P. 1
tryout-ke-3-bhs-indonesia-a

tryout-ke-3-bhs-indonesia-a

4.75

|Views: 3,091|Likes:
Published by pi-m

More info:

Published by: pi-m on Apr 03, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/08/2014

pdf

text

original

KUNCI DAN PEMBAHASAN TRY OUT III BAHASA INDONESIA TINGKAT PROVINSI 1.

Para perokok mulai kini harus berhati-hati. Pasalnya, merokok di sembarang tempat dan menyebarkan asap rokok ke lingkungan, kini dianggap sebagai tindakan asosiasi serta bisa digolongkan sebagai pelanggaran hak asasi manusia. Merokok merupakan 4. suatu pilihan, tapi bernafas, terutama menghirup udara bersih adalah kebutuhan semua manusia di dunia. Oleh karena itu, para perokok diharapkan bisa menghormati hak asasi orang lain sekitarnya yang tidak merokok. Ide pokok paragraf yang paling tepat dari artikel di atas adalah..... Jawaban :A Pembahasan : Kalimat pertama merupakan kalimat utama yang memuat ide pokok, bersifat lebih luas / umum daripada kalimat penjelasnya. 2. Dusun Bone-Bone di Enrekang 5 jam berkendaraan mobil dari makasar, Sulawesi Selatan lebih hebat lagi. Kepala Dusun berpenduduk 542 jiwa ini berinisiatif menjadikan seluruh bagaian dusunnya sebagai kawasan tidak merokok. Inisiatif ini dipicu oleh adanya warga dusun yang pulang kapung karena sakit paru-paru kronis yang diakibatkan menghirup asap rokok di tempat kerjanya. Pertanyaan yang menggelayuti Pak Idris saat itu,”Kalau perokok di Bone-Bone. Untuk secara langsung menyampaikan terima kasih atas parsitipasi mandirinya menyehatkan masyarakat, Depkes mengundang Kepala Dusun Bone-Bone untuk menerima penghargaan di Jakarta. 5. Jika kita menyusun atas wacana artikel di atas, maka kalimat pertanyaan yang paling tepat adalah..... Jawaban :B Pembahasan : kalimat pertanyaan sangat sesuai dengan pernyataan teks wacana yaitu: “…. Inisiatif ini dipicu oleh…” dan “…maka ditetapkanlah aturan…” 3.
100 80 60 40 20 0 2002/2003 2003/2004 Prosentase Jum lah Sisw a

Kalimat yang sesuai dengan isi grafik di atas adalah …… Jawaban :E Pembahasan : grafik batang / histogram menggambarkan persentase siswa akselerasi di PTN dalam kurun dua tahun yaitu tahun 2002 – 2003 dan tahun 2003 – 2004. Syahdan, maka adalah raja di dalam negeri itu telah kembali ke rahmatullah. Maka iapun tiada beranak seorang juapun. Maka segala menteri dan hulubalangnya dan orang-orang besar dan orangorang kaya dan rakyat sekaliannya berhimpunan dengan memusyawarah-mufakat sekalian akan membicarakan, siapa juga yang patut dijadikan raja menghentikan raja yang telah kembali ke rahmatullah itu. Maka iapun berkata, katanya : “ adapun hamba ini tua daripada tua hambanya sekalian itu. Jikakalau ada gerangan bicara, mengapa segala saudaraku ini tiada hendak berkata?” Maka segala menteri dan hulublang itupun tersenyum seraya katanya?” Jikakalau sungguh tuan hamba bersaudara hamba sekalian ini, dengan tulus dan iklas, hendaknya tuan hamba katanya, jika apa sekalipun. Dari kutipan hikayat di atas, nilai moral yang dapat kita ambil adalah…. Jawaban :D Pembahasan : keteladanan moral dalam kutipan hikayat ditunjukkan oleh kata “…jikalau ada gerangan bicara, mengapa segala saudaraku ini tiada hendak berkata?” dan “…hendaklah tuan hamba katakan, jika apa sekalipun”. Dalam bisnis …..kejelian dalam melihat peluang. Begitulah …..sukses Rudy Joncer (59). Bayangkan, dari tanganya, hama bias menjadi dolar dan limbah pun dia bisa …..keuntungan. Pemilik PT. Sari Keong Nusantara itu…..mengekspor bekecot kesejumlah negara. Sekitar 55% produk sari kepalanya juga telah …..pasar luar negeri. Padahal dua produk dengan brand Wong Coco itu dianggap masyarakat sebagai hama dan limbah. Wacana rumpang di atas jika disisipi dengan katakata berimbuhan, maka yang paling tepat adalah….. Jawaban :E Pembahasan : sesuai dengan konteks kalimat (ketetapan diksi)

6. Demikian yang tepat kami laporan untuk dapatnya menjadikan maklum. Atas perhatiannya disampaikannya terima kasih. Kalimat penutup surat di atas tidak baku. Perbaikan kalimat tersebut hingga menjadi baku adalah….

PI-M “Putra Indonesia Malang”

http://www.putraindonesiamalang.or.id

Jawaban :D Pembahasan : pembakuan kalimat menggunakan kata ganti sapaan, kalimat efektif, logis karena menghindari pemakaian posesif /-nya/ sebagai bentuk kata ganti orang ketiga yang tidak logis dalam surat – menyurat. 10. 7. Tak seperti minggu-minggu lalu puing-puing rumah sudah berjajar rapi di pinggiran reruntuhan rumah di beberapa dusun di Kecamatan Jetis, Bentul. Cepatnya puing-puing itu berpindah ke tempat yang seragam itu adalah hasil dari aktivitas gugur gunung yang sempat kami ceritakan beberapa hari lalu. Banyaknya tempat secara sporadis dan tanpa komando……. Kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang di atas adalah….. Jawaban :D Pembahasan : kalimat persuasive ditunjukkan oleh frase “…tanpa menunggu aba-aba dan perintah…” dan “…bergerak otomatis”. Jawaban yang lain lebih bersifat informatif.

Pembahasan : Kalimat penjelas yang sesuai ditunjukkan oleh kata yang masih berhubungan dengan ide penjelasnya yaitu “bagi umurnya, kulitnya, ia, matanya” karena dalam soal dinyatakan ide penjelas “umurnya baru delapan belas”. AJAL Apakah ia sebilah belati yang menancup secara gaib Tanpa aku bisa melihat sehingga kebodohannku terperanjat Ataukah ia tangan kabut……. Sehingga tak satu pun tangan kami yang bisa menghalanginya. Puisi rumpang di atas jika dilengkapi dengan majas personifikasi, maka yang tepat untuk melengkapi adalah….. Jawaban :B Pembahasan : Majas personifikasi menyatakan sifat-sifat manusia kepada benda mati. Jadi makna ‘ia’ (ajal) tangan kabut yang nakal dan mencekik lehernya.

8. Prakarsa lokal semacam ini pun kita rasakan dalam 11. “Ayam ini tidak boleh dibiarkan di sekitar kita. pengorganisasian bantuan logistik di kampungKulihat tanda-tanda pembawa virus dimilikinya”. kampung. Alih-alih menunggu pemerintah dan Dicabutnya pistol.” Mengorbankan sebutir peluru langkah perangkat desa, warga biasanya langsung lebih baik daripada membiarkan virus yang memilih salah satu seorang di antara mereka sendiri dibawanya menyebar di kompleks perumahan ini” untuk mengoorganisi pencarian atau pembagian dia arahkan moncongnya pistol ke kepala ayam itu. bantuan logistik. Di tengah-tengah situasi pasca Dia liat ulang mata ayam itu. Paruhnya yang bencana, warga biasanya memilih seseorang yang menganga, kerongkongan yang bergerak terus dianggap punya kontak dan pergaulan yang luas mengatur napas. Lidah menjulur mengeluarkan liur.” untuk mengakses bantuan. Seperti Pak Senen, Maaf pak, ayam ini harus dimusnahkan. Satu butir seorang pemilik bengkel yang dipilih sebagai peluru…..,” dia mulai menimbang-nimbang, sayang koordinator posko dusun Pucunggrowong, juga” dia balikkan arah pistol. Moncong pistol dia Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Imogiri. pegang. Dia sangat berbakat dalam hal tak Kepemimpinan Pak Senen pulalah yang sekarang ini berperasaan. Dia tetak kepala ayam itu, dengan berperan menggantikan pemerintahan formal di gagang pistol. Ayam menggelapar dalam anyaman tingkat kampung yang masih lumpuh. daun kepala. Dia menoleh ke sekuriti”; bawa ke sana Kalimat argumentasi yang sangat sesuai dengan Gali lubang, baker!”sekuriti rumah mewah itu ilustrasi di atas adalah…… mengambil ayam yang masih menggelepar-gelepar Jawaban :E di dalam anyaman daun lubang dan membakarnya Pembahasan : Kalimat argumentatif ditunjukkan dengan ranting-ranting kering dan daun-daun kering. oleh kata “sangat dibutuhkan … agar para penduduk Orang tua itu ternganga melihat semua itu. tidak menjadi lebih menderita”. Perwatakan tokoh”dia” dalam penggalan cerpen di atas adalah…… 9. Anak itu umurnya baru delapan belas tahun, baru Jawaban :A saja menamatkan sekolahnya setahun yang lalu. Pembahasan : tindakan tokoh disimpulkan Untuk menjadikan sebuah paragraf yang padu berdasarkan ilustrasi sebagai berikut : berniat kalimat topik di atas memerlukan beberapa kalimat menembak ayam bervirus → mempertimbangkan penjelas yang sesuai. Berikut ini penjelas yang tidak pemakaian peluru walaupun sebutir, tidak efektif → sesuai dengan kalimat topik yang dimaksud menetak kepala ayam → menyuruh sekuriti adalah….. menggali lubang untuk membakar ayam yang Jawaban :B sekarat.

PI-M “Putra Indonesia Malang”

http://www.putraindonesiamalang.or.id

UN tingkat SD setelah pemerintah bersikeras 12. Ada tiga gadis yang akan dipinang sultan, namun pantang mundur dan menyelenggarakan UN jenjang yang pertama dipilih adalah Sonya, ia masih SLTP dan SLTA. Protes selama ini berisi UN tidak berumur 16 tahun. Sedangkan sjulatan sudah lebih bisa dipakai untuk mematakan kondisi pendidikaan. dari 50 tahun. Karena tak ada anggoata keluarga UN hanya memotret sesaat, apalagi kemudian yang bersedia membantu, maka sultan melamar ternyata siswa didril dengan tiga mata pelajaran sendiri gadis itu. Orang tua si gadis menerima. yang diujikan nasional-sebab sekolah mengharapkan Mengetahui hal ini, Sonya sangat ketakutan, seperti sebanyak mungkin lulus. Pemataan mesti ditepatkan orang yang lumpuh. Dia mengingatkan laki-laki dalam konteks proses dan bukan diorientasikan pada setua itu. Tetapi dia tahu bahwa dirinya harus hasil saja. mematuhi orang tua. Simpulan yang tepat isi tajuk rencana di atas Dua puluh hari setelah lamaran, acara pertunangan adalah….. akan dilakukan, syarifa istri sulatan berusaha Jawaban :A menenangkan diri dan bersikap tegar. Seluruh Pembahasan : Simpulan tajuk mewadahi ide kerabatnya berusaha keras menggoyahkan penjelas dan ide pokok yang dipaparkan. ketegarannya. Dua bulan setelah acara pertunangan dilakukan 15. “Dalam perubahan masyarakat dan kebudayaann pernikahan Syarifa istri sultan tidak mau hadir Indonesia yang amat cepat dalam lima tahun yang begitu juga anggota keluarga yang lain. terakhir ini, tentulah bahasa Indonesia sebagai Amanat yang paling sesuai dengan kutipan novel penjelmaan masyarakat dan kebudayaan itu, amat terjemahan di atas adalah…. cepat juga berubah. Pertemuan dan pengaruh Jawaban :E masyarakat dan kebudayaan modern kepada bangsa Pembahasan : Amanat / pesan yang diperoleh dari Indonesia boleh dikatakan mengenai seluruh novel tersebut tercermin dari masalah yang kehidupan bangsa Indonesia, sehingga banyak dan ditimbulkan oleh pernikahan yang tidak didukung serba ragam perubahan yang belaku dalam bahasa oleh kedua keluarga yaitu konflik dalam diri Syarifa Indonesia. Pada hakekatnya apabila kita berbicara dan keluarganya. tentang perubahan suasana, perubahan gaya bahasa Indonesia, pembebasan daripada suasana konservatif 13. Saat latihan UN ternyata dari 43 SMP peserta tes dan timbulnya bermacam-macam eksmodernan hanya ada 4 SMP yang lulus ujian. Sementara 39 bahasa Indonesia. Segala usaha pembebasan dan SMP lain dinyatakan tidak lulus ujian. Meskipun eksperimen dalam bahasa yang sejalan dengan satu SMP peserta dinyatakan lulus, bukan berarti perubahan masyarakat dan kebudayaan ini tentu semua di sekolah tersebut lulus uji coba. Begitu juga tiada dapat berlaku sewenang-wenang, mesti lambatsebaliknya. Ketidaklulusan sekolah dapat dibaca laun tunduk juga kepada proses standardisasi untuk meyoritas siswa di sekolah tersebut memiliki nilai di keefisienan bahasa Indonesia sebagai alat bawah ambang batas kelulusan. Diperkirakan ada perhubungan dan pemikiran” (SBI) 5.000 siswa tidak lulus uji coba UN dari sekitar Kalimat utama yang terdapat dalam wacana di atas 6.800 peserta. Materi disiapkan pihak Musyawarah adalah…. Guru Mata Pelajaran (MGMP) setempat mengacu Jawaban :A kreteria kelulusan UN. Pembahasan : Kalimat utama memuat ide pokok Ide pokok yang paling tepat dari kutipan artikel di yaitu perubahan bahasa Indonesia seiring perubahan atas adalah…… masyarakat dan kebudayaan Indonesia. Jawaban :B Pembahasan : Ide pokok dalam artikel disimpulkan 16. Kabar tentang terpilihnya Pramoedya Ananta Toer berdasarkan data objektif yang dinyatakan dan sebagai orang yang paling berpengaruh di Asia ketepatan ide secara umum. (selain Iwan Fals dari Indonesia) versi majalah Time ternyata ditanggapi dengan sangat biasa oleh yang 14. Sistem ujian SD/MI tahun 2008 dinamakan ujian bersangkutan. Menurutnya pemilihan semacam itu nasional yang terintegrasi dengan ujian sekolah. Ini adalah hak dari publik. “Saya memang sudah sering adalah jalan tengah, mempersiapkan sekolah ditulis dan diwawancara oleh Time. Untuk kabar ini, beradaptasi dengan UN yang menetapkan peserta saya belum membacanya, baru dengar dari didik harus lulus Matematika, IPA, Bahasa wartawan,” ujarnya. Namun, sesungguhnya ada Indonesia. kabar lain yang menggembirakan hatinya. Novel Jalan tengah itu diharapkan protes penyelenggarakan “Nyanyi Sunyi Seorang Bisu” telah diterjemahkan

PI-M “Putra Indonesia Malang”

http://www.putraindonesiamalang.or.id

ke dalam bahasa Portugal. Pada sampul novel yang judulnya menjadi “Soliloquio Mudo”, dikutip juga tentang pernyataan majalah Time beberapa waktu lalu, bahwa Pramoedya adalah salah satu penulis kuat untuk calon pemenang Nobel. “Sejak 1981, saya telah menjadi kandidat Nobel,” katanya. Pengalaman yang berguna dan dapat kita petik dari biografi tokoh Pramoedya Ananta Toer adalah ….. Jawaban :E Pembahasan : Pengalaman berdasarkan biografi tokoh disimpulkan dengan mempertimbangkan pernyataan narasumber.

17. “Semulanya kita condong pada pendapat, bahwa barang-barang, benda-benda, itu memang lebih dekat pada kita, lebih mudah dapat difahami. 20. (1) akan, (2) hidup, (3) 2 jam, (4) tetapi, (5) Barang-barang itu kita pergunakan dalam hidup kita bertahan, (6) ia, (7) lebih, (8) tidak, (9) Anne, (10) sehari-hari, kita pakai sebagai alat, kita katahui sifatcukup, (11) dari, (12) sehat, (13) untuk, (14) sifatnya, sedangkan pribadi orang sering merupakan dilahirkan. teka-teki, suatu misteri. Namun setelah pendapat itu Kata-kata di atas jika di susun menjadi sebuah kita selidiki, ternyata, bahwa barang-barang itu kalimat, maka yang paling tepat adalah…. nampaknya lebih dekat pada kita, karena Jawaban :D sebelumnya kita sendiri mendekatkan mereka pada Pembahasan : Susunan kalimat paling tepat akan kita. Dunia kebedaan, barnag-barang, baru mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut : memperoleh arti dan maknanya sesudahnya disentuh - ketepatan logika berbahasa (hubungan oleh manusia, menjadi kursi atau sepeda sesudah antarperistiwa) disinari oleh budi manusia. Jadi,,melalui manusialah - keefektifan kata-kata yang digunakan. kita mendekati dunia kebendaan”(basis,Nop.68) - Ketepatan diksi / pilihan kata. Simpulan paragraf di atas merupakan paragraf……. - Penggunaan Konjungsi Kontrastif : tetapi Jawaban :B Pemabahasan : Paragraf induktif ditunjukkan oleh 21. PENELITIAN ide umum pada akhir paragraf ( Jadi … ) PROSENTASE KETERLAMBATAN SISWA SMA NEGERI DI SURABAYA DAN 18. OSIS SMA semangat Bangsa Surabaya pada tanggal PENYEBABNYA PADA SEMESTER 1 1 Agustus 2007 telah mengadakan rapat dalam TAHUN AJARAN 2007-2008 rangka memperingati HUT RI ke-62. rapat dibuka Sebelum melakukan penelitian, kita perlu menyusun oleh ketua OSIS tepat pukul 09.30. Wakasek proposal penelitian terlebih dahulu. Adapun tujuan Kesiswaan memberi sambutan yang berisi pesan penelitian yang kurang tepat adalah….. kepada panitian yang terbentuk agar nantinya bisa Jawaban :E melaksanakan tugas dengan iklas dan baik. Selain Pembahasan : Penentuan tujuan penelitian wakasek kesiswaan, ketua OSIS juga memberi disesuaikan dengan variabel penelitian yaitu : sambutan yang berisi imbauan agar lomba yang - persentase keterlambatan diadakan bersifat mendidik dan mengembangkan - penyebab keterlambatan ketrampilan siswa. Selanjutnya ketua OSIS juga - siswa SMAN di Surabaya semester I tahun telah memimpin pembentukan panitia. Ketua panitia ajaran 2007 – 2008. yang terbentuk memimpin rapat mengenai agenda 22. Pengetahuan tentang pengembangan dan gerakan acara lomba. berkembang.(1) Banyak pertanyaan yang kemudian Natulen rapat yang tidak sesuai dengan ilustrasi membuahkan hasil seperti mengapa wajah anakhasil rapat di atas adalah…. anak mirip sekali dengan orang tua mereka?(2) Jawaban :D Tetapi, mengapa anak juga sering tidak mirip Pembahasan : Pembentukan panitia dipandu oleh wajahnya dengan orang tua mereka?(3) Ternyata ketua OSIS bukan sepenuhnya wakasek kesiswaan. tidak semua kualitas diwariskan ke anakanak.(4)Adakalanya wajah orang tua tidak ada 19. A : Apa sebetulnya focus SEAAIR? kemiripan dengan anak-anak(5)

B : Pengembangan Perguruan Tinggi (PT). diantaranya dalam belajar-mengajar, sistem informasi, daya saing lulusan, sistem manajeman, dan penjamin mutu. Tahun ini, kami membahas sustainability (keberlanjutan,Red). Bagaimana PT bisa terus eksis, tidak gulung tikar, menjaga jumlah mahasiswa agar tidak turun, dan sebagimananya. Ada keynote speakers di situ, hasil riset di sharing, ditindaklanjuti Dari wawancara di atas jika kita sebagai “hasil wawancara”, yang paling tepat adalah….. Jawaban :E Pembahasan : Hasil wawancara harus berisi informasi lengkap dan tepat dengan ide narasumber.

PI-M “Putra Indonesia Malang”

http://www.putraindonesiamalang.or.id

Begitulah buku berjudul Kartun Biologi Genetika ini banyak bertutur tentang seluk beluk dunia genetika.(6) Materi disajikan sangat sederhana dengan menggunakan media gambar sebagai sarana untuk mempermudah anak-anak memahami isi biologi genetika.(7)
(Sumber:bulletin PUSAT PERBUKUAN, Vol 10. Th.2004, hlm.34)

Hal yang diresensi pada paragraf diatas adalah…… Jawaban :A Pembahasan : Hal yang diresensi / objek resensi dinyatakan lebih jelas dan lengkap, tidak terlalu luas / umum. 23. Paragraf berikut yang bertanda baca tepat adalah… … Jawaban :C Pembahasan : ketepatan tanda baca terdapat pada : - awal / akhir kalimat ( tanda baca titik ) - keterangan penjelasan ( tanda baca kurung ) - penggunaan konjungsi kontrastif (tetapi, memakai tanda baca koma). - Kalimat langsung ( diapit tanda baca kutip ) 24. I. PEMBUKUAN A. Pengertian Narkotika B. Fungsi dan manfaat Narkotika II ISI A. Jenis-jenis Narkotika B. ……………. C. ……………. III. PENUTUP A. Simpulan B. Saran Kerangka karangan di atas tidak lengkap, untuk melengkapinya yang paling tepat adalah……… Jawaban :A Pembahasan : Bagian isi karangan tepat dipilih dengan mempertimbangkan subbab (A)(B)(C)(D) terutama ‘pecandu’ dan ‘masyarakat’. 25. “Dalam perubahan masyarakat dan kebudayaann Indonesia yang amat cepat dalam lima tahun yang terakhir ini, tentulah bahasa Indonesia sebagai penjelmaan masyarakat dan kebudayaan itu, amat cepat juga berubah. Pertemuan dan pengaruh masyarakat dan kebudayaan modern kepada bangsa Indonesia boleh dikatakan mengenai seluruh kehidupan bangsa Indonesia, sehingga banyak dan serba ragam perubahan yang belaku dalam bahasa Indonesia. Pada hakekatnya apabila kita berbicara tentang perubahan suasana, perubahan gaya bahasa Indonesia, pembebasan daripada suasana konservatif dan timbulnya bermacam-macam eksmodernan bahasa Indonesia. Segala usaha pembebasan dan eksperimen dalam bahasa yang sejalan dengan

perubahan masyarakat dan kebudayaan ini tentu tiada dapat berlaku sewenang-wenang, mesti lambatlaun tunduk juga kepada proses standardisasi untuk keefisienan bahasa Indonesia sebagai alat perhubungan dan pemikiran” (SBI) Simpulan paragaf diatas merupakan paragraf… …. Jawaban :A Pembahasan : Ide penjelas 1 ( banyak ragam perubahan) Ide pokok Ide penjelas 2 (perubahan) ( pemodernan bahasa ) bahasa Ide penjelas 3 (tunduk pada standarisasi) 26. Bulan itu seperti orang tertawa-tawa, tetapi kedinginan. Karena seorang lainnya di langit sana telah mengumpulkan segenap tenaganya dan meniupkan badai angina berkepanjangan. Dan Jakarta, seperti biasanya, bergelar dan berkeriut seperti sebuah rumah di kampong dengan bangunan atas yang gemuk namun dengna tiang-tiang fondasi kurus. Tukang parker itu menggelapkan kepala memikirkan semua itu, Jalanan lengang sepanjang satu kilometer itu adlah kerjaannya Jalanan lengang antara deru angina dan lampu yang temaram. Dan beberapa pedagang rokok yang meringkuk di kiosnya masing-masing sana adalah para rakyatnya yang perlu dilindungi dari gangguan berandal yang terkadang tersesat ke jalanan itu. Dan para pemilik yang masih besuk atau berjaga di rumah sakit yang berada di tengah kerjaanya adalah tamu-tamu yang perlu ditangani. Untuk Pelayanan itu ia memperoleh penghasilan. Isi yang tersirat dari bacaan di atas adalah…… Jawaban :E Pembahasan : makna tersirat paragraf disimpulkan berdasarkan ide pokok kedua paragraf 27. Ketika sampah mulai diposisikan sebagai salah satu problem utama, beragam solusi mulai ditawarkan. Ketika proses seleksi didahulukan, solusi yang dilirik adalah proses recycling dengan system composting.”composting menjadi trend pengolahan sampah di Kanada, Jepang, Australia dan negara –negara berkembang lainnya. Manfaat riil yang diperoleh adalah kemudahan recyclining dan keuntungan ekonomi” jelas Totok Noerdianto, Direktur Eksklusif Yayasan Mitra Alam Indonesia.

PI-M “Putra Indonesia Malang”

http://www.putraindonesiamalang.or.id

Fakta yang dapat kita temukan dari bacaan di atas …….. Jawaban :B Pembahasan : Solusi yang…adalah proses recycling dengan sistem composting (fakta).

Amanat penggalan puisi lama yang berbentuk gurimdam di atas adalah…… Jawaban :B Pembahasan : Amanat / Pesan sesuai dengan isi gurindam.

28. Rumusan Butir Soal 31. Prakarsa local semacam ini pun sangat kita rasakan TABEL JUMLAH PEMAKAI INTERNET DI daslam pengorganisasian bantuan logistik di DUNIA kampong-kampung. Alih-alih menunggu perintah dan langkah perangakat desa, warga biasanya Negara Bagian Jumlah Prosentase langsung memilih salah seorang di antara mereka Amerika latin 436.758.162 37.23% sendiri untuk mengoordinasi pencarian atau Amerika Utara 232.655.287 19.83% pembagian bantuan logistik. Ditengah-tengah yang Timur tengah 19.539.900 1.67% luas untuk mengakses bantuan. Seperti Pak Senen, Eropa 321.853.477 27.44% seorang pemilik bengkel yang dipilih sebagai Asia 109.961.609 9.37% coordinator posko dusun Pucunggrowong, kelurahan Afrika 33.546.600 2.86% Karang Tengah, Kecamatan Imogiri. Kepemimpinan Oceania/Australia 18.796.490 1.69% Pak Senen pulalah yang sekarang ini berperan Rangkuman yang tidak tepat dari tabel diatas menggantikan pemerintah formal di tingakt adalah….. kampong yang masih lumpuh. Jawaban :E Mengapa Pak Senen mengambil peran Pembahasan : pemakai internet di Asia (9,37%) menggantikan pemerintah formal di tingkat belum banyak dibandingkan di Timur Tengah kampung yang masih lumpuh ? (1,67%) sangat tidak tepat Jawaban :B 29. Rt 4 RW 3 Kelurahan Jambangan, Kecamatan Pembahasan : Dijelaskan oleh kalimat “.. warga Jambangan, menyabet tiga penghargaan dalam biasanya memilih seseorang yang dianggap punya lomba Lingkungan Hidup yang digelar. Dinas kontak dan pergaulan luas…seperti Pak Senen”. Pemantapan Pangan Pemkot Surabaya bekerja sama dengan Yayasan ULI Peduli Unilever. Tiga kriteria 32. Beberapa tahun Saudara-Saudara menggali ilmuilmu pengetahuan yang praktis bagi pembangunan yang berhasil diraih adalah RT terbersih, RT terhijau, dalam Akademi Pembangunan Nasional Veteran ini. dan komposter (pengelolaan sampah) rumah tangga. Dan sekarang, Saudara-Saudara berdiri dihadapan Penghargaan itu diberikan dalam acara bertajuk pintu-pintu gerbang, pintu-pintu gerbang ini untuk Brantas Silaturahmi 2005 Berpacu Menuju masuk ke dalam masyarakat, untuk secara aktif di Jambangan Asri yang digelar di halaman Kelurahan dalam masyarakat itu menyumbangkan tenaga Jambangan kemarin. Acara itu dihadiri sejumlah Saudara-Saudara kepada pembangunan nasional. pejabat penting dari pemkot maupun Univeler. Di Saudara pada waktu menggali ilmu pengetahuan itu antaranya, Kandinas Pemantapan Pangan Drs. H. tentu telah merasa sendiri bahwa ilmu pengetahuan, Ismanu,Coorporate Reletions Director Unilever yang tadi saya namakan ilmu pengetahuan praktis Muhammad Saleh, dan Ketua PKK Surabaya Dyah itu, sekedar adalah bekal saja, bekal untuk- sebagai Katarina. Tak ketinggalan juga Jambangan Drs. NUr tadi saya katakana- secara aktif membangun, Sholeh dan Lurah Jambangan Hanafi Sholeh, SH, membantu, menyumbang kepada pembangunan beserta ketua RW dan RT-nya nasional. Lebih dari pada bekal itu masih ada dasar, Simpulan yang dapat kita ambil dari isi berita di atas Saudara-saudara, lebih penting dari pada bekal itu, adalah…. bekal itu ialah ilmu pengetahuan yang praktis adalah Jawaban :D dasar, dan tiada dasar, dan tiada dasar ini SaudaraPembahasan : Simpulan didasarkan ide pokok Saudara tak mungkin dapat membantu sepenuhnya paragraf yang sesuai dalam pembangunan nasional.(pidato Presiden Sukarno pada Akademi Pembangunan Nasional di 30. GURINDAM DUA BELAS (Pasal Pertama) Yogyakarta, 18 Maret 1962) Oleh : Raja Ali Haji Ide pokok pidato yang disampaikan oleh Presiden Sukarno di atas adalah……. Barang siapa tiada memegang agama, Jawaban :B Sekali-kali tiada boleh dibilang nama. Pembahasan : Ide pokok pidato sesuai dengan …………….. wacana memuat hal yang bersifat umum.

PI-M “Putra Indonesia Malang”

http://www.putraindonesiamalang.or.id

Pembahasan : Jawaban A,B,D,E merupakan fakta 33. Selamat Tahun Baru! Tak terasa sudah karena didukung oleh data yang akurat dan bernilai menampakkan kaki di tahun 2008. kita tahu apa sejarah. Jawaban C opini ditunjukkan oleh kata yang benar-benar akan terjadi di tahun ini. Kita juga “terpaksa mengambil”. tidak tahu masalah, kritis, tantangan, ataupun kesuksesan apa yang menanti di depan kita. 36. 1) Sejak tahun 1957 hingga 1999, ia telah Asalakan kita bisa melengkapi diri dengan lima menghasilkan puluhan buku serta ratusan artikel. senjata ampuh dibawah ini untuk menyeberangi 2) Ia merintis berdirinya sebelas jurusan antropologi tahun 2008 dengan sukses, maka kita tidak perlu di berbagai universitas di Indonesia. takut pada gelombang masalah yang akan datang, 3) Beberapa karya tulisnya telah menjadi rujukan ataupun badai krisis yang mengahalang. Kelima bagi dosen dan mahasiswa di Indonesia. senjata ampuh itu adalah : mimpi, harapan, 4) Ia banyak menulis mengenai perkembangan semangat, antisipasi, dan kebiasaan sukses. antropologi Indonesia. Simpulan isi seminar di atas adalah….. 5) Ilmuwan yang mahir berbahasa Belanda dan Jawaban :C Inggris ini juga tekun menulis. Pembahasan : Simpulan merangkum ide pokok dan Kalimat –kalimat di atas jika di susun menjadi penjelasnya sebuah paragraf yang padu adalah… Jawaban :C 34. Diabetes yang tidak terkontrol dapat menimbulkan Pembahasan : Ada keruntutan ide dan komplikasi ginjal. Oleh karena itu Dokter kesinambungan penanda koherensi yaitu Ia = menyarankan hindarilah gula serta makanan yang ilmuwan yang … ini. mengandung gula, hindari buah-buahan yang sangat Karya tulisnya = ilmuwan yang … ini. manis. Kemampuan ginjal menurun, termasuk Menulis antropologi = karya tulisnya kemampuan membuang cairan. Jadi, konsumsilah Banyak menulis = puluhan buku serta ratusan cairan hanya sekitar 1500 ml/hari (termasuk kuah artikel. sayur). Juga kurangi makan buah (sekali sehari saja) dan sayuran segar. Sebaiknya dimakan setelah 37. LOWONGAN KERJA direbus dua kali Dibutuhkan segera seorang tenaga teknisi Komputer Isi yang tersurat dari paragraf eksposisi tersebut Minimal tamat SMA sederajat jurusan IPA diatas adalah…… Lamaran dialamatkan ke PO BOX 008 Surabaya Jawaban :A Paling lambat 2 minggu setelah iklan ini diterbitkan Pembahasan : Paragraf deduktif tersebut Alenea pembuka yang tepat untuk surat lamaran menyatakan makna tersirat di awal kalimat. Kalimatpekerjaan berdasarkan iklan di atas adalah…… kalimat berikutnya lebih khusus idenya daripada Jawaban :B kalimat pertama. Pembahasan : kalimat pembuka surat lamaran tepat apabila jelas sesuai dengan iklan yang tercantum. 35. Pada tahun 1994, group ludruk keliling tinggal 14 group saja. Mereka main di desa –desa yang belum 38. Presiden menganugrahi bintang jasa kepada beliau mempunyai listrik dengan tariff Rp 350,00. group ini karena jasa-jasanya yang cmukup besar kepada didukung oleh 50-60 orang pemain. Pengahasilan Negara. mereka sangat minim yaitu Rp 1500,00 s/d 2500,00 Kalimat di atas tidak baku. Agar menjadi sebuah per malam. Bila pertunjukkan sepi, terpaksa kalimat yang baku, perbaikannya adalah… mengambil uang kas untuk bisa makan di desa. Jawaban :D Sewaktu James L Peacok (1963-1964) mengadakan Pembahasan : Afiks me-I pada kata menganugrahi penelitian ludruk di Suabaya tercatat sebanyak 594 diikuti oleh objek berupa manusia. group. Menurut Depdikbud Propinsi Jatim, sesudah Contoh : presiden menganugrahi beliau … tahun 1980 meningkat menjadi 789 group (84/85), Atau 771 group (85/86) dan 525 (87/88). Suwito HS, Afiks me-kan pada kata menganugrahkan diikuti seniman ludruk asal malang mengatakan tidak lebih oleh objek berupa benda. dari 500 group karena banyak anggota yang Contoh : Presiden menganugrahkan bintang jasa keanggotaan sampai lima group. kepada beliau. Opini yan terdapat dalam teks bacaan tersebut di atas adalah….. 39. Dengan penuh keberanian ia mengahampiri pria itu, Jawaban :C dan ia pun menyapanya. “ Hai, “sapa Narti. “Boleh

PI-M “Putra Indonesia Malang”

http://www.putraindonesiamalang.or.id

duduk disini?” terakhir yaitu vitamin C “Oh! Tentu saja,”jawab pria tersebut 42. Berikut ini penyusun pembuka surat dinas yang “Maaf bila aku lancing, apa yang terjadi dengan baku adalah……. wanitamu itu?” Tanya Narti, entah kenapa Narti tibaJawaban :A tiba Bertingkah aneh seperti itu, apakah cinta Pembahasan : kalimat pembuka surat dinas membutakannya. baku ditunjukkan oleh frase “sehubungan dengan…” “Memang kenapa?” Tanya pria tersebut “Oh, tidak, maafkan aku yang begitu lancing 43. Berikut ini disajikan beberapa kalimat yang menanyakan hal tersebut,” jawab Narti terlibat mengandung frasa. Manakah di antara kalimatgugup. kalimat tersebut yang benar? “Ah, tidak apa-apa, aku bosan dengannya, dan jujur Jawaban :A saja sebenarnya aku terpesona oleh kecantikanmu, Pembahasan : frase “antara guru-guru dan aku selalu memperhatikanmu aku terpesona akan orang-orang tua murid seyummu, kalau kau bersedia , maukah kau menjadi kt majemuk kekasihku?” jawaban (B) tidak tepat karena perkumpulan ~ orang Narti terdiam, akhirnya harapan mendapatkan cinta tua – orang tua yang tulus telah sirna, menurutnya laki-laki sama (C) tidak tepat karena beberapa ~ rumah saja, buaya. Ia merasa bagaikan… sakit – rumah sakit. Peribahasa yan tepat untuk mengisi wacana yang (D) tidak tepat karena banyak ~ saputangan rumpang di atas adalah… – saputangan. Jawaban :A (E) tidak tepat karena banyak ~ kursi-kursi Pembahasan : peribahasa hidung dicium, pipi malas. digigit = kasih sayang yang semu, pura-pura saja. 44. Lemahnya…..pemerintah yang ditandai dengan 40. Anak-anak Belanda dan beberapa anak saudagarlemahnya anggaran pendidikan, mengakibatkan saudagarnya yang mampu, dengan bangga pendidikan semakin mahal. Perubahan status lima menyatakan di hadapan teman-temannya, bahwa perguruan tinggi negeri (PTN) menjadi Badan sekolah itu akan diteruskannya, setelah habis Hukum Milik Negara adalah bukti bahwa pakansi pelajaranya. Saya sendiri, tidaklah saya beri pendidikan telah….rendahnya….pendidikan dan tahu bahwa saya akan menambah pelajaran agama, tututan peningkatan kualitas, dijadikan alasan karena selama ini teman-teman mengejekkan saya, pembenar oleh PTN-PTN untuk menarik dana mengatakan gila agama. (Di Bawah Lindungan sebesar-besarnya dari masyarakat dengan jalan Ka’bah oleh Hamka) membuka jalur khusus, menaikkan SPP, dan Setting yang akan melatarbelakangi cerita di atas menciptakan pungutan-pungutan lain. Jenjang adalah… pendidikan dasar dan menengah sama saja, karena Jawaban :C ...pendidikan dengan wujud ...penggalaian dana ala Pembahasan : latar tempat dan latar suasana sangat PTN telah merambah pada semua jenis dan jenjang jelas. pendidikan. Untuk mengisi wacana yang rumpang di atas, 41. Kandungan air per 100 gram kentang adalah 82 istilah-istilah yang tepat untuk mengisikannya gram , dengan nilai protein sebanyak 2 gram , kalori adalah… sebanyak 70 KKal, dan karbohidrat sebanyak 19 Jawaban :D gram. Selain kandungan-kandungan tersebut, Pembahasan : komitmen : perjanjian untuk kentang juga memiliki kandungan lain seperti zat melakukan sesuatu. besi dan riboflavin yang penting bagi tubuh dikomersialisasikan : perbuatan menjadikan sesuatu Demikian pula dengan vitamin yang ada pada sebagai barang dagangan. kentang. Sebul saja vitamin C yang notabene subsidi : bantuan uang, dan sebagainya kepada mengandung ontioksidan yang mampu untuk organisasi dan sebagainya atau biasanya dari pihak mengusir radikal bebas dalam tubuh, untuk itu,… pemerintah. Untuk mengakhiri agar paragraph di atas padu, maka komoditi : sesuatu (barang) yang didagangkan lebih kalimat untuk mengakhirinya adalah… utama. Jawaban :C diversivikasi : penganekaragaman / penganekaan Pembahasan : mengakhiri paragraf dengan usaha untuk menghindari ketergantungan pada memperhatikan ide pokok paragraf kedua kalimat ketunggalan kegiatan, produk, jasa, investasi.

PI-M “Putra Indonesia Malang”

http://www.putraindonesiamalang.or.id

45. 1) Matanya hitam jernih, tapi sinarnya tidak 47. Yang Kami Minta Hanyalah menandakan kecerdasan. Yang kami minta hanyalah sebuah bendungan saja 2) Kulitnya yang sudah hitam terbakar tidak Penawar musim kemarau dan tangkal bahaya banjir mungkin bisa hitam lagi. Tentu Bapa sudah meliaht gambarannya di Koran 3) Anak itu umurnya baru delapan belas tahun, baru kota menamatkan sekolahnya setahun yang lalu. Tatkala semua orang bersediah sekedarnya 4) Ia memiliki bentuk hidung yang sangat baik, yang Dari kakilangit ke kakilangit air membusa menandakan cirri-ciri khusus penduduk pulau itu, Dari tahun ke tahun ia datang melanda sedangkan bibirnya agak retak dan merekah Sejak dari tumit, ke paha lalu lewat kepada menyeret 5) Tubuhnya terlalu tinggi dan kekar bagi umurnya, semua. hanya wajahnya saja yang menandakan Bila air surut tinggallah angina menundungi kami keremajaannya. Di atas langit dan di bawah Lumpur di kaki Kalimat-kalimat di atas jika disusun menjadi sebuah Kelepak podang di pohon randu paragraf deskriptif, yang tepat adalah… Bila tanggul pecah tinggallah runtuhan lagi Jawaban :C Sawah retak-retak berebahan tangkai padi Pembahasan : Paragraf deskriptif bertujuan Nyanyi katak bertalu-talu melukiskan objek sedetil mungkin melalui aktivitas Yang kami minta hanyalah sebuah bendungan saja penggambaran indra penglihatan, pendengaran, Tidak tugu atau tempat main bola perasa, peraba, pengecap untuk mengkonkretkan Air mancur warna-warni lukisan. Kirimilah kapur dan semen. Insiyur ahli Kepaduan kalimat dianalisis sebagai berikut : Lupakan tersianya sedekah berjuta-juta (1) Anak itu umurnya baru delapan tahun, baru saja Yang tak sampai sampai pada kami menamatkan sekolahnya setahun yang lalu.(2) Bertahun-tahun kita merdeka, Bapa Tubuhnya terlalu tinggi dan kekar bagi umurnya, Yang kami minta hanyalah sebuah bendungan saja hanya wajahnya saja yang menandakan keremajaan. Kabulkanlah kiranya (3) Kulitnya yang sudah hitam terbakar tidak (benteng, Tauik Ismail) mungkin bisa hitam lagi.(4) Ia memiliki bentuk Berdasarkan puisi di atas kita dapat menyimpulakan hidung yang sangat baik yang menandakan cirri-ciri bahwa unsure ekstrinsik puisi tersebut adalah… khusus penduduk pulau itu, sedangkan bibirnya agak Jawaban :D retak dan merekah.(5) Matanya hitam jernih tapi Pembahasan : Persoalan social yakni banjir yang sinarnya tidak menandakan ke cederdasan setiap musim hujan tiba menyengsarakan rakyat ditunjukkan oleh : 46. Sekali lagi, buah dan sayuran ditemukan bermanfaat - penawar musim kemarau dan tangkal bahaya bagi kesehatan.penelitian Universitas Cambridge banjir (larik ke-2) menemukan bahwa mengkonsumsi vitamin C bisa - dari kakilangit ke kakilangit air membusa (larik menurunkan resiko sakit jantung. Professor Kay-Tee ke-5) Khaw meneliti 19.496 orang berusia 5-79 dari - dari tahun ke tahun ia datang melanda (larik keNorfolk. Hasilnya, diantara responden yang 6) mengkonsumsi vitamin C banyak, ternyata paling - menyeset semua (larik ke-8) sedikit ditemukan kematian akibat sakit jantung. - di bawah Lumpur di kaki (larik-10) Studi ini juga menemukan, meningkatkan konsumsi buah atau sayuran sekadar 50 gram tercatat bisa 48. Samudra menyerap sebagai besar karbon dioksida. menurunkan angka kematian hingga 20 persen, tak Fungsi laut sebagai tempat penampungan limbah peduli usia, takanan darah, bahkan kebiasaan bisa karbon bumi mengakibatkan peningkatan kadar merokok seseorang. karbonik di laut. Pada akhirnya peningkatan ini Dalam hal apakah buah dan sayuran bermanfaat bagi mengancam kehidupan laut. Misalnya, kerang atau kesehatan ? kepiting kesulitan membuat cangkangnya. Proses Jawaban :A penyerapan ini adalah tanggung jawab plankton. Pembahasan : Sesuai dengan konteks wacana yang Zooplankton hewani adalah kunci pembawa karbon berpola deduktif dioksida ke laut dalam, karena mereka dapat berenang 500 meter ke atas dan bawah dalam sehari, terbawa arus Selain membantu menyeimbangkan iklim zooplankton menyumbang peran fundamental dalam

PI-M “Putra Indonesia Malang”

http://www.putraindonesiamalang.or.id

rantai makanan antara kehidupan tumbuhan laut dan predator, mulai ikan kecil sampai ika paus. Pasalnya, jasad renik ini membentuk bagian paling dasar dalam rantai makanan di laut. Mereka makan fitoplankton yang hidup mengambang di permukaan. Selanjtnya, zooplankton menjadi hidangan bagi ikan, mamalia, dan bangsa udang serta kepiting Simpulan hasil penelitian tersebut di atas yang tepat adalah … Jawaban :B Pembahasan : Simpulan hasil penelitian ditunukkan fakta-fakta sbb : Zooplankton atau plankton hewani adalah kunci pembawaan karbondioksida ke laut dalam karena mereka dapat berenang 500 m ke atas dan ke bawah dalam sehari, terbawa arus. 49. Lagi-lagi Indonesia dihadapkan pada kondisi dilematis. Punahnya hutan di Indonesia menjadi punahnya pula tumbuhan dan hewan yang berada disana. Dan, bila dibiarkan berlanjut, cerita indah tentang keanekaragaman kekayaan bangsa ini tinggal kenangan. Dan, siapa pun di antara kita tak ingin hal itu berlanjut. Jadi, sadarilah Indonesiaku, untuk tidak diam terpaku. Isi yang tersurat dari teks bacaan pesuasif di atas adalah…. Jawaban :B Pembahasan : Makna tersurat/ tekstual ditemukan melalui interpretasi/ penafsiasran khusus terhadap kalimat-kalimatnya 50. Kalakian, maka bagindapun terkejut seraya menetapkan dirinya. Maka gajah itupun segeralah datang, menundukkan kepalanya, seolah-olah orang sujud rupanya kepada baginda itu. Maka segala menteri dan hulubalang dan rakyat itupun berlutut menjunjung duli seraya berdatang sembah : “ Ia tuanku syahalam, patik sekalian memohonkan ampun beribu-ribu ampun ke bawah duli syahalam yang mahamulia. Adapun patik sekalian ini telah menyerahkan diri patik dan negeri inipun patik serahkan ke bawah syahalam. “ Setelah baginda mendengar demikian sembah sekalian mereka itu, maka bagindapun terlalulah suka-citanya, seraya titahnya : “ Hai, sekalian tuan-tuan, apa mulanya maka demikian halnya tuan-tuan ini?” Unsur ekstrinsik yang terdapat dalam sastra Melayu Klasik di atas adalah….. Jawaban :A Pembahasan : Unsur ekstrinsik dalam sastra Melayu Klasik di atas sbb : - Unsur budaya : memuliakan maharaja dengan perilaku hormat

-

-

Unsur adat istiadat : cara memuliakan maharaj dengan berlutut, mengucapkan sembah dalam kalimat klise, misalnya : mohon ampun, duli syahalm yang mahamulia, dst Unsur sosial : tatacara bermasyarakat, hubungan antara rakyat dan raja, antara pejabat kerajaan/ menteri hulubalang dan maharaja ketika melukakan pertemuan

PI-M “Putra Indonesia Malang”

http://www.putraindonesiamalang.or.id

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->