You are on page 1of 8

SKALA GUTTMAN

Skala pengukuran dengan tipe ini akan didapatkan jawaban yang tegas. diantaranya :
ya dan tidak; benar-salah, dan lain-lain. Data yang diperoleh dapat berupa
data interval atau rasio dikotomi (dua alternatif. !alau pada Skala "ikert terdapat
#,$,%,&,' interval, dari kata sangat setuju sampai sangat tidak setuju, maka pada
Skala (uttman hanya ada dua interval yaitu setuju atau tidak setuju. )enelitian
menggunakan Skala (uttman dilakukan bila ingin mendapatkan jawaban yang tegas
terhadap suatu permasalahan yang ditanyakan.
*enis skala ini hanya mengukur satu dimensi dari satu variabel yang memiliki
beberapa dimensi. +isalnya seorang peneliti ingin mengumpulkan data tentang
kebutuhan mahasiswa, ditentukan & ma,am kebutuhan yaitu : -erteman, -elajar,
.ekreasi dan istirahat, salah satu dimensi dari keempat dimensi tadi akan dibagi menjadi
' pernyataan dalam kuesioner. +aka Skala (uttman akan menggunakan kelima
pernyataan tersebut sebagai item :
/ontoh : dimensi belajar dibagi menjadi ' pernyataan (dari kebutuhan yang paling
rendah dahulu :
# 0ntuk men,ari ilmu
$ untuk melanjutkan pendidikan
% 0ntuk mendapatkan gelar
& 0ntuk mendapatkan ija1ah
' 0ntuk syarat dalam men,ari kerja
2irarki kebutuhan
#. !ebutuhan akan syarat men,ari kerja
$. !ebutuhan akan ija1ah
%. !ebutuhan akan gelar
&. !ebutuhan untuk melanjutkan pendidikan
'. !ebutuhan akan ilmu
Dalam bentuk pertanyaan :
#. 3pakah dengan belajar akan terpenuhi kebutuhan anda dalam men,ari ilmu 4
(5a67idak
$. 3pakah dengan belajar akan terpenuhi kebutuhan anda dalam melanjutkan
pendidikan 4 (5a67idak
%. 3pakah dengan belajar akan terpenuhi kebutuhan anda dalam mendapatkan gelar 4
(5a67idak
&. 3pakah dengan belajar akan terpenuhi kebutuhan anda dalam mendapatkan ija1ah 4
(5a67idak
'. 3pakah dengan belajar akan terpenuhi kebutuhan anda dalam memenuhi syarat
men,ari kerja 4 (5a67idak
http:668orib18.blogspot.,om6$9##69&6skala-guttman.html
Skala Guttman
!uesioner yang pilihan jawabannya antara ya dan tidak, atau kuesioner yang
memakai skala (uttman, nanti setelah terkumpul data kuesionernya mau dihitung pakai
rumus statistik apa 4
.umus statistik apa yang ,o,ok untuk skala (uttman, mulai dari rumus uji validitas,
rumus uji reliabilitas, rumus hitung hubungan (koefisien korelasi antara variabel : dan
variabel 5, dan rumus koefisien determinasinya terutama buat rumus-rumus yang
akhirnya dipakai di skripsi. /ontoh pengerjaannya.
Rumus yang cocok untuk uji validitas dengan skala Guttman yaitu rumus
koefisien reprodusiilitas dan koefisien skalailitas! "ihat buku +etode )enelitian
Survei karya +asri Singarimbun dan Sofian ;ffendi ($9##: ##<-##=. *adi, pertama
hitung koefisien reprodusibilitasnya dulu baru selanjutnya hitung koefisien
skalabilitasnya. )erin,ian rumusnya yaitu:
.umus !oefisien .eprodusibilitas
Kr " #$%e&n'
!eterangan:
e > jumlah kesalahan6nilai error
n > jumlah pernyataan dikali jumlah responden
Syarat penerimaan nilai koefisien reprodusibiltas yaitu apabila koefisien reprodusibiltas
memiliki nilai ?=9.
Setelah itu lanjut hitung koefisien skalabilitas, dimana perin,iannya yaitu:
.umus !oefisien Skalabilitas
Ks " #$%e&('
!eterangan:
e > jumlah kesalahan6nilai error
@ > 9,' (Ajumlah pernyataan dikali jumlah respondenB jumlah jawaban ya
Syarat penerimaan nilai koefisien skalabilitas yaitu apabila koefisien skalabilitas
memiliki nilai ? C9
!alo mau nemuin nilai koefisien reprodusibiltas tersebut +07"3! harus !;7;+0
D0"0 sama DE"3E ;..F.. /ara penghitungan nilai error ini dapat dipelajari dari blog
Gahyu Gidhiarso. http:66widhiarso.staff.ugm.a,.id6wp6skalo-program-analisis-skala-
guttman6.
Dosen psikologi di 0niversitas (ajah +ada ini sering membimbing mahasiswa untuk
buat tugas akhir, ter,antum alamat emailnya di blog tersebut. Silakan kirim email untuk
tanya lebih jauh ,ara menghitung nilai error. /ara menghitung nilai error tersebut bisa
berbeda-beda tergantung dari teknik yang dipakai. Salah satu teknik yang dipakai adalah
teknik (oodenough. Gahyu juga memberikan literatur (dalam bentuk soft,opy yang
menjadi rujukannya untuk menulis tentang ,ara menghitung nilai error dengan teknik
(oodenough tersebut. 7eknik (oodenough dapat di klik di link
http:66www.iittl.unt.edu6s,aling6,hapter'.pdf.
-uku yang menjadi rujukan untuk menulis tentang nilai error itu adalah Scaling Methods
karya Dunn dan .ankin edisi $99&, penerbit "awren,e ;lbaum di Dew *ersey.
Setelah menghitung DE"3E ;..F., baru didapatkan nilai koefisien reprodusibilitas
dan koefisien skalabilitas.
*adi, kalau mau menghitung uji validitas dengan kuesioner yang menggunakan skala
(uttman, yaitu:
#. Saat memulai menghitung data yang terkumpul dari kuesioner, urutkan pertanyaan
dari bobot mudah ke bobot sulit. /ontoh: pertanyaan apakah anda memiliki
motor harus didahulukan dari pertanyaan apakah anda memiliki mobil,
karena pertanyaan apakah anda memiliki mobil dianggap berbobot lebih sulit
dibandingkan pertanyaan apakah anda memiliki motor. 3tau singkatnya,
responden yang menjawab ya pada pertanyaan yang berbobot lebih sulit
diasumsikan akan juga memberikan jawaban ya pada pertanyaan yang berbobot
lebih mudah jadi itulah kenapa pertanyaan harus diurutkan dari yang bobotnya
dianggap lebih mudah hingga ke pertanyaan yang dianggap memiliki bobot yang
agak sulit.
$. Setelah itu hitung nilai error dari semua jawaban responden dengan teknik
(oodenough. /ontoh: Supaya memudahkan, ,ontoh yang akan dipaparkan disini
hanya memakai % responden dengan bentuk pertanyaan yaitu apakah anda
memiliki motor untuk pertanyaan nomor # dan apakah anda memiliki mobil
untuk pertanyaan nomor $
.esponden )ertanyaan Skor Dilai ;rror
# $
# 5a (# 5a (# $ 9
$ 7idak (9 5a (# # $
% 5a (# 7idak (9 # 9
Sum & $
0ntuk ,ontoh kasus di atas, maka nilai errornya adalah $ (dua
Setelah ketemu nilai error, hitung nilai koefisien reprodusibilitas dan koefisien
skalabilitas. /ontoh ,ara menghitungnya bisa diklik di tulisan HdownloadH di bawah ini:
Download
Setelah nilai koefisien reprodusibilitas dan koefisien skalabilitasnya ketemu,
,o,okkan dengan syarat penerimaan nilai koefisien reprodusibilitas dan syarat
penerimaan nilai koefisien skalabilitasnya. !alau semua nilai yang diperoleh sudah
masuk kriteria syarat penerimaan, berarti kuesioner yang dipakai sudah valid (benar-
benar mengukur apa yang ingin diukur
-iar lebih akurat dan ,epat, pas di bagian ini hitungnya pakai software pengolah
angka saja. +isalnya, pas di bagian ini hitungnya pakai +i,rosoft ;@,el $99I. Sekedar
,atatan: kuesioner yang dijadikan ,ontoh di atas tersebut, menggunakan '9 responden
karena menggunakan buku +etode )enelitian Survai karya +asri Singarimbun dan
Sofian ;ffendi ($9##: ##= sebagai rujukan. 2al ini penting diketahui, karena ada
beberapa buku riset yang menyarankan untuk menggunakan %9 responden pada saat uji
validitas (juga uji reliabilitas, dan itu boleh-boleh saja. *adi ukuran %9 dan '9 tidak
masalah selama a,uan buku yang dipakai jelas kredibilitas penulisnya. 5ang terpenting
adalah meminta restu dosen pembimbing dulu sebelum nentuin untuk pakai '9 responden
atau %9 responden pas menghitung uji validitas (dan juga hitung reliabilitas.
Selesai dari masalah pertama, lanjut ke masalah kedua, yaitu men,ari rumus yang pas
untuk uji reliabilitas dengan skala (uttman. "ihat situs milik E-+, untuk men,ari rumus
yang ,o,ok untuk dipakai di kondisi kayak begini (salah satunya adalah rumus !uder-
.i,hardson $# atau sering disebut sebagai !. $#. 3lasannya, karena rumus ini ,o,ok
untu pilihan jawaban yang sifatnya dikotomi (ya atau tidak. http:66www-
9#.ibm.,om6support6do,view.wss4uid>swg$#&IC9<<.
Setelah dapat info dari E-+ kalo rumus Kuder Ric)ardson *# isa dipakai untuk
menguji reliailitas kuesioner! .umus lengkapnya dapat dilihat di buku )anduan .iset
)erilaku !onsumen karya -ilson Simamora ($99$: I'. .umus lengkapnya, yaitu:
!eterangan:
r##
> reliabilitas
instrumen
k
> banyaknya
butir soal atau pertanyaan
+ > rata-rata skor total
Jt > varians total
Setelah dapat rumus lengkap dari !uder .i,hardson $# tersebut, olah rumus !uder
.i,hardson $# ini dengan bantuan ;@,el (kalau tidak punya software S)SS. "ihat blog
3nwar 2idayat tentang bagaimana ,ara mengolah rumus !uder .i,hardson $# dengan
+i,rosoft ;@,el.
http:66statistikian.blogspot.,om6$9#&69#6kr-$9-dengan-e@,el.html.
*angan lupa, setelah dapat nilai !uder .i,hardson $# tersebut, nilai !uder
.i,hardson $# tersebut di,o,okkan dengan atas nilai pengujian reliailitasnya. -atas
pengujian reliabilitas memiliki ukuran tertentu menurut Sekaran (#==$, reliabilitas
kurang dari 9,C adalah kurang baik, sedangkan 9,I dapat diterima dan di atas 9,< adalah
baik ()riyatno, $9#9: =<.
*adi, setelah dapat nilai !uder .i,hardson $# dan hasilnya minimal 9,I (paling baik
hasilnya ?9,<, itu artinya kuesioner yang dipakai dalam riset sudah reliabel (dapat
diandalkan.
Fia, disini gw ngga kasih ,ontoh ,ara pengerjaan uji reliabilitas dari skripsi gw, karena
,ontoh pengerjaan uji reliabilitas dari blog )ak 3nwar (sebelumnya udah gw share
linknya gw anggap udah ,ukup.
Setelah ngelewatin masalah uji validitas dan uji reliabilitas itu, gw lanjut ke masalah
selanjutnya :D. Di bab & ini gw ketemu sama masalah keempat, yaitu nemuin rumus yang
,o,ok untuk menghitung hubungan (koefisien korelasi diantara variabel : dengan
variabel 5, dimana kedua variabel menghasilkan data bertipe ordinal. 3khirnya setelah
ubek-ubek buku kuliah, ketemu juga rumus yang ,o,ok untuk uji )uungan antara
variael + dan variael ,- yaitu rumus Spearmans %Kriyantono- *../0 #1*'.
Kormula lengkap dari rumus Spearmans, yaitu:
r)o " #$ 2 3d4 0 N%N4$#'
(!riyantono, $99=: #IC
!eterangan:
rho > koefisien korelasi rank-order
3ngka # > angka #, yaitu bilangan konstan
C > angka C, yaitu bilangan konstan
d > perbedaan antara pasangan jenjang
> sigma atau jumlah
D > jumlah individu dalam sampel
0ntuk menghitung data dengan rumus Spearmans ini, dapat memakai bantuan
software S)SS #I. Dan ,ara mengoperasikan S)SS #I tersebut gw lihat di buku )aham
3nalisa Statistik Data dengan S)SS karya Duwi )riyatno ($9#9: #I-#= dan Statistik
Donparametrik karya Singgih Santoso ($9#&: $#I-$#<.
Di buku )aham 3nalisa Statistik Data dengan S)SS, gw bisa lihat ,ara memasukkan
data ke S)SS dari mulai gw buka softwarenya pertama kali sampai tahap memasukkan
kategori variabel yang gw punya ke kolom variables. Sayangnya untuk langkah
selanjutnya, yang semakin bersifat spesifik, di buku ini tidak menerangkan rumus
SpearmanLs jadi gw beralih ke buku Statistik Donparametrik
Di buku Statistik Donparametrik, gw bisa lihat langkah selanjutnya yang harus gw
tempuh setelah memasukkan kategori variabel yang gw punya ke kolom variables, yaitu
memilih spearman di tab ,orrelation ,oeffi,ient sampai klik ok.
7api kalau misalkan mau lebih simpel, gampangnya tinggal beli aja # buku yang
menerangkan ,ara olah rumus Spearmans dengan bantuan S)SS.
Danti setelah dapat nilai Spearmans-nya, jangan lupa yah untuk ngelakuin langkah-
langkah selanjutnya, misalnya seperti:
Langka) ke #: /o,okkan dengan tabel pedoman milik Sugiyono ($99I tentang
interpretasi koefisien korelasi tersebut. 7abel hubungan ini bisa dilihat di buku )aham
3nalisa Statistik Data dengan S)SS karya Duwi )riyatno ($9#9: #C. )erin,iannya yaitu:
9,99 9,#== > sangat
rendah
9,$9 9,%== > rendah
9,&9 9,'== > sedang
9,C9 9,I== > kuat
9,<9 #,999 > sangat kuat
7ujuan pen,o,okkan nilai Spearmans dengan tabel interpretasi milik Sugiyono
adalah untuk menentukan seberapa besar keeratan hubungan yang terjadi antara
variabel : dengan variabel 5
Langka) ke *: 7entukan arah dari hubungan yang terjadi antara variabel : dan
variabel 5. +isalnya, kalau hasil penghitungan adalah 9,IC% itu artinya arah hubungan
yang terjadi sifatnya positif (semakin tinggi nilai variabel : maka akan semakin tinggi
pula nilai variabel 5. -egitu juga sebaliknya, kalau misalnya hasil penghitungannya
adalah -9,IC% itu artinya arah hubungan yang terjadi sifatnya negatif (semakin tinggi nilai
variabel : maka akan semakin rendah nilai variabel 5 atau semakin rendah nilai variabel
: maka akan semakin tinggi nilai variabel 5
Langka) ke 5: +enghitung nilai koefisien determinasi yakni petunjuk besar ke,ilnya
hasil pengukuran yang sebenarnya (!riyantono, $99=: #&#. )enghitungan koefisen
determinasi (.M dengan ,ara mengkuadratkan nilai koefisien korelasi (r yang telah
dihitung (!erlinger dan )edha1ur, #=I%: $9. .umus koefisien determinasi yaitu: .M>rM.
Dimana . adalah koefisien determinasi dan r adalah koefisien korelasi. /ontoh: jika
koefisien korelasi adalah 9,IC% maka koefisien determinasi adalah 9,'<$ atau '<N yang
artinya hubungan yang terjadi antara variabel 5 dengan variabel : adalah '<N,
sedangkan sebanyak &$N sisanya adalah hubungan antara variabel 5 dengan faktor-
faktor lainnya diluar variabel :
Langka) ke 6: 7entukan uji hipotesis dengan taraf signifikansi 'N. 0ji hipotesis ini
harus dilakukan biar keputusan yang diambil tersebut meskipun menggunakan sampel
tapi hasilnya bisa diberlakukan untuk populasi, keputusan yang diambil tersebut hanya
punya potensi untuk salah 'N, dan keputusan tersebut bukan ,uma suatu kebetulan
semata. 0ntuk melakukan uji hipotesis ini, gw lihat dari buku Statistik Donparametrik
karya Singgih Santoso ($9#&: $#'-$#I. )erin,ian untuk melakukan uji hipotesis yaitu:
O +enghitung nilai 1 hitung dengan rumus, yaitu:


!eterangan:
rs > koefisien korelasi rank order
n > jumlah responden

O +enghitung nilai 1 tabel dengan bantuan tabel 1 (baku, adapun rumusnya yaitu:
P tabel > '9N- (taraf signifikansi:$, kemudian hasilnya di,o,okkan dengan tabel 1
(baku
0ntuk melihat tabel 1 dapat klik di tulisan HdownloadH yang tertera bawah ini:
Download
7abel 1 (baku di atas, gw ambil dari buku +etode )enelitian !omunikasi (#=<=: $$=
karya .akhmat.
O +enentukan kriteria pengujian, yaitu

29 diterima jika 1 hitung Q 1 tabel
29 diterima jika signifikansi ? 9,9'
atau
29 ditolak jika 1 hitung ? 1 tabel
29 ditolak jika signifikansi Q 9,9'
O -uat kurva kriteria pengujian yang membandingkan antara nilai 1 hitung dengan 1
tabel
/ontoh kurva pengujian yang membandingkan antara nilai 1 hitung dengan 1 tabel
*adi,
ringkasan untuk semua rumus yang gw pakai, yaitu:
O 0ntuk menghitung validitas, gw pakai rumus koefisien reprodusibilitas dan koefisien
skalabilitas
O 0ntuk menghitung reliabilitas, gw pakai rumus !uder .i,hardson $#
O 0ntuk menghitung besar keeratan arah hubungan, dan uji hipotesis gw pakai rumus
Spearman dibantu tabel 1
O 0ntuk menghitung koefisien determinasi, gw pakai rumus .M>rM
Enterpretasi hubungan antara variabel : dan variabel 5, juga pas ,oba ngerjain koefisien
determinasi antara variabel : dan variabel 5. !lik aja langsung tulisan HdownloadH di
bawah ini: Download

waktu di awal masuk bab %, ada buku yang bilang kalo skala "ikert itu menghasilkan jenis
data interval. setahu gw skala "ikert jenis datanya ordinal. 5ang tepat adalah skala "ikert
menghasilkan jenis data ordinal karena jawaban yang ngasih opsi skor yang memiliki
tingkatan6ranking ya itu adalah masuk kategori ke jenis data ordinal. buku yang bilang
kayak gitu justru buku yang sudah terkenal kemana-mana dan bahkan beberapa skripsi
pernah gw lihat pakai buku itu sebagai salah satu dari bahan rujukannya. 7api kalau
emang penasaran bisa mention ke R7heKebiola, nanti gw share info via dire,t message
atau email. sudah ,lear, skala "ikert yaa menghasilkan data ordinal.
Daftar .eferensi:
!erlinger, Kred dan ;la1ar )edha1ur. #=I%. +ultiple .egressions in -ehavioral
.esear,h. Dew 5ork: 2olt, .inehart and Ginston.
!riyantono, .a,hmat. $99=. 7eknik )raktis .iset !omunikasi. *akarta: !en,ana
)renada +edia (roup.
)riyatno, Duwi. $9#9. )aham 3nalisa Statistik Data dengan S)SS. 5ogyakarta:
+ediakom.
.akhmat, *alaluddin. #=<=. +etode )enelitian !omunikasi. -andung: .emadja !arya
Santoso, Singgih. $9#&. Statistik Donparametrik: !onsep dan 3plikasi dengan S)SS.
*akarta: )7. ;le@ +edia !omputindo.
Simamora, -ilson. $99$. )anduan .iset )erilaku !onsumen. *akarta: (ramedia
Singarimbun, +asri dan Sofian ;ffendi. $9##. +etode )enelitian Survai. *akarta: )7
)ustaka ")%;S Endonesia.

http:66statistikian.blogspot.,om6$9#&69#6kr-$9-dengan-e@,el.html.
http:66widhiarso.staff.ugm.a,.id6wp6skalo-program-analisis-skala-guttman6
)ttp0&&777$.#!im!com&support&docvie7!7ss8uid"s7g*#612.99'.
jd kedua variabel dlm skripsi kamu pake guttman dan keduanya data ordinal ya4 ,ara
yang kamu share ini apakah bisa digunakan utk variabel : dgn skala guttman (data rasio
dan variabel 5 likert (data interval4
*ika variabel : adalah guttman dan variabel 5 pakai likert, maka nantinya salah satu
harus dikonversi dulu biar jadi skala yang sama.. Etu ribet mending dua$nya gw samain
aja pakai guttman..3da nama metode untuk konversinya gitu..,oba deh sounding.
*adi, kalau misalkan pakai $ skala yang beda, bisa dibilang ga bisa pakai ,ara yang gw
tulis itu../ara yg gw tulis kbetulin untuk Jariabel : dg skala guttman dan variabel 5 dg
skala guttman :
tambahan:
maksud gw HbedaH disini adalah beda dalam hal rentang pengukurannya.
*adi yang satu rentangnya 9-# dan yang satu #-'..
+eskipun dua$ nya sama$ ordinal, tapi kalau dipaksa HdisatuinH pas sampe di
penghitungan statistik nanti hasilnya akan timpang..
http:66febiolaestalina.blogspot.,om6$9#&69I6yuk-kenalan-sama-skala-guttman.html
https:66www.google.,om64gwsSrd>sslT8>ujiUstatistikUuntukUskalaUguttman