HOLE GEOMETRY

SELECTION dan
DRILL STRING
BAYU RAKA JANASRI (113120001)
RISTI SUSHANDATI (113120002)
CATUR CAHYO NUGROHO (113120003)
MERCYRIA JUWITA (113120004)
ZULZAMAN GARUDA (1131200

Hole geometry selection adalah bagian terpenting dari perencanaan yang dapat membuat perbedaan diantara kegagalan atau kesuksesan pada sisi ekonomis dan sisi teknis .

Cadangan minyak dihasilkan oleh sumur yang membatasi kemampuan produksi pay zone b. ukuran tubing yang berdiameter besar akan melancarkan laju produksi. Problem komplesi akan lebih rumit bila menggunakan tubing dan casing yang kecil c. Ukuran Flow String Sebagai contohnya.Prosedur Desain Umum a. Perencanaan Masalah Variasi geologis dapat menyusahkan untuk memprediksi secara sebuah lingkungan pemboran yang diharapkan tepat . Pendekatan Bottom-to-Top Sumur harus didesain dari bawah ke atas.

Pipa akan sulit didesain jika bertemu tekanan formasi. Kecilnya clearance disekitar pipa dapat menyebabkan semen dehidrasi dan menyebabkan jembatan semen. b.50 inch di masing-masing sisi pada pipa. Casing-to-Hole Annulus Masalah penyemenan dapat terjadi jika casing hingga ke lubang annulus kecil.375-0. .Pemilihan Ukuran a. Perusahaan penyemenan melaporkan bridging sering terjadi pada sumur yang lebih dalam dan panas dan menyarankan clearance annular minimum sebesar 0. Desain Casing Pipa aliran yang besar dihasilkan dalam penggunaan pipa intermediet 133 8 inch dan surface casing 20 inch.

cutting settlings. . lubang yang besar terjadi di region yang dangkal dan lubang yang kecil umumnya ditemukan di bottom section pada sumur. Hole cleaning mendeskripsikan kemampuan dari fluida pemboran untuk mengangkat cutting dari annullus. Drillstring-Hole Annulus Area diantara drillstring dan lubang dapat menyebabkan problem jika area tersebut terlalu besar/kecil. dan laju alir annular lumpur. Faktor-faktor penting yang mempengaruhinya antara lain viskositas lumpur.c. Secara normal. kecepatan.

Casing & Pemilihan Ukuran Bit Casing dan program ukuran bit harus mempertimbangkan karakteristik berikut: - Inner casing dan diameter luar - Diameter sambungan - Ukuran bit Hubungan dari variabel-variabel ini sangat penting untuk seleksi program geometri yang terus berlanjut. .

a. Pipe Selection Ketersediaan casing adalah pertimbangan utama pada seleksi geometri. Seleksi geometri lubang dengan pendekatan bottom-to-top mempengaruhi diameter drift casing sebagai kriteria yang mengontrol. Sebagai contoh kasus : Casing 95 8 biasanya dapat didesain dengan lebih baik jika diameter drift berukuran 85 8 inch diperbolehkan. Casing dengan kekuatan tinggi yang seringkali dibutuhkan untuk sumur yang dalam dapat memiliki inner diameter yang kecil yang dapat mempengaruhi casing dan seleksi ukuran bit. Pilihan untuk mendesain adalah sebagai berikut: - Cobalah mendesain pipa dibawah specific drift dan kondisi diameter luar - Gunakan material yang kuat - Gunakan drift pipe spesial dari pabrik - Pabrik pipa akan menyiapkan desain pipa spesial berdasarkan persyaratan minimum drift dengan memperbesar ketebalan dinding dan diameter luar .

Sambungan ini biasanya memiliki clearance kurang dari koneksi API yang dapat dibandingkan dan akan memungkinkan penggunaan pipa yang lebih kecil di dalam sumur. sambungan premium yang mahal dapat mengurangi total well cost dengan memungkinkan penggunaan pipa yang lebih kecil dan geometri lubang bor. keruntuhan. dan keefektifan penyegelan.b. Coupling Selection Sambungan pipa secara umum didesain untuk mencapai persyaratan seperti ledakan. Pada beberapa kasus. ketegangan. Keuntungan yang signifikan seringkali ditawarkan dengan menggunakan sambungan yang premium. Diameter sambungan dapat mendesain pedoman bagi beberapa sumur. .

Bit dengan ukuran yang tidak biasa tidak akan dapat memiliki semua fitur seperti center jet atau karakteristik gauge protection. Bit size selection Ukuran bit bergantung pada ukuran casing yang dibutuhkan. Bit selection dan ketersediaannya menjadi lebih sulit pada ukuran bit yang kecil.c. . Bit terdapat di hampir semua range ukuran.

DRILL STRING Drill String adalah bagian penting dari proses pemutaran pada pemboran. . Ini merupakan penghubung antara rig dan bor .

Tujuan dan Komponen : Drill string memiliki beberapa tujuan umum .memberikan gerakan berputar ke mata bor .memungkinkan fluida formasi dan pengujian tekanan melalui pipa bor .menyalurkan cairan dari rig ke bit .evaluasi formasi ketika alat penebangan tidak dapat dijalankan dalam bottom hole . c .memungkinkan berat diatur pada bit .memberikan beberapa stabilitas perakitan bottom hole untuk meminimalkan getaran dan bit jumping .menurunkan dan menaikkan mata bor Selain itu. .izin melalui pipa . drill string dapamemiliki tujuan khusus sebagai berikut : a. sebagai berikut : . b .

Alat khusus dalam BHA atau pipa bor mungkin termasuk monitor-while-drilling (MWD) tools. dan bit sub . Bagian pipa bor berisi pipa bor konvensional .reamers -shock subs . kelas berat pipa dan kadang-kadang alat untuk membesarkan lubang . dan junk baskets.bit .jars . .drill string yang utama terdiri dari pipa bor dan bottom hole assembly ( BHA ) .drill collars ( beberapa jenis dan ukuran ) . BHA mungkin berisi item berikut : . drill stem testing tools.stabilisator .

dan penurunan kecenderungan untuk mengubah arah.Memberikan penghematan besar dalam biaya pengeboran directional dengan mengganti terbesar bagian dari drill string. .Secara signifikan meningkatkan kinerja dan kedalaman kemampuan kecil rig di daerah pengeboran dangkal melalui kasus penanganan dan penggantian beberapa drill collar.Heavy Weight Drillpipe Pipa ini tersedia dalam konvensional pipa bor diameter luar . . . Namun. peningkatan ketebalan dinding yang memberikan berat 2-3 kali lebih besar dari pipa bor biasa. Heavy weight drillpipe menyediakan tiga besar manfaat bagi pengguna . .Mengurangi biaya pengeboran oleh hampir menghilangkan kegagalan pipa bor dalam zona transisi . mengurangi torsi bawah lubang pengeboran .

yang menghubungkan bagian pipa bor .Pipa Bor Bagian terpanjang dari drill string adalah pipa bor .60-18.60 lb / ft untuk 4.£ 13.50 £ / ft nominal Berbagai jenis sendi alat dapat meningkatkan berat rata-rata per kaki .5 -in .30 / ft nominal  4 ½ in . Namun. yaitu : 6.000 ft Setiap sendi pipa bor meliputi badan tabung dan alat sendi . masih disebut sebagai pipa 16.60 / ft nominal  5 in -19.£ 16. . BHA biasanya tidak lebih dari 1.60-lb/ft . pipa . Pipa bor tersedia dalam beberapa ukuran dan berat. ukuran umum meliputi :  3 ½ in .

yaitu mengatakan .Kelas API meliputi : Baru = Tidak memakai dan belum pernah digunakan . Premium = memakai Seragam dan ketebalan dinding minimum 80 % . Kelas 3 = Memungkinkan pipa bor dengan ketebalan dinding minimal 55 % dengan semua dikenakan di satu sisi . . berdasarkan tidak lebih dari 20 % pengurangan dinding seragam . Kelas 2 = Memungkinkan pipa bor dengan ketebalan dinding minimal 65 % dengan semua dikenakan di satu sisi asalkan luas penampang adalah sama dengan kelas premium .

persegi.hole .memberikan bobot bit . wobbling. seperti bulat . . Beberapa fungsi dari collar adalah sebagai berikut : .Drill Collar drill collar adalah komponen utama dari perakitan bottom. segitiga .meminimalkan masalah kontrol arah dengan memberikan kekakuan ke BHA Seleksi yang tepat dari drill collar ( dan BHA ) dapat mencegah banyak masalah pengeboran. Drill collar tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk .memberikan kekuatan yang diperlukan untuk menjalankan kompresi - meminimalkan masalah stabilitas bit dari vibrations. dan spiral beralur . dan jumping .

. Pendekatan desain yang memenuhi kriteria desain ini adalah metode buoyancy dan metode pressure-area. . masing-masing. Panjang collar dan ukuran mempengaruhi jenis pipa bor yang harus digunakan . Drilling engineer harus mengevaluasi pendekatan ini dan membuat beberapa desain keputusan karena jumlah yang berbeda secara signifikan dari drill collar diperlukan dengan masing-masing metode .pertimbangan tekuk pada bagian bawah string bor ketika berat diatur pada bit atau . Drill collar selection biasanya didasarkan pada : .menggunakan jumlah yang cukup kerah bor untuk menghindari menjalankan pipa bor di kompresi .Drill Collar Selection Drill colar adalah bagian pertama dari string bor yang akan dirancang .