ISLAMIC NUTRITIONAL MEDICINE

OLEH Dr. AGUS RAHMADI

(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka”. ( Ali Imron : 191 )

Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu. ( Al Baqarah : 168 )

Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: "Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya." Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: " Yang lebih dari keperluan." Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berfikir, ( Al Baqarah : 219 )

Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara yang tak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), ( Al Waqiah : 27 – 29 )

Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orangorang yang beriman. ( Al An’aam : 99 )

Di dalam syurga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe. ( Al Insaan : 17 )

Dan (ingatlah), ketika kamu berkata: "Hai Musa, kami tidak bisa sabar (tahan) dengan satu macam makanan saja. Sebab itu mohonkanlah untuk kami kepada Tuhanmu, agar Dia mengeluarkan bagi kami dari apa yang ditumbuhkan bumi, yaitu sayurmayurnya, ketimunnya, bawang putihnya, kacang adasnya, dan bawang merahnya." Musa berkata: "Maukah kamu mengambil yang rendah sebagai pengganti yang lebih baik ? Pergilah kamu ke suatu kota, pasti kamu memperoleh apa yang kamu minta." Lalu ditimpahkanlah kepada mereka nista dan kehinaan, serta mereka mendapat kemurkaan dari Allah. Hal itu (terjadi) karena mereka selalu mengingkari ayat-ayat Allah dan membunuh para Nabi yang memang tidak dibenarkan. Demikian itu (terjadi) karena mereka selalu berbuat durhaka dan melampaui batas. ( Al Baqarah : 61 )

Dan sesungguhnya pada binatang-binatang ternak, benar-benar terdapat pelajaran yang penting bagi kamu, Kami memberi minum kamu dari air susu yang ada dalam perutnya, dan (juga) pada binatangbinatang ternak itu terdapat faedah yang banyak untuk kamu, dan sebagian daripadanya kamu makan, ( Al Mu’minuun : 21 )

NUTRITIONAL THERAPY
• Terapi dengan menggunakan makanan
dan atau supplement dengan cara meningkatkan proses penyembuhan alami tubuh • Terapi nutrisi merupakan terapi jangka panjang • We are what we eat

NUTRITIONAL THERAPY
• Alami • Efek samping minimal • Efek terapi optimal • Berbasiskan nutrisi kepada tubuh • Menekankan kepada fungsi tubuh untuk
bekerja mengatasi masalahnya sendiri

KONVENSIONAL • MENEKANKAN PD• PENYAKIT & GEJALA YG MUNCUL •

• MEMAKSA GEJALA

PENYAKIT HILANG


• MENGONTROL
PENYAKIT & GEJALANYA DGN OBAT

ALAMI LBH MNEKANKAN/ PEDULI PD TUBUH ITU SENDIRI MBANTU TUBUH MENINGKATKAN AUTOIMUNE SYSTEMNYA AGAR MAMPU MELAWAN PENYAKIT MKONTROL PENYAKIT DGN POLA HIDUP, POLA MAKAN & BIO HARMONI MEDICINES

KONVENSIONAL • OBAT SEBAGAI PEMERAN UTAMA

• •

ALAMI • MAKANAN PEMERAN UTAMANYA & OBAT SBG PENUNJANG • BDASAR PD INTEGRASI ALLOPATI, BERDASAR PADA NATUROPATI,HOMEOP ALLOPATI ATI & ENERGI TERAPI SAMPINGAN: • TERAPI SAMPINGAN: DIET, PERLAKUAN HERBAL, HOMEOPATI, TUBUH & MANAJEMEN AKUPUNKTUR, OBAT STRESS

KIMIA & PEMBEDAHAN

KONVENSIONAL KEKURANGAN : RELATIF KURANG EFEKTIF UTK MENGOBATI PENYAKIT KRONIS, EFEK SAMPING PENGOBATAN LBH SERING TERJADI

ALAMI KEKURANGAN : BUTUH WAKTU YG RELATIF LAMA UTK TERAPI, TDK LANGSUNG MENGHILANGKAN GEJALA, MENUNTUT KOMITMEN YANG TINGGI PADA PASIEN

KONVENSIONAL KELEBIHAN : PADA KASUS PENYAKIT AKUT, BEDAH LEBIH CEPAT MENGATASI

ALAMI KELEBIHAN : MENGAJARKAN PD PASIEN BAGAIMANA SPY TETAP SEHAT DENGAN POLA HIDUP DAN POLA MAKAN YANG SEHAT, RELATIF LBH HEMAT DALAM TERAPI

PENELITIAN MADU
• Dari hasil penelitian Y Widiodo (2001),
peneliti di Pusat Penelitian dan Pengembangan Gizi Bogor ditemukan hasil bahwa pemberian madu secara teratur setip harinya dapat menurunkan tingkat morbiditas (panas dan pilek) sekaligus memperbaiki nafsu makan pada balita. Penelitian ini dilakukan pada balita pasien Klinik Gizi, Puslitbang Gizi, yang menderita kurang energi protein (KEP) akibat krisis moneter. Sample penelitianya sendiri terdiri dari 51 balita usia 13 - 36 bulan.

• Dari penelitian Peter C. Molan (1992),
peneliti di Departement of Biological Sciences, University of Waikoto, Hamilton, New Zealand dibuktikan bahwa madu mengandung zat antibiotik yang aktif melawan serangan berbagai patogen penyebabpenyakit.

• Dari hasil penelitian Kamaruddin (1997),

peneliti di Departement of Biochemistry, Faculty of Medicine, Universiti of Malaya, di Kualalumpur, ditemukan paling tidak terdapat empat faktor yang bertanggung jawab terhadap aktivitas antibakteri pada madu, yaitu kadar gula madu yang tinggi, madu bersifat masam, madu mengandung 10-hidroxidecen-2-oic acid, madu mengandung hidrogen peroksida (H2O2)

PENELITIAN JINTAN HITAM
• Pada tahun 1986, Drs. El-Kadi dan
Kandil memimpin sebuah studi dengan beberapa relawan untuk menguji efektifitas black seed sebagai peningkat system kekebalan tubuh alamiah.

• Kelompok relawan pertama mengonsumsi

kapsul black seed (2X sehari 1 gram) selama empat pekan dan kelompok kedua diberikan placebo. Sebelum dan sesudah pemakaian selama empat pekan, para relawan itu dihitung jumlah limpositnya. Setelah empat pekan , relawan yang mengonsumsi black seed mengalami peningkatan 72% dalam menekan rasio T-cell, yang berfungsi sebagai pembunuh sel secara alamiah.

• Hasil ini diperkuat dengan studi

yang dipubliksikan dalam Saudi Pharmaceutical Journal tahun 1993 oleh Dr. Basil ali dan rekan-rekannya dari College of Medicine, Kin Faisal University.

• Pada bidang penelitian AIDS, test

dilakukan oleh Dr. Haq pada para relawan di Departemen Biologi dan Pusat Penelitian Medis di Riyadh, Saudi Arabia (1997) menunjukkan bahwa black seed meningkatkan rasio antara T-cell positif dan negatif menjadi 55% dengan 30% aktivitas pembunuh sel alamiah.

• Pada tahun 1960, ilmuwan Badr-El-

Din dan Mahfouz menemukan bahwa dimmer dithymoquinone diisolasi dari minyak volatile black seed, dengan nama “Nigellone” dan dipakai melalui mulut untuk beberapa pasien yang menderita asma bronchitis, yang ternyata mengurangi gejala pada sebagian besar pasien.

• Hasil penelitian selanjutnya, crystalline
nigellone diberikan pada anak-anak dan orang dewasa dalam penyembuhan asma bronchitis dengan hasil yang efektif dan tanpa efek samping,

• Pada tahun 1993, Nirmal

Chakravarty,M.D, memimpin sebuah studi untuk mengetahui apakah penghambatan ini merupakan pengaruh supresi dari crystalline nigellone pada histamine. Studinya menunjukkan crystalline nigellone sebagai penghambat pada histamin. Hipotesanya ternyata benar.

• Studi tentang potensi black seed terhadp anti

tumor dilakukan oleh pusat penelitian Amala Research Center di Amala Nagar, Kerala (India) pada tahun 1991 mengacu pada pendapat Dr. Chakravarty untuk memanfaatkan black seed dalam pengobatan kanker. • Menggunakan asam lemak derivan black seed, studi dengan menggunakan tikus Swiss albino menujukkan bahwa unsur aktif ini menghambat perkembangan jumlah sel kanker yang disebut dengan Ehrlich ascites carcinoma (EAC). • Tikus yang mendapatkan sel EAC dan black seed menunjukkan keadaan yang normal tanpa adanya tumor, menunjukkan bahwa secara aktif 100% mencegah perkembangan tumor EAC.

• Pada tahun 1989, dibuat laporan dalam
Pakistan Journal of Pharmacy tentang manfaat anti-jamur dari minyak volatile dari black seed. Pada tahun 1992, para peneliti di Departemen Farmasi University of Dhaka, Bangladesh, memimpin sebuah studi aktifitas anti bakteri minyak volatile black seed dengan lima macam antibiotik: ampiciliin, tetracycline, cotrimoxazole, gentamicin, and Asam Nalidixic.

• Black seed terbukti paling efektif

melawana bakteri, termasuk bakteri yang dikenal sangat kuat daya tahannya terhadap obat-obatan, seperti V. cholera, E. coli (bakteri yang biasa ditemukan pada daging yang tidak terlalu matang), dan Shigella spp,

• Diawal tahun 1960, Professor EL-Dakhakny

melaporkan bahwa minyak black seed memiliki kemampuan meredakan radang dan sangat berguna untuk mengobati radang sendi. • Pada tahun 1995, sekelompok ilmuwan di Pharmacology Research laboratories, Departement of Pharmacy, Kings College, London, memutuskan untuk melakukan sebuah tes efektifitas minyak Nigellan sativa dan derivannya thymoquinine, sebagai obat radang. Hasil studi mereka menemukan bahwa minyak menghambat pertumbuhan eicosanoid dan menunjukkan aktifitas sel anti-oksidan.

• Sebuah studi yang dilakukan oleh Agarwhal
menyusui.

(1979) menunjukkan bahwa Minyak Black Seed meningkatkan kadar susu bagi ibu

• Sumber literature dari University of

Potchefstroom (1989), termasuk abstraksi biologi, yang berhubungan dengan kemampuan black seed dalam meningkatkan air susu bagi ibu yang menyusui dapat ditunjukkan dengan kombinasi lipid portion dan struktur hormon dalam black seed.

PENELITIAN KURMA
• Selulosa amat berguna untuk mengatur peristatik
usus, sedangkan hemiselulosa dan pektin mampu menyerap banyak air dalam usus besar sehingga memberi bentuk pada sisa makanan yang akan dikeluarkan. • kandungan zat dalam kurma sangat membantu kontraksi rahim dan menambah kekuatan dorongan untuk melahirkan. Dan zat ini serupa dengan hormon oksitosin yang dapat menstabilkan kelenjar pituitari (kelenjar di bawah otak).

• kurma mengandung zat gizi penting

bagi fungsi tubuh, terutama pada jantung dan pembuluh darah, yaitu kalium. Fungsi mineral ini membuat denyut jantung makin teratur, mengaktifkan kontraksi otot, serta membantu mengatur tekanan darah. Itulah sebabnya kurma menjadi istimewa. Apalagi beberapa penelitian membuktikan, makanan tinggi kalium dapat menurunkan risiko serangan stroke.

• Selain kalium, yang berguna bagi

kesehatan jantung dan pembuluh darah, kurma juga mengadung salisilat. Zat ini dikenal sebagai bahan baku aspirin, sebagai obat pengurang atau penghilang rasa sakit dan demam. Salisilat besifat mencegah pembekuan darah, antiinflasmasi dan berdampak melenyapkan rasa nyeri. Kecuali itu, menurut Nurfi Afriansyah, staf peneliti KIE Gizi Puslitbang Gizi Bogor, salisilat juga bisa mempengaruhi prostaglandin (kelompok asam lemak hidroksida yang merangsang kontraksi otot polos, menurunkan tekanan darah).

• Riboflavin dan niasin, misalnya akan
membantu melepaskan energi dari makanan, sementara tiamin membantu melepaskan energi dari karbohidrat. Vitamin A dan niasin memainkan peranan dalam membentuk dan memelihara kulit yang sehat. Tiamin penting bagi selsel saraf, sementara niasin menjaga fungsi normal saraf.

• Berdasarkan penelitian terhadap pola

makan yang dilakukan pada 859 orang pria dan wanita berusia di atas 50 tahun di California utara, AS • Di antara mereka yang konsumsi kaliumnya paling rendah, harapan meninggal akibat stroke 2,6 kali pada pria dan 4,8 kali pada wanita. • Para peneliti menyimpulkan, dengan hanya makan satu porsi ekstra makanan kaya kalium (minimal 400 mg setiap hari) risiko fatal bisa diturunkan sampai 40%. Batas krisis 400 mg kalium itu mudah sekali di penuhi dengan makan kurma kering sekitar 65 g saja, atau setara dengan lima butir kurma

GARLIC
• Kandungan utama dari garlic adalah
aliin ( alkylcystein sulfoxides ) yang dirubah oleh tubuh menjadi alicin dan sulfur compounds • Bau yang terdapat pada garlic disebabkan oleh kandungan zat aktifnya

KEGUNAAN
• Penyakit cardiovasculer • Anticarcinogenic • Meningkatkan immune sistem • Mencegah infeksi yang disebabkan
oleh bakteri ataupun jamur

CARA KERJA
• Anti bakterial • Anti mycotic • Platelet agregation inhibitor • Anticoagulant • Fibrinolytic activity enhancement • Cholesterol sintesis inhibitor ( ldl ) • Tumor cell growth inhibitor • Eicosanoid syntesis inhibitor

PERHATIAN
• Hati – hati pemberian pada orang yang
mempunyai waktu perdarahan yang panjang karena garlic dapat meningkatkan clotting time • Bau pada garlic dapat bermanifestasi pada nafas dan kulit • Hati – hati pada penderita diabetes yang gampang sekali hipoglikemia karena garlic mempunyai efek hypoglikemia

INTERAKSI OBAT
• Penggunaan bersama heparin dan
warfarin dapat meningkatkan resiko perdarahan abnormal

DOSIS
• Aged garlic extract diberikan 10
sampai 20 gram perhari • 4 gram fresh garlic menghasilkan 10 mg alliin

ISOFLAVONES
• Merupakan phytoestrogen yang banyak
ditemukan pada kacang kedelai • Isoflavon dapat berikatan dengan alfa dan beta estrogen receptor, dengan beta estrogen lebih kuat • Isoflavon terdiri dari 3 komponen utama yaitu genistin, daidzein, glycitein

KEGUNAAN
• Penyakit cardiovasculer • Cancer • Kesehatan tulang • Menopause • Kesehatan reproduksi

CARA KERJA
• Mempunyai efek estrogenik sehingga
mempunyai efek anti osteoporosis dan hypolipidemic • Menghambat lipid peroksidasi dan ldl oksidasi sehingga mempunyai efek anti atherogenic • Menghambat nuklear factor kappa b dan menurunkan regulasi transfering growth faktor didalam sel kanker prostat ( anti carsinogenic )

INTERAKSI OBAT
• Penggunaan bersama dengan
verapamil atau obat antihipertensi dapat menyebabkan reaksi yang berlawanan • Penggunaan bersama maoi seperti phenelzine dapat menyebabkan reaksi hipersensitifitas

DOSIS
• Berdasarkan observasi dan data
epidemiologi disarankan penggunaan isoflavon lebih dari 30 mg/hari untuk mendapatkan efek terapi.

FISH OIL
• Mengandung omega 3 yang terdiri dari epa dan dha • Omega 3 merupakan asam lemak essential • Epa ditemukan dalam cholesterol ester,
triacylglycerol dan phospolipid sedangkan dha banyak pada phospolipid yang merupakan salah satu komponen dalam struktur lemak otak. • Epa dan dha yang tergabung dalam membran sel phospolipid diubah oleh phospholipase menjadi eicosanoids yang merupakan kimia organik aktif yang menyerupai hormon komplek seperti prostaglandine, prostacycline, tromboxane dan leukotriene

SUMBER
• Omega 3 banyak berasal dari ikan
perairan dingin seperti : salmon, tuna, mackarel, cod herring, dll.

KEGUNAAN
• Menurunkan kadar triacylglycerol • Merangsang imune system • Mencegah arterosclerosis • Mencegah nyeri haid • Mengurangi proses peradangan ( sering
digunakan sebagai terapi peradangan sendi )

CARA KERJA
• Menurunkan produksi prostaglandine
yang berperan dalam proses inflamasi • Menurunkan produksi tromboxane yang berperan sebagai agregator platelet dan vasoconstrictor • Menurunkan produksi leucotriene yang berperan sebagai agen chemotaxic dan inducer inflamasi, sehingga berefek sebagai imunomodulating • Menghambat hepatic lipogenesis dan merangsang oksidasi asam lemak dalam hati sehingga dapat menurunkan kadar triacylglycerol.

PERHATIAN
• Hati – hati terhadap kadar mercury
yang terdapat pada ikan yang terkontaminasi • Dalam mengkonsumsi jangan berlebihan, karena bagaimanapun lemak yang berlebih dalam tubuh tidak baik

INTERAKSI OBAT
• Pemberian bersama nsaid seperti
ibuprofen dan salisilic acid ( aspirin ), anti koagulan seperti heparin dapat meningkatkan resiko perdarahan

DOSIS
Fish oil aman diberikan sampai 15 g/hari

EVENING PRIMROSE OIL
• Kandungan utama dari epo yaitu
linoleic acid ( 65 – 80%), gamma linoleic acid ( 8 – 14% ), oleic acid ( 6 – 11 %), dan palmitic acid ( 7 – 10% )

KEGUNAAN
• Mencegah agregasi platelet • Peradangan pada sendi • Nyeri haid (pre menstrual sindrom) • Atopic eczema

CARA KERJA
• Gama linolenic acid didalam epo dirubah
menjadi dihomo gama linolenic acid ( dgla ) di dalam tubuh yang merupakan competitive inhibitor dari 2 series prostaglandin dan 4 series leukotrien yang merupakan pro inflamatory effect • Gla meningkatkan produksi 1 series prostaglandin yang mempunyai efek anti trombotik

INTERAKSI OBAT
• Penggunaan bersama chlorpromazin
dan trifluoperazin ( digunakan untuk terapi scizoprenia ) dapat meningkatkan resiko epilepsi lobus temporal

DOSIS
• Biasanya epo tersedia dalam capsul
adalah 0,5 gram. • Dosis standar 3 x 2 – 3 capsul

HIPERTENSI
• Bawang putih • Semangka • Belimbing • Seledri • Timun • Senyum • Batasi stres • Diet rendah lemak dan rendah garam

DIABETES
• Pare • Kacang panjang • Wortel • Toge • Bawang putih • Daun salam • Apel • Alpukat • Tomat • Susu kedelai • Olah raga • Diet rendah gula

HIPERKHOLESTEROL
• Bawang putih • Jeruk lemon • Apel • Biji bunga matahari • Olah raga • Diet rendah lemak

ASAM URAT
• Sirsak • Semangka • Belimbing • Nanas • Diet rendah purin • Diet rendah lemak • Jahe • sereh

BATU GINJAL
• Biji alpukat • Semangka bagian putih • Belimbing • Timun

ISPA
• Pepaya • Nanas • Jeruk lemon • Jahe • Madu

DIARE
• Apel • Daun Jambu biji • Daun salam • Madu • Garam • Perbanyak minum

GASTRITIS
• Pepaya • Madu • Temulawak • Kunyit • Hindari asam, pedas, susu, santan,
stres

GANGGUAN FUNGSI HATI
• Temulawak • Madu • Puasa • Kurangi serat dan lemak

GAGAL GINJAL KRONIS
• Diet rendah protein • Diet rendah elektrolit • Batasi minum • Wortel • Jamur • Madu

MENOPAUSE DAN GANGGUAN HORMONAL
• Susu kedelai • Bengkoang • Kacang polong • Biji bunga matahari • Olah raga

PENGENCER DARAH
• Bawang putih • Kurma • Buah – buahan berwarna

PENAMBAH NAFSU MAKAN
• Tomat • Alpukat • Temulawak

SUSAH BUANG AIR BESAR
• Pepaya • Pisang • Madu • Sayuran berserat • Cabe • Minum yang cukup

KANKER
• Brokoli • Tomat, • Wortel • Buah – buahan berwarna

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful