You are on page 1of 6

TIME RALLY for BEGINNER

Salam Olahraga Otomotif, Dalam kesempatan ini kami ingin menyampaikan secara rinci, hal-hal yang berhubungan dengan Time Rally atau yang menjadi dasar-dasar Time Rally. TIME RALLY adalah salah satu cabang olahraga otomotif rally yang penilaiannya didasarkan pada tiga hal pokok yang saling berkaitan dan mengikat yaitu: Waktu, Kecepatan dan Jarak, yang pada beberapa waktu yang lalu disebut sebagai Rally TSD ( Time, Speed, Distance). Waktu Kecepatan : yaitu waktu tempuh yang harus kita lalui dari satu titik ke titik berikutmya. : adalah kecepatan yang digunakan dalam menempuh suatu jarak tertentu. Kecepatan ini terdiri dari 2 macam yaitu : 1. Kecepatan Tetap (Constant Speed) : yaitu kecepatan tetap yang digunakan dalam menuju titik berikutnya, dimana waktu tempuh yang kita lalui disetiap titik adalah tetap. 2. Kecepatan rata-rata : yaitu jarak yang harus ditempuh atau berapa sisa jarak yang harus ditempuh..

Jarak

Pada Buku Peraturan Perlombaan Time Rally yang dikeluarkan oleh PP IMI disebutkan tujuan dari Perlombaan Time Rally seperti Menanamkan jiwa sportifitas dan disiplin berlalulintas, Meningkatkan rasa sosial terhadap lingkungan, Memperkenalkan objek-objek wisata/budaya nasional dan daerah, Meningkatkan kemampuan agar selalu tepat waktu, Meningkatkan kemampuan membaca peta dan menjalaninya Dasar Falsafah : Yang perlu diingat oleh para peserta Time Rally adalah bahwa kesuksesan atau kemenangan yang didapat dalam lomba adalah sepenuhnya merupakan hasil kerjasama Team yaitu antar awak peserta yang ada di dalam satu mobil. Jadi bukan hasil kerja dari salah satu awak saja.

A. Persiapan Peserta Hal-hal yang harus disiapkan oleh dalam mengikuti lomba Time Rally adalah: I. Pendaftaran: 1. 2. 3. 4. Foto copy SIM, KIS atau STNK yang masih berlaku. Pas Foto masing-masing awak Mengisi formulir pendaftaran serta formulir data kendaraan. Membayar biaya pendaftaran

II. Perlengkapan Kendaraan: 1. Setiap kendaraan wajib dilengkapi dengan segitiga pengaman, kunci roda, dongkrak, kotak P3K serta sabuk pengaman untuk tempat duduk depan 2. Sabuk pengaman; wajib dipakai selama perlombaan 3. Alat pemadam api 4. Dilarang menggunakan/membawa alat komunikasi seperti radio transceiver, HT, handphone dan lain-lain (sanksi PEMECATAN). 5. Semua kelengkapan kendaraan harus berjalan dengan baik seperti lampu-lampu, klakson, dan lain-lain. 6. Alur ban minimum sedalam 2 (dua) mm. III. Perlengkapan Lomba: 1. Siapkan alat tulis : paper board (tatakan kertas), stabilo, beberapa ballpen dan kertas tulis. 2. Siapkan alat-alat tambahan : Straples, bantalan stempel, plastik mika, jam tangan/stopwatch (jam dengan petunjuk detik). 3. Calculator / Speed Pilot / Calculator Jawa. 4. Tabel Perhitungan (seperti contoh terlampir). 5. Peta yang sesuai dengan yang ditentukan panitia sebagai peta pegangan lomba 6. Lampu baca tambahan 7. Alat pengukur jarak tambahan (Tera-trip) 8. Sesuaikan pengukur jarak dimobil (odometer ataupun tera-trip) dengan pedoman jarak yang telah ditentukan. IV. Persiapan Lomba: 1. Baca dan pelajari Buku Peraturan Time Rally. 2. Baca dan pelajari Buku PUPP (Peraturan Umum Pelengkap Perlombaan) 3. Tepati Jadwal Lomba, diawali dengan jadwal Scrutineering, Briefing, Lapor Start, Start, dan pengambilan Kartu Kontrol. 4. Pada Saat Scrutineering, - stiker sponsor sudah harus terpasang pada kendaraan dan terus menjaganya terpasang sampai akhir lomba. - harus dapat menunjukkan SIM, KIS atau STNK asli. 5. Pada saat briefing/taklimat, - Harus hadir dengan membawa Kartu Kontrol dan kwitansi biaya pendaftaran. - Dengarkan baik-baik (serta catat!) apa-apa yang disampaikan oleh Pimpinan Lomba/Pembuat Soal. - Jangan ragu menanyakan hal-hal yang dianggap masih tidak/kurang jelas. KETIDAKJELASAN akan menjadi malapetaka saat memecahkan persoalan. Tanyakan segala sesuatu yang belum jelas. 6. Hadir di tempat Start dan Lapor Start 30 menit sebelum start peserta pertama. B. Pembagian Tugas Dalam mengikuti perlombaan, diperlukan pembagian tugas pada masing-masing awak agar didapat kerjasama yang efektif.

I.

Pengemudi: Bertugas untuk mengemudikan kendaraan sejak start sampai finish dengan baik dan benar sesuai Peraturan Lalu-Lintas yang berlaku serta melihat tanda-tanda / rambu Pos yang ada. Disamping itu ia juga bertugas untuk memperhatikan kesempatan/ tanda-tanda sembari memperhatikan keberadaan Pos Kontrol.

II. Navigator 1: Membaca soal dengan teliti, menentukan arah yang harus dilalui dan melihat kondisi jalan yang harus dilalui serta meminta pendapat kepada awak peserta yang lain apabila ada keraguan dalam memecahkan soal. Tapi perlu diingat bahwa keputusan harus diambil secepatnya, dan harus disepakati oleh awak peserta bahwa pada akhirnya harus ada satu orang pengambil keputusan agar diskusi tidak berlarut-larut. Dan apapun hasil atau konsekwensi dari keputusan yang diambil hendaknya jangan diperdebatkan lagi sebelum lomba berakhir. III. Navigator 2: Menghitung dengan teliti dan benar : jarak, waktu serta kecepatan, untuk itu diperlukan tabel/blanko perhitungan (seperti terlampir), agar kesalahan dapat dikurangi. Menyiapkan peta rute yang diperlukan. Melihat dengan teliti apa yang ditulis/cap Pos yang dilakukan oleh petugas Pos pada Kartu Kontrol sudah benar. Hal ini harus diperhatikan benar karena tanggung jawab terhadap Kartu Kontrol ada pada masing-masing peserta. Disamping itu perlu juga untuk dijadikan perhatian:
o

Berilah KEPERCAYAAN PENUH kepada Navigator untuk memecahkan route soal yang diberikan. Biarkan navigator berpikir dan membuat keputusan sendiri. Kepada Pengemudi/Driver dan Navigator 2, berikan masukan/saran hanya apabila diminta, dan itupun JANGAN NGOTOT pendapatnya yang paling benar. Buat kesepakatan bahwa apabila terjadi perbedaan, maka KEPUTUSAN AKHIR ada ditangan Navigator.

o

Tips khusus bagi para NAVIGATOR:
o o o o o

Tenang, Teliti, Percaya Diri dan Tidak Terburu-buru Tidak mudah panik dan putus asa Dapat membuat analisa terhadap masalah/soal yang dihadapi Dapat menghargai pendapat orang lain Berani mengambil keputusan dan menerima konsekwensinya.

C. Kartu Kontrol dan Pos Pemeriksaan I. Kartu Kontrol: 1. Kartu kontrol merupakan tempat dicantumkannya cap dan/atau waktu peserta jika melalui suatu pos. 2. Dengan kartu kontrol inilah route dan waktu peserta diperiksa dan dihitung angka hukuman yang harus diberikan kepadanya. 3. Setiap lembar kartu kontrol ini harus diserahkan pada tiap akhir trayek sesuai dengan penggunaannya. 4. Perbaikan/perubahan pada kartu kontrol adalah dilarang. II. Pos Pemeriksaan: 1. Suatu Pos ditandai dengan sebuah RAMBU dan selalu terletak disebelah kiri jalan dari jurusan yang harus ditempuh menurut petunjuk/route yang benar. 2. Peserta dianggap memasuki suatu Pos apabila roda depan sudah melewati rambu tersebut dan dengan awak lengkap. 3. Jenis-jenis Pos: - Pos Lapor Start (PLS) - Pos Waktu (PW) - Pos Route (PR) - Pos Rahasia (PA) - Pos Palsu (PP) - Pos Darurat (PD) - Pos Tanpa Petugas (PX) 4. Peserta yang telah melewati suatu daerah pos akan tetapi tidak melapor dianggap tidak melewati pos tersebut, kecuali PA atau pos route palsu. 5. Dilarang memasuki daerah pos tanpa kendaraan atau awak yang tidak lengkap. D. Pelaksanaan Lomba I. Persiapan: 1. Baca dengan teliti: Soal dibaca dengan cepat dan teliti agar tidak ada perintah dalam soal yang terlewatkan 2. Hitung jarak, waktu dan kecepatan dengan benar: Soal rally terbagi atas beberapa Etape, trayek dan sub trayek. Adapun rumus perhitungan yang digunakan adalah:

S ATAU : T ATAU : V

= (

V

x

T 60

) / 60

S = ———— X V S = ———— X T

60

dimana

S = Jarak (KM) V = Kecepatan (KM/JAM) T = Waktu (MENIT)
3. Hitung waktu tempuh untuk setiap sub trayek, maupun waktu tempuh total hingga Finish Trayek 4. Jalankan perintah yang diminta dalam soal tsb satu persatu, dimana dalam menjalankan perintah tersebut, kita sudah membaca 2 atau 3 perintah berikutnya, agar kita dapat membayangkan arah rutenya 5. Kontrol waktu tempuh : Usahakan untuk menepati waktu tempuh setiap sub trayek yang telah kita hitung waktu tempuhnya, terutama waktu tiba di Pos Finish. Catatan : Jangan menghabiskan waktu disatu persoalan yang tidak dapat kita pecahkan sehingga mengakibatkan keterlambatan pada soal berikutnya 6. Patuhi Peraturan Laalu-Lintas serta rambu-rambunya. II. Jenis-Jenis Soal: 1. Petunjuk Arah BKR AKN BKRT BKNT JT UJ ini T KA BA = Belok Kiri = Ambil Kanan = Belok Kiri Tajam = Belok Kanan Tajam = Jalan Terus = Ujung Nama Jalan ini = Simpang Tiga = Lintasan Kereta Api = Balik Arah BKN AKR H LR IJU UJ O X HH = Belok Kanan = Ambil Kiri = Hati-hati = Lampu Rambu = Ikuti Jalur Utama = Ujung Jalan = Bundaran = Simpang Empat = Hati-hati

2. Petunjuk Nama Desa / Tempat / Pal KM; Petunjuk atau patokan rute selalu berada di kiri jalan, kecuali bila disebutkan lain pada soal atau briefing, seperti: Ds. Nagrak, Batas Desa Cikondang, SMPN1 Jalan Cagak, Sub Terminal Jalan Cagak, KKD Cicadas, pal km SBG15/JKT165/JLC1

3. Tulip Gambar Merupakan petunjuk arah yang digambar sesuai dengan bentuk jalan yang harus dilalui, seperti:
1. 0,15 / 0,47 2. 1,1 / 1,57 3. 0,06 / 1,87

: Hotel X 4. 0,09 / 1,96 x x x x 5. 0,23 / 2,19 6. 0,24 / 1,81

]

[

7.

0,5 / 2,69

Finish-----: Lapangan bola

Titik Panah Jarak

= awal arah mobil / posisi awal mobil = arah mobil yang harus ditempuh = mis. 0,23/2,19 , berarti jarak inter 0,29 km / Total 2,19 km.

Tidak semua kesempatan jalan yang kita lalui akan tergambar di Tulip, sebaliknya kita yang harus mencari kesempatan jalan yang sama dengan yang tergambar di Tulip 4. Peta Buta Foto Copy peta yang notasi-notasinya dihilangkan, jadi kita harus mencocokan dengan peta aslinya 5. Tulang Ikan Prinsipnya sama dengan Tulip Gambar hanya pada soal tulang ikan semua kesempatan jalan yang dilalui tergambar. Bentuk soal ini sangat memerlukan ketelitian dalam mengerjakannya, untuk itu kami lampirkan pembahasannya yang lebih rinci.