ANATOMI PROSTAT

MEITA MARSEILLA S
0910211057

PROSTAT
Merupakan salah satu organ genitalia pria yang terletak di

sebelah inferior (bawah) buli-buli dan membungkus uretra
posterior

berbentuk seperti kerucut atau piramid terbalik dan
merupakan organ kelenjar fibromuskuler.
mempunyai panjang 3 cm, diameter transversal 4 cm dan
diameter anteroposterior 2,5 cm dengan berat kurang lebih
20 gr.

.

dengan .u yang akan berlanjut menjadi uretra posterior) .BASIS PROSTATAE terletak di superior yang berhadapan langsung dengan collum vesicae atau cervic vesicae (leher v.TOPOGRAFI ATAU BATAS Prostat berbentuk seperti kerucut atau piramid terbalik.APEX PROSTATAE terletak di inferior .

True capsule (lapisan yang melekat erat ke glandula prostatica)  CAPSULA FIBROSA .PEMBUNGKUS GLANDULA PROSTAT Glandula prostat dibungkus oleh 2 lapisan . yang merupakan BAGIAN LAPISAN VISCERAL FASCIA PELVIS .False capsule (tidak melekat erat)  selubung fibrosa yang menyelebungi capsula fibrosa.

BATAS-BATAS  BATAS SUPERIOR terdapat basis prostat yang berhubungan dengan collum vesicae. Yang nantinya collum vesicae ini akan berlanjut menjadi meatus uretra internum yang menembus prostat pada bagian tengah basis dan menjadi uretra posterior yang berjalan dari basis hingga apex prostat .

.

 BATAS INFERIOR Terdapat apex prostat yang berbatasan dengan facies superior diaphragma urogenital .

prostat dan symphisis pubica posterior dihubungkan oleh ligamentum pboprostatica. BATAS ANTERIOR berbatasan dengan bagian posterior symphisis pubica (yang ekstraperitonela dipisahkan yang terdapat oleh lemak di dalam retropubicum/cavum retzius). ini .

.

 BAGIAN POSTERIOR berhubungan dengan fascies anterior ampula recti. . Ductus ejakulatorius menembus fascies posterior prostat untuk bermuara ke uretra posterior (pars prostatica)  BAGIAN LATERAL bagian lateral prostat difiksasi oleh serabut anterior muskulus levator ani.

.

.

. dimana duktus kelenjar prostat ini (ductuli prostatici) terutama bermuara ke dalam sinus proshtaticus pada dinding dorsal pars prostatica uretra.STRUKTUR PROSTAT Prostat terdiri dari sejumlah kelenjar yang tertanam di dalam campuran otot polos dan jaringan ikat.

.

 Gambar dari moore 165 .

LOBUS MEDIUS .LOBUS ANTERIOR .LOBUS POSTERIOR .Karena terdiri dari kelenjar.LOBUS LATERAL DEXTRA .LOBUS LATERAL SINISTRA . prostat dibagi menjadi beberapa lobus. (5 lobus) .

 LOBUS ANTERIOR terletak di bagian ventral (depan) dari uretra. bagian ini bersifat fibromuskular dan mengandung sedikit atau bahkan tidak mengandung sama sekali kelenjar. sehingga sering kali tidak dianggap sebagai lobus  LOBUS POSTERIOR Terletak di bagian dorsal (belakang) uretra dan dibawah duktus ejakulatorius .

merupakan bagian utama dari prostat)  LOBUS MEDIUS terletak diantara uretra. kedua duktus ejakulatorius dan berhubungan erat dengan cervix vesicae . LOBUS LATERAL (dextra et sinistra) terdapat di kedua sisi uretra (mengandung banyak kelenjar.

.

maka ditemukan 5 daerah/zona tertentu yang berbeda secara histologi maupun biologi .ZONA SENTRALIS .ZONA PERIFER .ZONA ANTERIOR / VENTRAL .ZONA-ZONA PROSTAT Karena kelenjar prostat ini merupakan suatu organ campuran yang terdiri atas berbagai unsur glandular dan non glandular.KELENJAR-KELENJAR PERIURETRA .ZONA TRANSISIONAL .

 ZONA ANTERIOR ditentukan sesuai lobus anterior ( tidak mempunya kelenjar .  ZONA PERIFER ditentukan sesuai dengan lobus lateral dan posterior. Zona ini rentan terhadap inflamasi . rentan terhadap Ca. 70% bagian dari kelenjar prostat. terdiri atas stroma fibromuskular). . Zona ini meliputi 1/3 kelenjar prostat.

. sesua dengan lobus tengah. Resisten terhadap inflamasi  ZONA TRANSISIONAL Z ona ini bersama-sama dengan kelenjar periuretra disebut juga sebagai kelenjar preprostatik. yaitu kurang lebih 5% tetapi dapatmelebar bersama jaringan stromafibromuskular anterior menjadi BPH. 25% bagian kelenjar prostat. Merupakan bagian terkecil dari prostat. ZONA SENTRALIS terletak diantara kedua duktus ejakulatorius.

 KELENJAR PERIURETRA Bagian ini terdiri dan duktus-duktus kecildan susunan sel-sel asinar abortif tersebar segmen uretra proksimal .

.

B= Bladder. 3= Transitional Zone. SV= Seminal . 2= Central Zone. 4= Anterior Fibromuscular Zone. U= Urethra.1= Peripheral Zone.

.

HISTOLOGI PROSTAT .

25 % zona sentral .Prostat merupakan suatu kumpulan 30-50 kelenjar tubuloalveolar yang bercabang. Distribusi kelenjar dalam 3 zona . Duktusnya bermuara ke dalam uretra pars prostatika.5 % zona transisional .70 % zona perifer .

.

Kelenjar tubuloalveolar prostat berlipat – lipat dan dilapisi oleh epitel bertingkat silindris atau kuboid ↓ Kelenjar-kelenjar ini dikelilingi oleh stroma fibromuskular ↓ Dilapisi suatu simpai fibroelastis dengan otot polos ↓ Simpai-simpai ini menembus kelenjar dan membagi kelenjar dalam lobus-lobus .

.

Uretra pars prostatika .