MEDITAMA KELUARGA

SEJAHTERA
PELAYANAN KESEHATAN KELUARGA

M. BERHUBUNGAN DENGAN TINDAKAN DARURAT

MENJAHIT LUKA

PROSEDUR TETAP

PENGERTIAN

NO.DOKUMEN

NO.REVISI

MKS/137
TGL.TERBIT

1

HALAMAN

1/2
DI TETAPKAN DIREKTUR
TTD

05-10-2006
Dr. Andre Suleman, DTMH, MSc.
Tindakan menutup luka yakni menjahit dengan jarum dan
benang steril.

TUJUAN

a. Luka menutup dan pulih
b. Mencegah infeksi lanjut pada luka
c. Menghentikan perdarahan

KEBIJAKAN

Sebelum melakukan tindakan, kaji terlebih dahulu A,B,C
(Airway, Breathing, Circulation) pasien.

212
Siapakah di antara kamu yang bijak dan berbudi? Baiklah ia dengan cara hidup yang baik menyatakan
perbuatannya oleh hikmat yang lahir dari kelemahlembutan
Yakobus 3:13

jaga privacy pasien e. Cuci luka sesuai protap “Merawat luka Bersih” k. Sikat steril kalau perlu m. Siapkan alat-alat dan bawa ke dekat pasien d. gunting.TERBIT 1 HALAMAN 2/2 DI TETAPKAN DIREKTUR TTD 05-10-2006 Dr. Andre Suleman. Set cuci luka l. o. Bersihkan luka MENJAHIT LUKA PROSEDUR TETAP PROSEDUR NO. Spuit dan jarum steril no 23-25 d. gagang pisau dan kain lubang) b. Jelaskan kepada keluarga dan pasien tentang tindakan yang akan dilakukan b. gagang jarum. Siapkan lingkungan. Set jahit luka steril (2 klem. Benang jahit luka sesuai kebutuhan e. Buat surat persetujuan pasien dan keluarga c. alat-alat dan lingkungan 213 Siapakah di antara kamu yang bijak dan berbudi? Baiklah ia dengan cara hidup yang baik menyatakan perbuatannya oleh hikmat yang lahir dari kelemahlembutan Yakobus 3:13 .MEDITAMA KELUARGA SEJAHTERA PELAYANAN KESEHATAN KELUARGA PROSEDUR PERSIAPAN ALAT a. Gunting dan plester g. NS. MSc. Bengkok steril j. Bereskan pasien. Drain kalau perlu LANGKAH-LANGKAH a. Berikan anestesi lokal l. Cuci tangan g. H2O2 sesuai kebutuhan h. Pasang sarung tangan j. Lakukan penjahitan luka dengan rapi n. Sarung tangan steril sesuai nomor pemakai c. Kasa operasi f.DOKUMEN NO. Pasang kain lubang m. Tutup/balut dengan baik dan benar p. Lidokain 2 % k. Bethadine i. DTMH. Minta bantuan asisten f. pinset.REVISI MKS/137 TGL. Buka bungkusan steril i. Pasang masker h.

Luka yang masih kotor jangan dijahit e. konsultasi dokter sebelum dijahit c.TERBIT 1 HALAMAN 1/1 DI TETAPKAN DIREKTUR TTD 05-10-2006 Dr.MEDITAMA KELUARGA SEJAHTERA PELAYANAN KESEHATAN KELUARGA q. Konsultasi dokter tentang keperluan memberikan Anti Tetanus f. Tindakan ini hanya dilakukan oleh perawat yang sudah terlatih b. Pasang drain kalau perlu IMMOBILASASIKAN DISLOKASI/PATAH TULANG PROSEDUR TETAP PENGERTIAN NO. Kalau luka sudah lebih dari 6 jam terjadinya. Cuci tangan p.REVISI MKS/138 TGL.DOKUMEN NO. Andre Suleman. Jaga sterilitas tindakan d. Lepaskan sarung tangan o. Dokumentasikan tindakan dalam kartu pasien PERHATIAN a. Memberi pertolongan khusus kepada pasien dislokasi sendi maupun patah tulang dengan menggunakan bidai untuk 214 Siapakah di antara kamu yang bijak dan berbudi? Baiklah ia dengan cara hidup yang baik menyatakan perbuatannya oleh hikmat yang lahir dari kelemahlembutan Yakobus 3:13 . MSc. DTMH.

Breathing. lakukan sesuai prosedur pemindahan pasien. PROSEDUR PERSIAPAN ALAT a. Kalau pasien perlu dipindahkan. Bidai sesuai ukuran b. kasa dan pembalut c. Lepaskan pakaian di daerah cedera atau digunting/disobek i. Melakukan immobilisasi daerah patah atau dislokasi c. Kaji lokasi cedera h. Siapkan alat-alat dan bawa ke dekat pasien c. Cuci tangan n. Jelaskan kepada pasien dan keluarga tentang tindakan yang akan dilakukan b. Tenangkan pasien dan ajak untuk kerja sama g. Andre Suleman. Cuci tangan f. MSc. DTMH. Kain segitiga kalau perlu d. Siapkan lingkungan. Circulation) pasien. tetapi hati-hati dengan bagian tubuh yang cedera PERTOLONGAN PERTAMA PADA PASIEN KEJANG PROSEDUR TETAP PENGERTIAN NO. Berikan obat analgetik lebih dahulu sesuai program medis e. TUJUAN a. kaji terlebih dahulu A. Mencegah terjadi keadaan yang lebih buruk pada daerah yang sakit b. Pasang bidai dan dibalut dengan memasang kapas/bantalan di sekitar yang patah/dislokasi k. Bantalan. alat-alat dan lingkungan m. Memudahkan pemindahan pasien dan mengurangi rasa sakit akibat patah tulang/dislokasi KEBIJAKAN Sebelum melakukan tindakan. Plester dan gunting LANGKAH-LANGKAH a. Dokumentasikan dalam kartu pasien/catatan PERHATIAN a.REVISI MKS/139 TGL.MEDITAMA KELUARGA SEJAHTERA PELAYANAN KESEHATAN KELUARGA pengamanan pengangkatan/pemindahan pasien. Bereskan pasien. Tindakan keperawatan mandiri dan atau kolaboratif yang dilakukan untuk menolong pasien yang mengalami kejang.C (Airway.B. Bekerja dengan hati-hati dan sabar b. jaga privacy pasien kalau perlu d. 215 Siapakah di antara kamu yang bijak dan berbudi? Baiklah ia dengan cara hidup yang baik menyatakan perbuatannya oleh hikmat yang lahir dari kelemahlembutan Yakobus 3:13 . Fiksasi bidai dengan pembalut kemudian gunakan kain segitiga kalau dislokasi pada ekstremitas atas l. Istirahatkan bagian yang patah/dislokasi c.TERBIT 1 HALAMAN 1/2 DI TETAPKAN DIREKTUR TTD 05-10-2006 Dr.DOKUMEN NO. Kalau ada luka terbuka dibersihkan kemudian dibalut dengan baik sesuai protap j.

Intoksikasi obat seperti narkoba d. Beberapa bantal di antara tubuh dan pagar tempat tidur untuk mencegah trauma saat kejang f. Cuci tangan c. Alat RJP b. Alkoholisme e. Hipertermi c.REVISI MKS/139 TGL. Andre Suleman. Bawa alat ke dekat pasien f.TERBIT 1 HALAMAN 2/2 DI TETAPKAN DIREKTUR TTD 05-10-2006 Dr. Setelah kejang reda. selalu waspada dengan menyiapkan tempat tidur berpagar dan bantal pencegah trauma. Pertahankan adanya ventilasi udara yang baik l. Pasang kayu lidah mencegah lidah tergigit g. Berikan obat anti-kejang sesuai program medis i. Pertahankan jalan nafas lancar. Jangan restrain pasien yang sedang kejang. Lakukan RJP kalau perlu k. Obat penenang seperti valium injeksi d. MSc. Satu set alat pengisap lendir LANGKAH-LANGKAH a. Meningitis f. Kalau ada gigi palsu dilepaskan h. Mencegah atau mengurangi kecacatan akibat kejang c. langsung kolaborasi perawat dan tim medis lain b. Mencegah hipertermi KEBIJAKAN Untuk pasien yang sudah pernah kejang. Jauhkan barang dari pasien yang dapat mencederai dia d. Beri penjelasan kepada keluarga 216 Siapakah di antara kamu yang bijak dan berbudi? Baiklah ia dengan cara hidup yang baik menyatakan perbuatannya oleh hikmat yang lahir dari kelemahlembutan Yakobus 3:13 .DOKUMEN NO. tindakan ini bisa menyebabkan cedera lebih berat e. Kayu lidah/pegangan sendok makan c. bereskan pasien dan alat-alat. Siap pindahkan pasien ke ICU RS kalau perlu o. Tetanus PERSIAPAN ALAT a. Letakkan bantal di antara tubuh dan pagar tempat tidur j. Beri kesempatan pasien untuk istirahat. DTMH. Mencegah kematian akibat disaritmia atau henti jantung saat kejang b. n. Pada saat memperhatikan pasien kejang. isap lendir kalau perlu m. PROSEDUR PENYAKIT YANG SERING MENGAKIBATKAN KEJANG a.MEDITAMA KELUARGA SEJAHTERA PELAYANAN KESEHATAN KELUARGA TUJUAN a. PERTOLONGAN PERTAMA PADA PASIEN KEJANG PROSEDUR TETAP PROSEDUR NO. Trauma b. Pagar tempat tidur atau alat restraint e.

Jelaskan dan anjurkan keluarga memonitor keadaan pasien dan segera melapor kepada perawat kalau terjadi kejang b. q. Cuci tangan Dokumentasikan dalam kartu pasien PERHATIAN a. Bersikap hati-hati dan peka terhadap perubahan/respons pasien 217 Siapakah di antara kamu yang bijak dan berbudi? Baiklah ia dengan cara hidup yang baik menyatakan perbuatannya oleh hikmat yang lahir dari kelemahlembutan Yakobus 3:13 . Bekerja dengan cermat dan teliti c.MEDITAMA KELUARGA SEJAHTERA PELAYANAN KESEHATAN KELUARGA p.