dan mempertimbangan ide orang lain kayaknya
hal yang enggak sulit untuk dicoba, girls. Siapa tahu itu bisa membawa angin
segar buat cara berpikir kita.

Egois
Terkadang Capricorn suka enggak sadar kalau dia termasuk pribadi yang egois.
Hal pertama yang kita pikirkan adalah diri kita sendiri.
Cut it down! Kita latih diri kita untuk lebih peduli dengan orang lain dengan ikut
kegiatan charity, yuk. Lama kelamaan kita akan bisa melihat kalau dunia tidak
berputar dengan kita sebgaia porosnya.

Aquarius
Enggak mudah ditebak
Jalan pikiran Aquarius itu sulit ditebak dan kita bukan orang yang
mudah mengungkapkan perasaan. Orang jadi sulit untuk tahu maunya Aquarius itu
apa.
Cut it down! Speak up your mind, Aqua. Coba ikut kegiatan seperti ekskul debat
atau English club yang bisa bikin kita makin mudah membahasakan pikiran kita
sekaligus berbicara depan umum.

Plin-plan
Sebentar bilang iya, lalu bilang enggak. Kita memang suka banget susah
menentukan sikap. Duuuh...orang jadi suka bingung maunya kita apa, nih.
Cut it down! Ikut kegiatan organisasi di sekolah, yuk. Dengan begitu kita banyak
dituntut bikin keputusan, sehingga bisa jadi ajang latihan buat kita.

Pisces
Idealis
Pisces itu punya standarnya sendiri dalam menilai sesuatu. Dan terkadang
saking idealisnya, kita jadi sulit bekerja sama dengan orang lain karena ingin
semua jadi sesuai keinginannya.
Cut it down! Kita terkadang lupa kalau ada realita yang harus dihadapi dan
banyak hal terjadi enggak selalu sesuai harapan. Dengan belajar menjadi orang
yang lebih feksibel, kita akan mempermudah hidup kita dan orang-orang di
sekitar.

Over-sensitive
Pisces butuh perlakuan ekstra hati-hati. Yup, perasaannya yang sensitif banget
bikin orang lain harus hati-hati juga kalau mau ngobrol sama kita.
Cut it down! Yuk, mulai fokus dengan isi daripada kemasan. Jadi, biarpun
sekilas cara bicara seseorang menyinggung perasaan kita, tapi kalau maksud
sebenarnya berguna dan membangun, kenapa tidak?

Aries
Sombong
Aries adalah pribadi yang sangat percaya diri. Namun saking percaya dirinya,
orang suka menganggap Aries ini sombong. Selaitu itu, kita juga suka enggak
percaya dengan penilaian orang lain dan kurang sensitif.
Cut it down! Kita harus melebarkan sayap pergaulan, nih. Dengan banyak
bergaul, kita akan ketemu orang dengan berbagai keahlian dan semakin
mengerti karakter banyak orang, deh.

Kurang disiplin
Karena sifat kurang sensitifnya itu, Aries jadi suka mengabaikan aturan-aturan
yang ada. Pembawaan mereka yang meledak-ledak juga membuat kita agak sulit
dikontrol.
Cut it down! Bikin list tentang hal apa aja yang harus kita lakukan dan capai.
Usahakan patuhi hal-hal yang telah kita tulis dan kalau melanggar, kita bikin
denda. Dengan begitu kita bisa terlatih untuk jadi lebih disiplin, deh.
BATU KELAHIRAN PEMBAWA
KEBERUNTUNGAN PART 2
Percaya, enggak percaya...
Belum ada penelitian yang bisa memastikan efek pasti dari
memakai birthstone ini. Tapi menurut penjelasan sebuah museum di Amrik,
Burke Museum, pada dasarnya semua manusia memiliki kebutuhan untuk
mempunyai dan memakai barang yang buat mereka 'suci' atau spesial.

Itulah kenapa kita suka pakai perhiasan yang ada batu hiasnya. Hal ini yang
menjadikanbirthstone itu menarik, karena punya nilai kepercayaan di dalamnya.
Lalu dengan memakai batu yang sesuai bulan lahir, kita jadi lebih percaya diri
sehingga bisa memancarkan aura positif kita. Makanya enggak
heran birthstone dianggap bisa membawa keberuntungan.

The Stones
Juli - Batu Mirah (Ruby)
Hampir sama dengan batu delima, batu mirah ini memiliki warna merah yang
memikat. Hanya saja warna merahnya tidak sepekat batu delima. Batu mirah
sering dijadikan simbol cinta sejati dan katanya bisa menjaga pemiliknya dari hal-
hal jahat, lho!

Agustus - Batu Peridot
Batu peridot dulu sering tertukar dengan batu zamrud karena sama-sama
berwarna hijau, namun batu ini memiliki warna hijau olive. Batu ini dipercaya
membawa keberuntungan bagi pemiliknya dan memberikan ketenangan serta
kedamaian.

September - Batu Safr (Sapphire)
Batu safr dikenal sebagai batu yang sangat mahal nilainya. Batu safr dipercaya
membawa keberuntungan bagi yang memakainya dan bisa menolak keburukan-
keburukan yang akan menimpa si pemakai. Batu ini juga memiliki warna biru
langit yang bagus banget!

Oktober - Batu Opal
Berbeda dari batu-batu lainnya yang cenderung memiliki satu warna yang
menonjol, batu opal memiliki berbagai warna yang menjadi satu. Batu ini memiliki
legenda sebagai batu berharga yang jatuh dari surga.

November - Batu Topas (Topaz)
Topas memiliki warna kuning keemasan yang dipercaya bisa membuat
pemakainya dapat berpikir lebih logis dan bijaksana. Batu ini juga memiliki
kemampuan untuk membuat si pemilik tidak serakah.

Desember - Batu Pirus (Turquoise)
Batu pirus ini banyak banget dijadikan perhiasan, baik kalung, cincing, atau pun
gelang. Warnanya yang merupakan campuran antara biru dan hijau ternyata bisa
membawa kedamaian dan menolak bala serta penyakit.
The Stones
Januari - Batu Delima (Granet)
Warna batu delima ini adalah merah tua yang sangat pekat. Mitos menyebutkan
asal kata batu delima ini dipakai karena mirip dengan biji dari buah delima. Batu
delima ini juga dipercaya dapat memancarkan aura romantis dari diri kita.

Februari - Batu Kecubung (Amethyst)
Batu kecubung atau yang lebih dikenal dengan sebutan batu kecubung memiliki
warna ungu yang menenangkan. Makanya enggak heran kalau batu ini dipercaya
bisa menenangkan pikiran pemakainya. Dan katanya batu ini adalah batu yang
paling banyak dipakai oleh anggota kerajaan di Eropa sana, girls.
Maret - Batu Biru Laut (Aquamarine)
Dari namanya sudah bisa ditebak warna batu yang satu ini. Batu ini punya warna
biru yang lembuuut banget. Bagi yang percaya, batu biru laut ini punya manfaat
untuk mempererat ikatan di dalam keluarga.

April - Batu berlian (Diamond)
Pasti tahu, dong, lagunya Rihanna yang Diamond? Batu ini memang spesial
banget sampai dibuat judul lagu, girls. Berlian melambangkan kekekalan dan
cinta sejati. Makanya banyak cincin pernikahan yang memakai berlian sebagai
aksesori tambahannya.

Mei - Batu Zamrud (Emerald)
Batu zamrud ternyata melambangkan keberuntungan dan membuat seseorang
yang memakainya semakin percaya diri dalam berbicara di depan umum. Konon
katanya batu yang berwarna hijau pekat ini punya kemampuan mendeteksi kalau
si pemakai akan tertimpa musibah dan warnanya berubah jadi lebih pucat. Woah!

Juni - Batu Mutiara (Pearl)
Disebut-sebut sebagai batu para bangsawan, karena nyatanya memang batu ini
banyak digemari oleh keluarga kerajaan di seluruh dunia. Batu ini banyak
digemari perempuan karena punya daya tarik yang feminin dan bikin cewek-
cewek semakin cantik.