Hidrosefalus

dr. R.A.Neilan Amroisa, M.Kes., Sp.S
Tim Modul Tumbuh Kembang
FK Unimal
2009

ventrikel ketiga dan keempat yg tidak berpasangan Ventrikel lateral berhubungan dgn ventrikel ketiga melalui foramen Monroe Ventrikel ketiga berhubungan dengan ventrikel keempat melalui akuaduktus sylvii Ventrikel keempat berhubungan dgn rongga subarachnoid melalui 2 foramen Luschka & 1 foramen Magendie .Ventrikel Sistem ventrikel terdiri dari 2 ventrikel lateral.

Liquor Cerebrospinalis (LCS) Disekresi oleh pleksus koroideus.u. ventrikel lateral LCS memasuki rongga subarachnoid melalui foramen Luschka dan Magendie Di dalam rongga subarachnoid LCS mengitari otak dan medulla spinalis Vili arakhnoidalis me-resorbsi LCS ke dalam aliran darah dari sinus duralis Volume LCS : 130 – 150 ml Tekanan LCS 70 – 120 mmH20 (posisi telentang) . t.

.

Hidrosefalus  Suatu keadaan dimana terdapat akumulasi cairan serebrospinal (LCS) yg berlebihan pada satu atau lebih ventrikel dan ruang subarachnoid. .

Patogenesa Gangguan aliran LCS akibat adanya hambatan sirkulasi ex : tumor otak dlm ventrikel yg menyumbat aliran cairan LCS  Produksi LCS yg berlebihan ex : tumor di plexus choroideus  Gangguan proses penyerapan cairan ke pembuluh darah balik ex : meningitis  .

Penyebab Hidrosefalus .

kemudian menekan jaringan otak sekitarnya.•Ketidakseimbangan antara produksi dan penyerapan. •Tulang tengkorak bayi di bawah dua tahun yang belum menutup akan memungkinkan kepala bayi membesar . menyebabkan ventrikelventrikel tersebut melebar. dapat perlahan atau progresif.

•Nellhaus pada tahun 1968 menciptakan diagram persentil lingkar kepala yang masih digunakan hingga sekarang. dan 0. 1 cm per bulan untuk 3 bulan kedua.•Perkembangan lingkar kepala normal pada bayi cukup bulan adalah 2 cm per bulan untuk 3 bulan pertama.5 cm per bulan untuk 6 bulan berikutnya. .

Bola mata deviasi ke bawah & kelopak mata atas tertarik  Gangguan sensorik-motorik. penglihatan.Manifestasi Klinis Pembesaran kepala (< 2 tahun)  Ubun2 besar akan melebar dan menonjol  Pembuluh darah di kulit kepala semakin jelas  Fenomena matahari tenggelam (sunset phenomena). kejang  . gerakan bola mata.

Pemeriksaan penunjang USG : menilai pelebaran ventrikel & ketebalan jaringan otak  CT Scan  MRI  .

.

.Penatalaksanaan  Pemasangan VP Shunt membuat shunt atau pintasan untuk mengalirkan cairan otak di ruang tengkorak yang tersumbat ke rongga perut dengan menggunakan alat sejenis kateter berdiameter kecil.